Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Pecel yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada June 13, 2019

Pecel

Bagaimana membuat Pecel yang pasti lezat Cara membuatnya sedikit repot. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Pecel yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Pecel, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Pecel di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Pecel sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Pecel memakai 16 jenis bahan dan 2 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

#BikinRamadanBerkesan

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Pecel:

  1. Bahan Bumbu Pecel
  2. 250 gr kacang tanah,goreng
  3. 4 siung bawang putih,goreng
  4. 6 buah cabai merah
  5. 2 buah cabai rawit
  6. 2 lembar daun jeruk,buang bagian tengahnya,iris halus
  7. 5 sdm air asam jawa
  8. 1 ruas kencur
  9. 5 keping gula merah,iris halus
  10. secukupnya Garam
  11. secukupnya Gula pasir
  12. Bahan Pelengkap
  13. 1/2 bagian kol ukuran sedang,iris,rebus
  14. 1 ikat bayam,siangi,rebus
  15. 2 genggam tauge,siangi,rebus
  16. 4 buah kacang panjang,potong-potong,rebus

Langkah-langkah untuk membuat Pecel

1
BUMBU PECEL : Haluskan bawang putih,cabai rawit,cabai merah,kencur & daun jeruk hingga halus. Setelah halus kemudian masukkan kacang tanah,haluskan kembali. Kemudian masukkan gula merah,gula pasir,garam & air asam jawa. Haluskan kembali hingga tercampur rata. Tes rasa.
2
Siapkan sayuran pelengkap pecel yg telah direbus sebelumnya & larutkan bumbu pecel dengan air panas. Sajikan sayur dengan bumbu pecel diatasnya.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Tahu Toge Telur Bumbu Pecel

Tahu Toge Telur Bumbu Pecel

Baru sempat posting resep, karena aktivitas mengajar sudah berjalan, jadi last minute banget posting resep ini di#pekaninspirasi kali ini. #andaikutahu #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity_tangerang #cookpadIndonesia Source : @Bunda Ela

6. Bumbu Pecel a la Rumah

6. Bumbu Pecel a la Rumah

Ceritanya lagi intip mak nyak bikin bumbu pecel. Belajar juga dech biar bisa. Sapa tau nanti di rumah mertua di suruh masak pecel. Biar PeDe πŸ˜… Eeaaaa resepnya banyak opsionalnya yag. Karena saya paham, selera manis, asin dan pedas tiap orang beda2. Jadi di sesuaikan sendiri yaa dengan seleranya masing2.

1 porsi
30 menit
Pecel terong

Pecel terong

Ini salahsatu resep warisan dr ibuku dan termasuk makanan khas jawa timur krn bahannya mudah diperoleh

Tahu Susur (Tahu Brontak) mix Bumbu Pecel

Tahu Susur (Tahu Brontak) mix Bumbu Pecel

Di daerah rumahku, tahu isi sayur atau tahu susur ini dikenal dengan istilah tahu brontak. Cemilan berat nan sehat andalan ibu ini, bisa divariasikan dengan dengan sesuatu yang manis pedas berasal dari gula merah dan kacang tahan. Taraaaaa..... Selain diisi tumis sayuran, ditambah bumbu pecel menarik juga untuk dicoba! Bumbu pecel asli dari tanah air, Indonesia. Sekalinya buat tahu brontak ini, muncullah julukan "juragan (gorengan) tahu" Aamiin, siapa tahu dari jajanan tahu bisa jadi pengusaha sukses ya... Maklum, jarang ada gorengan halal di tanah rantau ini. Apalagi gorengan cita rasa nusantara ala abang-abang pinggir jalan. #BikinRamadanBerkesan Hiroshima, Jepang.

