Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Sate Ayam yang Enak

Dipos pada July 30, 2019

Sate Ayam

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Sate Ayam yang lezat Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Sate Ayam yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Sate Ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sate Ayam di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sate Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sate Ayam memakai 14 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Akhirnya berani nyoba masak sate. Diawali dgn sate kambing. Wkt itu ada daging kambing banyak, tapi ga bisa makan karena ga suka baunya. Terus minta daging mentahnya buat dibikin sate karena menurutku sate kambing itu bisa ga ada baunya. Ku pikir akan susah, ternyata gampaaang pisan. Susah di bikin arangnya sih. Hehe. Nah karena keberhasilan sate kambing, muncul pula lah keinginan sate ayam. Terutama bumbunya itu, bikin rasa penasaran memuncak, ingin mengeksekusi. Dan ternyataaa, gampang juga tuh bikinnya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sate Ayam:

  1. 1 kg ayam
  2. Secukupnya tusuk sate
  3. Bumbu kacang:
  4. 1/2 kg kacang tanah (digoreng dulu)
  5. secukupnya bawang merah
  6. secukupnya bawang putih
  7. 5 butir kemiri (disangrai)
  8. 2 butir gula jawa (ukuran sedang)
  9. secukupnya garam
  10. secukupnya kecap manis
  11. Santan (opsional)
  12. Tambahan untuk bumbu kacang:
  13. Bawang merah, iris tebal
  14. Cabai rawit

Langkah-langkah untuk membuat Sate Ayam

1
Bersihkan ayam, potong kecil-kecil sesuai selera. Saran aku, potong jangan terlalu tebal, jgn terlalu tipis juga supaya pasti matangnya. Jadi sedang memanjang biar bagus. Jangan kekecilan juga ya, nanti makannya ga puas haha. Memotongnya juga menyilang dengan serat daging, agar daging tidak mudah jatuh saat dibakar.
2
Susun daging yang telah dipotong ke tusuk sate. Arah menusuknya vertikal dengan arah seratnya, agar daging melekat di tusuknya.
3
Membuat bumbu kacang: Goreng kacang tanah terlebih dahulu, lalu haluskan.
4
Sangrai kemiri agar rasanya tidak langu. Goreng bawang merah dan bawang putih setengan matang. Angkat.
5
Haluskan kemiri, bawang merah, dan bawang putih. Tambahkan garam secukupnya.
6
Tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Setelah matang, masukkan kacang tanah yang telah dihaluskan, aduk hingga tercampur.
7
Masukkan air secukupnya kedalam bumbu kacang tadi atau santan jika ingin menggunakan santan. Tambahkan gula jawa dan kecap. Koreksi rasanya. Sisihkan.
8
Siapkan bumbu kacang yang akan digunakan untuk olesan bakaran ayam. Masukkan bumbu kacang ke piring, tambahkan kecap yang cukup banyak, aduk rata dan tambahkan air jika terlalu kental utk mengoles.
9
Siapkan panggangan. Ambil beberapa tusuk ayam yang akan dibakar. Oles (kalo aku, ku guyur pake sendok biar cepet) daging yang akan dibakar dgn bumbu bebakaran yg sudah disiapkan barusan. Bakar setengah matang, lalu sisihkan dan lapisi lagi dgn bumbu bebakaran yang sebelumnya. Bakar lagi hingga matang. Angkat dan sisihkan.
10
Penyajian: Campur beberapa sendok bumbu kacang dengan tambahan kecap, bawang merah iris, dan cabai rawit iris. Aduk, lalu tambahkan sate ayamnya. Jadi dehhh.
11
Note: jangan tambahkan MSG ke dalam bumbu kacang. Ini justru bikin bumbunya ga enak :(.Terus, jika ingin ayamnya lebih dulu dibumbui silahkan ndak apa. Tapi yg ga dibumbui dulu justru yg mirip sama bang sate manado ituh menurut aku. Juga, aku ga tambahkan daun jeruk karena malah aneh kalo ditambah daun jeruk, tapi kalau mau ya silahkan saja hehe. Ndak dosa kok.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sate Sapi

Sate Sapi

#FestivalResepAsia #Indonesia #dagingsapi

25 tusuk
60 menit
Sate ayam madura

Sate ayam madura

Setiap mau beli sate musti ngantri panjang, dan nanggung klu belinya cuman dikit, beli banyak mahal, mknya kita buat sendiri gampang kok dan cepat lagi#siapramadan

Sate Ayam ala Mama Farah 😁

Sate Ayam ala Mama Farah 😁

Seperti biasa ... selalu coba2 ...

Sate Ayam Madura (resep peninggalan ibu)

Sate Ayam Madura (resep peninggalan ibu)

Pas hari raya Qurban kemaren, bapak mertua ga bisa ikutan makan olahan daging kambing. Jadinya ya saya bikinin sate ayam ajalah, spesial pake resep bumbu peninggalan almh ibu 😍 dan alhamdulillah ga cuma bapak mertua aja tapi semua anggota rumah pada doyan.

