Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Nasi pecel pincuk yang Lezat Sekali

Dipos pada June 30, 2019

Nasi pecel pincuk

Bagaimana membuat Nasi pecel pincuk yang lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Nasi pecel pincuk yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Nasi pecel pincuk, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Nasi pecel pincuk bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Kira-kira porsi penyajian Nasi pecel pincuk biasanya untuk 6 pincuk. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Nasi pecel pincuk diperkirakan sekitar 240 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Nasi pecel pincuk sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Nasi pecel pincuk memakai 39 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Postingrame2 Minggu 3 Maret 2019 #pr_semuadehadadisini . Kebetulan sekali sekalian weekend sebagai menu keluarga . Tema Cooking "One Dish Meal / makanan Sepinggan . Sengaja kami buat Nasi Pecel Pincuk atau disajikan dengan pincuk daun pisang serasa lebih sedap . Supaya kembali ke alam menu ini lengkap disajikan nasi , sayur mayur , bumbu pecel homemade serta empal ayam goreng , telur ceplok serta pelengkap Rempeyek kacang tanah dinikmati rame2 bersama keluarga serasa makan di luar boleh dicoba yummy 😍 #pr_semuadehadadisini #komunitaspaders #cookpad_paders #cookpadindonesia #cookpadcommunity_bandung #berburucelemekemas #resolusi2019 #kemauandankemampuan

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Nasi pecel pincuk:

  1. Nasi sudah tersedia di Magicom setiap hari
  2. Sayur mayur :
  3. 1 ikat daun pepaya
  4. 1 ikat daun singkong
  5. 1 buah labu Siam
  6. 1 buah bunga kecombrang
  7. 1 ikat kacang panjang
  8. 200 gram taoge pendek
  9. Bumbu pecel homemade :
  10. 250 gram kacang tanah
  11. 4 siung bawang putih
  12. 10 buah cabe keriting
  13. 5 buah cabe rawit
  14. 2 cm kencur
  15. 1 sdt terasi goreng
  16. 6 buah bawang merah
  17. secukupnya garam
  18. secukupnya gula merah
  19. 4 lembar daun jeruk iris buang tulangnya
  20. Empal Ayam Goreng :
  21. 1 kg ayam tege ( kebetulan sudah pernah posting
  22. Telur ceplok :
  23. 1/2 kg telur
  24. secukupnya garam
  25. secukupnya minyak goreng
  26. 1 sdm blue band
  27. Rempeyek kacang tanah :
  28. 250 gram kacang tanah
  29. 250 gram tepung beras putih
  30. 1 sdm tepung tapioka
  31. 1 butir telur
  32. 300 cc santan kental dari 1/2 butir kelapa parut
  33. secukupnya minyak goreng
  34. Bumbu :
  35. 6 siung bawang putih
  36. 1 sdm ketumbar sangrai
  37. 10 butir kemiri goreng
  38. 2 cm kencur
  39. 10 lembar daun jeruk iris halus buang tulangnya

