Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Bubur Kacang Ijo Kuah Santan yang Enak

Dipos pada November 23, 2018

Bubur Kacang Ijo Kuah Santan

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Bubur Kacang Ijo Kuah Santan yang simple Cara membuatnya sedikit repot. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Umumnya Bubur Kacang Ijo Kuah Santan yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bubur Kacang Ijo Kuah Santan, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bubur Kacang Ijo Kuah Santan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Bubur Kacang Ijo Kuah Santan biasanya untuk 6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, kira-kira waktu penyiapan Bubur Kacang Ijo Kuah Santan diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Kacang Ijo Kuah Santan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Kacang Ijo Kuah Santan memakai 8 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Kacang Ijo Kuah Santan:

  1. 1/4 gr Kacang Ijo
  2. 2 Bungkus Santan Kara
  3. 2 keping Gula Jawa
  4. 2 lembar Daun Pandan
  5. 2 Ruas Jahe
  6. 1 sdt Vanili
  7. 2 sdt Garam
  8. Air

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Kacang Ijo Kuah Santan

1
Cuci kacang ijo dengan air mengalir. Ulang dua kali untuk membersihkan seluruh kacang ijo.
2
Didihkan air kurang lebih 250 ml, lalu masukkan kacang ijo. Rebus sampai air menjadi kering. Setelah air hampir habis, tambahkan sedikit air. Tutup panci, dan biarkan kacang ijonya mulai mengembang.
3
Setelah kacang ijo mulai mengembang, masukkan 1 bungkus santan Kara, 1 lembar daun pandan, jahe, gula merah, dan 1 sdt vanili. Jangan lupa tambahkan sedikit air, supaya santan tidak terlalu kental. Aduk secara perlahan-lahan, hingga seluruh bahan menyatu dan gula merah tidak menggumpal. Jika semua sudah menyatu, dan air sudah surut, matikan apinya.
4
Untuk membuat kuah santan. Ambil 1 bungkus santan Kara, campur dengan 2 gelas air, masak di atas api sedang. Aduk terus secara perlahan, supaya santan tidak pecah. Masukkan pula 1 lembar daun pandan dan 1 sdt garam untuk memberi rasa gurih dan berbau sedap. Aduk terus hingga mendidih.
5
Penyajian. Tempatkan kacang ijo di sebuah mangkuk, lalu siram ke atasnya kuah santan. Nikmat dihidangkan dalam keadaan hangat.
Bubur Kacang Ijo Kuah Santan - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur rempah

Bubur rempah

Bubur ini mirip dengan bubur pedas/bubur sambas khas kalbar, hanya saja bubur ini tidak menggunakan daun kesum dan kelapa gongseng yang ditumbuk. Daun kesum sangat sulit dan bahkan tidak ada di sekitar saya. Pernah coba menanam namun gagal, bahkan sewaktu saya masih tinggal di jogja pun orang tua saya mencoba untuk menanam gagal juga. Ya sudahlah saya ganti saja dengan bunga kecombrang dan sepertinya diganti dengan daun ketumbar jg bisa, karena memiliki aroma yang mirip. Untuk kaldu, setahu saya di kalimantan menggunakan daging bisa iga atau tulangan sapi. Saya tidak pakai karena dalam bubur digunakan teri tumbuk/halus sebagai bumbu dan makannya pun dilengkapi dengan teri/ikan asin goreng. Katanya hewan laut tidak cocok dimasak dengan hewan darat (cmiiw), makanya saya beri opsi jika menggunakan teri/ikan asin makan kaldunya pakai kaldu jamur. Namun jika ingin menggunakan kaldu dari iga sapi/daging/tulangan sapi, pelengkapnya tanpa teri/ikan asin. Aaahh..padahal makan bubur ato makan nasi kan enaknya pakai ikan asin yes...sama sambel dan limau peras. Jadi saya pilih yang pakai hewan laut ajalah.

Bubur Jagung & Teri Nasi MPASI 4 bintang 6+M

Bubur Jagung & Teri Nasi MPASI 4 bintang 6+M

Rsanya manis,,gurih.... Seneng deh mamak waktu nyuapin baby Ashoka... Cpt abis..& taraaa baby Ashoka lulus alergi lg zoalnya ini bru prtama x baby Ashoka nyoba pake teri nasi....

