Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Bubur ayam yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada October 30, 2018

Bubur ayam

Hari ini saya akan berbagi resep Bubur ayam yang simple Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Bubur ayam yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bubur ayam, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bubur ayam ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Bubur ayam adalah 27 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur ayam memakai 19 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Masak bubur ayam setahun sekali dibulan suro,lalu dibagikan ke jamaah sholat jumat,bahagia rasanya bisa berbagi.jd sy masak banyak,untuk 1 1/2 kg beras pulen sy dpt 27 porsi.kalo mau masask sedikit tinggal dibagi aja.ini sy simpan dicp resepnya,soalnya setiap bkin pasti bertanya2?berapa dah ya takaran airnya?semenjak gabung dicookpad jd mudah,banyak ilmu didpt disini,bs simpan resep .kali aja ada yg mau jualan,boleh jg tuh,bs jd ladang usaha.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur ayam:

  1. 1 1/2 kg beras pulen (1500gram) , cuci, rendam semalam
  2. 3 buah kelapa setengah tua,parut (menghasilkan 3 liter santan)
  3. 7 liter Air
  4. 2 sdm Garam
  5. Untuk kuah:
  6. 500 gram fillet ayam
  7. 2 liter santan kental
  8. Bumbu kuah halus:
  9. 5 siung bawang merah,
  10. 3 siung bawang putih,
  11. 3 buah cabe merah tanpa biji
  12. 3 sdm gula
  13. 2 bks masako,
  14. Pelengkap:
  15. Perkedel kentang
  16. Telur dadar suwir
  17. Telur puyuh rebus
  18. Abon sapi
  19. Kacang bawang

Langkah-langkah untuk membuat Bubur ayam

1
Cuci lg beras yg sdh direndam,tiriskan
2
Peras kelapa parut,tuang 1 liter air,peras,tuang lg 1 liter air,peras,jd didapatkan 2 liter santan untuk kuahnya,sisihkan.peras lg kelapa dgn ditambahkan 1 liter air,remas2 kelapa agar keluar sarinya,peras.yg 1 liter ini(kentalnya sedang) untuk dimasukkan kebuburnya.
3
Didihkan air(lgsg 7 liter),setelah mendidih masukkan beras,aduk terus hingga menjadi bubur,masukkan garam dan santan yg 1 liter,aduk kembali hingga bubur matang sempurna,tes rasa,jika kurang asin boleh ditambahkan garam lg.
Bubur ayam - Step 3
4
Skrg memasak kuahnya.rebus ayam hingga mendidih,buang air rebusannya,potong2 ayam sesuai selera
5
Tumis bumbu halus hingga harum,masukkan santan yg 2 liter,tambahkan ayam,masukkan gula dan masako,biarkan hingga mendidih,tes rasa,jika sdh sip rasanya tinggal diangkat dan siap digabung sm pelengkapnya
Bubur ayam - Step 5
6
Bubur ayam - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Asyura dengan Magic Com

Bubur Asyura dengan Magic Com

Saat perayaan Muharrom kemarin, sekolah mengadakan acara makan bubur Asyura bersama. Otomatis Bunda belajar masak bubur dong untuk dibawa Ayah ke sekolah. Nah, menurut artikel yang Bunda baca, bubur Asyura ini seperti bubur biasa, topping-nya pun suka-suka. Tahun lalu, Bunda pernah dikasih bubur Asyura yang topping-nya serundeng, kacang tanah goreng, ayam suwir, irusan telur dadar, dan bulir-bulir buah delima. Rasanya unik dan enak. Tapi karena kali ini bikinnya mendadak, bubur kreasi Bunda menggunakan bahan seadanya di kulkas.

6 porsi
Bubur Kacang Ijo

Bubur Kacang Ijo

#buburkacangijo

Bubur Ayam Cianjur

Bubur Ayam Cianjur

Bismillaah, untuk challenge minggu ini tentang jelajah kuliner khas Nusantara, saya jadi kangen sama bubur ayam Cianjur, Jika saya pulang kampung disepanjang jalan Cisarua, Puncak, Cipanas, Cianjur, Ciranjang banyak sekali penjual bubur ayam khas Cianjur ini, ciri khasnya bumbu kuah kuning dan kadang ada banyak potongan daun bawangnya, tidak pernah terlewat jika pulang kampung, selalu berhenti sejenak untuk menikmati bubur ayam ini, pokoknya kurang afdol deh kalo lewat sekitaran Cisarua, Puncak menuju Cianjur gak makan bubur ayam Cianjur ini, apalagi perjalanan pagi hari wajib banget, sarapan bubur ayam hangat-hangat ditengah cuaca yang dingin dan pastinya disukai anak-anak juga😍 Link resep : https://cookpad.com/id/resep/13629037-161-bubur-ayam-cianjur?invite_token=23PriUuRwCNxtkHxAHRjVzwj&shared_at=1604061672 Source : Mella Soeboeh #JelajahResepNusantara #JelajahResep #JelajahResepKhasNusantara #CookpadCommunity_Depok #GA_TheNextLevel

4 orang
90 menit
Bubur ayam bandung (pakai ricecooker)

Bubur ayam bandung (pakai ricecooker)

Pertama kali masak bubur ayam bandung. Alhamdulillah berhasil, seneng banget Resep dari Suci Nabbila.

