Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Kupat Tahu Solo yang Lezat

Dipos pada March 22, 2022

Kupat Tahu Solo

Anda sedang mencari inspirasi resep Kupat Tahu Solo yang praktis Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Umumnya Kupat Tahu Solo yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Kupat Tahu Solo, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Kupat Tahu Solo sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Kupat Tahu Solo kira-kira 2 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, waktu yang diperlukan dalam memasak Kupat Tahu Solo diperkirakan sekitar 15 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kupat Tahu Solo sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kupat Tahu Solo memakai 15 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Masih memiliki 2 buah ketupat, dan beberapa buah bakwan sayur. Kalau mau dimakan hanya dengan dua bahan itu kok rasanya kurang. Saya buat saja kupat tahu khas solo, dengan kuah manis sedikit pedas.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kupat Tahu Solo:

  1. 2 buah ketupat.
  2. 2 buah bakwan sayur
  3. 2 buah tahu coklat (di solo pakai tahu putih di goreng setengah matang)
  4. 1/2 buah mie kuning kering (saya pakai miie fantasti*) di solo memakai mie basah
  5. 1 genggam tauge, siangi
  6. 1 lembar kol, iris halus
  7. 2 sdm kacang tanah, goreng
  8. secukupnya kerupuk dan daun bawang untuk taburan (seharusnya pakai daun seledri)
  9. bahan kuah
  10. 300 ml air
  11. 1 siung bawang putih, haluskan
  12. 1/2 sdt garam
  13. 3 buah cabe rawit merah, haluskan
  14. 2 sdm kecap manis
  15. 2 sdm gula palm

Langkah-langkah untuk membuat Kupat Tahu Solo

1
Siapkan semua bahan, potong-potong ketupat, tahu dan bakwan.
Kupat Tahu Solo - Step 1
2
Rebus mie, goreng kacang dan tahu. Angkat tiriskan.
Kupat Tahu Solo - Step 2
3
Haluskan bawang putih dan cabe rawit, masukan ke dalam panci beriisi air, didihkan, beri garam, gula merah dan kecap manis. Rebus selama 5 menit. Cicipi rasa.
Kupat Tahu Solo - Step 3
4
Sajikan. Saran penyajian Tata kupat, mie, tahu goreng, bakwan, kol, tauge dan kacang tanah goreng, lalu siram dengan kuah secukupnya. Beri taburan kerupuk dan seledri (seledri habis, saya pakai daun bawang).
Kupat Tahu Solo - Step 4
5
Ps: Di solo kuah untuk kupat tahu (ala gerobak) cabe nya tidak dicampur dikuah. Tapi di haluskan di piring saat ada pembeli pesan, jadi tingkat kepedasan bisa disesuaikan dengan selera pembeli, mau 1 atau 2 buah cabe.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Tahu Kupat Solo

Tahu Kupat Solo

Kangen banget tp belum bs ke solo. Akhirnya tanya sini sana buat bumbunya. Yummy

2 orang
1 jam
Tahu guling/kupat tahu bumbu kacang

Tahu guling/kupat tahu bumbu kacang

Nyobain ikut tantangan lagi dr Cookpad...dan kebetulan juga si ayah minta dibuatin kupat tahu atau tahu guling,dan ini resep masakan pertama saya di Cookpad,biasanya ak bikin kue ..kali ini coba dengan makanan yg lain ah... #3weekschallenge #reseppertamaku

Kupat Tahu ala Bapak

Kupat Tahu ala Bapak

Kupat tahu pakai resepnya bapak saya karena beliau paling enak kalau bikin kupat tahu, dan makanan ini selalu tersedia pada saat lebaran, semua keluarga, saudara dan tamu pada syukaa. Yuk kita cus simak resepnya. #antiribet

Lotek

Lotek

Menu salad sayuran favorit aq sm suami nih... Ga tau kenapa lebih suka lotek daripada pecel.. Rasanya sebenarnya mirip, cuma kalo lotek bumbunya pake terasi dikit sm kalo lotek kn bumbunya diulek langsung dicampur sayuran pas masih di cobek.. Lebih sedep pokoknya, apalagi ditambah irisan bakwan kriuk.. Uenakkk... Ini aq bikin meniru resep "mb maryam" penjual lotek di kampung q di jogja.. Biasa lihat dy bikin kalo pas beli..jd dah bisa kira-kira sendiri bahan & takarannya.. Bahan Simpel tapi gizi komplit.. Ini juga termasuk salah satu menu yang tidak dijual di perantauan kami πŸ˜… Jadi kalo kepingin ya harus bikin sendiri..mosok ya nunggu pulkam baru bisa makan πŸ˜‚πŸ˜‚ Silahkan di coba ya bunda2..

