Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Bubur kacang hijau ketan hitam yang Sempurna

Dipos pada November 28, 2018

Bubur kacang hijau ketan hitam

Bagaimana membuat Bubur kacang hijau ketan hitam yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Padahal Bubur kacang hijau ketan hitam yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bubur kacang hijau ketan hitam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Bubur kacang hijau ketan hitam bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur kacang hijau ketan hitam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur kacang hijau ketan hitam memakai 16 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Memberdayakan ketan hitam oleh2

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur kacang hijau ketan hitam:

  1. Bubur kacang hijau :
  2. 250 gram kacang hijau
  3. 2 liter air
  4. 100 gram gula merah
  5. 150 gram gula pasir
  6. 2 sachet skm putih
  7. Sejumput garam
  8. 2 ruas jahe geprek
  9. 1 bungkus santan instan
  10. Ketan hitam :
  11. 2 cangkir ketan hitam
  12. 1 liter air
  13. 100 gram gula pasir
  14. 2 sdm santan kental
  15. 3 sdm skm putih
  16. 1 lembar daun pandan disimpul

Langkah-langkah untuk membuat Bubur kacang hijau ketan hitam

1
Bubur kacang :
2
Didihkan air,lalu masukkan kacang hijau yg sudah dicuci bersih,tunggu sampai kacang merekah,jangan dulu tambah apapun.
3
Setelah kacang merekah masukkan jahe,garam,gula pasir,gulmer.aduk sampai gula larut.
4
Bila gula sudah larut,tambahkan skm dan santan,aduk kembali,koreksi rasa bila dirasa kurang manis sesuai selera bisa ditambah gula pasirnya.angkat lalu sisihkan.
5
Ketan hitam :
6
Didihkan air,lalu masukkan ketan hitam & daun pandan,masak sampai ketan lembut meletup letup,jgn lupa terus diaduk agar tidak gosong.
7
Setelah lembut tambahkan kembali gula,skm dan santan.aduk sampai tetcampur lalu angkat.
8
Sajikan bubur kacang dgn ketan hitam selagi hangat,atau dinginkan di kulkas sama enaknya,manisnya lbh meresap.
9
NB: jika ingin lbh cepat matang merekah,kacang hijau dan ketan hitam direndam 2 jam sebelum dimasak,,skip jg ga apa.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Mpasi 8+ Day 4 : Bubur Singkong Hati Sapi

Mpasi 8+ Day 4 : Bubur Singkong Hati Sapi

Menu favorit anak aku, menu ini mengandung kalori sekitar 311 kkal. #mpasi8+ #mpasi8bulan #mpasimenulengkap #mpasiwho #mpasihomemade #pejuanggoldenapron3

3 kali makan 1 hari
1 jam
Bubur Ketan Hitam- Kacang Ijo

Bubur Ketan Hitam- Kacang Ijo

Terniat kali ini yg jadi kenyataan πŸ˜‚ nyari resep sana sini rasanya pada ribet dan ga ccok. Finally, nyoba sendiri dg niat iklas buatin utk yg pengen jadi. Eh jadi juga, eh enak malahan. Haha. Here the recipe:

Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

7.9.2017 #BuburKacangHijau #BuburHeni #OlahanKacangHijauHeni #Basidoncek #CookpadCommunity_Sumbar #CookpadCommunity_Padang Sarapan pagi hari ini yang menyehatkan & bergizi bikinnya cepat habisnya juga cepet πŸ˜‰πŸ˜‹πŸ‘

Bubur 5.30.7

Bubur 5.30.7

Karena abis dirawat seminguan jadi makannya mesti yg lembut" si emak pake metode hemat gas yg ga pake lama dan jadi juga si bubur enak juga sehat ya karena mo msg #sarapanku #cookpadcommunity_banjarmasin

Bubur kacang ijo simple

Bubur kacang ijo simple

Pemanis puasa senin....