6 porsi
45-60 menit
Bubur kacang hijau tanpa santan update ⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️

Bubur kacang hijau tanpa santan update ⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️

Today aku masak bubur kacang hijau req suami. Berhub suamiku krg suka santen jd aku ga pake aku santen

4 orang
60 menit
Bubur ayam  bandung

Bubur ayam  bandung

Suami lagi ga enak makan akhirnya aku bikin ini bubur Sekalian buat sarapan seluruh keluarga... Paling enak dimakan panas panas yuk ikuti resep saya...

Untuk 5 porsi
1 jam 30 menit
Bubur suro

Bubur suro

Ceritanya dari kemaren pengen bgt makan bubur suro,sampe2 nyari daun pisang buat alas biar sama dengan bubur suro dikampung.waktu di lasem setiap awal bulan syuro pada bikin bubur suro trus dibagi2 sama tetangga.recipe dari ibu linggardjati makasih ya bu. Ngobatin kangen dan nostalgia ceritanya😁😀😊.bubur ini dibagi jadi 4 menu ya yaitu buburnya sendiri,kuah opor,kering tempe,dan telur dadar. Semoga bermanfaat ya bagi yang ingin bernostalgia riaa😀😊

Bubur ayam Ricecooker anti gosong

Bubur ayam Ricecooker anti gosong

Bubur ayam ini dimasak menggunakan rice cooker. Saya biasanya memasak bubur saat punya sisa nasi dan cuaca sedang dingin, terutama saat winter. Hangat, comfort food.

4 orang
45 menit
"Bubur Ayam"

"Bubur Ayam"

Bubur ayam yang saya buat ini tanpa kuah, sama dengan bubur ayam langganan dekat rumah yang nggak pernah sepi pembeli.

5 porsi
45 menit
Bubur kacang ijo with fiber creme

Bubur kacang ijo with fiber creme

Musim hujan santap bubur kacang hijau hangat... Nikmat nya tiada tara😁

Bubur Ayam (slow cooker / crockpot)

Bubur Ayam (slow cooker / crockpot)

Ini baru update poto setelah bisa bikin cakwe sendiri, resep cakwe nya sudah ada ya

14. Bubur Kacang Ijo Deso

14. Bubur Kacang Ijo Deso

Minggu saatnya bebikinan camilan, dan akhirnya bubur kacang ijo jadi pilihannya. Ini tipe burjo yg gk pake santan dalam buburnya, jadi santannya nanti di jadikan kuah. Enak banget dan pasti berhasil

7 porsi
1 jam
Bubur Kacang Ijo Goreng

Bubur Kacang Ijo Goreng

Jumat, 01 Januari 2021 Cemilan di awal tahun 2021, Happy New Year untuk sahabat cookpader's, semoga ditahun ini rencana dan target-targetnya bisa tersampaikan, semakin sukses dan lancar dalam segala urusan. Yang dlu masih harus #dirumahsaja semoga ditahun ini bisa kembali seperti semula. Dan sekarang masih #dirumahsaja kepikiran untuk seng-iseng buat cemilan untuk santai di tahun 2021. #HappyNewYear2021 #CookpadCommunity_Indonesia #Masakitusaya #CookpadIndonesia #Stayathome #dirumahaja #kedapuraja

Bubur ayam abang-abang

Bubur ayam abang-abang

Sarapan bubur ayam memang sedap, kalau di Indonesia tinggal nyari abang-abang pakai gerobak, semangkuk bubur ayam lengkap sudah bisa dinikmati. Jauh dari Indonesia membuat saya harus memasak sendiri utk menikmati semangkuk bubur hangat.

4 porsi
90 menit
Bubur Kacang Ijo Gula Merah (no gula pasir)

Bubur Kacang Ijo Gula Merah (no gula pasir)

📝Minggu30Agustus2020. Bismillahirrahmanirrahim.. Pengen makan burcang alias bubur kacang ijo udah lama juga gak makan burcang, juga lidah yang terasa pait ini pengen makan yang manis2 tapi no gula pasir 😐, akhirnya ketemu resep akun dari source : Nova Rilandari, lumayanlah walau gak semanis kalo pake gula pasir tak apa 😊. Jangan konsumsi gula pasir dulu,, baiklah 😩 ✨Tips : ~ Pada saat merebus kacang Ijo hingga empuk dan merekah jangan dibarengi / dimasukkan gula merah ya.. Supaya kacang ijo tidak alot!! ~ Biarkan kacang ijo matang, empuk dan merekah dulu oke.. Baru masukkan gula merah dan bahan lainnya. #BanggaKirimRecook #PejuangGoldenApron2 #MingguKe48 #CuisineMe #ResepOlahanBuburKikiRA #ResepKueTradisionalKikiRA #OlahanKacangKikiRA 👈lainnya

Bubur Suro (Tajin Sorah)

Bubur Suro (Tajin Sorah)

Ibuku biasanya buat bubur ini saat bulan Muharram atau orang jawa bilang bulan suro, kalo orang madura bilang bulan sorah dan nyebut buburnya "tajin sorah" untuk hantaran ke tetangga sebagai bentuk silaturrahim.

5 Porsi
60 Menit
Bubur kacang ijo mpasi 7 bulan

Bubur kacang ijo mpasi 7 bulan

Hari ini buat burjo untuk Qiana. Burjonya dimasak cuma pake santan karena no garam gula. Campur tepung beras, keju dan air, setelah siap dikasih asi dan minyak canola sedikit karena qiana agak sembelit klo pup. Qia lahap makannya doyan.

1 porsi
15 menit