Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Kolak Biji Salak yang Menggugah Selera

Dipos pada May 3, 2021

Kolak Biji Salak

Hari ini saya akan berbagi resep Kolak Biji Salak yang mudah Cara membuatnya sedikit repot. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya Kolak Biji Salak yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Kolak Biji Salak, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Kolak Biji Salak di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak Biji Salak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak Biji Salak memakai 12 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Temennya bubur sumsum. Salah satu menu jualan juga. Plus makanan wajib waktu bulan ramadhan. Kolak biji salak ini saya buat terpisah dengan santannya ya. Selain bapak saya suka sama biji salak tanpa santan juga supaya tidak cepat basi (terutama untuk jualan).

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak Biji Salak:

  1. 1/2 kg ubi merah
  2. 12 sdm tepung tapioka
  3. 6 buah gula merah
  4. 5 sdm gula pasir
  5. 2 liter air
  6. 2 lembar daun pandan, beri simpul
  7. Sejumput garam
  8. Kuah santan:
  9. 1 bks santan kara ukuran kecil
  10. 500 ml air
  11. 1 lembar daun pandan
  12. Sejumput garam

Langkah-langkah untuk membuat Kolak Biji Salak

1
Kupas ubi, cuci bersih dan kukus. Boleh juga direbus. Kukus hingga matang. Angkat dan sisihkan. Kali ini saya direbus dikarenakan dandangnya bocor banyak. Haha.
Kolak Biji Salak - Step 1
2
Jika sudah hangat, haluskan ubi dengan garpu/ulekan. Masukkan tepung tapioka, aduk rata hingga kalis. Bentuk bulat2 dan sisihkan.
Kolak Biji Salak - Step 2
Kolak Biji Salak - Step 2
Kolak Biji Salak - Step 2
3
Rebus air hingga mendidih. Masukkan ubi yang sudah dibentuk bulat. Tunggu hingga mengapung. Masukkan gula merah, gula pasir, garam dan daun pandan. Masak hingga mendidih. Tes rada dan matikan. Disini saya sengaja tidak mencampurkan santan ke dalam kolak biji salaknya.
Kolak Biji Salak - Step 3
Kolak Biji Salak - Step 3
Kolak Biji Salak - Step 3
4
Kolak biji salak ini tidak langsung dicampur santan ya. Karena bapak saya punya magh dan anti santan jadi setiap bikin kolak biji salak selalu dipisah santannya, tidak dimasukkan langsung ke dalam kolak selagi dimasak. Santan bisa dituang ke dalam mangkuk yang berisi biji salak tadi. Sajikan selagi hangat ya.
Kolak Biji Salak - Step 4
Kolak Biji Salak - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak biji salak

Kolak biji salak

kolak ini kesukaan kluarga qu..😍di buatnya kmrn sih..baru di bkin siangnya..sore sdh ludess sampai kuahnya pun tiriss..πŸ˜‹#3weekschallenge#berburucelemekemas#resolusi2019πŸ‘©β€πŸ³(minggu ke9)

Kolak Biji Salak Pelangi

Kolak Biji Salak Pelangi

Kemaren abis bikin kolak ubi & pisang, masih ada sisaan ubi, nemu resepnya kolak biji salak ya Teh Rindi, ahhh langsung cusss eksekusi, cuma saya modif dikit dengan memberikan warna supaya menarik perhatian anak, dan saya juga ganti gula merah dgn dgn gula pasir supaya kuah biji salaknya gak gelap. Tapi Overall saya suka teksturnya kenyallll . #dirumahaja #KamuInspirasi #CookpadCommunity_Bandung #kolak #menutakjil

Kolak ubi

Kolak ubi

Kolak lagi kolak lagi...habis suami seneng sich..

Kolak biji salak kolang kaling

Kolak biji salak kolang kaling

#bikin ramadhan berkesan Sy ambil fotonya langsung dr wajannya hehehehe

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

#SiapRamadan #JemputRejeki

Kolak candil

Kolak candil

Semarak minggu tantangan dari mb @Hadijah_KK dengan tema kolak. Saya bikin kolak candil ya mbak semoga berkenan 😘 #GAKolakukanSegalanya #Semarak_GAKolakukanSegalanya #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Surabaya

Kolak Biji Salak (Candil) #3

Kolak Biji Salak (Candil) #3

Inget waktu masih kecil, nenek sering bikin biji salak pada saat ramadan untuk menu berbuka. Dipikir saya biji salak beneran yang dimasak hihi ternyata dari ubi dicampur tepung tapioka,,warnanya coklat dan bentuknya bulat persis seperti biji salak ya.. 😊. Karena Si kakak tahun ini ikutan puasa sampai magrib, saya buatkan special kolak biji salak #SayangAnak 😊 Resep saya sedikit modifikasi. Source : Dapur Elva Ummu Abdillah NaJiyah #berburucelemekemas #resolusi2019 #siapramadan #cookpadcommunity_bandung #cookpad_id

Resep kolak candil biji salak

Resep kolak candil biji salak

Kairo lagi winter,bikin sesuatu yg hangat untuk keluarga 😊very simple

Kolak Biji Salak & Sagu Mutiara

Kolak Biji Salak & Sagu Mutiara

Takjil Biji Salak dan Sagu Mutiara ini alternatif menu kolak untuk berbuka puasa.

Kolak candil ketan

Kolak candil ketan

Olahan yg pas buat #kamismanis neh??manisnya pas bgd...ankqu lngsung habis 1 porsi...makasih mb Nana Hanif resepnya😍😍😍

2 porsi
25 menit
Kolak labu kuning

Kolak labu kuning

Ada sisa santan,nyari singkong ga ada,adanya labu kuning. Tak ada singkong labu kuning pun jadi,daaannn jadilah kolak labu kuning ini Cuzzz kita buat...

20 menit
Kolak talas #Rabubaru

Kolak talas #Rabubaru

Ceritanya punya talas, ada kolang kaling pula, trus gula merah dari kampung kebumen banyak..apa lagi ya..oiya ada santan pula..ya sudah dikolaborasikan saja..πŸ€—πŸ˜˜β˜ΊοΈ..ternyata oh ternyata..talas yang direbus itu empuknya lebih lama daripada talas yang dikukus..hmmm jadi tahu ..alhamdulillah nikmatnyaaa..buat buka puasa tadi sore ....

Kolak Candil Ubi Ungu dan Kentang

Kolak Candil Ubi Ungu dan Kentang

Sudah selesai Ramadan tapi baru tulis resep khas buka puasa. Coba bola kentang, ternyata enak #PejuangGoldenApron3 #Week50 #Candil #ubiungu #takjil #kolak

8 orang
2 jam
Kolak candil kenyal

Kolak candil kenyal

Kolak candil kenyal

Kolak rupa-rupa

Kolak rupa-rupa

Dibuat penuh cinta untuk suami berbuka puasa πŸ’œ

6 porsi
Kolak Biji Salak Ubi Ungu

Kolak Biji Salak Ubi Ungu

Awalnya gara-gara si mami lomba PKK membuat hidangan berbahan dasar ubi ungu dengan budget Rp15.000 untuk memperingati Hari Kartini, jadilan buat kolak biji salak ubi ungu buatnya gampang, bahannya murah dan mudah didapatkan.

60 menit