Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Kolak biji salak yang Sempurna

Dipos pada May 6, 2021

Kolak biji salak

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Kolak biji salak yang pasti lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Kolak biji salak yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Kolak biji salak, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Kolak biji salak enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak biji salak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak biji salak memakai 8 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ingin bagi-bagi takjil ke tetangga. Cari yg simple dan mudah. Kepikiran buat ini.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak biji salak:

  1. 2 buah ubi kuning (ukuran sedang)
  2. 2 sdm tepung tapioka
  3. 2 sdt tepung jagung/maizena
  4. 1 sdt garam
  5. 2 lembar daun pandan
  6. 2 buah gula jawa
  7. 1 sachet santan Kara
  8. 3 sdm kolang kaling (optional)

Langkah-langkah untuk membuat Kolak biji salak

1
Kukus ubi hingga matang. Kemudian kupas lalu lumatkan. Beri tepung tapioka dan sedikit garam. Campur hingga merata dan tidak lengket. Kemudian bulatkan (ukuran sesuai selera) hingga adonan habis.
2
Siapkan panci beri air, gula jawa dan daun pandan. Rebus hingga gula jawa lumer dan mendidih. Setelah mendidih masukan bulatan ubi. Tunggu hingga mengambang. Angkat dan tiriskan.
3
Dengan api kecil, masukan tepung jagung yg sudah diencerkan ke dalam air gula jawa. Aduk merata.
4
Kolang kaling rendam dalam air panas (kira-kira 10menit) kemudian tiriskan. Encerkan kara dan beri daun pandan. Panaskan hingga mendidih. Setelah mendidih masukan kolang kaling kedalam santan.
5
Susun dalam mangkok, bola ubi kemudian air gula jawa dan santan plus kolang kaling. Sajikan

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak Biji Salak (Ubi Orange)

Kolak Biji Salak (Ubi Orange)

Aku tuh suka banget sama santan dan yang manis2. Punya ubi dari pengasih yang baik hati. Langsung ke warung nyari printilannya sebagai pelengkap sambil ikutan #pilkadacookpad_Bekasi #CABEKU #bamasakjosantan #cookpadcommunity_bekasi #hannahani_cookies

6 Porsi
60 Menit
Bubur Karuang (Kolak Biji Salak) khas dayak

Bubur Karuang (Kolak Biji Salak) khas dayak

Ini resep khas dayak Maanyan ya, kalau khas Banjar beda lagi kuah santannya di kasih kocokan telur

Kolak Biji Salak Tape Singkong

Kolak Biji Salak Tape Singkong

Senin, 6 Mei 2019 #JemputRejeki #SiapRamadan #minggu2siapramadan #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #mingguke_18 #cookpadcommunity_yogyakarta Source : mbk Kartini Munthe Tape itu enak manisnya, bisa dibuat camilan apa aja. Kali ini jadi menu takjil yang nikmat. Bisa juga pake es batu.

Kolak Mangga

Kolak Mangga

Terinspirasi dari kolak yang biasanya dibuat dari Pisang,akhirnya mencoba bereksperimen dengan Mangga. Ada yang bilang kalau ini mirip dengan minuman Laksamana Mengamuk dari Riau,hanya saja bedanya ini tidak pakai susu kental manis dan terdapat rempah seperti kayu manis dan cengkeh di dalamnya. Gurih santan dan wangi rempahnya bertemu dengan manis segar Mangga,Hmmmmmm memang layak dicoba selagi hangat.

6 orang
30 menit
Kolak ubi jalar

Kolak ubi jalar

Ceritanya anak aku suka banget ma ubi jalar,biasa aku rebus atau goreng doank,tapi sesekali aku buat dikolak anak aku doyan banget

Kolak Singkong

Kolak Singkong

Dapet kiriman singkong 😊 ditambah punya gula aren oleh2 dari banten 😂 langsung deh coba resep 😍

Kolak labu kuning

Kolak labu kuning

Kolak labu biasanya hanya ada dibulan puasa, dan labu kuning kalau pas lagi bulan puasa pasti melimpah, banyak yang jual, kalau pas lagi gak puasa gini jarang-jarang sih yang julan. Tadi pas belanja ada yang jual. Beli aja langsung dimasak buat selingan makan anak. Aku kalau masak kolak labu gak pernah pakai santan buntik, gampang bikinnya.. 😁

5 orang
15 menit
Kolak Singkong

Kolak Singkong

Singkongnya lembut, kuahnya gurih dan manis.

Kolak pisang ubi

Kolak pisang ubi

Makanan favorite kesayangan

Kolak biji salak ubi ungu

Kolak biji salak ubi ungu

Aku Suka sm ubi ungu.. selain sehat..warnanya jg cantiik

3 porsi
1 jam
Kolak pisang kolang kaling biji salak

Kolak pisang kolang kaling biji salak

tahun pertama puasa bareng suami, suami yang tradisi setiap berbuka harus ada kolak pisang.. belum pernah buat, tapi dengan bismillah niat tekad yang kuat :p alhamdulillah jadi kolak pisang dan suami beserta teman2nya doyan banget, masakan rumah emang tiada duanya 😝

6 porsi
30 menit
KOLak pisang

KOLak pisang

Request dari bapa ku pengen kolak pisang, bapa ku sendiri yang beli pisang nya, ehehehe.... aku yang eksekusi di dapur, hajaaarrr...ahahaha... dan enak kata bapaku... alhamdulilah, eheheh

8 orang
25 menit
Kolak ubi lezat!!

Kolak ubi lezat!!

#OmTeloletOm

5 porsi
30 menit
Kolak SingJo

Kolak SingJo

Hujan deres, pengen anget-anget tapi legit. Jadi sepertinya kolak cocok. Ketambah inget suasana ramadhan, hehehe.

Kolak Setup Pisang

Kolak Setup Pisang

Paksu pgn dibikinin kolak setup. Pgnnya sih bbrp hari yg lalu, tp selalu ga ada pas belanja. Pesen deh sm ibu tukang sayurnya biar disisain, langsung deh eksekusi. Takarannya asal cemplung aja ,tp tetep inget kok 😂

Bubur Candil Ubi Kuning / Kolak Biji Salak

Bubur Candil Ubi Kuning / Kolak Biji Salak

#PejuangGoldebApron2 #ubi #takjil #bubur #DiRumahAja

Kolak Pisang

Kolak Pisang

Musim hujan paling sedap makan kolak pisang hangat.

Kolak gurihku

Kolak gurihku

Pengen sesuatu yg manis, dan bahan jg ada seadanya , dan muncullah ide buat ini.. maknyuss banget .

Kolak Kacang Ijo Presto

Kolak Kacang Ijo Presto

Mencoba cara baru membuat kolak kacang ijo dengan panci presto agar lebih empuk. ternyata lebih cepat dibanding dengan memasak manual hihihi..dan hasilnya pun makin enak..empuk dan pandan meresap sampe ke dalam.

6 porsi
30 menit