Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Opor ayam kampung yang Lezat Sekali

Dipos pada February 10, 2022

Opor ayam kampung

Hari ini saya akan berbagi resep Opor ayam kampung yang mudah Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Padahal Opor ayam kampung yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Opor ayam kampung, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Opor ayam kampung enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor ayam kampung sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor ayam kampung memakai 15 jenis bahan dan 1 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Gambar diatas masih posisi diatas kompor , walo sudah mateng,nunggu taneg. Setelah matang,sajikan diatas meja makan jangan lupa taburi brambang goreng.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor ayam kampung:

  1. 1,5 ekor ayam kampung minus cakar dan kepala
  2. 5 butir telur yang sudah direbus
  3. 8 Bawang merah
  4. 5 Bawang putih
  5. Ketumbar
  6. Merica
  7. Jinten
  8. Kencur
  9. Kunir
  10. Kemiri
  11. Salam
  12. lengkuas
  13. Daun jeruk
  14. Serai
  15. Santan

Langkah-langkah untuk membuat Opor ayam kampung

1
Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, jinten, kunir, kencur, kemiri. Setelah halus tumis bersama daun salam, daun jeruk, lengkuas dan serai. Setelah harum masukkan ayam dan telur. Campur dengan bumbu, beri air,ungkep sampai ayam empuk. Masukkan gula merah, garam dan penyedap masakan. Yang terakhir masukkan santan. Cek rasa dan angkat sampai didapat daging ayam dengan keempukan yang diinginkan. Sajikan dan taburi brambang goreng.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam

Opor Ayam

Resepnya simpel tapi rasanya mantaaapπŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

Opor Ayam Merah/ayam petelur

Opor Ayam Merah/ayam petelur

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H Taqabalallahu Minna Wa Minkum Siyamana Wa Siyamakum. Minal aidin Walfaidzin. πŸ’“πŸ’“ Baru sempet post ucapan lebaran, selama mudik ga bisa koneksi inet dengan leluasa kuota terbatas maklum wifi orinted 😁 daripada dikangenin mending post resep opor ayam aja ya πŸ˜šπŸ˜™πŸ˜— Alhamdulillah after 5 hari mudik, kangen masak kangen sharing resep. pulang kerumah langsung semangat bikin opor ayam, disaat org2 lagi bosen opor ayam sy masih teradahan aja pengen makan opor ayam. Padahal dirumah ema juga udah puas makan opor ayam pake ketupat.. Ni ayam merah alias ayampetelur yg dagingnya keras mirip ayam kampung itu ada telur nya juga. sengaja saya beli sebelum mudik cuci bersih simpan di freezer. Kalo ketupatnya dapet dikasih ema smpe rumah langsung dihangatkan dikukusan. Pas banget deh resep opor ayam inih rasanya enak, kangmas aja sampe bilang enak tiap suap *lebay Yg telat pengen bikin opor ayam ni daku tayangkan resepnya πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡ yg udah puas sm opor ayam di simpen aja buat taun depan πŸ€£πŸ˜‚

Opor ayam #2

Opor ayam #2

source : fitri sasmaya Yg beda dari opor sebelumnya aku buat ini mb fit non msg ya😊nikmat juga loh

Opor Ayam Sederhana

Opor Ayam Sederhana

Resep dari si mbak dirumah yg gampang banget tapi endes.

4 porsi
Opor ayam

Opor ayam

Bikin nafsu makan #5resepterbaruku

5 porsi
25 menit
Opor ayam...simpel nikmat dech....πŸ˜πŸ˜‰

Opor ayam...simpel nikmat dech....πŸ˜πŸ˜‰

Biasa..requezt suami trcinta nich..dia suka yg gurih2..santan...hmmmm..akhry nyoba resep.opor ayam..dr mertua..tryta enseess bgt loxh bunda..dxoba zak

Terik protein ✌

Terik protein ✌

pengen masak yang simple tapi bikin krucil nggak bosen, akhirnya bikin sayur ini.. sarapan pakai tahunya, siang pakai tempenya, malem pakai telurnya hehehe praktis sekali masak tapi nggak bikin bosen πŸ˜›βœŒ

Opor Ayam Bule ala Bundoooo

Opor Ayam Bule ala Bundoooo

Ini hasil ngarang indah ajaaa eh si hubby malah doyan mwahahahahaha... Harusnya kuahnya sedikit... Tp si hubby suka ribut kalo tidak ada kuah. Makanya tampilannya kaya foto di atas 😁😁😁 Terinspirasi dari resep Chicken Creamy by Donald Skehan dan Creamy Chicken Mushroom by The Cook n Share.

2 porsi
90 menit
Jangan terik aka sayur terik

Jangan terik aka sayur terik

Inget di kampung kalo makan sayur ini,,apalagi makannya pake bubur,,jadi bubur terik 😍 saya tambahin kentang biar jadi banyak isinya,,hihi

Terik tahu&telur

Terik tahu&telur

Selamat mencoba

Opor ayam tofu

Opor ayam tofu

Hari ini jadwal menu ny berkuah"lets cook moms cantik

Opor ayam klasik

Opor ayam klasik

maaf ini agak pucat fotonya, krn pas foto belum masukiin kunyitnya hahahhaha :')

10 porsi
Opor Ayam Praktis Simpel

Opor Ayam Praktis Simpel

Resep simpel siapapun bisa bikin nih 😁 ada tips pakai bumbu instan lo..

Opor Ayam kampung (aman untuk diabet)

Opor Ayam kampung (aman untuk diabet)

Menu santan ini biasa saya sajikan hanya 1 minggu sekali untuk suami yang diabet