Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Opor Ayam Bule ala Bundoooo yang Bikin Ngiler

Dipos pada February 13, 2022

Opor Ayam Bule ala Bundoooo

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Opor Ayam Bule ala Bundoooo yang pasti lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Opor Ayam Bule ala Bundoooo yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Opor Ayam Bule ala Bundoooo, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Opor Ayam Bule ala Bundoooo bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Opor Ayam Bule ala Bundoooo yaitu 2 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, kira-kira waktu penyiapan Opor Ayam Bule ala Bundoooo diperkirakan sekitar 90 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Bule ala Bundoooo sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Bule ala Bundoooo memakai 11 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ini hasil ngarang indah ajaaa eh si hubby malah doyan mwahahahahaha... Harusnya kuahnya sedikit... Tp si hubby suka ribut kalo tidak ada kuah. Makanya tampilannya kaya foto di atas 😁😁😁 Terinspirasi dari resep Chicken Creamy by Donald Skehan dan Creamy Chicken Mushroom by The Cook n Share.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Bule ala Bundoooo:

  1. 2 potong ayam bagian paha atas, cuci bersih
  2. 2 potong ayam bagian paha bawah, cuci bersih
  3. 1 kotak susu ultra mimi full cream (boleh diganti dengan 1 cup heavy cream)
  4. 3 siung bawang putih ukuran besar, cincang halus
  5. 1 butir bawang bombay ukuran sedang, cincang halus
  6. 1 sdt dried basil (boleh di-skip ato diganti ama kemangi)
  7. 2 bungkus kecil kaldu blok (boleh dikurangi atau di-skip)
  8. 2 gelas air (bebas jika mau dikurangi)
  9. 1 bungkus jamur enoki (lihat tips di Langkah)
  10. 1 sdt tepung maizena
  11. Secukupnya garam, lada bubuk, dan dried parsley (disarankan pakai yang fresh)

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Bule ala Bundoooo

1
Tusuk-tusuk ayam menggunakan garpu lalu baluri dengan garam dan lada bubuk secukupnya. Tunggu sekitar 15 menit lalu serap kelebihan air pada ayam dengan tissue dapur/kain bersih.
2
Panaskan wajan dengan api kecil lalu tuang sedikit minyak sayur/Olive Oil diatasnya. Masukkan ayam dengan bagian kulit dibawah. Masak hingga kedua sisi berwarna sedikit kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
3
Tambahkan sedikit minyak sayur (bila perlu) lalu tumis bawang bombay hingga layu. Tambahkan bawang putih dan masak hingga harum dan terkaramelisasi dengan baik. Masukkan dried basil. Aduk rata.
4
Tips: Jika menggunakan jamur selain enoki maka potongan jamur harus ditumis hingga berubah warna dulu baru lanjut ke langkah berikutnya. Baiknya ditumis sebelum bawang bombay dan bawang putih.
5
Masukkan kembali ayam ke dalam wajan dan tambah air. Beri garam dan lada bubuk secukupnya serta kaldu blok. Tutup wajan dan biarkan mendidih selama 50 menit.
6
Setelah airnya agak menyusut, tambahkan susu ultra lalu aduk rata dan tutup kembali selama 10 menit atau kuah menyusut. Cek rasa. Tambahkan garam dan lada bubuk bila perlu.
7
Masukkan jamur enoki. Aduk rata dan tutup kembali selama 10 menit. (langkah ini bisa di-skip jika memakai jamur selain enoki)
8
Cairkan maizena dengan kuah ayam lalu tuang ke dalam wajan untuk mengentalkan. Biar mendidih selama 5 menit atau hingga kuah mengental dan menyusut. Matikan api. Biarkan selama 5-10 menit. Tuang ke wadah dan taburkan parsley diatasnya. Opor Ayam Bule ala Bundoooo siap disantap.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Terik daging kambing simpel

Terik daging kambing simpel

Bikinnya simpel tapi rasanya uenak loo,,,,

Opor ayam & tahu

Opor ayam & tahu

Lagi pingin opor,coba buka resepnya bunda yny.alhamdulillah si kecil makannya lahap,makasih resepnya,ijin share ya bund...πŸ™‹πŸ˜˜

