Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Bala-Bala Jagung Sambal Pecel yang Bikin Ngiler

Dipos pada June 8, 2019

Bala-Bala Jagung Sambal Pecel

Bagaimana membuat Bala-Bala Jagung Sambal Pecel yang simple Cara membuatnya tidak terlalu susah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Umumnya Bala-Bala Jagung Sambal Pecel yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bala-Bala Jagung Sambal Pecel, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bala-Bala Jagung Sambal Pecel di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Kira-kira porsi penyajian Bala-Bala Jagung Sambal Pecel kira-kira -/+ 20 bh. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan lupa ya, perkiraan waktu untuk memasak Bala-Bala Jagung Sambal Pecel diperkirakan sekitar -/+ 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bala-Bala Jagung Sambal Pecel sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bala-Bala Jagung Sambal Pecel memakai 15 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Gorengan adalah satu makanan favorit yang dicari kebanyakan orang saat berbuka puasa. Termasuk untuk saya dan keluarga. Berhubung 2 hari berturut-turut dirumah menu pembuka nya bala-bala sayur (bakwan nya orang sunda) dan gehu (gorengan tahu) kali ini buat yang sedikit beda dengan pakai jagung namun tetap dengan sayuran lainnya yaitu wortel. Oya, sebenernya suami itu kurang suka yang digoreng tapi ada jagungnya. Contohnya kaya perkedel jagung, katanya sih rasanya bikin enek. Nah, tapi tumben kali ini suami malah doyan maksimal. Doi juga ngerasa aneh sendiri karena sebagian besar dia yang abisin bala-bala jagung nya, enak katanya. Ditambah pake bumbu pecel sinti, rasanya jadi gurih-gurih manis krispi gimanaaa gitu hehehe #Resolusi2019 #BerburuCelemekEmas #Minggu18 #MurahMeriah #SiapRamadan #Cookpad_id #Cookpadcommunity_Bandung

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bala-Bala Jagung Sambal Pecel:

  1. 2 bh Jagung
  2. 1 bh Wortel
  3. 1 bh Cabe Keriting Merah
  4. 5 batang Seledri
  5. 7 sdm Tepung Terigu Terigu
  6. 3 sdm Sasa Bakwan
  7. 2 sdm Tepung Beras
  8. Secukupnya Merica
  9. Secukupnya Ketumbar bubuk
  10. Secukupnya Garam
  11. Secukupnya Air
  12. 1 bks Sambel Pecel Sinti
  13. Bumbu Halus
  14. 3 Siung Bawang Putih
  15. 1 btr Bawang Merah

Langkah-langkah untuk membuat Bala-Bala Jagung Sambal Pecel

1
Pipil Jagung, potong wortel bentuk dadu kecil, kemudian campurkan keduanya di dalam satu wadah.
Bala-Bala Jagung Sambal Pecel - Step 1
Bala-Bala Jagung Sambal Pecel - Step 1
Bala-Bala Jagung Sambal Pecel - Step 1
2
Haluskan bawang merah dan bawang putih
Bala-Bala Jagung Sambal Pecel - Step 2
Bala-Bala Jagung Sambal Pecel - Step 2
Bala-Bala Jagung Sambal Pecel - Step 2
3
Tambahkan seledri, cabe merah keriting (iris kecil tipis), dan semua tepung lalu aduk rata.
Bala-Bala Jagung Sambal Pecel - Step 3
Bala-Bala Jagung Sambal Pecel - Step 3
Bala-Bala Jagung Sambal Pecel - Step 3
4
Tambahkan air secukupnya (jangan terlalu encer), masukkan bumbu halus beserta secukupnya garam, merica, dan ketumbar bubuk kedalam adonan, lalu aduk rata.
Bala-Bala Jagung Sambal Pecel - Step 4
Bala-Bala Jagung Sambal Pecel - Step 4
Bala-Bala Jagung Sambal Pecel - Step 4
5
Panaskan minyak, goreng adonan menggunakan sendok bulat agar terbentuk (Untuk ketebalan sesuai selera yaa, kebetulan kalau dirumah tidak terlalu suka tebal). Goreng hingga kecoklatan lalu angkat dan tiriskan.
Bala-Bala Jagung Sambal Pecel - Step 5
Bala-Bala Jagung Sambal Pecel - Step 5
Bala-Bala Jagung Sambal Pecel - Step 5
6
Siapkan sambal pecel sinti untuk bumbu kacang. Tambahkan dengan air panas, lalu aduk hingga kacang larut.
Bala-Bala Jagung Sambal Pecel - Step 6
Bala-Bala Jagung Sambal Pecel - Step 6
Bala-Bala Jagung Sambal Pecel - Step 6
7
Bala-Bala Jagung sambal pecel siap untuk disantap.
Bala-Bala Jagung Sambal Pecel - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bumbu Pecel Pedas Manis

Bumbu Pecel Pedas Manis

Bentar lagi bulan puasa, biasanya kalau bulan puasa pengennya berbuka dengan lontong atau gorengan ( bakwan / bala2 dan teman temannya ). Makan itu semua harus ditemani dengan cocolan bumbu pecel yang pedas manis ini, berikut resepnya.

450 gr
30 menit
Pecel Sayur

Pecel Sayur

6 porsi
Jamur tiram kuah pecel 3bahan

Jamur tiram kuah pecel 3bahan

Siapa yang suka pecel , yuk bikin yang satu ini, anak2 ku yg gak suka jamur tiram aja doyan banget kalo diginiin ") Ini easy banget yaa, krn aku pakai bumbu pecel yg udah jadi, kmrn pas shopping online pesen langsung yg dari blitar ") uenakk!

