Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Sate ayam kecap yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada July 22, 2019

Sate ayam kecap

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Sate ayam kecap yang praktis Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Sate ayam kecap yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Sate ayam kecap, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Sate ayam kecap bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Sate ayam kecap yaitu 25 tusuk. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sate ayam kecap sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sate ayam kecap memakai 17 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Jadi kami sekeluarga suka banget makan sate, tapi klo beli buat sekeluarga rasanya keluarin duit yg gak sedikit, kepikiran deh buat bikin sendiri, dapatnya banyak lebih enak dan pasti lebih sehat hehehe alhamdulillah sekeluarga pada suka,ohiya untuk resepnya aku gabung dari resep teman-teman semua.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sate ayam kecap:

  1. 2 Kacang goreng (saya pake yang kemasan kecil)
  2. 2 biji Bawang merah
  3. 2 biji Bawang putih (untuk rendaman)
  4. 3 biji Bawang putih
  5. secukupnya Ketumbar
  6. secukupnya Merica
  7. secukupnya Garam
  8. Penyedap masakan (saya pake masako)
  9. secukupnya Kecap
  10. Secukupnya Gula merah (sesuai selera yah, bisa dganti gulapasir)
  11. secukupnya Minyak (untuk menumis bumbu)
  12. secukupnya Mentega (untuk olesan sate)
  13. 2 buah Jeruk nipis
  14. Daun salam
  15. Tusuk sate
  16. Secukupnya air
  17. 250 gr ayam dipotong dadu (ini yg paling penting haha)

Langkah-langkah untuk membuat Sate ayam kecap

1
Haluskan bawang putih untuk rendaman, masukkan ayam kedalam mangkuk kecil lalu tambahkan bawang putih yang telah dhaluskan tadi, lalu berikan merica dan ketumbar yang telah dihaluskan juga (bisa kok pake merica dan ketumbar bubuk klo mau praktis tapi menurut saya klo ditumbuk baunya lebih harum),aduk sampai rata.
2
Lalu tambahkan persaan jeruk nipis sesuai selera (untuk menghilangkan bau amis ayamnya)
3
Kemudian aduk rata lagi dan masukkan kedalam kulkas selama 1 jam hingga bumbu meresap.
4
Untuk membuat bumbu kacangnya tumbuk halus bawang merah,bawang putih,ketumbar,dan merica. Setelah halus pindahkan ke piring, lalu lanjut haluskan kacang gorengnya. Setelah halus pindahkan kepiring.
5
Panaskan minyak diwajan lalu tumis bumbu hingga harum, setelah itu tambahkan air secukupnya, kalau sudah agak mendidih +kan kacang yg telah dihaluskan tdi +kan kecap+penyedap rasa+garam+persan jeruk nipis dan gula merah.lalu tes rasa. Jika sudah pas rasa dan kekentalan yg diinginkan kompornya bisa dimatikan.
6
Untuk membuat olesannya, taruh sedikit saus kacang yg telah jdi kedalam mangkok lalu +kan kecap dan sedikit mentega.
7
Ambil ayam didalam kulkas yang sudah direndam selama 1 jam, lalu bakar di pembakaran oles" dengan bumbu olesan, setelah setengah matang celupkan kedalam bumbu olesan selama 1 menit lalu bakar lagi hingga matang.
8
Setelah matang guyur sate dengan saus kacang yg telah dibuat tdi lalu sajikan dengan lontong, timun sesuai selera anda. selamat menikmati.
9
Digambar ini ada sate yg gak saya bakar dengan saus kacang, jdi dibakar dengan kecap dan mentega aja, jdi 2 versi jadinya, lebih enakan yang dibakar pake saus kacang 😊😊 selamat mencoba mbak mbak.
Sate ayam kecap - Step 9

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sate ayam bumbu kacang

Sate ayam bumbu kacang

Udah 2 minggu WFH, dari kemaren2 suami minta dibikinin sate ayam.. belum pernah bikin. Coba nyari2, d cookpad ketemu resepnya ois. Dengan sedikit modifikais Akhirnya coba eksekusi.. suami say ini enak "selamat kamu berhasil tantangan kali ini". Wkwkw di giniin aja udah seneng.. pas lagi makan suami ampe bilang, kita jualan sate ayam yuk.. wkwkwk #dirumahaja

