Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Opor Ayam bumbu kuning yang Sempurna

Dipos pada February 23, 2022

Opor Ayam bumbu kuning

Hari ini saya akan berbagi resep Opor Ayam bumbu kuning yang gampang Cara membuatnya sedikit repot. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Opor Ayam bumbu kuning yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Opor Ayam bumbu kuning, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Opor Ayam bumbu kuning di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam bumbu kuning sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam bumbu kuning memakai 20 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam bumbu kuning:

  1. 1/2 ekor ayam
  2. 4 lembar daun salam
  3. 2 batang serai memarkan
  4. 2 lembar daun jeruk buang batang tengahnya
  5. Garam
  6. Gula pasir
  7. 500 ml air matang untuk merebus ayam
  8. 300 ml santan cair dari 1/2 butir kelapa
  9. 300 ml air kaldu ayam
  10. Minyak untuk menumis
  11. Bawang goreng
  12. Bumbu dihaluskan :
  13. 5 butir bawang merah
  14. 3 butir bawang putih
  15. 2 butir kemiri disangrai
  16. 1/2 sdt lada disangrai
  17. 1/4 sdt jinten disangrai
  18. 1/4 sdt ketumbar disangrai
  19. 2 cm jahe yg sudah dibakar
  20. 3 cm kunyit yg sudah dibakar

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam bumbu kuning

1
Cuci bersih ayam yg sudah dipotong 8 atau sesuai selera. Rebus ayam dengan air matang lalu masukkan sejumput garam, 2 lembar daun salam dan 1 batang serai. Rebus ayam hingga mendidih lalu sisihkan. Saring air rebusan ayam ambil 300ml lalu sisihkan.
2
Tumis bumbu halus lalu masukkan serai,daun salam dan daun jeruk. Tumis bumbu hingga harum.
3
Lalu masukkan ayam,aduk rata. Lalu masukkan air kaldu masak hingga mendidih lalu masukkan garam dan gula. Tes rasa.
4
Setelah rasa sudah pas masukkan air santan, masak sambil diaduk2 agar santan tidak pecah. Masak hingga matang.
5
Sajikan opor dengan ditaburi bawang goreng.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam dan tahu

Opor ayam dan tahu

Opor ayam kesukaan bagus danu,bumbu sama aja kayak opor2 yg lain,cuma ini paha ayam,yang tulangnya dibuang,dan karna terlalu ringkas,aku beri tahu.bau kayu manisnya bikin makan mau tambah terus...😊

8 porsi
Opor Ayam Gurih ala Saya

Opor Ayam Gurih ala Saya

Ngeliat suami makannya habis ga bersisa itu suatu kebanggaan dan kepuasan tersendiri. Dan sekarang saya coba share resepnya, siapa tahu suami para ibu-ibu semua juga suka.😃

Opor ayam simple gurih pedes

Opor ayam simple gurih pedes

Karena mager untuk racik bumbu, pake bumbu opor merk Eco, ternyata Eco beneran...

Opor Ayam dan teman-teman nya 😉

Opor Ayam dan teman-teman nya 😉

Sebenernya bingung mau masak apa buat makan malem, terus kepikiran buat bikin opor ayam sama bakwan daun singkong. Kalo lontong beli di pasar pagi pagi soalnya ribet yaa harus bikin cuma dimakan dua orang..heheeee tapi lontongnya aku kukus lagi biar ngga basi sampe sore.

Opor Ayam tanpa Kemiri

Opor Ayam tanpa Kemiri

Ngga pakai kemiri, lebih enak di lidah 👌 Makanan favorit anakku foto menyusul, karena uda habis duluan xixixi

Opor Ayam Bumbu Kuning

Opor Ayam Bumbu Kuning

Pertama kalinya memasak opor ayam untuk suami dan keluarga dirumah, awalnya ragu bisa gak ya masaknya, enak gak ya nanti rasanya.. tp menurut ku pikiran positif dalam memasak itu perlu, agar kita lebih yakin untuk memulai memasak hal baru 😁

Opor sayap ayam

Opor sayap ayam

Ini masakan yang suka dimasakin dari saya kecil. Bagian sayap memang dari dulu suka dimasakin nya, sampai sekarang juga suka.Waktu nikah jadi jarang makan opor kuning kalau g pulang kampung ( ibu mertua kurang suka bumbu kunyit). Dan akhirnya belajar resep bikin opor kuning dan sekarang bisa masak kapanpun dengan bumbu medok ala keluarga. Alhamdulillah anak2 pada suka. #BikinRamadhanBerkesan

MPASI 8 bulan, Opor Ayam Nasi putih (Menu 4 Bintang)

MPASI 8 bulan, Opor Ayam Nasi putih (Menu 4 Bintang)

Karena ini untuk bayi jadi no gulgar ya, dan tanpa tambahan evoo karena sudah menggunakan santan sebagai lemak tambahnnya.

