Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Ketupat Kandangan yang Menggugah Selera

Dipos pada March 12, 2022

Ketupat Kandangan

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Ketupat Kandangan yang simple Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Umumnya Ketupat Kandangan yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Ketupat Kandangan, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Ketupat Kandangan di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ketupat Kandangan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ketupat Kandangan memakai 14 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Masakan khas Kalimantan Selatan Source : erfani yanti

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ketupat Kandangan:

  1. 1 kg ikan gabus (haruan) asap/panggang
  2. Bumbu :
  3. 5 siung baput
  4. 5 siung bamer
  5. 3 kemiri
  6. 1 sdt jintan bubuk sangrai
  7. 1 sdt ketumbar bubuk sangrai
  8. 1 ruas jahe
  9. 1 batang serai
  10. 750 ml santan kental
  11. 750 ml santan
  12. Pelengkap :
  13. Bawang goreng
  14. Telur bebek rebus (sy pakai telur ayam)

Langkah-langkah untuk membuat Ketupat Kandangan

1
Cuci bersih ikan,lumuri dengan garam kemudian asap (cara asap ada dipostingan sebelumnya)
2
Sangrai semua bumbu,haluskan
3
Didihkan santan,masukkan bumbu,beri gula garam.koreksi rasa
4
Sajikan ketupat disiram dengan kuah dan ikan asap dan telur rebus. Taburi bawang goreng.sajikan selagi hangat
Ketupat Kandangan - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kupat Glabet Brebes

Kupat Glabet Brebes

Rindu kos di Semarang, ada penjual bubur ayam dan kupat glabet, asli orang Brebes. Okay coba buat di rumah..

Ketupat Nasi

Ketupat Nasi

Di daerah asal saya, setiap lebaran ketupat selalu meriah. Beberapa hari sebelum lebaran ketupat pasti banyak yang jualan ketupat matang, jadi g usah repot2 bikin ketupat. Berhubung sekarang lagi pandemi dan g bisa mudik, akhirnya coba bikin ketupat sendiri deh di rantau. Alhamdulillah..

1 jam 30 menit
Ketupat/lontong tahu bumbu kacang

Ketupat/lontong tahu bumbu kacang

Menu ini salah satu menu favorite keluarga di rumah biasanya buat sarapan pagi

20-25 porsi
45menit
Ketupat Presto

Ketupat Presto

Assalamu'alaikum....alhamdulillah begitu banyak nikmat umur yang Alloh berikan. 2 bulan sebelumnya kita bisa menikmati jamuan Alloh di bulan ramadhan dan hari ini masih diberikan nikmat kesempatan untuk berkurban sebagai pembuktian ketaatan dan kecintaan kita pada Alloh.

Ketupat Sayur Oats Sehat

Ketupat Sayur Oats Sehat

Siapa yang lagi diet karbohidrat tapi tetep pengen makan ketupat sayur? πŸ™‹πŸ»β€β™€οΈ ga berniat masak ketupat sayur idul adha ini tapi bahan bahan dirumah ada iseng aja bikin pakai oats biar lebih sehat. Kuah sayurnya jg tanpa santan aku ganti susu karena lebih rendah lemak ternyata tetep enak bgt dan balanced rasanya πŸ€—πŸ€€

2 porsi
30 menit
Kupat sayur

Kupat sayur

Buat kupat sayur ini sdh seminggu yg lalu,tiap mau nulis resepnya ada aja hal lain yg mengganggu,jd lupa2 trs.Nah skrg mumpung ingat cpt2 ditulis deh sebelum lupa lg,maklum pemirsah,faktor UπŸ˜‚.Saya suka sekali kupat sayur,apalagi pake sayur santan dg berbagai isi spt sayuran,tempe,tahu,pete, trs ada rawit utuhnya & taburan bawang goreng yg bnyk,alamaaaak...dijamin sehari saya bs makan 5X,wkwkwk...Jangan ditiru ya!πŸ˜ƒ

8 porsi
Ketupat Lebaran

Ketupat Lebaran

Ketupat dan kawan kawan.. Ikutan lebaran juga dirumah tapi lauk pauknya aja. Hehe #BikinRamadhanBerkesan

Ketupat Telur Kuah Santan

Ketupat Telur Kuah Santan

Ketupat Telur Kuah Santan ini pertama kali saya memasaknya. Saya mendapakan resep dari kakak ipar saya. Walaupun memasaknya agak sedikit lama dan rumit tetapi sebanding dengan rasa yang dihasilkan. Selamat Mencoba.

