Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Kolak biji salak yang Enak

Dipos pada May 2, 2021

Kolak biji salak

Bagaimana membuat Kolak biji salak yang lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Kolak biji salak yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Kolak biji salak, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kolak biji salak bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak biji salak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak biji salak memakai 17 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Tampilanya sengaja dibuat ky bubur candil, suka aja 😊 Sebetulnya kolak biji salak ini saya buat ga sengaja. Tadinya saya pengen ubi rebus, ngukus ubinya pake panci presto dan saya tinggal. Karena ngukusnya ga sengaja agak kelamaan dikit hal hasil ubinya lembek ga pulen, ga enak dimakan begitu aja. Yaaa saya jadiin kolak biji salak aja, lumayan lah buat malam migguan bersama keluarga 😁

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak biji salak:

  1. I. Haluskan dan campur rata :
  2. 500 gr ubi jalar
  3. 70 gr tepung tapioka
  4. 1/2 sdt vanille bubuk
  5. Secukupnya garam
  6. II. Rebus :
  7. 200 gr gula aren
  8. 50 gr gula pasir
  9. 700 ml air
  10. 2 lmbr daun pandan
  11. 1 cm kulit kayu manis
  12. Secukupya garam
  13. III. Rebus, sambil terus diaduk hingga mendidih :
  14. 500 ml santan kental
  15. 2 lbr daun pandan
  16. Secukupnya garan
  17. 1 sdm mayzena / tepung tapioka

Langkah-langkah untuk membuat Kolak biji salak

1
Utk bahan I koreksi rasa lalu bentuk bulatan seperti kelereng, kemudian rebus dlm air yg sudah mendidih higga bulatan2 tadi mengapung, angkat, tiriskan, taruh didalam wadah yg berisi air dingin.
2
Tiriskan dan masukkan bahan I yg udah dibentuk dan direbus tadi ke bahan II yg sedang mendidih, biarkan srbentar lalu matikan kompor.
3
Hidangkan dengan cara salin masakan tahap 2 ke wadah lalu siram dengan bahan III
4
Utuk langkah masak yg ke 2 boleh ditambahkan campuran 1sdm maizena/ tapioka yg dilarutkan dgn sedikit air dingin sebagai pengental.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak simpel no santan #SelasaBisa

Kolak simpel no santan #SelasaBisa

Apa ta'jil yang biasa dicari saat ramadhan tiba ? iyaps, ini salah satunya ya. Sedari saya kecil sampai sekarang, kolak adalah menu buka puasa yang jarang absen. Tapi berhubung perut saya sensitif dengan santan, kolak ini saya buat simpel. Insya Allah rasa tetap enak dan tentunya lebih sehat karena dibuat sendiri. Mau kolak tapi ndak bisa santan ? Yuk coba menu ini. #BikinRamadanBerkesan

Kolak biji salak kolang kaling

Kolak biji salak kolang kaling

Warnanya cocok untuk anak"

Kolak biji salak labu kuning ala Mama Meisyah

Kolak biji salak labu kuning ala Mama Meisyah

Hanya 30 menit hidangan ini di buat.. Simpel but delicious.. πŸ˜‹

Kolak biji salak

Kolak biji salak

#SiapRamadan #JemputRejeki #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity_banjarnegara

Kolak Biji Salak (Kolak Bola Ubi)

Kolak Biji Salak (Kolak Bola Ubi)

menu takjil favorit :)

Kolak labu kuning pisang tanduk

Kolak labu kuning pisang tanduk

di makan hangat atau dingin sama enak nya

Takjil Kolak Biji Salak #SiapRamadan

Takjil Kolak Biji Salak #SiapRamadan

Hari jumat menu baru, kemarin dikasih adek ipar labu kuning 5buah jadiin aj mkanan takjil

4. Kolak Pisang Nangka #KamisManis

4. Kolak Pisang Nangka #KamisManis

Tajil wajib diawal buka puasa. Belum afdol kalau ga bikin kolak. Apalagi kalau ditambah nangka, aromanya beeeuuuuhhh #BikinRamadanBerkesan.

Kolak biji salak, ubi kuning kuah jahe

Kolak biji salak, ubi kuning kuah jahe

Cuaca panas kpingin yg seger" ahir nya.. Bikin kolak tralala

πŸ€Kolak pisang kacang ijo sederhana πŸ€

πŸ€Kolak pisang kacang ijo sederhana πŸ€

Emang masak apa aja Klo ala mak irit pasti sederhana...aku kan emang sederhana orangnya.wkwkwk padahal... Dari pada mewah2 tapi belanjanya ngutang di mbok mlijo,atau mang tukang sayur,,,jangan ya makk...

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Di Malang susah nemuin kolak biji salak kalo g pas puasa. Jadinya pas kepingin gini bikin aja deh. Kebetulan di kulkas ada sisa labu kuning. Jadi di manfaatkan yang ada saja ;)

Kolak Candil

Kolak Candil

Anak wedhok suka ini. Dari awal puasa hingga puasa hari ke 5 takjil yang dicari selalu kolak candil. Kebetulan kita waktu itu nginep di rumah ibu mertua. Dan kebetulan rumah ibu mertua deket banget sama ibu saya alias eyangnya anak wedhok (dapetin tetangga ceritanya) hehehe.... Nah, eyangnya setiap hari selalu buat kolak entah itu kolak candil atau kolak pisang dan anak wedhok selalu request kolak candil. Malu ah minta melulu dan dikasih terus. Hari ini udh di rumah lagi dan bebikin salah satu kesukaan anak wedhok. Klo saya sih kurang suka candil yang kenyal, rasanya geli2 gimana pas nelennya. Nah ini sesuai lah. Saya suka, masih berasa ubinya, ga kenyal tapi juga empuk. Semoga anak wedhok dan bapake suka #SayangAnak #berburucelemekemas #resolusi2019 #SiapRamadan

Kolak Candil ubi

Kolak Candil ubi

Suka bnget Candil ini

Kolak biji salak

Kolak biji salak

Dapet warisan pisang kepok banyaakkk. Ada yang request minta dibikinin kolak, tapi aku ngga mau bikin kolak biasa jadilah iseng bikin kolak biji salak. Resep ini mudah dan #MurahMeriah. Hasil dari resep ini rasa kolaknya manis (tapi bukan manis yang eneg gitu), kalau yang suka manis bisa ditambahkan lebih banyak gula ya. Dan kuahnya kental karena saya pribadi suka kuah yang kental dan berasa banget santannya. Selamat mencoba πŸ’•

9-10 porsi
45 menit