Opor Ayam

Opor Ayam

Ini sih masakan ketiga aku, kalian tau gak sih? Kalo aset terbesar cewek itu ya BISA MASAK berhubungan dengan keseriusan menuju pelaminan, *cieee aku bener2 niat banget Masakin calon suami, kali ini, Alhamdulillah dia suka, tanpa comment kurang/lebih si bumbu.. Uuuhhh *bangga banget rasanya Malah minggu depan doi request SOTO AYAM waah.. Aku jadi tertantang, kalo enak dijanjikannya uang 7000 hehe

3 porsi
15menit
Opor ayam bumbu merah

Opor ayam bumbu merah

Mau bikin ayam bumbu balado eee cabe merahnya kurang jadi di ganti masak opor dah

Opor ayam bunda zalfa

Opor ayam bunda zalfa

Niat bgt hari ini mau masak opor,cari2 resep kok aku tertarik sama resep bunda zalfa,soalnya mudah cara membuatnya dan bunda zalfa detail bgt nerangin proses pembuatannya,finnaly dari hasilnya dua jagoan kecilku plus ayahnya muji enak..malah pada nambah padahal baru pertama kali buat😊😊

8 porsi
Opor Ayam

Opor Ayam

Source :Fitri Sasmaya #FestivalResepAsia #Indonesia #Ayam #OporAyam #OlahanAyam #MasakanIndonesia Assalamualaikum..Selamat Idul Adha teman sesama cookpaders..lebih afdol kalau postingannya berbau daging ya..apalah daya besok kayaknya ngga dapat daging qurban.Ikut meramaikan event yang diadakan cookpad,pertama aku posting resep dari negeri tercinta dulu..yup..opor ayam memang salah satu masakan indonesia yang cukup dikenal,opor diklaim sebagai masakan dari Jawa,tapi menurut kesotoyan saia..ada juga opor yang berasal dari suku Betawi Jakarta.Kenapa pilihnya ayam?karna aku jarang makan daging..πŸ˜‚πŸ˜‚. .Pernah coba bikin opor tapi pake telur hasilnya kurang sedep,pake resep mba' Fitsas..alhamdulillah..enakkk biarpun ngga lengkap bumbunya(lengkuas dan jintan)..apa karna aku pake ayam ya jadi lebih gurih ketimbang telur..πŸ˜„πŸ˜„

Opor ayam

Opor ayam

Masak cepat.

Opor ayam

Opor ayam

Setiap natal kami selalu pulang ke palembang, anak sy selalu suka sama opor ayam omanya😁 hr ini bingung mo masak apa eh tiba2 inget kesukaannya koko..lgs deh mama masak menu ini, sy sengaja bikin yg light tdk kental

1 porsi
35 menit
Opor ayam minimalis

Opor ayam minimalis

6 porsi
30menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Pelengkap hajatan

Opor ayam dan tahu sederhana

Opor ayam dan tahu sederhana

Hr ini si dede badannya agak demam,pdahal si mas nya belum sehat sdh 3 hari demam jg.sebenernya mau masak agak males soalnya td mlm begadang ya jagain duo krucil... Tpi kalo gk masak ntr anak2 sm mak nya makan apa hehehe....jdinya galau!! Ingat di kulkas masih ada sisa ayam ya wes lah masak yg simple,cepet mmpung anak2 lg istrahat siang. #berburucelemekemas #resolusi2019

Opor Ayam

Opor Ayam

Source : mba Diah Didi 05 Juli 2018 Hari ini masak opor ayam tp gak pke kunyit soale takut baju anakku kuning2 hahahahhh (emak2macamapaini😲) Hmmm klo dari warnanya sih agak kuning yaa soalnya pas numis bumbu saya suka yg agak lama sampe mateng biar gak langu hehee Oyaaa saya udah coba banyaaakk bgtt resep opor tp yg paling pas dihati & bikin anakku lahap makannya cuma resep ini. Klo resep opor lain entah knp anakku gak doyan 😡