Langkah-langkah untuk membuat Nasi pecel pincuk

1
Untuk satu pincuk siapkan nasi kurang lebih 200 gram. Untuk sayur mayur direbus semua dengan disesuaikan tingkat kematangannya. Baru di iris iris kalau bunga kecombrang bisa di lepas lepas saja karena sampai empuk. Taoge cukup dicuci lalu rendam air mendidih tiriskan.
Nasi pecel pincuk - Step 1
Nasi pecel pincuk - Step 1
Nasi pecel pincuk - Step 1
2
Untuk bumbu pecel kacang tanah sengaja di sangrai baru dihaluskan. Untuk bumbu disiapkan terlebih dahulu. Baru bawang merah, bawang putih dan cabe digoreng sebentar.
Nasi pecel pincuk - Step 2
Nasi pecel pincuk - Step 2
Nasi pecel pincuk - Step 2
3
Baru bumbu dihaluskan semua termasuk garam dan gula merah sampai halus beri irisan daun jeruk yang sudah dibuang tulangnya. Campur dengan kacang yang sudah dihaluskan koreksi rasa. Ambil sebagian beri air mendidih aduk sampai tercampur rata.
Nasi pecel pincuk - Step 3
Nasi pecel pincuk - Step 3
Nasi pecel pincuk - Step 3
4
Untuk Empal Ayam Goreng kebetulan sudah posting di Cookpad id https://cookpad.com/id/resep/3717714-empal-ayam-goreng?via=androidsharesheet&shared_at=1551508513. Telur ceplok goreng satu persatu sampai selesai.Tiriskan dan siap disajikan.
Nasi pecel pincuk - Step 4
Nasi pecel pincuk - Step 4
Nasi pecel pincuk - Step 4
5
Untuk Rempeyek kacang tanah kacang tanah di belah dua sisihkan kemudian siapkan semua bumbu haluskan.
Nasi pecel pincuk - Step 5
Nasi pecel pincuk - Step 5
Nasi pecel pincuk - Step 5
6
Campur tepung beri telur dan bumbu halus tambahkan santan sedikit demi sedikit sampai tingkat kekentalan tertentu beri irisan daun jeruk yang dibuang tulangnya. Baru masukkan kacang sebagian jangan langsung sekaligus supaya Rempeyeknya rengket (rata kacangnya).
Nasi pecel pincuk - Step 6
Nasi pecel pincuk - Step 6
Nasi pecel pincuk - Step 6
7
Adonan aduk rata goreng dalam minyak panas api sedang sesendok bulat (sendok sayur) satu persatu langsung menempel ke wajan. Tunggu agak kering dorong (susuk) supaya masuk terendam minyak sampai kering angkat tiriskan sampai adonan habis.
Nasi pecel pincuk - Step 7
Nasi pecel pincuk - Step 7
Nasi pecel pincuk - Step 7
8
Nasi Pecel Pincuk, ambil daun pisang dua lembar tumpuk jadi satu dan dibentuk pincuk tata nasi kemudian sayur mayur yang sudah di iris iris, bunga kecombrang cukup dilepas saja karena empuk. Baru disiram dengan bumbu pecel yang sudah di aduk dengan air panas. Tambahkan lauk pauk Empal Ayam Goreng, Telur Ceplok dan pelengkap Rempeyek kacang tanah dalam satu Pincuk sedap.
Nasi pecel pincuk - Step 8
Nasi pecel pincuk - Step 8
Nasi pecel pincuk - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Pecel Lele Mercon

Pecel Lele Mercon

Berawal dari suami yg suka banget makan lalapan lele dan bagian masaknya bosen, akhirnya bikin lah resep awur2 tanpa gogling ternyata jadinya mantap πŸ‘

4 porsi
30 menit
Pecel Ayam and nasi Uduk rumahan

Pecel Ayam and nasi Uduk rumahan

Kemarin Kamis teman-teman aku mau main kerumah,jadi masak yang simple and santai jadi bikin nasi uduk and pecel ayam deh karena gampil bumbu nya and masaknya 😊

1 0 -12 porsi
2 jam
Sego Pecel Jawa Timuran

Sego Pecel Jawa Timuran

Rindu Sih Rindu... Tiket Pesawat Hrs dRefund Krn Pandemi... Untunglah #WorkFromHome #DirumahAja Bikin Makin Semangat Ngulik dDapur... Pas Juga Ramadhan...Br Bisa Menyiapkan Menu Berbuka Terbaik n BerVariasi Setiap Hari Buat Suami... Alhamdulillah Stok Sambel Pecel dr Jawa Selalu Ada dKulkas... Hari Ini Spesial Juga Mas Garwo Request Pecel... Eksekusi deh Bikin Pecel dgn Oseng Pedes...Sundukan...Tempe...Peyek... Ala Kampung Halaman Lah... Signature Ibu jg Nih...Oseng2 Pedes Pelengkap Pecel... Semoga Bisa Jadi Obat Rindu 😍 #TiketMasukGoldenApron3 #NgeksisDiCookpad #AksiDutaRecook #DutaRecookPontianak #FestivalRamadanCookpad #MudikOnline #RamadanPenuhIdeMemasak #MasakItuSaya #CiptakanSuasanaDariMasakan #Cookpadcommunity_Pontianak #Cookpadcommunity_Borneo