21 tusuk sate
Sate Daging Sapi Bumbu Kecap Mantaap #KitaBerbagi

Sate Daging Sapi Bumbu Kecap Mantaap #KitaBerbagi

Baru pertama kali bikin sate sapi ,biasanya sate ayam dan bisa tusuk besar-besar kalo ini harus agak kecil biar mateng.. Sate ku favorit keluarga dan tamu yang kerumah .. Maaf y lupa di timbang dagingnya ^^

Sate ayam lada hitam

Sate ayam lada hitam

20 tusuk
25 menit
Sate Ayam pangggang teflon

Sate Ayam pangggang teflon

liat anak2 yg doyan banget sama sate ayam...sampe 3 hari ini tiap mw makan mlm minta beli sate trs..πŸ˜” 35 tusuk beb..🀯🀯sisa receh aja ni dompet Nak..okelah kita bikin aja yak...

55 tusuk
Sate ayam sehat

Sate ayam sehat

Mau buat menu yang lebih sehat buat keluarga tapi juga harus enak rasa nya

18 tusuk
Sayap goreng bumbu sate

Sayap goreng bumbu sate

Mumpung di kulkas masih ada sayap, cuss di buat bumbu sate aja

Sate Kikil

Sate Kikil

Assalamualaikum, kita buat sate kikil ya. Buatnya gampang, kalau Mau lebih pedas bisa tambahkan cabai, jika anak ga suka pedas bisa diskip cabainya. Selamat mencoba πŸ₯°πŸ₯° #cookpadcommunity_depok #GA_TheNextLevel #week_41

Sate ikan tuna

Sate ikan tuna

Ini resep lama.. Sudah ada di FB 3 tahun yang lalu. Saya masukkan ke cookpad buat arsip. Biar nggak susah kalau sewaktu-waktu pengen bikin ini ;)

2-3 porsi
-/+ 25 menit
Sate Ayam Jamur (Teflon/Wajan)

Sate Ayam Jamur (Teflon/Wajan)

Suami suka banget sate, tapi aku ngga suka ribet😁dan muncullah ide ini.. not bad lah.. kalau ngga ada teflon, pakai wajan pun jadi

174. Daging Sapi Bumbu Sate

174. Daging Sapi Bumbu Sate

Minggu, 02 Juli 2020 Menu ini adalah salah satu hidangan yang disajikan pada Idul Adha dirumah. Kali ini resepnya saya bagikan disini. Barangkali ada teman-teman yang mau coba buat juga dirumah. 😊 Dan untuk dimasa mendatang jika lupa resepnya bisa dibuka kembali. πŸ€— #GA_TheNextLevel #GoldenApronChallenge #BancakanOnlineBarengCookpad #eBook #mingguke9 #DiRumahAja #174resepmarin #dagingsapimarin #dagingsapibumbusatemarin #olahandagingmarin #masakitusaya #homemadeisbetter #semuabisamasak #cookpadcommunity #cookpadcommunity_Borneo #cookpadcommunity_Kaltim #cookpadcommunity_Balikpapan #cookpadcommunity_TanahGrogot #cookpadcommunity_Paser #alaDapurMarin #by_DapurMarin #DapurMarin #resepMarin #resepMamaRirin #cookinggalery #galerycooking #cookingwithhearteatingwithlove

Sate Padang

Sate Padang

Mencoba belajar membuat sate padang. Not bad lahhh untuk ukuran pemulaπŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

Sate jamur tiram praktis

Sate jamur tiram praktis

Berhubung libur dan lagi puasa, males2n dl.. pas liat jam, ehhh udh jam 3 sore.. ngebut bongkar kulkas, nemu jamur tiram.. ya suda bikin sate aja πŸ˜€πŸ˜€

3-4 porsi
20min
Sate Ayam Khas Banjar

Sate Ayam Khas Banjar

28.09.20 Ada beberapa bahan yang saya skip karena sedang habis dan juga saya tambah komposisinya. Tentu, tidak mengurangi kenikmatan rasa sate ayam ini. Worth it to cook. πŸ‘ Resep: Nabila Amira #GA_TheNextLevel #CookpadCommunity_Tangerang #ResepSateAngken

45 tusuk
45 menit
Sate Ayam ala Madura

Sate Ayam ala Madura

Pengennya buat sate yang banyak biar puas makannya.. πŸ˜‹

4 porsi