Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan #siapramadan kolak candil yang Bikin Ngiler

Dipos pada May 2, 2021

#siapramadan kolak candil

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat #siapramadan kolak candil yang unik? Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal #siapramadan kolak candil yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari #siapramadan kolak candil, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian #siapramadan kolak candil sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Kira-kira porsi penyajian #siapramadan kolak candil yaitu 6-7 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan #siapramadan kolak candil sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat #siapramadan kolak candil memakai 8 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Karena suami tercinta suka candil..makanya aku bikin sendiri deh dirumah

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat #siapramadan kolak candil:

  1. 1 kg ubi
  2. 1/4 kg tepung tapioka
  3. 1/4 kg gula merah
  4. Selembar daun pandan
  5. 1 bks santan cair
  6. 1 bks susu kental manis
  7. secukupnya Garam
  8. secukupnya Air

Langkah-langkah untuk membuat #siapramadan kolak candil

1
Kupas kulit ubi kemudian cuci bersih.
#siapramadan kolak candil - Step 1
2
Panaskan air dalam panci, lalu masukan ubi yang sudah dikupas kulitnya. Diamkan beberapa saat sampai ubi menjadi lebih lunak.
#siapramadan kolak candil - Step 2
#siapramadan kolak candil - Step 2
3
Angkat ubi yang sudah lunak,tiriskan,masukan dalam wadah lalu tumbuk sampai halus. Kemudian tambahkan tepung tapioka pada adonan agar ubi memiliki tekstur yang lebih padat dan mudah dibentuk. Setelah tercampur rata, bentuk adonan menjadi bulat - bulat.
#siapramadan kolak candil - Step 3
#siapramadan kolak candil - Step 3
#siapramadan kolak candil - Step 3
4
Didihkan air dalam panci. Lalu masukan adonan ubi yang sudah dibentuk bulat- bulat. Diamkan beberapa saat. Lalu angkat. Masukan kedalam wadah berisi air dingin. Agar candil tidak saling menempel.
5
Didihkan lagi air dalam panci. Lalu masukan daun pandan dan gula merah yang sudah dihaluskan. Aduk perlahan. Tambahkan garam secukupnya. Kemudian masukan candil. Agar air rebusan lebih kental bisa ditambahkan dengan tepung tapioka yang sebelumnya sudah di campur dengan air biasa dalam wadah. Lalu aduk sampai mengental.
#siapramadan kolak candil - Step 5
6
Untuk membuat santannya, masukan santan cair ke dalam panci berisi 200 ml air. Lalu tambahkan 1 bks susu kental manis, daun pandan dan garam secukupnya. Aduk perlahan sampai mendidih.
#siapramadan kolak candil - Step 6
7
Untuk penyajian, siapkan mangkuk lalu masukan candil dan tuang santan sesuai selera. Kolak candil siap dinikmati selagi hangat atau bisa dimasukan ke dalam lemari es supaya lebih dingin dan segar.
#siapramadan kolak candil - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak biji salak

Kolak biji salak

Tampilanya sengaja dibuat ky bubur candil, suka aja 😊 Sebetulnya kolak biji salak ini saya buat ga sengaja. Tadinya saya pengen ubi rebus, ngukus ubinya pake panci presto dan saya tinggal. Karena ngukusnya ga sengaja agak kelamaan dikit hal hasil ubinya lembek ga pulen, ga enak dimakan begitu aja. Yaaa saya jadiin kolak biji salak aja, lumayan lah buat malam migguan bersama keluarga 😁

Kolak Biji salak (jenang grendul)

Kolak Biji salak (jenang grendul)

Sore² pas dingin² pengen yang anget² , akhirnya kepikiran bikin ginian yang gampang dan enak 😁😁

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Temennya bubur sumsum. Salah satu menu jualan juga. Plus makanan wajib waktu bulan ramadhan. Kolak biji salak ini saya buat terpisah dengan santannya ya. Selain bapak saya suka sama biji salak tanpa santan juga supaya tidak cepat basi (terutama untuk jualan).

🍹Kolak Labu kuning & kolang kaling🍹 (Plus Tutorial 😉)

🍹Kolak Labu kuning & kolang kaling🍹 (Plus Tutorial 😉)

Kemarin ke pasar lihat labu parang alias labu kuning😊. Dan pas banget ada kolang kaling nya juga,,padahal biasanya susah cari nya. Hmmm..akhirnya muncul ide bikin kolak ini😊. Biasanya yg bikinin ini mamah klo pas dirumah..dan enakk banget😩😥..#hikss,kangen mamah. (Sabarrrr achh..😁dikit lagi ketemu mamah sama papah..hehe😁😁). Saya bikin porsi mini yaa..karna dirumah cuma bertiga. Jika mau bikin porsi banyak tinggal di tambah saja jumlah nya😊.

