Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Kolak ubi ungu yang Enak Banget

Dipos pada May 4, 2021

Kolak ubi ungu

Sore-sore begini enaknya membuat Kolak ubi ungu yang unik? Cara membuatnya tidak terlalu susah. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Kolak ubi ungu yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Kolak ubi ungu, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Kolak ubi ungu di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak ubi ungu sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak ubi ungu memakai 7 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bikin kolak biasanya cuma pas puasa aja. Tapi karna udah pengen banget akhirnya bikin deh. Biasanya bikin kolak pake ubi yg kuning atau putih, ini kok tumben2an belinya ubi ungu. Baru pertama bikin kaget kok kuah nya jadi ikutan ungu. Hehehe...gak papa..yg penting rasanya maknyuss....

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak ubi ungu:

  1. 1/2 kg ubi ungu kurleb 3 buah
  2. 4 biji pisang kepok
  3. 1 lt santan encer
  4. sedikit gula
  5. 1 sachet vanili
  6. secukupnya gula merah (opsional, bisa dganti dengan gula pasir, soalnya gak bakal ngaruh ke warna, tetep aja warnanya ungu, hehehe)
  7. 3 lembar daun pandan cuci bersih lalu ikat simpul

Langkah-langkah untuk membuat Kolak ubi ungu

1
Kupas ubi ungu. Cuci bersih, lalu potong2. Kupas juga pisang kepok potong2 sesuai selera. Sisihkan.
2
Siapkan panci. Rebus ubi ungu dengan santan. Aduk2 agar santan tidak pecah . Masukkan gula, garam, vanili dan daun pandan. Setelah setengah matang masukkan pisang kepoknya. Tunggu hingga ubi lunak, test tusuk dengan garpu.
3
Koreksi rasa. Matikan api. Sajikan. Enak dimakan hangat2. Atau bisa ditambah dengan es batu.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak biji salak

Kolak biji salak

Ingin bagi-bagi takjil ke tetangga. Cari yg simple dan mudah. Kepikiran buat ini.

Kolak Bubur Ubi

Kolak Bubur Ubi

Membuat camilan untuk anak,sekaligus bs untuk sarapan.krn kuahnya kental seperti bubur. Recook bunda Dapurvy, terima kasih ya bunda.

2 porsi
30 menit
kolak ubi cilembu cemplungin rice cooker

kolak ubi cilembu cemplungin rice cooker

Kolak ini kesukaan saya, karena suami ga suka kolak, jd selalu buat sedikit utk konsumsi sendiri saat "me time"

2 porsi
15 menit
Kolak pisang kentang 😊

Kolak pisang kentang 😊

Lagi flu karna semalam kehujanan, bangun2 laper dan pengen yang anget-anget. Di kulkas adanya pisang kentang dan santen jdii yaa di bikin kolak ajaa :) Pas cari resep sebenernya agak ragu karna gk nemu resep yang bikin kolak kentang tapi gpp lah yaa coba2 siapa tau enak :)

Kolak Biji Salak Ubi Ungu

Kolak Biji Salak Ubi Ungu

Hidangan berbuka puasa yang murah dan merakyat 😊

Kolak pisang setup

Kolak pisang setup

Tau resep inih br kmrn dr c syantik Tintin Rayner, pas td pagi d tkg sayur liat pisang galek cantik" lsg bli deh.

Kolak Pisang Kolang Kaling

Kolak Pisang Kolang Kaling

Sebenernya biasa ajj sih.. Ga ada yg istimewa buat di share di sini.. 😝😝😝 Ini request suami pngen dibkinin kolak, kangen katanya.. biasanya kan aku bkin kalo bulan puasa ajj.. Daripada pic nya di buang, sayang udh jeprat jepret.. Lumayan nambah" koleksi resep.. 😅😅💃🏻💃🏻

Kolak waluh mantap

Kolak waluh mantap

Alhamdulillah dpt waluh sm singkong dr kebunnya tetangga..nyari waluh dipasar sm supermarket ga ada aja,langsung deh dibikin kolak kebetulan kesukaan suami kolak waluh...masaaaaak!!!

6 porsi
20 menit
Kolak pisang

Kolak pisang

buka puasa pgen nya makan yg segar nah langsung deh bikin kolak pisang kepok

3 porsi
20 menit
Kolak pisang

Kolak pisang

Rasanya dan baru pertama kali membuatnya bangga bangetttt enakkk fulll

Kolak ubi pelangi

Kolak ubi pelangi

2 porsi
30 menit
Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Biasanya klw bulan Ramadhan hampir setiap hari bikin kolak dan klw aku sukanya santannya langsung dicampur ke kolaknya bukan dipisah (biar hemat waktu) tp klw yg suka dipisah gpp boleh aja (terkadang pun aku buatnya terpisah antara kolak & kuah santannya supaya ga bosen). Jadi resep dibawah ini santannya langsung aku campur ke kolaknya yaa, klw difoto aku sisain sedikit santannya hanya untuk mempercantik tampilan kolaknya 😁. Yuk langsung aja dicoba 👇 #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Tangerang #GenkPejuangDapur

Kolak Candil Ubi Kuning Ramadhan

Kolak Candil Ubi Kuning Ramadhan

Pas yaa....cuaca dingin mendung gelap ditemenin Kolak Candil anget, udah kyak suasana ramadhan aja 😂 duh jd kangen ramadhan 🤗 . Candilnya dr ubi kuning yg manis, ubi nya selalu saya kukus gak pernah direbus, karna kalo direbus ubi akan menyimpan kandungan air lbh banyak. Takutnya tar kelembekan pas jd candil. Metode kukus hanya 10 menit mnurut saya better. . Markicusssss......

Kolak Labu Pisang Raja

Kolak Labu Pisang Raja

Karena dibulan puasa, semua terlihat menggiurkan. Termasuk labu kuning & pisang raja yg saya temui di supermarket tadi sore. Hehehe.. akhirnya bikin kolak dehhh. Karena saya gak begitu suka kolak pake gula merah, jadinya pake gula putih ajaa. Tapi gak kalah enaknya kokk..

6 porsi
45 menit
Kolak singkong manis

Kolak singkong manis

Ini kolak singkong yang pertama kali aku buat. Awalnya coba-coba eh ternyata lumayan rasa nya ☺

5 porsi