Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Pecel Saus Tempe yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada June 23, 2019

Pecel Saus Tempe

Hari ini saya akan berbagi resep Pecel Saus Tempe yang mudah Cara membuatnya sedikit repot. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Umumnya Pecel Saus Tempe yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Pecel Saus Tempe, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Pecel Saus Tempe di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Kira-kira porsi penyajian Pecel Saus Tempe yaitu 2 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan lupa ya, kira-kira waktu penyiapan Pecel Saus Tempe diperkirakan sekitar 15 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Pecel Saus Tempe sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Pecel Saus Tempe memakai 19 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ceritanya pingin banget makan pecel tapi diriku alergi kacang tanah. Akhirnya coba ganti saus kacangnya dengan saus tempe. Hmm... gak kalah loh enaknya sama saus kacang.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Pecel Saus Tempe:

  1. bahan saus tempe:
  2. 100 gram tempe
  3. 4 lbr daun jeruk purut
  4. 1 sdm gula pasir
  5. 2 sdm gula merah
  6. 1/2 sdt garam
  7. 1-2 siung bawang putih
  8. 2 buah cabe rawit (yg suka pedes tambah aja sesuai selera)
  9. secukupnya air
  10. bahan pelengkap :
  11. 1/2 ikat bayam liar
  12. 1/2 potong wortel
  13. 3 utas kacang panjang
  14. 2 ons tauge
  15. 1 buah timun uk. sedang
  16. 1 buah tomat
  17. 4 potong tempe goreng
  18. 4 potong tahu goreng
  19. rempeyek

Langkah-langkah untuk membuat Pecel Saus Tempe

1
Potong dadu tempe kemudian kukus 10 menit. Siapkan bawang putih, garam, cabe, daun jeruk dan tempe yang sudah dikukus kemudian haluskan.
Pecel Saus Tempe - Step 1
2
Tumis tempe dengan sedikit minyak lalu tambahkan gula pasir, gula merah dan air. Aduk hingga berubah warna agak kecoklatan. Jgn lupa uji rasanya.
Pecel Saus Tempe - Step 2
3
Bila saus tempe sdh berwarna kecoklatan, matikan api.
4
Lalu siapkan sayurannya, bayam dipetik daunnya cuci bersih, potong kacang panjang, wortel dipotong korek dan tauge dibersihkan lalu cuci. Kukus sayuran, jangan direbus kalo direbus nutrisinya akan larut di air. Kukus Β±5 menit.
Pecel Saus Tempe - Step 4
5
Kupas timun lalu potong, tomat potong, tata sayuran, tahu dan tempe dalam piring. Sajikan bersama nasi hangat dan rempeyek. Pecel ini solusi buat yang alergi kacang tanah seperti saya. Selamat mencoba ;-)
Pecel Saus Tempe - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ayam goreng bumbu pecel

Ayam goreng bumbu pecel

3porsi
30 minit
Pecel lele sambel penyet

Pecel lele sambel penyet

Beli lele bingung mo dimasak apa. Masak yang gampang aja ya. Kalo sambelnya ngikutin resep dari brilio food... Manyus dah

4-5 orang
30 menit
πŸ€ Ayam Bumbu Kacang (Tidak bumbu pecel instan)

πŸ€ Ayam Bumbu Kacang (Tidak bumbu pecel instan)

Pengen bikin sate. Tapi ini sate paling simpel πŸ˜‚

6 porsi
20 menit
Pecel tempe komplit

Pecel tempe komplit

Ini diaa menu favoritku.. satu masakan isinya sdh ada sayur dan lauk. Jd g perlu tambah lauk lg..#dasarmaunyaygpraktis. Namanya pecel tp bumbunya bukan bumbu pecel sprti biasa... tp enak sedapp...

Pecel Sayuran

Pecel Sayuran

Resep dari cici Susan Mellyani Makasi banyak ya ci resep2nya selalu mantap.

Cilok dadar sambal pecel

Cilok dadar sambal pecel

ingat pas SD suka jajan cilok,nah skrng mau coba dgn bahan seadanya tentunya,hehee.

2 porsi
Sambel pecel

Sambel pecel

Kemarin ada sodara yang ngirim ikan lele hasil panen dari kolamnya, jadinya hari ini masak ikan lele goreng plus sambel pecel. Sambelnya dibuat pedeesss banget biar nikmat makannya πŸ˜„.