Soto cilacap

Soto cilacap

Saya asli orang cilacap ,,, Ini resep yang udah masyur / udah terkenal di kampung ku

Empal Gentong Iga Sapi

Empal Gentong Iga Sapi

Nemu resep ini di bukunya mba Endang JTT, dan langsung jadi favorit orang rumah. Resep asli menggunakan kambing, tapi saya sih isinya pakai bahan yg pas lagi ada dirumah aja hehe. Yang ini pakai iga, pernah juga pakai daging sengkel dan lidah sapi, semuanya sama2 enak... Pas banget disajikan bersama ketupat (saya pakai ketupat instan πŸ˜†). Berikut resep yg sudah saya modif sedikiiit sesuai selera saya dan bahan yg ada.

Kupat Tahu Diet

Kupat Tahu Diet

Makanan kesukaan buatan ibuk, waktu kecil yang buat suka itu karna ada bakwannya dan cuma makan bakwan sama kuah aja, ngebayangin sambil ngetik ini jadi pengen lagi..

1 Porsi
Ketupat

Ketupat

sering di buat di hari raya

1 kluarga
Kupat Tahu (Bahan Sisa Lebaran)

Kupat Tahu (Bahan Sisa Lebaran)

Lebaran kupat yg diadain 1 mgg sth hari raya sdh berakhir. Tp masih ada sisa ketupat. Udah dibuat utk gado2 dll...utk apa lagi ya? Nah, kita buat kupat tahu aja yg pedes2 seger rasanya.

2 porsi
30 menit
Coto Makassar

Coto Makassar

Tiap minggu harus makan coto, mumpung minggu ini dapat banyak daging qurban yaa bikin sendiri lah. Dapet banyak, irit pulak (sstt.. di Makassar saja harga coto yg enak 20rb-an, daerah lain 40rb seporsi mangkok kecil πŸ˜“)

10 porsi
60 menit
Soto Banjar khas kalimantan

Soto Banjar khas kalimantan

Selamat hari minggu mommy2... Cuaca lagi hujan nih, saya mau buat soto banjar. Emg sdh saya prepare sih dr kmrn hehe. Soto banjar ini kuahnya segarr kaya akan rempahnya.. Kl didaerah saya di balikpapan sering dijumpai. Yukk intip cara buatnya mom.

10 porsi
60 menit
Toge Goreng

Toge Goreng

Pernah delapan tahun tinggal di Bogor, bikin lidah terbiasa dengan masakan Sunda. Pas kangen dengan makanan satu ini. Keliling Pekanbaru tidak ada oncom, jadi saya ganti dengan tahu gembos. Ternyata tidak kalah enak dari Toge Goreng di Gang Aut, Surya Kencana.. :)) Sumber resep: internet nyampur2, setelah 2 kali masak baru dapat yg pas di lidah :))

4 porsi
30 menit
Tahu Kupat Solo

Tahu Kupat Solo

Asli orang Solo, ini ceritanya ingin nambahin menu di gofood cari cari ide masakan buah tambahin menu jualan onlineku yang ga ribetπŸ˜‚ Akhirnya nemuin bikin Tahu KupatπŸ™Œ

5-6porsi
Coto makasar

Coto makasar

Hari ini recook coto makasar, kebutulan ada daging yg udah lumayan lama di freezer 😁.

Tahu kupat solo

Tahu kupat solo

kemaren bikin ketupat opor. ternyata ketupatnya ada sisa lumayn banyak. jadilah ku bikin tahu kupat solo untuk sarapan. bahannya ada dan gampang

Lontong sayur

Lontong sayur

Lontong ini resep mama ku, klo lebaran pasti langsung abs cpt smpe di bukus plng sma kakaknya mamah ku, katanya si lebaran makan yg di tunggu lontong mama ku, akhir na coba minta resep. Meskipun ku bikin blm mirip bgt rasanya tp ttp enak

Soto Asli Sokaraja

Soto Asli Sokaraja

yeeeh libur.... dari kemarin2 pingin banged makan soto sokaraja tapi kalo beli harga mahal, lebih enak buat sendiri aja biar puas makannya hhe, yang membuat beda dari soto2 yang lain adalah kalo soto sokaraja ada tambahan bumbu kacangnya. mmmm jadi ga sabar nii..... yuuks langsung ajah, tapi ada beberapa bahan yg aku skip dan ada juga yang aku tambahi source:dapurVy

Ketoprak 1 2 3 4

Ketoprak 1 2 3 4

#pejuanggoldenapron3 Resep lengkap di channel YouTube bahagia kautsar Support channel YouTube saya bahagia kautsar haturnuhun ❀️

1 orang
15 menit
Tahu kupat sederhana

Tahu kupat sederhana

Bikin ini gara2 beberapa hari sblm nya suami pulang kerja bawa tahu kupat jd kpengen bikin lg, tp dengan bumbu dan bahan seadanya πŸ˜ƒ