Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Kolak duren yang Sempurna

Dipos pada April 28, 2021

Kolak duren

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Kolak duren yang lezat Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Kolak duren yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Kolak duren, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Kolak duren enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak duren sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak duren memakai 7 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Punya duren gagal, beli nya kena tipu. Pas di cobain di tempat rasanya manis semua, sampe di rumah belum Mateng dan ngga ada rasanya semua, mana 3 buah lagi. Mau di buang sayang, jadinya begini deh, enaaak 🀩

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak duren:

  1. Duren yang sudah di kupas
  2. 375 gr gula merah (atau sesuaikan rasanya)
  3. Gula pasir (hanya untuk menambahkan manisnya saja)
  4. 1/2 sdt garam
  5. 2 ikat daun pandan
  6. 200 ml santan (bisa dikurangi, karena ini terlalu kental)
  7. 3 sdm susu bubuk dancow

Langkah-langkah untuk membuat Kolak duren

1
Rebus gula merah kemudian saring kotorannya.
2
Siapkan duren di panci kemudian siram dengan air gula Merah, nyalakan kompor kembali, lalu tambahkan air sesuai selera, tambahkan gula pasir jika kurang manis.
3
Masukkan garam, daun pandan, susu bubuk dan santan. Masak hingga mendidih, lalu matikan kompor. Di sajikan dingin lebih enak.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak kolang kaling ubi

Kolak kolang kaling ubi

Ini menu kemarin hari pertama puasa simple mudah banget lah yaa buat kolat ituu psti semua bisaaa !!

Kolak Biji Salak πŸŒ•πŸŽƒπŸƒ

Kolak Biji Salak πŸŒ•πŸŽƒπŸƒ

Olahan Ubi Ketela Kuning selain dikukus dan direbus dapat dibuat variasi menjadi kolak biji salak dg dicampur tepung sagu... πŸ¬πŸ‹Texture kenyal jika dimakan dpt dijadikan olahan camilan utk anak anak krn menggunakan sagu, rasa manis, aroma pandan. Menjadikan olahan makanan tersendiri selain dikukus atau direbus...πŸ’πŸŒΈ Tips : Agar kuah Kolak tidak menjadi kental dan berkeruh krn adonan dr sagu. Alangkah baiknya adonan biji salak setelah dibentuk direbus dalam wadah tersendiri dahulu.....πŸ‹πŸŽ‹

Kolak ramadhan labu kolang kaling

Kolak ramadhan labu kolang kaling

Setiap bulan ramadhan sudah menjadi tradisi umat islam membuat kolak terutama dirumah ku. Seperti kata rasullah berbuka dengan manis. Manis banget apalagi kalo sambil liatin aku hihihi. Ini request suami minta labu sama kolang kaling.

3 porsi
Kolak singkong

Kolak singkong

Awalnya mau bikin sop singkong, tapi berakhir jadi kolakπŸ˜‚

Kolak pumpkin banana MPASI 1Y+

Kolak pumpkin banana MPASI 1Y+

Lagi nemu pumpkin jepang di supermarket jadinya dicarilah menu apa yang bisa dibuat dan nemu ide ini setelah lihat2 resep yg ada di cookpad dan kreasi sendiri karena keterbatasan bahan. Anakku suka bangets habis lumayan banyak πŸ˜‰

4 porsi
20menit
Kolak Candil Ubi Ungu

Kolak Candil Ubi Ungu

Edisi nemu foto lama, save lagi resepnya di cookpad.. Supaya gampang kalo mu buat lagi.. Source resep dari cookpad dengan beberapa penyesuaian..

Kolak Campur-Campur

Kolak Campur-Campur

Mau buat menu buka puasa bingung, karena ada bahan buat kolak dari kamis waktu libur ndk jadi buatnya n ada jg bahan utk es buah...ach, buat kolak aja deh...yuk, bismillah!!!

Kolak Biji Salak Kolang Kaling #RabuBARU

Kolak Biji Salak Kolang Kaling #RabuBARU

Assalamu'alaikum bu ibu, masih dengan menu tajil. Saya baru bikin kolak setelah hari ke 22 ramadhan. Rasanya duh MasyaAllah nikmat . Hayu bu ibu bikin. Semoga bermanfaat ya πŸ™πŸ˜Š.

2. Kolak Setup Pisang Deva #BikinRamadhanBerkesan

2. Kolak Setup Pisang Deva #BikinRamadhanBerkesan

Baru kali ne bikin kolak setup pisang dgn resep Ci Tintin, yg pasti menu ne biasanya selalu hadir dlm menu Takjil #BikinRamadhanBerkesan, Khas akan harum rempah2 pasti milik Ci tintin, so let's Check it out.. Sourche : Tintin Rayner πŸ˜ŠπŸ˜„

4 Porsi
20 Menit
Kolak Pisang Kolang Kaling #PekanInspirasi

Kolak Pisang Kolang Kaling #PekanInspirasi

Resep ke-6 #BikinRamadanBerkesan Kolak yang rasanya manis ini selalu bisa #BikinRamadanBerkesan, Ibu suri sering banget bulan puasa bikin kolak, saya paling suka kolak pisang karena rasanya legit😍. Untuk santan disesuaikan dengan selera ya mau kental atau biasa aja, saya suka yang biasa aja gak kental.

Kolak Biji Salak Ubi Kuning

Kolak Biji Salak Ubi Kuning

Tempo hari buat kolak BiSa ini dari ubi ungu. Nah...kini bikin dr ubi kuning yg kmrn dpt dari pasar sayur n buah di lereng gunung Lawu perbatasan Jateng-Jatim. Mantap rasanya legit, gurih n kenyal2 bijinya...he he

5-6 porsi
1 jam
Candil / Kolak Biji Salak

Candil / Kolak Biji Salak

Kalo di Bandung biasa disebut candil tapi di Jakarta disebutnya Biji Salak. Ini favorit dari kecil karena teksturnya yg kenyal dan ternyata mudah dibuatnya.

> 5 orang
45 menit
Kolak Biji Salak Kenyal

Kolak Biji Salak Kenyal

Punya stock ubi, mau bikin kolak gak ada bahan lain, kepikiran waktu kecil ibu sering bikin biji salak, coba2 deh olah2 si ubi, jadilah kolak biji salak nan lembut dan kenyal wlpun sdh masuk kulkas ttp kenyal & enak lho 😍 #diRumahAja #takjil #FestivalRamadanCookpad

4 porsi
Kolak Biji Salak kolang kaling

Kolak Biji Salak kolang kaling

Suka banget sama kolak ini apalagi dimakan saat dingin seger deh, yuk buat Sumber : Liu mimin

Kolak biji salak-pisang

Kolak biji salak-pisang

Makanan wajib buka puasa, dulu di bikinin emak, skrg hrs bs bikin sendiri, lockdown euii ga bs minta bikinin emak di sono 😭😭