2 porsi
30 menit
Opor jamur tiram yummyy

Opor jamur tiram yummyy

Ceritanya punya jamur to bgg mau d Spain,goreng crispy udah biasa,tumis jg udah..nyoba aja d bumbu opor..ehh kok enakkkkkk like ayam DECH tp tanpa tulang,hihihi

Koya lontong opor

Koya lontong opor

Coba buat bumbu tabur lontong cap gomeh ,minta resep sm tante Christin di bandung . Iseng dan penasaran ...ini belum jadi krn harus ditumbuk dulu ...jadi nya seperti srundeng tapi rasa ...sudah mantab .yuk coba buat..

Opor ayam bumbu kuning

Opor ayam bumbu kuning

Setelah mencoba rasay gurih dan nikmat

3-5 porsi
Lontong opor ayam kuning (sajian lebaran)

Lontong opor ayam kuning (sajian lebaran)

Hihihii ini mah biasa x menu untuk lebaran...tapi hari ini misua request minta bikinin lontong nasi, ayam tahu tempe telur opor kuning, sama sambal goreng kentang hati ayam..... Cukup memakan waktu lama tp kalo dilakukan dengan hati ikhlas seneng serasa sebentarrr sajooo bund... Alhamdulillah ludes des desss #berbagirahmat

6 porsi
2 jam
Opor ayam kampung (masak ala ingkung)

Opor ayam kampung (masak ala ingkung)

Opor dengan resep ini adalah favorit keluarga kami, dan merupakan resep dari ibunda saya tercinta 😍. Karena bumbu meresap ke dalam ayam dengan sempurna sehingga rasanya lezat sampai ketulang. Bahkan tadi mau foto-foto cantik tidak sempat karena sudah ingin dimakan 😊. Mungkin resep ini tidak umum seperti resep-resep opor lainnya, dimana perbedaan yang signifikan adalah bumbu tidak ditumis, tapi jangan kawatir rasanya lezat sekali 😊. Resep ini biasanya juga dipakai untuk membuat ingkung ayam.

Opor ayam

Opor ayam

2porsi
Opor Ayam LONTONG yummy..😙

Opor Ayam LONTONG yummy..😙

Biasa kalau lebaran haji atau fitri pasti buat ini....buat menyambut saudara, teman dan kerabat yang main ke rumah...resep lontong yg super menul saya dapat dari mm Indah. Makasih mba. Sekarang saya jd bisa buat lontong yg benar2 anti gagal dan menul banget sesuai harapan saya. Untuk opor ayam sih gampang yaa...dan sebagian ibu2 di dapur pasti bisa buat ... tinggal menyesuaikan lidah masing2. Ini dia resepnya. Opor lontong ala mm yoga Ken Rey. (Karna anak saya 3 laki laki semua. namanya saya pakai semua. Hihihi....)

Bubur ayam dengan opor

Bubur ayam dengan opor

Ceritanya lagi pengen banget buka puasa pake bubur. Tp pedagang keliling gk jual krn bln puasa dan kalo pun jual kan pagi pagi. Jadi bikinlah sendiri liat" resep disini.

Opor ayam tanpa santan

Opor ayam tanpa santan

Recook dari resep mba Lita Maya.. Agak sedikit dirubah krn kurang suka dengan tahu. Kenapa memilih resep ini? Karena tidak memakai santan,ya semakin bertambah usia semakin ingin mengurangi konsumsi santan. :-)

Opor ayam tahu

Opor ayam tahu

Hari minggu gini pagi pagi capek habis olah raga ,jadinya masak yg simple dan cepet aja soalnya masih banyak pekerjaan rumah yg menunggu