20 buah tahu susur
1 jam
Batagor Tenggiri Bumbu Pecel

Batagor Tenggiri Bumbu Pecel

#KalauLagiNgumpul pengajian ibu-ibu di komplek rumahku, cemilan favorite adalah gorengan, seperti combro, tahu isi, bakwan atau bala-bala. Saat ketempatan pengajian dirumah, saya suka buatkan batagor tenggiri dengan saos kacang, kecap dan saos cabai. Penyajian dibuat seperti sajian gorengan tahu isi atau bala-bala (bakwan sayuran) . Sebagai orang Bandung #AnakRantau yang tinggal di Tangerang Selatan #cookpadcommunity_id_Tangerang belasan tahun lamanya, saya suka kangen dengan jajanan batagor khas Bandung ini. Dulu sewaktu SMA sering jajan Batagor warung tenda pinggir jalan, thn 1990-1991, kini, pedagang tersebut lapaknya masih ada di jalan yang sama dekat SMA saya dulu. Legend banget ya, itu jajanan, bisa buat ngumpul reuni temen SMA #KalauLagiNgumpul #cookpad_id #cookpad_Indonesia Batagor bikinan saya#BikinSendiri aroma minyak wijen, bawang putih, merica harus tercium kuat saat mengaduk adonan, supaya hasilnya sedap mirip buatan Batagor terkenal di Bandung merk King** atau Batagor Ri**#PesenanOjol Tips memilih tenggiri, lihat perutnya sudah pecah atau masih utuh. Tenggiri perut pecah dijual lebih murah dari yang perutnya mulus utuh masih segar. Karena ikan perut pecah sudah dijual dari beberapa hari lalu, bukan ikan tangkapan baru. Info ini diperoleh dari tukang ikan di salah satu pasar traditional di Tangerang😁.

Ikan Tongkol bumbu pecel pedas

Ikan Tongkol bumbu pecel pedas

Masih ada sisa ikan tongkol 2 ekor, ama terong 2 buah.. cuss lah d bumbu pecel aj,, πŸ˜‰πŸ˜‰

Untuk 6 porsi
#17 nasi pecel khas semarang#bikinramadanberkesan

#17 nasi pecel khas semarang#bikinramadanberkesan

Wah kesiangan bangun nih ,cuman ada kangkung ,kacang panjang ,toge n kol dimbak sayur jadi kepikiran buat buka puasa kali ini saya buat pecel ,walaupn suamiku tidak suka sayur tp kalaudibuat sayur dia hobby sekali yuk kita lihat resepnya bunda bunda ,selamat berbuka puasa#bikinramadanberkesan

Pecel Kangkung

Pecel Kangkung

Di tempat kerja lagi panen kangkung.. kangkung segar dan organik dapat sekantung gede lagi.. pulang kerja langsung di eksekusi. Berhubung ada bumbu pecel siap jadi, ga pake ribet langsung menu inilah yang jadi target..

Ikan Cucut Bumbu Pecel

Ikan Cucut Bumbu Pecel

Sebenarnya menu ini lebih enak Kalo di bikin pedas ya. Tapi Kalo sy masak pedas, nti partner saya gak bisa makan. Karena cabe keriting aja udah cukup pedas menurut dia Jadi silahkan tambahkan cabe rawit, sesuai selera ya #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #MasakanRumahan #Santan #Ikan

Pecel terong tempe sederhana

Pecel terong tempe sederhana

Lagi pengen banget sama pecel terong he he

15 menit
Sayur Pecal

Sayur Pecal

Sederhana tapi ini nikmat..

2-3 porsi
Pecel ayam

Pecel ayam

Pecel ayam dengan lalapan yg di rebus.

Bumbu pecel madiun

Bumbu pecel madiun

Bumbu pecel / sambal pecel ini jadi salah satu menu pelengkap yang mesti ada di meja makan.. πŸ˜‚πŸ˜‚

Pecel Tempe Bakar

Pecel Tempe Bakar

Sarapan pakai pacel tempe bakar, enyaaak sekalii..🀀

Sambal pecel madiun

Sambal pecel madiun

Kemarin ada acara yasinan dirumah, pengennya menu nasi pecel, akhirnya berani gak berani buat sambal sendiri hheee.. alhamdulillah hasilnya enak.. dalam resep ini aku pakai foto waktu buat 2 kg kacang.