Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan (18.1) Kolak Biji Salak yang Bikin Ngiler

Dipos pada May 4, 2021

(18.1) Kolak Biji Salak

Anda sedang mencari inspirasi resep (18.1) Kolak Biji Salak yang mudah Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya (18.1) Kolak Biji Salak yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari (18.1) Kolak Biji Salak, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan (18.1) Kolak Biji Salak sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan (18.1) Kolak Biji Salak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat (18.1) Kolak Biji Salak memakai 11 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

#JemputRezeki dengan olahan dari ubi yaitu kolak biji salak. Bikinnya sangat mudah dan cepat. Ubi merupakan salah satu bahan yang cukup murah, dan jika diolah menjadi kolak hasilnya setengah kilo saja cukup banyak. Sekilo ubi jika sedang musimnya sangat murah ga nyampe 10 ribu. Kalau hitung hitungan jualan sangat menguntungkan. Semoga resep ini bermanfaat bagi yang mau jualan atau sekedar bikin untuk dimakan sendiri. Untuk santan tingkat kekentalan disesuaikan selera, kalau saya pakai 100 ml santan instan + air 150 ml. Kolak biji salak ini lembut banget teksturnya dan tidak lembek. #SiapRamadan #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #CookpadCommunity_JakartaBarat #CookpadCommunity

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat (18.1) Kolak Biji Salak:

  1. 500 gr Ubi (Berat setelah kupas)
  2. 170 gr Tepung tapioka
  3. 1/4 sdt Garam
  4. 200 gr Gula merah
  5. 800 ml Air
  6. 1 Lembar daun pandan
  7. 1 Sdm munjung tepung maezena (larutkan dengan 4 sdm air)
  8. Bahan kuah santan:
  9. 250 ml Santan
  10. 1 Lembar daun pandan
  11. 1/4 sdt Garam

Langkah-langkah untuk membuat (18.1) Kolak Biji Salak

1
Kupas ubi dan timbang. Lalu kukus sampai lembek, jangan lupa tutup panci diberi kain.
(18.1) Kolak Biji Salak - Step 1
(18.1) Kolak Biji Salak - Step 1
2
Jika sudah lembek, angkat. Langsung haluskan dgn sendok atau garpu. Harus sampai benar benat lumat. Sisihkan hingga hangat.
(18.1) Kolak Biji Salak - Step 2
(18.1) Kolak Biji Salak - Step 2
3
Jika ubi sudah hangat, masukan tepung tapioka dan garam. Uleni hingga kalis/bisa dibentuk. Bagi beberapa bagian untuk diberi pewarna. Beri pewarna sesuai selera lalu uleni hingga warna merata.
(18.1) Kolak Biji Salak - Step 3
(18.1) Kolak Biji Salak - Step 3
(18.1) Kolak Biji Salak - Step 3
4
Ambil sedikit adonan bulatkan. Lakukan sampai selesai.
(18.1) Kolak Biji Salak - Step 4
5
Sambil membentuk adonan kita bisa sambil masak air, gula merah dan daun pandan. Sampai gula larut. Lalu kita saring.
(18.1) Kolak Biji Salak - Step 5
(18.1) Kolak Biji Salak - Step 5
6
Masukan kembali gula merah yg sudah disaring kedalam panci, didihkan. Masukan biji salaknya. Biarkan sampai biji salak mengapung kepermukaan, cukup sesekali diaduk pelan agar tidak hancur.
(18.1) Kolak Biji Salak - Step 6
7
Setelah semua biji salak mengapung/matang masukan larutan tepung maezena. Aduk aduk biarkan mendidih lagi dan kuahnya mengental. Matikan api kompor.
(18.1) Kolak Biji Salak - Step 7
(18.1) Kolak Biji Salak - Step 7
8
Buat kuah santan dengan cara campur semua bahan, masak hingga mendidih dengan api kecil saja. Kolak biji salak siap di hidangkan.
(18.1) Kolak Biji Salak - Step 8
(18.1) Kolak Biji Salak - Step 8
9
Cara penyajian: Tuang santan ke atas kolak, aduk rata. Sajikan dingin lebih nikmat.
(18.1) Kolak Biji Salak - Step 9
(18.1) Kolak Biji Salak - Step 9
(18.1) Kolak Biji Salak - Step 9

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak ubi manis

Kolak ubi manis

Menu ini saya buat dadakan karena ada ubi di kulkas jadi saya langsung olah. Awalnya mau dikukus saja tapi takut pada bosen akhirnya terlintas lah untuk membuat kolak ubi. Untuk informasi menu kolak saya yang ini tidak menggunakan santan yang sangat banyam seperti kolak singkong yang pernah saya publish.

