Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Kolak Bubur Ubi yang Enak

Dipos pada May 5, 2021

Kolak Bubur Ubi

Bagaimana membuat Kolak Bubur Ubi yang praktis Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Kolak Bubur Ubi yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Kolak Bubur Ubi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kolak Bubur Ubi ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Kira-kira porsi penyajian Kolak Bubur Ubi yaitu 2 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, kira-kira waktu penyiapan Kolak Bubur Ubi diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak Bubur Ubi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak Bubur Ubi memakai 9 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Membuat camilan untuk anak,sekaligus bs untuk sarapan.krn kuahnya kental seperti bubur. Recook bunda Dapurvy, terima kasih ya bunda.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak Bubur Ubi:

  1. 450 gram ubi (sy warna kuning dan jingga)
  2. 1 liter air
  3. 20 gram gula pasir (sy skip)
  4. 110 gram gula aren (sy menjadi 150 gram)
  5. 1/2 sdt garam halus
  6. 2 lembar daun pandan (sy disimpulkan)
  7. 1/4 sdt vanili (sy skip)
  8. 4 sdm sagu/tepung tapioka
  9. secukupnya saus santan instant

Langkah-langkah untuk membuat Kolak Bubur Ubi

1
Didihkan air 1 gelas. Masukkan gula aren dan masak sampai gula aren larut lalu disaring. Tambahkan sisa air dan didihkan kembali.
2
Tambahkan gula pasir,daun pandan,garam, aduk2 dan biarkan mendidih. Lalu,masukkan ubi,masak sampai ubi matang/empuk. Ubinya dipotong sesuai selera ya.
3
Larutkan tepung sagu dgn air menjadi 100 ml. Lalu masukkan ke kolak ubi,aduk2,matikan api. Sajikan dgn saus santan instant. Cara buat santan : 1 bungkus santan kara+ 150 ml air+ garam halus sedikit lalu direbus sampai mendidih sambil diaduk2.
4
Siap dihidangkan
Kolak Bubur Ubi - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak kacang hijau dan ubi jalar

Kolak kacang hijau dan ubi jalar

Punya ubi pengen aja buatnya, hujan2 kan enaknya minum yang hangat2 ...........

Kolak Singkong Pandan

Kolak Singkong Pandan

Kali kedua saya membuat kolak ini atas request mamak tercinta. Ini merupakan resep kreasi. Asal muasal resep ini, berfikiran kenapa selama ini daun pandan cuma dimanfaatin aromanya aja dalam kolak, kok gak warnanya juga.. Hmmmm Akhirnya jadilah sikolak pake daun pandan plus daun suji untuk mempertegas warna ijonya. Kebetulan saya lagi gandrung banget sama yang ijo-ijo 😍😍 Selain itu bukan cuma warna kolaknya aja yang cantik aromanyapun menggugah selera daannn yang terpenting rasanya 👌 Terus ternyata eh ternyata semua suka. eaaaaa 😁😁

Kolak Candil Ubi

Kolak Candil Ubi

#BanggaKirimRecook #GA_TheNextLevel Merecook resep yang simple menyenangkan bagi saya. Resep Zahlaryr - Malang saya bikin setengah resep. Takaran sendok saya ganti dengan takaran timbangan.

Kolak

Kolak

Kolak.. ini salah satu dessert kesukaan pas kecil. Sekarang si masi doyan Tapi inget umur, skrng uda terserang yang namanya kolesterol. Buat tajil pas bulan puasa juga enak. Hahaha.. isi bisa di variasi suka' yah. Mau isi pisang. Ketela, singkong, nangka , waluh , kolang kaling ,durian juga oke loh. Mau tambahin ketan matang juga enak. Klo yang di foto cuma isi pisang ama ketela. Soalnya cuma itu yang ready di rumah. 😁

Kolak Setup Pisang

Kolak Setup Pisang

Hari ni pngn yg seger2.. si akang baru pulang rumah sakit.. jd pngn yg seger n sehat tanpa santan2 dlu.. pas kebetulan ada pisang kepok diruma.. cus bebikinlah kolak setup pisang..😋. Ini kolak setup bisa ditambahkan kolang kaling yaa..