10 porsi
60 menit
Sate ayam spesial manis pedas

Sate ayam spesial manis pedas

Ikutan tantangan dari mamah Resep dapurVy #weekendchallenge #pejuangGoldenApron2

Sate Ayam Takbiran

Sate Ayam Takbiran

Allahu Akbar wa Lillahil hamd.. Alhamdulilah... lebaran tiba.. ye ye ye :-) Hmmm... opor ayam mah dah biasa, bikin seyam alias sate ayam ajah yuks :-)

Sate Ayam Madura

Sate Ayam Madura

16.05.19 Te sate te sate....,klo bukan bulan ramadhan mamang tukang sate suka ngider malem di komplek kami, berhubung dia ga jualan di bulan puasa gini alias pulang kampung,di Madura tepatnya...walaupun saya bukan orang Madura tapi saya pecinta makanan khas Madura,salah satunya sate ini,iseng iseng sih pernah nanyain resep saus kacangnya ke si mamang,inget inget akhirnya coba buat sate ayam Madura ini, lumayanlah hampir mirip dan mendekati rasanya,pasti semua suka ya sama makanan khas Madura ini... Resep Minggu ke 19 (4) #AhlinyaAyam #SiapRamadan #BerburuCelemekEmas #resolusi2019 #sate #sateayammadura #satemadura #satesapi #ayam #CookpadCommunity_Bandung #CookpadIndonesia

Sate Ayam Ponorogo ala Restu

Sate Ayam Ponorogo ala Restu

Sate ayam khas Ponorogo ini pertama kali makan waktu adiknya ibu (om ) masih dinas di Pacitan. Beliau bawakan sebagai oleh-oleh. Dikemas dalam besek (kotak dari anyaman bambu) beserta saos kacangnya dalam bentuk kering. Jadi kalo mau makan harus dicairkan dengan air spt bumbu pecel. Rasanya khas dan unik. Beda dengan sate ayam yang umum dijual. Enak. Cenderung manis tp tdk eneg. Dan ada bau khas yang ternyata itu adalah bau daun salam berkolaborasi dengan gula Jawa. Enak banget.. Sate ayam Ponorogo tidak menggunakan kecap. Rasa manis didapat dari karamelisasi gula jawa dalam bumbu waktu dibakar. Jadi ini mencoba menduplikasi nya. Dan tentu saja tidak persis sama lah yauw....!! Sayangnya karena tidak arang di rumah jadi cuma dibakar di atas kompor bukan api arang. But at least rasanya agak sedikit mendekati. Paling enak diberi taburan irisan bawang merah mentah dan daun jeruk yang dicincang...dimakan dengan lontong. Waduuuuuhhhh....top deh!! ^.^

5 porsi
45 menit
Sate jamur tiram

Sate jamur tiram

Salah satu akun cookpad yang sering saya intip yaitu punya mbak Fitri Sasmaya...keren karyanya dan pasti hasilnya yummy jadi pengen nge-recook semua tapi belum mampu hehe...semangat belajar terus!!!! Kali ini sy coba recook "sate jamur tiram", enak mantap...makasih Mbak Fitri Sasmaya resepnya :) #Recook_Bakaran #cookpadcommunity #pekaninspirasi

Sate Tongkol Saos Pedas

Sate Tongkol Saos Pedas

Lagi pengen ikannya disate aja,alih rasa ceritanya nich......πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

Sate Ayam Madura Homemade

Sate Ayam Madura Homemade

Modal hanya 35rb nggak sampai 50rb jadinya 57 porsi/sunduk. Disini lebih dominan sate ayam dagingnya yg banyak, tadi saya minta usus ayam juga, kulit ayamnya juga saya sendirikan,jadi ada 3 macam πŸ˜‚. Allhamdulillah dirumah suka semuanyaπŸ™ #SiapRamadan #SerbaSerbiAyam #AhlinyaAyam

Sate Sapi Empuk

Sate Sapi Empuk

5 porsi
1 jam 30 menit
Sate ayam madura teflon

Sate ayam madura teflon

#pekaninspirasi #pekan_madura #cookpadcommunity_jateng #berburucelemekemas #resolusi2019😍

Sate ayam dan kulit

Sate ayam dan kulit

berhubung banyak ayam kampung jadi kita bikin sate aja, rasanya enak mirip sate kambing kata yang makan hhehehe. #SiapRamadan #AhlinyaAyam

Sate Jamur Tiram

Sate Jamur Tiram

Waktu jalan2 ke jogja sempet makan menu olahan jamur, diantaranya sate jamur. Rasanya mirip banget sama sate kulit ayam. Kata paksu lebih enak sate ini daripada sate ayam, lebih sehat pula.

30 tusuk
276) Sate Kambing

276) Sate Kambing

Source : Novi Herawati #tantanganakhirtahun #masakditahunbaru #pr_padersXcookpad #tahunbarusemangatbaru Memanfaatkan sisa daging yg ud sebulanan nangkring aja difrezer. Ini bikinnya 1/4 dri resep aslinya ya. Resep asli cm pake bumbu kecap aja. Tapi aq bikinin sambal petis bumbu satenya. Favoritnya mas bojo itu bumbu petisnya. #cookpadcommunity_gresik #tidaksekedarmemasak #komunitaspaders #cookpad_paders #homemadeisbetter #alamamarayya

Sate madura

Sate madura

Tradisi pas semua keluarga udah ngumpul bareng,,pasti masak sate gulai khas madura..siap siap kalap makannya.hehehe