5 porsi
90 menit
Ketupat Bungkus Plastik (Metode 5.30.7)

Ketupat Bungkus Plastik (Metode 5.30.7)

Ini resep lontong sih tapi sya buatnya ketupat cuma ngikutin metodenya.. skarang sudah bisa buat ketupat yang mudah hemat gas dan waktuu.. πŸ˜… Source : MamaFano #CookpadCommunity_Palembang

Ketupat sayur

Ketupat sayur

Ini hasil masak ketupat sayur pertama kali, tapi ada beberapa bahan yg gak ada jadi saya gak pakai.. aduuhhh rasanyaaaa gurih, manis, pedas, enak banget mom.. kuahnya jg lbh kental ya, beda kl kita beli kuah santannya agak encer.. selamat mencoba mom..

Kupat sumpil daun bambu, irit gas

Kupat sumpil daun bambu, irit gas

Kupat sumpil khas cilacap.. rasa enak menul".. khas rasannya nyaman diperut nyes/dingin.. Bukan dingin es ya ibu" 😬😬 cocok dimkan dg apa saja, medoan bakwan pecel, tahu isi ayam goreng opor ayam dll..

Ketupat lebaran

Ketupat lebaran

Lebaran tahun 2020 ini, karena sedang wabah covid 19. Pertama kalinya Saya masak ketupat sendiri dirumah .. πŸ™‚

10 porsi
4 jam
Ketupat

Ketupat

Belumlah lebaran rasanya kalau ketupat belum hadir ditengah keluarga saat lebaran tiba. Berbagai teman ketupat diramu untuk dinikmati bersama. Sementara untuk membuat ketupat lupa caranya atau dibeli saja. Nah jangan panik atau menunggu ibu dulu datang baru ketupat dijerang silakan dipraktekan cara ini.

Ketupat Sayur Cekeer

Ketupat Sayur Cekeer

Assalamualaikum selamat malam, ini sarapan pagi tadi bebikin ketupat sayur cekeer udah lama ga bikin ini biasanya duluu di kampung makan ini hampir tiap hari karena kuliner daerah saya memang ketupat sayur dengan sayur yang berbeda tergantung selera aja, jajanan yang biasanya di kampung pake sayur nangka muda atau gulai Pakis yang has padang biasanya pakee teh tawar serbuk hmmm yummmi, tapi ini saya bikin sayur buncis labu siam wortel dan cekeer wahhh Enak banget, paksu bilang enakπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜

Lontong atau ketupat tanpa daun pisang

Lontong atau ketupat tanpa daun pisang

Resep ini aku buat kemarin saat membuat Lontong Kari Ayam. Karena di Jerman sulit sekali mencari daun pisang, jadi aku menggunakan alternatif lain. Hasilnya ternyata enak dan kenyal sekali, sama enaknya dengan yang dibungkus daun, bahkan karena tanpa tambahan zat lain, jadi aman dan sehat. Semoga bermanfaat bagi teman2 yg juga tinggal di luar negeri ^_^

4 porsi
60 menit
Opor Ayam Pasti Gurih

Opor Ayam Pasti Gurih

Masih dalam rangka masak makanan berkuah..makanya nyoba bikin opor ayam ini. Resepnya sebenernya resep opor tapi dikasi kunyit biar lebih bewarna dan sedap. Bisa disajikan variasi dibanding ayam yang digoreng.

8 porsi
60 menit
Ketupat/lontong rice cooker/magic com

Ketupat/lontong rice cooker/magic com

Baru pindahan dan gak punya perlengkapan dapur yang lengkap kaya dandang dll plus males nyari daun pisang/kelapa, googling2 nemu resep lontong pake rice cooker langsung eksekusi buat modal bikin tahu kupat

2 porsi
90 menit