Nasi pecel sayur

Nasi pecel sayur

Gara2 nonton vlognya mba tina xl...jadi kepengen makan pecel sayur..alhasil berbekal bahan yg adanya cuma kol sama pakcoy aj yg penting bumbunya enak...ini ak tambahin sambel lagi di bumbu pecelnya..biar rasanya makin pedes nampol πŸ˜πŸ‘

Pecel lele homemade(pr_homemadestreetfood)

Pecel lele homemade(pr_homemadestreetfood)

Meramaikan pr minggu ini ya mom,bikin di rumah serasa jajan di pinggir jalan nih... Dengan lalap seadanya di rumah aja,jadilah pecel lele nikmat...

Sambel pecel lele

Sambel pecel lele

judulnya sambel pecel lele tapi ga pake lele. makannya pake ayam dan tempe aja, soalnya papa ga bisa makan lele πŸ˜…

Nasi Pecel Komplit

Nasi Pecel Komplit

Selama tinggal di Bontang beli pecel pasti sayurnya seiprit. Jadi bikin sendiri aja deh pecel yang pas buat berdua sama Mas Bojo.

2 porsi
45 menit
Pecel Lele

Pecel Lele

#Cookpadcommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa #BancakanOnlineBarengCookpad #OnlineClass Butuh ide jualan? Warung pecel lele bisa kita temui di segala penjuru daerah. Dengan menu ayam, bebek, tahu, tempe dan lele tentunya maka menu ini gampang sekali diterima dimasyarakat. Menurut saya dari beberapa warung pecel lele rata-rata hampir sama saja rasa dan Tampilannya. Walaupun ada yang dibuat versi bakar ataupun kremesan tapi tidak terlalu berpengaruh menurutku. Sambel memiliki poin plus menurut ku dalam penyajian pecel lele, Sambel yang nikmat maka akan berpengaruh pada rasa si pecel lele ini. Sayangnya masih jarang menemukan sambel yg bener2 enak dan fresh apalagi ketika cabe mahal😌😌😌. Saya agak sensitif soal penggunaan cabe segar dan bahan segar karena sedikit saja bahan yg kualitas nya kurang bagus dicampurkan maka akan merubah cita rasa si sambel. Bukan sok gaya sak tau tapi karena belajar dari pengalaman dimana saya produksi sambel botolan yg udah belajar memahami sambel selama beberapa tahun ini sehingga lidah sudah sensitif bisa mengetahui kualitas bahan2nya seperti apa. Oh ya sambel yang biasanya ada pada pecel lele yang paling umum ada sambel lamongan, sambel bawang ataupun sambel tomat. Nanti semua akan saya jelaskan dan berikan resepnya secara jelas. Untuk Nasi uduk dan lele nanti saya cuma mau share cara praktis yg ga ribet ala2 pecel lelean pada umumnya. Semoga bermanfaat dan syukur 2 bisa jadi peluang usaha.. Peluk cium😍😍πŸ₯°πŸ₯°πŸ˜πŸ˜πŸ₯°

