Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Rendang Daging Sapi Ala Ibu alif yang Lezat

Dipos pada February 25, 2020

Rendang Daging Sapi Ala Ibu alif

Sore-sore begini enaknya membuat Rendang Daging Sapi Ala Ibu alif yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Biasanya Rendang Daging Sapi Ala Ibu alif yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Daging Sapi Ala Ibu alif, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Daging Sapi Ala Ibu alif bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Daging Sapi Ala Ibu alif sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Daging Sapi Ala Ibu alif memakai 23 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Karena aku suka banget sama masakan rendang, akhirnya daging hasil idul adha kemarin dibuat rendang. Dan kata suami maknyos enak banget. Dan karena banyak yang tanya jadi aku share resep yang aku pakai ya. Selamat mencoba semoga bermanfaat

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Daging Sapi Ala Ibu alif:

  1. 2 kg Daging Sapi bagian dalamnya yang betul-betul daging
  2. Santan dari 3 butir kelapa
  3. 1/2 kg cabai rawit
  4. 1/2 ons cabai keriting /merah
  5. 15 siung bawang merah
  6. 15 siung bawang putih
  7. 1 ruas jahe
  8. 1 ruas kunyit
  9. 1 ruas lengkuas
  10. 5 batang serei
  11. 5 lembar daun salam
  12. 5 lembar daun jeruk
  13. Sedikit jinten
  14. 5 buah kemiri
  15. 2 bungkus merica bubuk
  16. secukupnya Ketumbar
  17. Gula merah
  18. Garam
  19. Penyedap rasa
  20. Minyak untuk menumis
  21. Asam jawa
  22. 3 lembar daun kunyit
  23. 1 biji pala ukuran sedang

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Daging Sapi Ala Ibu alif

1
Giling jahe, kunyit, lengkuas, kemiri, ketumbar, pala, jinten, bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit hingga halus.
2
Bagi santan menjadi dua bagian, pertama santai emcer kedua santan kental.
3
Siaokan wajan yang sudah diberi minya goreng secukuonya, lalu tumis bumbu halus. Dan jangan lupa masukkan daun salam daun jeruk daun kunyit dan serei geprek.
4
Tumis hingga berubah warna dan mengeluarkan aroma wangi, tunggu bumbu sampai matang. Setelah itu masukkan daging yang sudah dipotong dan dibersihkan.
5
Aduk-aduk daging yang sudah masuk kedalam bumbu, sembari masukkan garam dan penyedap rasa.
6
Setelah itu masukkan santan cair kedalam wajan yang berisi daging, aduk aduk hingga merata agar antan terlihat bagus. Ketika santan cair sudah menyusut masukkan santan kentalnya.
7
Koreksi rasa dan rebus daging selama 3 jam agar tekstur lunaknya didapat.
8
Setelah daging lunak dan santan sudah habis masukkan gula merah dan asam. Kenapa diakhir karena kata Ibuku dagibg kalau dimasak langsung dengan campuran bumbu manis, lembut dagingnya lama alias memakan waktu. Walaupun aku belum pernah mempraktekan sih hehehe.
9
Rendang siap disajikan, kalau aku tunggu dingin dulu terus masuk tupperware dan tinggal masuk kedalam kulas. Kalaupun mau makan daging bisa dihangatkan secukupnya.
10
Katanya selain gula merah belakang diberinya. Merebua dengan sendok bisa membuat daging sapi bisa lunak cepat. Dan tadi akupun langsung mencobanya. Dan ternyata lembut dan lunak.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang ayam tahu no santan

Rendang ayam tahu no santan

Pingin banget masakan ayam tahu yg full bumbu di makan sama nasi anget bareng suami ..muncul deh ide buat ayam tahu bumbu rendang..😘

Rendang Ayam dan Telur

Rendang Ayam dan Telur

Source: Tasyaa^^ Dengan penyesuaian bahan dan cara buat

Rendang daging pacak(muscle) simple tak pakai ribet by lely

Rendang daging pacak(muscle) simple tak pakai ribet by lely

Selalunya kalau makan rendang daging pasti dagingnya lembut dari daging pilihan..Disebab kan sy tringin makan rendang daging yg kenyal kenyal berurat terpaksa ke pasar beli bahan2 dan buat sendiri ...karena di kedai makan/restoran agak langka yg menjual rendang daging urat/daging pacak..ada juga yg sebut daging bagian betis..apa kata kita sama2 mencoba resepi sy. . Cara sy berbeda cocok untuk ibu rumah tangga yg tak suka ribet tapi doyan makan. Tak perlu takut pasti jadi dan sedap.yokk..tips menggunakan periuk elektrik lebih cepat dan lembut lama memasak berbeda daripada menggunakan periuk dengan gas.