2 porsi
Bubur Gunting Singkawang

Bubur Gunting Singkawang

Bubur gunting Singkawang / lek tau suan, dessert atau sajian manis yang menyegarkan. Perpaduan dessert khas peranakan Tionghoa dengan Kalimantan Barat. Sangat mudah dibuat. Dapat disajikan hangat ataupun dingin. Khas daerah Singkawang, Kalimantan Barat. Kedekatan geografis dengan Pontianak membuat sajian menu yang sama juga ada di sana, dengan sebutan lek tau suan. Di daerah asalnya tidak ditambah jamur. Penambahan dua jenis jamur di sini opsional, karena bertujuan menambah cita rasa, keragaman tekstur, nilai seni penyajian dan menambah nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Boleh ditambah kelengkeng kalengan atau buah kalengan lain yang manis, sesuai selera. Selamat mencoba, ditunggu recooknya. ❤️

20 porsi
Bubur Kacang Merah+wortel+daging sapi saring - MPASI

Bubur Kacang Merah+wortel+daging sapi saring - MPASI

bubur saring ini dd juga suka, jangan lupa tambahkan lemak sebelum santap ya..saya pake evoo nih.saya orangnya tidak terlalu sak-klek (ap y bahasa indonesianya?) jadi saat dd edmund mulai makan menu "komplit" saya tambahkan SEDIKIT lada dan garam, tidak sampai berasa asin (dalam panduan menurut WHO pun diperbolehkan asal tidak berlebih). bagi yang menganut versi no gulgar sebelum 1y boleh diskip. saya pun selalu menambahkan bayleaf / daun jeruk tuk aroma.

2 porsi
30 menit
Bubur kacang ijo tanpa santan

Bubur kacang ijo tanpa santan

Biasanya suka yg kuah santan. Tapi suami mintanya yg tanpa santan...😁

2 porsi
Bubur Kacang Hijau Simple

Bubur Kacang Hijau Simple

Lagi pengen banget masak dan makan bubur kacang hijau. Jd ceritanya niih main masak sesuai selera... berhubung saya bukan orang yg sering masak, tapi sering dimasakin.

Bubur kacang ijo enak

Bubur kacang ijo enak

Semalam mertua aku pingin dbuatin bubur Kacang ijo .tp aqu tadi pagi membeli bahan buat bubur ...aduhhh mencari pandan yah susah 😂😆 tp saya terus mencari daun pandan y alhamdulilah dapat,penuh perjuangan 😁😇

5 porsi
1 jam
Bubur kacang hijau/ijo

Bubur kacang hijau/ijo

Secepat kilat langsung jadi :-)

Bubur Kacang Ijo

Bubur Kacang Ijo

Bismillaah. Cemilan bergizi saat senggang :)

#Baro"bo#(bubur jagung khas makasar)

#Baro"bo#(bubur jagung khas makasar)

♡✩Kasih ibu sepanjang masa✩♡walaupun mamak bukan orang makasar tapi beliau sangat sangat menyukai masakan khas makasar yang satu ini,yang kebetulan bahan utamax jagung yg sangat di gemari oleh mamak ,untuk memperingati hari ibu sedunia,aku persembahkan masakan spesial ini buat mamakku tersayang,aku rindu mamak,aku sayang mamak,sehat sehat selalu y mamak,tunggu anak dn cucu cucu mamak mudik lebaran,i love you mamak♡♡♡♡♡♡♡♡♡♡♡♡♡♡♡ # Masakan buat ibu # i love you ibu # peluk sayang buat ibu # aku rindu ibu

8 porsi
Bubur kacang ijo

Bubur kacang ijo

Tidak perlu di rendam bisa langsung di godok sampai mekar dan lembut. Cusss eksekusi

Bubur bayi mpasi

Bubur bayi mpasi

Masih diblender.

Bubur Kacang Hijau/Mung Bean Porridge

Bubur Kacang Hijau/Mung Bean Porridge

Resep Mama warisan dari Eyang Putri :) Enjoy!

4 porsi
60 menit
Bubur srintil (4 macam bubur)

Bubur srintil (4 macam bubur)

Team challenge bulan Juli ini berpasangan dengan ibu @Cicik_Ary . Alhamdulillah udah sempet bebikin ini sebelum aku diharuskan istirahat memasak dulu selama beberapa waktu. Tetap semangat dan nanti kalo dah normal lagi nabung draft lagi 💪💪. BUBUR MUTIARA (kolaBorasi dUa iBU ceRia Masak bUbur canTIk Ala cicik aRy risA) Bubur : @nhncook2024 #GoDa_Paders #GoDaTC_BerburuBubur #GoDaTC_BuburMutiara #GoDaTC_Risa #Cookpad_Paders #KomunitasPaders #MasakItuSaya #BagikanInspirasimu #cookpadcommunity_jakarta #cookpadindonesia

Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

Hawa mendung dingin jd pengen makan yang anget". Kepikiran bikin bubur kacang hijau, tapi nggak ada persiapan sebelumnya jadi masaknya agak lama. Kalo mau bikin bubur kacang hijau sebaiknya kacang hijau direndam dulu minimal 6 jam atau semalaman biar empuk jd rebusnya nggak perlu lama".

Bubur kacang ijo simple

Bubur kacang ijo simple

Ngidam pengen makan bubur kacang ijo, nunggu yg jual ga lewat" dan akhir.y bikin sendiri 😊😊😊