Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Kolak yang Bikin Ngiler

Dipos pada April 22, 2021

Kolak

Sore-sore begini enaknya membuat Kolak yang praktis Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Kolak yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Kolak, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kolak bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Kolak biasanya untuk 10-12 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak memakai 9 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Temenku yg udh ak aggp kyk ibu sndri. Tania. Org Brasil. Mnta dbuatin dessertny Indonesia. Mmpung msih ada stok santan dkulkas akhirnya pny ide bkin kolak aja... 😊. Dan abs dbuatin, dia mkan. Dia blg " ini enak bgt. Aku suka bgt" 😍 alhamdulillah... 😇

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak:

  1. 565 gr nangka matang
  2. 400 ml santan kental
  3. 1600 ml air
  4. 300 gr ubi kuning
  5. 12 buah pisang (pisang kepok/ pisang import dr filipin)
  6. 6 sdm gula pasir
  7. 1 sdt garam
  8. Jgn lupa siapkan 1 lmbar daun Pandan
  9. Klo ada kolang kaling bs dtmbahkan

Langkah-langkah untuk membuat Kolak

1
Masukkan air dan gula pasir dalam panci. Masak hingga mendidih.
2
Kupas, cuci kmudian potong" ubi kuning. Potong jg pisang dan nangka nya.
3
Stlh mndidih, masukkan ubi kuning dan garam. tggu bbrapa mnit. Tusuk ubi kuning dg lidi. Klo sdh setengah matang, masukkan pisang, nangka dan santan.
4
Kecilkan api kompor. Aduk terus agar santan tdak pecah. Aduk slama kurg lbih 10 mnit.
5
Ttup panci. Low heat. Diamkan slama 10 mnit.
6
Matikan kompor. Angkat dan sajikan. Hias dg daun Pandan. (krna lupa ga beli daun Pandan jd ga make)

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak kacang ijo campur

Kolak kacang ijo campur

Lagi panen pisang di rumah, kacang ijo dikasih mertua, Di tukang sayur Kebetulan juga ada labu kuning dan ketela. Jadi lengkap kalau dibuat kolak maknyus...

Kolak pisang ubi

Kolak pisang ubi

> 7 mangkok
30 menit
Kolak pisang

Kolak pisang

#masih edisi liburan yaah... pas banged dengan cuaca di purwokerto yang mendung dan hujan melulu(alhamdulillaah)... bikin yang anget2 yuuk???

Kolak tape kolang kaling tanpa santan #bikinramadanberkesan

Kolak tape kolang kaling tanpa santan #bikinramadanberkesan

Menu favorit kami berbuka puasa, bisa nambah terus ☺☺

Kolak Pisang

Kolak Pisang

Ceritanya pas belanja liat Pisang Nangka seger" gitu jadi berasa pengen kolak tapi yg seger gak terlalu banyak santan 😍

Kolak pisang

Kolak pisang

Pengen ngolah pisang tapi bosen digoreng mulu, jadilah kolak 😄

5 porsi
Kolak Waluh Kolang Kaling

Kolak Waluh Kolang Kaling

Disini sebenernya hampir tiap hari nemu Waluh di pasar. Cuma dari dulu mau beli males, secara ukurannya gede-gedeee. Kalaupun ada yang potongan kecil-kecil, bijinya diilangi semua. Padahal aku Kolak Waluh pakai biji itu paling suka. Lebih legit menurutku! Nah, tadi lihat Waluh lagi, saking penginnya kolak, ya wis lah beli sepotong kecil aja plus kolang-kaling. Ini aku bikinnya minus Pandan karena nggak ada yang jual pandan disini. Kalaupun ada, biasanya 3 batang gedeeee gitu (batang ya, bukan lembar), jadi ya buat apaan. Tapi ini Santan yang aku pakai, itu Pandan flavour. Jadi minus Pandan ga masalah. Legit pula rasanya.

2 orang
Kolak Klepon Kacang Ijo

Kolak Klepon Kacang Ijo

Kemaren pengen bikin kolak, kepikirannya yang isinya ketan di isi kacang ijo, akhirnya bikin klepon isi kacang ijo trus dikasih kuah, jadi kolak klepon kacang ijo deh hehe. Jarang update Cookpad yaa saya hehe, yang mau kepo-kepo resep lain silahkan cek Instagram saya di @dapurnyadeasy yaa, difollow juga boleh ;) Untuk takaran gula bisa disesuaikan dengan selera manis masing-masing ya, dan air untuk isian dan kulit bisa diganti santan. Kuah bisa pakai santan atau pun full susu.

2 porsi
Kolak Ubi dan Kacang Tanah

Kolak Ubi dan Kacang Tanah

Ada ubi, ada kacang tanah - kolak ubi kacang tanah.

5 porsi
+/- 30 menit
Kolak Pisang

Kolak Pisang

Krn di rumah pada kurang doyan labu kuning dan kolang kaling, jadi ini isinya pisang aja. Kebetulan di tukang sayur jg cuma ada pisang uli, yg penting mateng dan manis yaa. Krn pisang uli tuh cepet hitam, nah klo bikin jgn banyak2 nanti jd jelek di liat nya hehe alhamdulillah klo di rumah mah dalam sehari jg ludes walopun bikin agak banyak. Oiya ini saya buat versi kuah banyak krn emang saya doyan bgt kuah kolak hehehe

10 porsi
Kolak Ungu (Kolak Pisang & Tela/Ubi Ungu) 🍌🍠

Kolak Ungu (Kolak Pisang & Tela/Ubi Ungu) 🍌🍠

Awalnya punya tela ungu mau dibuat klepon (rencananya sih gitu). Eh gak taunya berubah pikiran. Tetiba rasanya pengen banget makan kolak (seperti biasa, kelabilan terjadi di dapur). Dan akhirnya jadilah kolak ungu 😅

4 porsi
Kolak ketela labu mantap

Kolak ketela labu mantap

Mendung , gerimis enaknya yg anget" cuss bikin kolak aja.. Anak aku suka banget nih kalo mamanya bikin kolak hehe

Kolak campur..ubi nangka&singkong.

Kolak campur..ubi nangka&singkong.

3hr yg lalu diksih tmn nangka ubi n singkong..sy tinggal beli kelapax sj..hehehee jadilah kolak singkong ala saya.. aplgi musim hjn begini...kolak anget..hmmm...nyusss