Kolak candil ubi jalar

Kolak candil ubi jalar

Teringin nyemil yang manis manis teringat deh kalo nenek ku udh lama ga buat jadinya diajarin resep buat kolak candil dari ubi jalar ini,😂 #KENYALKENYOL #cookpadcommunity_siaksriindrapura

6-8 porsi
Kolak buah kolang kaling + ubi ungu

Kolak buah kolang kaling + ubi ungu

Alhamdulillah,, semoga bermanfaat ya teman-teman

Kolak versi Ramadhan 😊

Kolak versi Ramadhan 😊

Hari minggu bikin kolak aja buat mengisi liburan yg slalu di rmh 😊 kebetulan td belanja sayur ada kolang kaling ya udh lgsg deh capcus brantakin dapur biar cpt kelar Resep : Dapur Dien ¹⁸⁰²¹⁸

Kolak pisang

Kolak pisang

Ceritanya lagi ada pisang buanyaakk... Bosen digoreng dan kebetulan ada bahan2 lain... Ya sudah dibuat kolak aja deh... Tetep kalo aq masak cukup dgn bahan dan cara masak yg sederhana. Soalnya belum bisa kyk chef2 handal... Hahaa 😀

Kolak Biji Salak (Ubi Uwi)

Kolak Biji Salak (Ubi Uwi)

Hmmm... Minggu lalu dikasih ubi uwi sama sodara dan sampai lupa belum diolah. Tiba-tiba di laman sebelah nggak sengaja ada temen yang upload resep biji salak dengan bahan umum yaitu ubi jalar. Terus kepikiran deh gimana kalau ubi uwinya kubikin biji salak aja. Walaupun saya sendiri lebih prefer di makanan asin, tapi anggota keluarga ada yang suka dengan makanan manis. Soo... jadilah resep biji salak dengan memakai bahan ubi uwi dengan resep yang saya modif sendiri.

6-7 porsi
Kolak Biji Salak!

Kolak Biji Salak!

Ada sisa ubi merah. Mau coba bikin ini aja. #dirumahaja #wfh #stayathome #cookpadcommunity_Depok

8 porsi
30 menit
Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Cuaca mendung kelabu menginspirasi syekali membuat cemilan hangat... Di dapur kebetulan ada tepung tapioka, cusss ke kang sayur dehh beli ubi merahnya 😁😁 Daun pandan tinggal petik di halaman rumah 😍😍

8 porsi
60 menit
Kolak biji salak ubi ungu

Kolak biji salak ubi ungu

Niatnya mau beli sayur aja, pas sampai di tempat yang jualan saya melihat ada ubi ungu. Ubi ungu biasanya selalu menarik perhatian saya bawaanya jadi pengen beli aja, mungkin karena warnanya yang menarik menurut saya. Akhirnya saya beli juga ubi ungunya mau saya bikin kolak biji salak. Ngomongin kolak biji salak jadi ingat bikin kolak biji salak saat bulan puasa di masa kecil. Keluaga saya termasuk dalam golongan keluarga besar otomatis buat kolak nya juga harus banyak. Yang lama dalam proses membuat kolak biji salak itu kan membentuk bulet" adonan ubinya, jadi supaya cepat selesai adonanya dibagi dalam mangkok" kecil, masing" kami dikasi tugas utk bulet" in 1 mangkok kecil adonan ubinya 😊 Setiap kali membuat kolak biasanya saya selalu pakai gula aren atau gula tebu, kali ini saya kasi gula pasir karena ingin menonjolkan warna ubi ungunya. #FestivalRamadanCookpad #RamadanPenuhIdeMasaka.

Kolak Biji Salak Kentang

Kolak Biji Salak Kentang

Dari kemarin2 kepikiran, pas buka puasa kepengen banget menikmati yg namanya kolak biji salak, tapi mau beli ubi kok cek malesnya mau berangkat, akirnya pas melihat kentang di dapur langsung cuss nyoba bikin, kentang kan juga ubi2an kan ya, nah pas buka puasa nich, namanya juga penasaran sama kolak biji salak kentang, langsung serbuuuu... ehh..beneran, asli rasanya enak banget loh, namanya juga kentang ya, mau di apa2in tetep aja enak yo guys hehe.... #BikinRamadhanBerkesan 14

Kolak candil pisang

Kolak candil pisang

#berburucelemekemas #resolusi2019 Ada ubi yang belum di olah di rumah..enaknya di bikin candil aja deh pake pisang..praktis deh

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

#dirumahaja harus produktif ya bundaaa

5 porsi