8 orang
2 jam
Sambal Pecel Lele Dan ayam ala pedagang

Sambal Pecel Lele Dan ayam ala pedagang

Dicoba yuk rasanya bener2 kaya ditempat langganan saya, iseng2 liat mas nya lagi bikin sambel ko kaya engga digoreng, ( soalnya saya kalau bikin yang dogoreng selalu kurang pas rasanya) mau nanya ga berani secara takut ditolak mentah2 πŸ˜…πŸ˜… akhirnya pakai ilmu mata, coba eksekusi sendiri resep acak2 sendiri, modalnya cuma liat semua itu bahan bekas direbus, akhirnya setelah semua bahan direbus cari cara gimana caranya supaya kaya ditempat langganan, dan kepikiran mungkin ga pakai tambahan minyak pas dimasaknya😐 (secara kalau pakai minyak pasti hasilnya bakalan sama digoreng2 juga) akhirnya hanya dengan di sangrai diwajan jadi juga sambel pecel lele yang nyemek2 dan berair kaya diabang2 jualan,rasanya bukan mirip lagi tapi SAMA πŸ˜ƒπŸ˜ƒ setelah berhasil dengan sambal ini ga pernah beli lagi diluaran πŸ˜† Ini persi rebus yah, Dan dimasaknya tanpa tambahan minyak, Alhamdulillah setelah post dibeberapa grup banyak yang coba dan pada bilang enak 😍😍 pada bilang mirip ditukang jualan sampai ada yang buat untuk bakulanya,Alhamdulillah seneng dengernya 😘 Dicoba yu ( ga ada salahnya kan mencoba πŸ˜‚) maaf yah kepanjangan semoga bermanfaat dan salam kenal buat semuanya

Sambal Pecel Lele

Sambal Pecel Lele

Doyan banget makan kalo pake sambal yg satu ini dijamin pak boss nambah😍

Sambal pecel lele/sambal sari laut

Sambal pecel lele/sambal sari laut

ini sambal mirip bgt sm sambal pnjual pecel lele langganan kami...miriipppps binggooo...monggo dicoba y...resep asli g pake gula merah.source:dapurVY follow youtube saya: makyang channel

Sambel pecel lele lamongan

Sambel pecel lele lamongan

Source : Ibeth Betris Trims yaaa, #kamuinspirasi resepnya enak, bikin nagih β˜ΊπŸ™ Aku modified sesuai bahan yang ada di dapurku 😊 #pejuanggoldenapron3 #PejuangGoldenApron3 #minggu37

Sambel kemangi / sambel pecel lele

Sambel kemangi / sambel pecel lele

Wow banget udah bisa bikin sambel khas pecel lele di warung2 lesehan, makan malam jadi serasa di warung lesehan πŸ˜„ Source DapurVy

Pecel Lele

Pecel Lele

Pagiii.. masak apa hari ini, bun? Buat sebagian orang, lele adl pantangan krn mitos ttg pemeliharaannya yg agak β€œhoror” πŸ˜…. Tapi buat keluarga kami, lele adl favorit yg sanggup meludeskan nasi sebakul dalam bbrp menit saja. Pecel lele ini minimal 2 minggu sekali terhidang di atas meja makan. Sambelnya resep turun temurun dr mbahnya suami. Dibikinnya dadakan (tp bukan tahu bulat lho yaa) pas kita mau makan. Nasi anget + lele anget + sambel seger. Hmm.. nikmat Tuhan yg mana lagi yg hendak kamu dustakan? #CookpadCommunity_Bandung #CookpadCommunity_Solo #masaksekeluarga #pecellele #lele

5 orang
30 menit
Nasi Pecel Kembang Turi

Nasi Pecel Kembang Turi

Bismillah, Ngidam pecel, Alhamdulillah pas ke kangsayur ditawarin kembang turi.. Ini namanya rejeki anak sholeha😁 Langsung eksekusiπŸ˜‹πŸ˜

5 porsi
30 menit
Nasi pecel

Nasi pecel

Vegetarian food.. menu seperti ini yang paling di sukai oleh Pak suami. Makanan kaya akan serat. Sesekali coba bikin sendiri di rumah. Biasa aku beli di tukang lotek. Resep sambel kacang cabe di sesuaikan selera masing - masing saja.