Pecel terong bakar

Pecel terong bakar

Resep kesukaan keluarga

Sambel Pecel

Sambel Pecel

Dulu kalau dirumah ibu selalu bikin sambel pecel sendiri dan aku cuma jadi tukang goreng kacang dan tumbuk kacang tp gaboleh campur, wajib ibuk yg nyampur kacang dan bumbunya sampe kalissss katanya 😁 pas liat ternyata memang berat secara tumbukan yang dipake ibuku bahan jadul kaya dari besi jaman dulu dan berat banget. Kebayang aja alat tumbuknya udah berat, trs pas campur kacang sama gula kan lengket jadi tambah super berat 😁 sekarang ngerasain sendiri numbuk pakai ulegam itu berat dan ribetnya luar biasa jadi harus sabar tapi hasilnya enak 😊. Suami paling suka request makan pecel jadi daripada beli kadang rasanya gak pas dan kadang yg jualan juga gak ada yasudah bikin sendiri buat stok, bisa untuk bumbu pecel sayuran, bumbu gado2, tahu campur, tahu gimbal. Tinggal disendok aja diencerkan sesuai kebutuhan. Yuukk... dicoba bikin sendiri 😊

Gendar Pecel

Gendar Pecel

Ceritanya kangen sama kampung halaman.....apalgi dg masakan yg satu ini, gendar pecel.....setiap pulg kampung, tdk lupa tiap hari selalu beli Gendar Pecel & Bakwan.....makanan yg satu ini ga pernah ketinggalan.....krn ini favoritku dr kecil sampai sekarang.....hehehehe Sebenarnya sering buat gendar pecel kl pas pengen....cuma ga pernah foto2 krn matang langsung ga sabar untuk menikmati...ini aj jg ga sempat foto step by step.....krn hp msh dicas.... Makanan yg satu ini termasuk khasnya Makanan Sragen.....rasanya bener2 bikin kangen unt mencoba & mencoba lagi....πŸ˜‹πŸ˜‹. Aku buat gendar pencel tanpa Bleng ya....

Tahu telur bumbu pecel #paders_2ndanniv

Tahu telur bumbu pecel #paders_2ndanniv

happy anniversary yg k2 tahun paders sayang kuu 😍 wah baru tau ternyata grup paders bulan bday nya sama kyak aku πŸ˜† aku 17 november dan paders 3 november #padahalgakadayangnanyak πŸ€£πŸ˜‚ kenapa tahu telur tauge jd favorid keluarga kami ? karena cara mambuat nya yg mudah, murah & cepat, tp rasa ne biso ngelawuhi banget, bikin semangat sarapan πŸ˜‚ soale adek kerja ne kan puagiii nemen jd mama kudu ekstra ceped bikin sarapan, kasian kan kalo kerja ne jauh tp gak sarapan 😫🀧 sebenere aku follow komunitas paders & ikutan peer2 nya udah lama tapi baru gabung di grup pader nya baru kuranglebih 1/2tahun ini, kesanΒ² aku selama bergabung bersama komunitas paders & grup nya itu aku jd merasa semakin "nambah", yaa nambah teman iya, yaa nambah ilmu iya, yaa nambah pinter masak nya pula, karena tiap minggu kita di ajak & di tantang ikutan peer alias posting bareng2, kita di kenalin masakan a masakan b πŸ˜„ masakan kota c kota d, yaa walo admin gak maksa harus ikutan, tp aku slalu berusaha ikut, meski blom pernah bisa masuk "grid paders" tp seru aja posting bareng2 dgn orang banyak πŸ˜„ thx to mba astri anjar & teh indry hapsari yg sudah masukin saya ke grup paders, yg menjadikan saya lebih mengenal "inti dr grup paders ini" & juga jd kenal banyak org dan banyak ilmu 😘😘 sekali lg happy anniversary komunitas paders πŸŽ‚ smakin bermanfaat buat orang banyak yaa ❀❀ bismillah ikutan challenge, smoga jd rejeqi ku πŸ™‡πŸ™‡ aamiin.. #paders_2ndanniv #komunitaspaders #cookpad_id #cookpadcommunity

Pecel Lele

Pecel Lele

Ini adalah cara masak pecel lele dari ibu saya tercinta. Pecel lele buatan ibu saya tiada duanya. Dan sekarang saya bisa memasaknya :D

1 porsi
Bumbu Pecel pedas manis enak

Bumbu Pecel pedas manis enak

Resep dari ibu, rasanya hampir mirip perpaduan bumbu pecel khas Madiun dan Blitar. Rasanya manis pedas enak.. Penolong saat mager n malas masak yg ribet. No pengawet tapi bisa awet sebulan lebih disimpan di kulkas.. Bahan mudah di dapat, enak di makan langsung atau di campur air.. Yuk monggo di coba

Mie balap bumbu pecel

Mie balap bumbu pecel

edisi rindu kota kelahiran. mie balap atau mie racing ini akan banyak di temukan di setiap sudut kota medan dan memang enak banget. masaknya gampang dan saya mixed pake bumbu pecel.