Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Opor ayam yang Lezat Sekali

Dipos pada February 5, 2022

Opor ayam

Sore-sore begini enaknya membuat Opor ayam yang pasti lezat Cara membuatnya tidak terlalu susah. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Padahal Opor ayam yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Opor ayam, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Opor ayam ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Opor ayam adalah 2 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor ayam memakai 18 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sebetulnya ini resep opor ayam bakar. Krn sy gak sempat bakar, jadi cuma sy grill di pan/wajan anti lengket . Source : ayudiahrespatih #TantanganAkhirTahun #MasakdiTahunBaru

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor ayam:

  1. 200 gr dada ayam, potong2
  2. 1/2 potong jeruk nipis
  3. 1 sdt garam
  4. Secukupnya gula
  5. 4 lembar daun jeruk
  6. 1 lembar daun salam
  7. 3 cm lengkuas, geprek
  8. 1 batang serai, geprek
  9. 8 bh cabe rawit utuh
  10. Secukupnya belimbing wuluh (sy skip)
  11. 65 ml santan
  12. 500 ml air
  13. Secukupnya minyak untuk menumis
  14. Bumbu halus :
  15. 4 siung bawang putih
  16. 2 siung bawang merah
  17. 2 butir kemiri, sangrai
  18. 1 cm jahe

Langkah-langkah untuk membuat Opor ayam

1
Lumuri ayam dgn jeruk nipis dan garam. Diamkan sebentar lalu cuci bersih.
2
Bakar sebentar hingga kecoklatan. (Sy cm grill di wajan anti lengket)
3
Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun jeruk, serai, lengkuas, dan daun salam. Masukkan ayam bakar.
4
Tuang air dan santan. Aduk rata, tambahakan gula dan garam secukupnya. Koreksi rasa. Tambahkan cabe rawit dan belimbing wuluh. Didihkan sebentar lalu angkat.
5
Sajikan dengan bawang goreng.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam

Opor ayam

#PejuangGoldenApron2

Opor ayam kuning

Opor ayam kuning

Biasanya opor ayam itu dimasak pake ayam buras alias ayam kampung. Tapi kali ini sy pake ayam ras. Tips agar ayam buras rasanya gurih kya ayam kampung lumuri ayam sebelum diolah dgn taburan tepung terigu sedikit diamkn kurleb 10 mnt lalu bilas dgn air sampai bersih. Siap utk diolah.

Opor Ayam untuk Lontong Sayur

Opor Ayam untuk Lontong Sayur

Ceritanya pak suami belum bisa move on dengan lontong sayur yang saya bikin pas lebaran kemarin, jadi sekarang bikin lagi 😊.

Opor ayam kampung kuah susu

Opor ayam kampung kuah susu

Dalam rangka memperingati #harigizinasional2019 masakan berbahan dasar susu hmm tercetuslah ide bikin opor ayam aja ah ide resep dari hasil searching sana sini langsung cuzz

Opor Ayam Kuah Putih

Opor Ayam Kuah Putih

#ibubaimmasak #tantanganakhirtahun #masakditahunbaru #cookpadcommunity_bandung #20

Opor ayam,,🐓🐔

Opor ayam,,🐓🐔

Dapat surat cinta dari "mamah cookpad" katanya disuruh bikin masakan dengan tema ayam untuk ikutan #weekendchallenge ,,, karena aku tuh anak yg penurut sama "mamah cookpad" jadi deh puter otak 🤔🙄 enak nya dibikin apa ya,,,ya sudahlah dari pada pusing - pusing ujung - ujung nya kaga jadi masak ambil yang praktis nya aja yaitu masak opor ayam,pas banget anak bujang ku tuh ga doyan sambel,tapi sayang nya di Mba tukang sayur (karena di tempat aku tukang sayur nya cewe jadi panggil nya mba tukang sayur ya bukan Abang tukang sayur 🤗) ga tersedia kelapa parut buat santan ada nya santan k*ra ,ya sudah lah kita beli aja sing penting beli nya tetep di Mba tukang sayur #PejuangGoldenApron2 #weekendchallenge

4 porsi
45 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

#wajancilik

10 porsi
1 jam
Opor ayam kuah kuning

Opor ayam kuah kuning

Baru kali ini bikin opor ayam. Karna ini tanpa cabe ga seperti gulai jadinya Anak anak ku suka bangettt, makan sampai tambah2 terus. Cusss buat yang bentar lagi mau lebaran cocok banget ini jadi hidangan untuk ketupat ataupun lontong, tinggal ditambah pendamping lainnya. Simple ga ribet tapi enak 😘 #SiapRamadhan #AhlinyaAyam Source : bunda nayra

Opor lodeh 😊

Opor lodeh 😊

apapun judulnya intinya ini menu makan siang favorit suami 😅

Opor ayam fibercreme

Opor ayam fibercreme

Kalau mengganti santan dengan fibercreme, makanan tetap enak dan kentalnya bisa disesuaikan dengan selera. Guriih banget dan tentunya lebih sehat ya. Gambar opornya uda rada pekat, karena uda nginep semalem. Hehe.

Opor ayam

Opor ayam

#PejuangGoldenApron2

Opor Ayam

Opor Ayam

Kalo weekend biasanya bunda mager bangeeett masakk eh tapi inget msh ada stok 3 potong paha ayam yg kmrn beli di asep kangsayurr, ya uda cuzz bunda sulap jadi opor ayam buat sarapan juragan kecil dan paksuu.. #WeekendChallenge

Ayam goreng lunak bumbu opor

Ayam goreng lunak bumbu opor

#siapramadhan Suami selalu tertipu, dikira masakan bebek padahal ayam... tapi beneran rasanya seperti daging bebek

Opor Putih Telur Tahu

Opor Putih Telur Tahu

Assalamualaukum Setiap hari ibu rumah tangga pasti punya PR untuk besok harinya mau masak apa dan masak apa🤔 akhirnyaaa jatuh pada pilihan menu diatas, dimakan ma sambal terasi ma krupuk👍

Opor ayam

Opor ayam

#AhlinyaAyam

Opor Ayam Tahu Kuning

Opor Ayam Tahu Kuning

Ceritanya hari ini hari Raya Idul Adha. yaaa naluri seorang ibu pngen ngehits juga. jadilah aku masak opor tuk hari ini... Yaa walaupun itu bumbu opor nya beli jadi dari pasar... 😁 tapi kan klo' gak ada bumbu pelengkap lain nya dan bahan utama nya gaak mungkin jadi opor yaaa kaaan... (Ooopss... malah Curhat)... "Selamat memasak")

3 porsi
30 menit
Opor Ayam Empuk No MSG

Opor Ayam Empuk No MSG

Yuk Bunda saling berbagi Resep, sapa tau dapat bonus Parcel Lebaran dari #Mamahcookpad #SiapRamadan #PekanInspirasi

4 porsi
Opor ayam

Opor ayam

Tambah pengalaman

6 orang