Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Pecel tempe telur santan yang Enak Banget

Dipos pada June 11, 2019

Pecel tempe telur santan

Anda sedang mencari inspirasi resep Pecel tempe telur santan yang unik? Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Pecel tempe telur santan yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Pecel tempe telur santan, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Pecel tempe telur santan ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Pecel tempe telur santan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Pecel tempe telur santan memakai 15 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Makanan khas jawa timur ini sungguh ngangenin.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Pecel tempe telur santan:

  1. 1/2 papan tempe, potong, kukus
  2. 6 buah telur rebus
  3. 2 buah santan instan (aku pake 2 aja)
  4. Minyak
  5. 500 ml air
  6. Bumbu halus
  7. 6 buah bawang putih
  8. 8 buah bawang merah
  9. 4 buah kemiri
  10. 5 cabe merah besar
  11. 5 cabe merah keriting (ga punya cabe rawit)
  12. Bahan pelengkap
  13. 4 lembar daun jeruk
  14. Kaldu jamur
  15. Garam

Langkah-langkah untuk membuat Pecel tempe telur santan

1
Siapkan bahan dan bumbu. Blender bumbu dan tumis hingga harum selama 10 menit. Tambahkan daun jeruk. Beri air. Aduk lagi hingga mendidih dan tuang santan instan.
Pecel tempe telur santan - Step 1
2
Aduk supaya santan tidak pecah. Masukkan tempe dan telur. Sebelum dimasukkan, telur di penyet atau ditekan dengan ulekan hingga sedikit terbelah. Beri garam dan kaldu jamur. Tes rasa. Dan biarkan kuah menyusut dan bumbu meresap.
Pecel tempe telur santan - Step 2
Pecel tempe telur santan - Step 2
3
Setelah matang, matikan kompor dan siapkan wadah. Sajikan dan siap disantap. So yummy dan harum. Rasanya enak banget. Selamat mencoba ya. Happy cooking.
Pecel tempe telur santan - Step 3
Pecel tempe telur santan - Step 3

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambal Pecel

Sambal Pecel

Resep aku dapet dari mamaku, karena kita sekeluarga asli jawa, Magelang tepatnya jd rasa lebih ke manis yaaa kalo mau lebih pedes bisa tambahin cabe rawit :) Disini aku pake cobek yaaa engga pake blender, soalnya gada teksturnya kalo pake blender tuh. Maaf jg engga ada foto hasil ulekan kacang dan bumbunya yg belum dicampur Hehehehe

Pecel Selada Air / Cenil

Pecel Selada Air / Cenil

Ketika saya tinggal di Bogor, saya belum pernah melihat apalagi memakan selada air. Nah, setelah pindah dan menatap di Solo, sayuran yang satu ini banyak sekali dijual di pedagang sayur. Karena penasaran dengan rasanya, saya coba beli dan masak sayur tersebut. Soal rasa? Mmmmh... Enak! :)

4 porsi
15 menit
Niiyama pecel kangkung Microwave

Niiyama pecel kangkung Microwave

Lidah mamanya kembali keselera nusantara ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ Beruntung bisa nemu kangkung, tanpa sengaja dr hr jum'at mgg lalu, ditaruh di kulkas ampe layu๐Ÿ˜“, br bs diolah tadi pagi, abisnya ikut selera ppnya melulu dan anak2..๐Ÿ˜…, hr senin ini mrk aktifitas seperti biasa, sy yg di rumah sendirian akhirnya bisa dengan leluasa sepuasnya hahaha๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Pecel Pitik/Ayam khas Banyuwangi

Pecel Pitik/Ayam khas Banyuwangi

#BikinRamadanBerkesan 23 Mei 2018, #9 Ini salah satu yg ngangenin dari kampung halamanku, Meski topik kampuang nan jauh di mato dah lewat gak masalah ya..., mau ngenalin aja ttg kuliner ujung timur P Jawa, Banyuwangi๐Ÿ˜. Pecel pitik ini paduan ayam panggang dg bumbu kelapa yg cita rasanya seperti bumbu urap tapi pakai kemiri, rasanya gurih pedas manis.. Biasanya warna agak kemerahan, tp krn stock cabe merah ga ada, saya pake cabe rawit doang, hasilnya jd rada kuning kayak pake kunyit. Soal rasa....tetap jooss๐Ÿ˜‹ Silahkan coba...