7 orang
1 jam
Kolak durian

Kolak durian

Yg langsung makan udah biasa jadi sekarang ngolah duren jadi kolak

Kolak Pisang Ubi Ungu ala SDW

Kolak Pisang Ubi Ungu ala SDW

karena dikasih pisang sama mertua banyak,bosen di goreng trs,akhirnya kita bikin kolak aja ..

5 porsi
Kolak Ubi Cilembu (MPASI 1thn)

Kolak Ubi Cilembu (MPASI 1thn)

Memanfaatkan bahan-bahan yang ada supaya ga mubadzir, punya ubi yang sudah di kukus tinggal sedikit, santan sisa masak mpasi yg lain dan susu murni disulap jadi kolak

Kolak ubi ungu

Kolak ubi ungu

lihat kolak ungu seperti ini pertama kali diabang2 pinggir jalan, sayang ngga sempat coba, jadi buat sendiri aja deh, pakai resep kolak biji salak ubi kuning yang biasa saya pakai

Kolak pisang ubi kuning

Kolak pisang ubi kuning

Pengen makan tp males nasi mulu.. mikir" dapet ide bikin kolak. jadi mumpung ada stok bwat ngolak.. ya udh ngolak aja. Kan kenyang tuh.. enak lg. Jadi gk hrus mkan nasi mulu.

6 porsi
Kolak Ubi Ungu

Kolak Ubi Ungu

pengen makan sesuatu yang menarik warnanya, jadi bikin deh kolak ini, warnanya cakep, kaya milkshake Taro, rasanya enak banget... oiya yang difoto saya tambahkan keju parut buat buat topping hehehe, dicoba ya.. cocok dimakan hangat atau ditambahkan es batu.

Kolak Ubi

Kolak Ubi

Lagi hamil pengen kolak malem-malem 😄

2 porsi
45 menit
Kolak Biji Salak Ubi Ungu

Kolak Biji Salak Ubi Ungu

Untuk takjil buka puasa Sunah, saya buat Kolak Biji Salak, dicetak dalam cetakan kue satu yg lama tidak dipakai. Saya buat dari Ubi Ungu dan Ubi Putih yg kandungan airnya sedikit. Rasanya enak, kenyal, sesuai selera keluarga. #CookpadCommunity_Jakarta #PejuangGoldenApron3

650 gr
2 menit
Kolak waluh mantap

Kolak waluh mantap

Alhamdulillah dpt waluh sm singkong dr kebunnya tetangga..nyari waluh dipasar sm supermarket ga ada aja,langsung deh dibikin kolak kebetulan kesukaan suami kolak waluh...masaaaaak!!!

6 porsi
20 menit
Kolak bisakol (biji salak kolang kaling)

Kolak bisakol (biji salak kolang kaling)

mau buka puasa ni,,tapi cuma ada ubi sama kolang kaling,,hmm bikin kolak aja ahh,,,,meskipun tampilan gambar tak menarik tp aslinya bisa diatur cantik kok hehe

Kolak Biji Salak Endolita

Kolak Biji Salak Endolita

Bermula dari punya sisa ubi cilembu, iseng-iseng diolah jadi kolak biji salak. Resep anti gagal dan ga perlu takaran pasti, cukup dikira-kira saja sesuai selera. Selamat mencoba ❤

Kolak pisang

Kolak pisang

Rasanya dan baru pertama kali membuatnya bangga bangetttt enakkk fulll

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Assalamualaikum 😇 setiap bln puasa byk yg jual kolak ini, drpd beli trs bikin sndr dirumah yuk bund lbh hemat dan tentunya higenis, bhn2nya pun mudah didapat.. 😊 #JemputRejeki #SiapRamadan

Kolak singkong dan kolang-kaling

Kolak singkong dan kolang-kaling

Temen kantor bawa singkong mentah digoreng di kantor singkongnya metik sendiri uenaknyaa, nah ada yg bilang pengen kolak, yaudah deh waktu weekend kemaren bikin kolak enaknya sihhh pake singkongnya temen, tapi jauh yaudahh deh beli di pasarr

18 orang
50 menit
Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Minggu ke-10 : Menu takjil hari pertama puasa ramadhan kemarin #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Depok

Kolak pisang

Kolak pisang

Kangen Ramadhan..

5 porsi