4 orang
10 min
Bumbu pecel

Bumbu pecel

Bumbu ini kalau mau di gunakan tinggal seduh air panas dan beri kucuran jeruk limau hmmmm sedap

Pecel ontong (jantung pisang)

Pecel ontong (jantung pisang)

Menemani sarapan di pagi hari... Enaknya jadi pendamping nasi #masaksetiapbagian

1 mangkuk
1/2 jam
Bakso goreng saus pecel keju

Bakso goreng saus pecel keju

Pas lagi ada bakso dan kebetulan keju tinggal dikit mau diapain, eh coba-coba alhamdulillah rasanya bisa nyambung

1 - 2 porsi
15 menit
Pecel uleg

Pecel uleg

Menu sarapan ku pagi ini... โค๏ธโค๏ธ

1 porsi
Pecel Santan

Pecel Santan

Pertama kali masak yang agak ribet semenjak ada baby, dan lagi berdua doank dirumah. Mulai dari bikin bumbu sampe bikin santan dari kelapa utuh..

Bumbu Pecel๐Ÿ‘

Bumbu Pecel๐Ÿ‘

Siang momies... Pasti lagi pada maksi ya hehe Hari ini saya cuma bikin bumbu pecel aja. Hemat dan ekonomis bikinnya juga gak pake ribet,bisa disimpen2. Udah ada kenikir,kacang panjang,goreng tahu tempe ama ati ampela bumbu kecap wessss....tambahin kerupuk! Oalah...nikmat tiada tara ๐Ÿ˜„ Saya orang Jatim asli,pecel jadi makanan sehari2 di daerah saya moms,makanya lidah udah biasa sama pecel dan kawan2nya๐Ÿ˜„. Ya udah monggo dicoba,ini enak lho,resepnya saya adaptasi dari bunda @ummi amar cucok deh..๐Ÿ‘ #PejuangGoldenApron2 #bumbupecel #olahankacang #pecelmadiun #peceljatim #pecelkediri #cookpadcomunityindonesia

Pecel Baby Lele

Pecel Baby Lele

Karena temen punya tambak lele kecil kecilan samping rumahnya, akhirnya pas weekend kemaren dia minta dibuatin pecel lele

5 orang
1 jam 30 menit
Pecel Sayur

Pecel Sayur

Assalamu'alaikum.. Saya kali ini buat pecel sayur yang simple menurut sy. Tidak terlalu menggunakan banyak bahan. Bisa menggunakan dengan bahan yang ada ya moms. Monggo, Bisa dicoba dirumah. Sayuran bisa di mix dengan yang lain tergantung selera.

Nasi Pecel

Nasi Pecel

Salah satu menu sarapan tercepat dan ternikmat versiku. Selama di kost, aku selalu dibawain sambel pecel sm ibu biar ngga ribet kalo mau masak. Jadi tinggal beli sayur, bikin lauk dan tinggal sarapan. Yuk memasak! #PejuangGoldenApron3 #EmakNusantaraKreatif #CookpadCommunity_Malang #NasiPecel

Pecel Kikil (Bumbu Sinti)

Pecel Kikil (Bumbu Sinti)

Lagi pengen makan kikil tapi males bikin bumbu yang ribet, jadi keingetan sama jajanan pasar sate kikil yang ditusuk itu, akhirnya pake bumbu instan aja.

Pecel terong

Pecel terong

Terong adalah sayuran yng paling disukai oleh ibu juga paling sering dimasak oleh ibu.Biasanya ibu mengolah terong jd macem2 misal dimasak kuah santan,balado terong,ditumis,dipenyet,dipecel,dibakar,dikukus trs dicocol sambel terasi dll.Dulu waktu pertama dimasakin pecel terong yng ada di pikiranku itu terong yng disiram sama sambal pecel pakai kacang gitu eh ternyata pikiran ku itu salah.pecel terong versi ibu saya itu parutan kelapa muda dibumbui i bumbu pecel.๐Ÿ†๐Ÿ†๐Ÿ† #SemuatTentangIbu #SayuranKesukaanIbu #SatuResepSatuPohon

1 porsi
Pecel santan terong

Pecel santan terong

Terong adalah makanan kebangsaan kami ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ Suka deh sama yg satu ini Recook dari Dina Ummu Khal kitchen https://cookpad.com/id/resep/13770497-pecel-santan-terong-tempe?invite_token=fxKbfGrfiUwqF8QLErSJg3Xs&shared_at=1614955374 #CookpadCommunity_Tangerang #Cookies_DinaUmmuKhal

1 mangkuk besar
45 menit
Pecel santan terong tempe

Pecel santan terong tempe

Rabu waktunya setoran #GoDa_Paders , team challege kali aku berpasangan dengan mbk Presella dan nama team kami ada Mantan Palsu (MAsakan bersaNTAN ala Presella Risa Luar biaSa Ueenak). Kami recook resep mican mbk Wilda Willy @wildawily , ini enak, mudah buatnya, cepet dan satu lagi yang paling penting, murah meriah ๐Ÿค—. #GoDaTC_SantanaUnana #GoDaTC_MantanPalsu #GoDaTC_Risa #Cookpad_Paders #KomunitasPaders #MasakItuSaya #BagikanInspirasimu #cookpadcommunity_jakarta #cookpadindonesia #GA_TheNextLevel #GAweek18

Brokoli Kembang Kol bumbu Pecel

Brokoli Kembang Kol bumbu Pecel

Memanfaatkan bahan2 yang ada๐Ÿ˜‰ ternyata enak juga๐Ÿ˜‹