2 porsi
Bubur kacang hijau

Bubur kacang hijau

Bubur kacang hijau.. menu andalan disaat bernostalgia merindukan kampung halaman..

3-5 porsi
Bubur kacang merah/kacang tolo/azuki bean super simpel

Bubur kacang merah/kacang tolo/azuki bean super simpel

saya memang slalu stok kacang2an buat menu camilan diet tp berhubung lg malas diet jdlah si kacang merah kecil ini nganggur di kulkas selama seminggu, kbetulan pagi ini gk ada ide buat menu sarapan akhirnya bikin aja si bubur kacang merah pake bahan yg kbetulan ada drmh,,itung2 buat skip nasi dlm sarapan hari ini hehehe..

4 porsi
30 menit
Mpasi 6 bulan hari pertama - Bubur Ati Ayam

Mpasi 6 bulan hari pertama - Bubur Ati Ayam

Wih deg2an banget nih mulai mpasi bocil. Cari2 resep di cookpad, baca sana-sini dan jadilah buat bubur ati ayam. Ini buat 2x makan banyak bgt ternyata. Besok buatnya setengah takaran aja. Alhamdulillah bocil lahap mamak pun senang..

Bubur Kacang Hijau, Ketan dan Jagung Manis

Bubur Kacang Hijau, Ketan dan Jagung Manis

Satu bln ini cuaca dingin krn hampir tiap hari turun hjn, enk klo mkn yg pns2. Kebetulan kemarin diksh buah nangka sama tetangga rmh. Selain lgsg dimkn, kepikiran dibikin bubur. Bahan2nya pun üϑάђ ada semua didapur, seperti kcg hijau, beras ketan Ϟ jagung manis. Lgsg dech ke dapur bkn bubur. Oiya, selain disajikan pns2, sebagian buburnya sy mskkan kulkas krn ank2 suka bubur Ζ”Βͺηƍ dingin. Jd bubur ini bs disajika pns atau dingin, sesuai selera. :)

Menu Bumil : Bubur Kacang Ijo Ketan

Menu Bumil : Bubur Kacang Ijo Ketan

Tau2 aja pingin maem ini,maklum lah hamil muda suka ngidam ini itu.selain lembut & mudah dicerna juga bagus bgd nih buat bumil & balita nya...

Bubur kacang Ijo anti gagal

Bubur kacang Ijo anti gagal

Beberapa kali nyobain resep sering gagal, akhirnya begitu Nemu resep yang pas langsung aku share ke sini

Bubur kacang hijau

Bubur kacang hijau

Pertama rebus buburnya di mejikom gk pake di rendem hasilnya jadi sedikit karna gk megar πŸ˜πŸ€”seharusnya di rendem semalaman 😁 ini efek udah kepengen bangetss

Bubur Kacang Ijo

Bubur Kacang Ijo

iseng iseng bikinin istri yg lagi ngidam. ternyata eh ternyata jozz jg

Bubur Kacang Hijau Mutiara Warna Warni

Bubur Kacang Hijau Mutiara Warna Warni

Gula merah memberikan rasa yang khas di bubur kacang hijau. Bubur kacang hijau kali ini saya tidak menggunakan santan. Tapi jika ingin menambahkan santan ini akan menambahkan rasa gurih. Bagi yang gak bisa konsumsi santan boleh gantikan santan dengan susu kental manis dengan catatan, kadar gula merah dan gula pasir bisa dikurangi, pandai-pandai merasakan pas manisnya ya. Ehm, dimakan waktu panas-panas juga oke. Tapi di waktu buburnya dingin atau di beri batu es juga gak kalah enak dan segarnya... Selamat Mencoba.. (^_^)v

Bubur Kacang Hijau Susu

Bubur Kacang Hijau Susu

Udara lagi dingin. Enaknya makan yg hangat2,, Nyamm lgsg cuzz bikin bubur cangjooo.. πŸ˜„. Aq pake susu sbg pengganti santan. Enaknya makyuss..

6 porsi
60 menit