20 porsi
4jam
Martabak Mesir Isi Rendang Atok Mama

Martabak Mesir Isi Rendang Atok Mama

Di dapur ada rendang lebih buatan mamaku yg biasa dipanggil anak2 Atok Mama. Dulu waktu masih ABG, aku dan adikku sempat coba2 buat Martabak mesir ala2 abang jualan dekat Simpang Halat Medan, tapi gagal waktu dieksekusi. Gagalnya selalu di bagian kulit luar. Sok pinter muter2 bahan kulit martabak, eh malah gak lebar bahkan koyak2. Untungnya banyak yg ajarin di Cookpad. Makasih semuanya yg nulis resep. Semoga diberkahi Allah SWT. Aamiin..

3 papan martaba
Rendang Daging Awet (tidak gampang basi)

Rendang Daging Awet (tidak gampang basi)

aku dapet resep turun temurun gimana caranya supaya rendang yang kita buat tidak gampang basi

26. Lumpia isi Indomie Rendang

26. Lumpia isi Indomie Rendang

Bikin makanan super cepet aja nih. Lumpia isi indomie rendang. Karena donat mie sudah tidak aneh hehehee ... #BikinRamadanBerkesan untuk menu takjil buka puasa.

Ati Ampela bumbu rendang Merah

Ati Ampela bumbu rendang Merah

Silahkan mencoba 🤗

Rendang jengkol

Rendang jengkol

Pamor nya ngalahin daging , tiap makan botram entah sama keluarga atau temen , jengkol slalu jd rebutan . Ngalahin daging dagingan wkwkwk Tips biar baunya ga begitu aduhay , rendam semalam sebelum di olah besoknya . Rebus jengkol dengan menambahkan beberapa helai daun jambu batu dan daun jeruk purut .

Rendang Hati Sapi

Rendang Hati Sapi

Lagi pengen nyobain gk pake santan tapi diganti fiber creme. Rasanya emang kalah gurih dibanding santan tapi tetep enak dan kental..

1 jam
Rendang Daging

Rendang Daging

Kalau sudah buat Sambal Ijo.... kurang pas rasanya kalau tidak buat Rendang Daging. Resep yg lalu Sambal Ijo, kali ini buat Rendang Daging.silahkan dicoba.

Rendang Sapi Ala Rara

Rendang Sapi Ala Rara

Pagi2 bingung mau masak apa mending masak rendang dehh

Panci
Rendang original "ibu" #BikinRamadanBerkesan

Rendang original "ibu" #BikinRamadanBerkesan

Ini adalah menu wajib saat lebaran.. dibuat saat akhir bulan ramadan bersama ibu. #BikinRamadanBerkesan

Rendang Ayam.. 🍗🐓

Rendang Ayam.. 🍗🐓

Pengen maem rendang & harga daging sapi masih mahaal 🤣 ini bisa sebagai gantinya..

8 potong
Rendang Ayam Wini

Rendang Ayam Wini

Rendang Ayam

Rendang Resep Xander's Kitchen #BikinRamadanBerkesan #Day1 #KamisManis

Rendang Resep Xander's Kitchen #BikinRamadanBerkesan #Day1 #KamisManis

Reshare resep ci jun yg udah terkenal dengan resep2 nya yg pastinya enak. Dan terbukti bikin rendang ini, enaak.. tp kata org rmh bumbunya kepedasan,kalo aku sih doyan pedes. Rendang ini udah aku masak bbrp hr sebelum masuk puasa, buat amunisi sahur, dan sahur hari pertama kita mkn rendang ini. Aku simpan di freezer, kalo mau dimkn untuk sahur, mlm udah aku keluarin, jd gak pake ngangetin lagi. #bikinramadanberkesan

20 potong
Lama deh
Telor dadar bumbu rendang (instan)

Telor dadar bumbu rendang (instan)

liat telor dadar di cookpad jd kepingin..ini versi sy my favourite 😋😋

Rendang mudah

Rendang mudah

Rendang tanpa ribet . Sebisa mungkin di bikin gak ribet 😄 step nya di persingkat biar gk kelamaan