5 porsi
25 menit
Kolak nangka

Kolak nangka

Resep Kolak Nangka - adalah salah satu hidangan yang terbuat dari olahan buah nangka. Hidangan ini sangat enak lho temen-temen apalagi saat musim hujan datang. Soalnya sajian ini biasanya di konsumsi pada saat masih hangat, so ini bisa dijadikan sebagai asupan penghangat tubuh pada saat kondisi yang dingin. Oh ya, hidangan inipun terkadang juga enak dinikmati sebagai menu berbuka puasa. Dan kalian jangan heran aja jika hidangan ini banyak sekali yang jual, terutama di pingir-pinggri jalan. Serta banyak sekali nyari terutama saat bulan puasa tiba. Selain buah nangka, dalam kolak ini juga digunakan buah lainnya yaitu pisang, buah pisang raja tepatnya. Pisang raja dipilih sebagai bahan kolak disebabkan karena rasanya enak dan tekturnya yang terbilang padat. Berbeda dengan pisang lainnya yang jika matang, memang enak tapi teksturnya cenderung lunak alias lembek. Dengan tektur yang padat, jika dibuat menjadi kolak, pisang raja ini tidak mudah hancur jadinya ya hasil kolaknya menjadi bagus. Oh ya, di kolak nangka ini juga ada kolang-kaling juga, serta bahan-bahan lainnya yang enak dimana kemudian kesemuanya itu di redam dengan menggunakan santan kelapa.

Kolak biji salak

Kolak biji salak

15 porsi
Kolak ubi & biji salak labu kuning

Kolak ubi & biji salak labu kuning

Puasa2 gini bosen beli takjil terus...pengen buat sendiri dech...biar jadi banyak n sehat pula.searching2 cara buatnya...alhasil jadi dech...biji salak...suami juga suka😆...harusnya sich ada pisangnya,tapi gak nemu ditukang sayur yaaa okelah itu aja udah enak.

10 porsi
30 menit
Kolak Pisang Keju

Kolak Pisang Keju

Bentar lagi ramadhan belajar buat kolak dulu ahh

Kolak Kacang Ijo

Kolak Kacang Ijo

Musim ujan kayak gini bawaannya pasti pengen ngemil trs. Nah biar ngemilnya sehat, bikin kolak kacang ijo yuuk. Dimakan pas lagi hangat, ditemenin hujan rintik2 😃😂😀

45 menit
Kolak LaPiSa (Labu, Pisang, Sagu Mutiara)

Kolak LaPiSa (Labu, Pisang, Sagu Mutiara)

Ngeliat labu kuning di swalayan, kemudian inget sebentar lagi ramadhan, jadi deh bikin kolak yang identik sama ramadhan. :) Pas lagi makannya inget sama tante yang tiap ramadhan bikin kolak terenak sedunia (punya saya yg kedua xixixixi :p), tapi sekarang ga bisa lagi icip-icip semenjak beliau ga ada. Kangen... :'(

5 porsi
30 menit
Kolak Pisang tanduk+Ubi jalar

Kolak Pisang tanduk+Ubi jalar

Tambahan referensi untuk bulan ramadhan, kolak pisang dan ubi yg manis rasanya dan tdk terlalu asam, krn pisangnya direbus dahulu,untuk mengurangi kadar asam yg terkandung di dalam pisang. Recook bunda Hanhanny, terima kasih,bun.

4 porsi
Kolak nangka pisang berempah ala Abdillah fam

Kolak nangka pisang berempah ala Abdillah fam

Musim hujan begini, cocok banget menikmati hidangan yang hangat dan berempah2. Paduan gula merah, santan, dan rempah2 Jawa makin membuat kolak ini sedap dan beraroma nikmat...alhamdulillah 😘💕

20 menit
Kolak Labu Kuning (Kolak Waloh) ala Niezz

Kolak Labu Kuning (Kolak Waloh) ala Niezz

saat memasuki bulan ramadhan, apalagi bulan puasa, psti bnyak bnget yg namanya bikin kolak. mskipun saya non muslim tp ga mau kalah, ikut2an aja bikin kolak. heheee Kali ini bikin kolak labu kuning atau orang jawa bilangnya kolak waloh. Bagi para pemula gampang bnget, yuk eksekusi...

Kolak pisang durian enak dan praktis

Kolak pisang durian enak dan praktis

Inspirasi dari diri sendiri/pribadi

5 orang
30 menit