Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Bubur Ayam (Memanfaatkan sisa Opor Ayam) yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada March 1, 2022

Bubur Ayam (Memanfaatkan sisa Opor Ayam)

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Bubur Ayam (Memanfaatkan sisa Opor Ayam) yang simple Cara membuatnya sedikit repot. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Bubur Ayam (Memanfaatkan sisa Opor Ayam) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Bubur Ayam (Memanfaatkan sisa Opor Ayam), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Bubur Ayam (Memanfaatkan sisa Opor Ayam) sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Bubur Ayam (Memanfaatkan sisa Opor Ayam) sekitar 3 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, waktu yang diperlukan dalam memasak Bubur Ayam (Memanfaatkan sisa Opor Ayam) diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Ayam (Memanfaatkan sisa Opor Ayam) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Ayam (Memanfaatkan sisa Opor Ayam) memakai 8 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Tradisi di daerah kami adalah saling bertukar opor dan ketupat di saat lebaran ketupat. Terbayang kan banyaknya opor yang tersisa dikarenakan tetangga kanan, kiri. depan dan belakang semuanya berlomba-lomba memberi hantaran yang pantas. Alhasil putar otak memanfaatkan sisa opor ayam yang ada.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Ayam (Memanfaatkan sisa Opor Ayam):

  1. 1 cup beras (pakai cup magic com)
  2. 1 bungkus kecil santan instant
  3. secukupnya bawang putih goreng
  4. secukupnya kuah opor
  5. 100 gram suwiran daging ayam (ambil dari opor)
  6. secukupnya gula dan garam
  7. secukupnya air
  8. secukupnya kecap manis (jika suka)

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Ayam (Memanfaatkan sisa Opor Ayam)

1
Karena kuah opor sudah tersedia, maka yang diproses adalah buburnya saja. Cuci bersih beras, masukkan ke dalam panci bersama 5 cup air lalu didihkan. Aduk sesekali. Tambahkan sejumput garam.
2
Jika air sudah berkurang hingga setengahnya, mulai aduk-aduk perlahan. Ingat kemampuan beras menyerap air berbeda jadi apabila menggunakan 5 cup air dirasa kurang, silahkan tambahkan air mendidih hingga beras menjadi bubur (hancur)
3
Ketika bubur mulai meletup-letup masukkan santan. Tes rasa. Angkat bubur ketika santan telah terserap habis
4
Ambil 1 potong ayam dari dalam opor suwir, jika suka bisa digoreng terlebih dahulu
5
Panaskan kuah opor, lalu masukkan sejumput bawang goreng
6
Dalam sebuah mangkok masukkan bubur, taburi dengan suwiran ayam dan bawang putih goreng, siram dengan kuah opor. Selamat menikmati :)
7
Idealnya bubur ayam menggunakan kacang kedelai, jika ada bisa ditambahkan, juga kecap manis

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor telur dan tahu endeess

Opor telur dan tahu endeess

ceritanya td tuh, yg mau masak si ibuk. tp karena jadwal rutin minggu paginya ibuk itu senam. yodaah, cm blg "ini nnti dimasak opor yah dek" wkwk apalah daya, krn perut sudah terlalu lapar dan kalo nunggu si ibuk pulang dr senam br sarapan. duhhh bisa bisa 😩 wkwk ✌✌ cus eksekusi ke dapur

Terik Tahu Tempe Telur

Terik Tahu Tempe Telur

Salah satu masakan favorite keluarga. Dari saya kecil sering banget dimasakin ini :)

3 porsi
20 menit
Opor ayam ala dewi tryana

Opor ayam ala dewi tryana

6 porsi
45 menit
Opor ayam+tahu

Opor ayam+tahu

lngs aja ya mom, resep dr mertua πŸ˜‹

2 porsi
40 menit
Opor sayap ayam lezatos

Opor sayap ayam lezatos

Baru pertama buat opor ayam, maklum mahmud hehe, ternyata stok kemiri dan daun salam kosong. Jadi buat seadanya aja .. eh sukses. Suami sukaaa...

Ketupat praktis dengan kuah opor ayam

Ketupat praktis dengan kuah opor ayam

Tiap lebaran masakan ini kudu wajib ada, biarpun saya tidak merayakan tapi biasanya saya kebagian ketupat opor dari tetangga, sekarang tetangga kebetulan ngak ada yg muslim, jadi coba bikin sendiri deh.. Soalnya udah ngak ada yang ngasih ketupat hikss hikss

4 porsi
30 menit
OPOR AYAM ala Tegal      [Warung Lesehan Banyumili]

OPOR AYAM ala Tegal [Warung Lesehan Banyumili]

Awal saya melihat tampilan masakannya, saya langsung menyebut ini Garang Asem. Tapi sang pemilik resep mengatakan ini Opor Ayam, begitu di daerah Tegal disebut. Jadi tergelitik untuk mencoba memasaknya. Terimakasih bocoran resepnya ya :-) cc. Wr. Lesehan Banyumili, Saibun, Ciracas

4 porsi
60 menit
Opor Daging Elk

Opor Daging Elk

Ukuran dibawah hanya kira-kira saja yak! :)

Terik daging sapi

Terik daging sapi

Dapet resep dari mbak Ria, mari prakteeek.. gurih dan manis..

4 orang
120 menit
Terik Ati Tempe

Terik Ati Tempe

Makanan masa kecill... dulu sering dibikinin nenek ini, kalo udah makan pake ini bisa nambah berkali2 hihihi... Aku pake hati sapi, boleh ganti hati ayam, atau cuma pake tahu tempe aja enak kok... Kalo pake tahu, tahunya digoreng setengah mateng dulu ya..untuk tempenya nggak usah digoreng dulu. Langsung masukin aja.

opor

opor

pagi yang malas, yuukk bikin opor instan :))

1 porsi
10 menit
Opor telor tahu

Opor telor tahu

Bosen dengan masakan itu2 aja.. nah masak ini blm kesampean dr kemarin2 ahirnya kesampean juga sekalian buat bekel suami tercinta😊😊😊

30 menit