Pecel Pisang

Pecel Pisang

camilan khas yang ada di keluarga suamiku. rasanya enak, anak - anak juga suka

Bakso Bakar Bumbu Pecel

Bakso Bakar Bumbu Pecel

Cemilan yg ngga ada bosennya...

Pecel ikan Lele

Pecel ikan Lele

#AntiRibet

Pecel sayur

Pecel sayur

Tempo hari makan pecel ini waktu di pasar kaget di hari minggu, di cobain kok enak ya. Ada rasa manis & asemnya gitu. Akhirnya bermodalkan insting, cobalah buat di rumah alhamdulillah enak eh trs sekarang jadi ketagihan bikin. Hihihi #berburucelemekemas #resolusi2019

Cilok bumbu pecel

Cilok bumbu pecel

Pingin cilok sesuai selera,Nemu resep mbak Fitri,langsung eksekusi aja lah.kebetulan di kulkas masih nyimpen bumbu pecel,jadinya gak umek bikin saus kacangnya.tinggal dikasih air panas bumbu pecelnya+saus sambel+kecap.maksudnya buat cemilan tapi kenyang juga.cobain yuk

Sambal pecel

Sambal pecel

Serching bikin sambel pecel... Akhirnya ke resep mba amei aj deh dicobain.. Enakk..cuma kurang berasa kencur kalo buat saya..hehe..tapi over all anything is oke..๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰ Dan pastinya gak pedes biar ank2 bs makan juga.

600 gram
1 jam
79. Pecel Terong Bakar Tempe Kukus

79. Pecel Terong Bakar Tempe Kukus

Bosen punya terong digoreng,di crispy,balado,oseng,di jangan santen. Jadi kali ini dibakar tp tetep menggunakan sambal dan santan.. Enak bgt nih bisa nambah" nasinya.

Pecel

Pecel

Pecel

Dadar Telur Tahu Bumbu Pecel

Dadar Telur Tahu Bumbu Pecel

Wangi nya telor dadar dengan bumbu pecel seperti apa rasanya, ayooo kita coba..

Sambal ayam pecel

Sambal ayam pecel

Awalnya mau makan malam, eh kehabisan lauk. Yaudah bikin sambal aja terus ada ayam didalam kulkas.

2 porsi
Pecel Pakis Khas Gunung Muria Kudus

Pecel Pakis Khas Gunung Muria Kudus

#cookpadcommunity_yogyakarta #Pekan_Kudus #PekanInspirasi #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 Banyak pecel di Indonesia salah satu yang terkenal adalah Pecel Madiun.Namun ada yang spesial di Kudus yaitu Pecel Pakis.Kudapan sedap ini adalah makanan khas dari Lereng Gunung Muria, Kudus.Banyaknya tanaman pakis yang tumbuh di daerah yang lembab di lereng gunung membuat masyarakat sekitar tergerak untuk memanfaatkanya.Pakis sejenis tumbuhan paku yang bernama latin Diplazeum Eculentum ternyata mempunyai banyak manfaat.Seperti membantu penyembuhan pada luka, mencegah penuaan dini serta menjaga metabolisme tubuh. (Info dari Jateng.tribunnews.com-Nikmatnya Pecel Pakis Makanan Khas dari Lereng Gunung Muria) Hari ini nyobain bikin pecel dengan bahan sayuran pakis.Biar warna dan rasa sayuran tetap hijau dan manis sebaiknya setelah merebus langsung dimasukkan dalam air dingin kemudian ditiriskan.Gula dan cabai sesuai selera ya..ini pecel pakis ala saya.