Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Biji Salak Ubi Kuning yang Sempurna

Dipos pada September 26, 2018

Biji Salak Ubi Kuning

Sore-sore begini enaknya membuat Biji Salak Ubi Kuning yang gampang Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Biji Salak Ubi Kuning yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Biji Salak Ubi Kuning, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Biji Salak Ubi Kuning sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Kira-kira porsi penyajian Biji Salak Ubi Kuning kira-kira 2 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Biji Salak Ubi Kuning diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Biji Salak Ubi Kuning sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Biji Salak Ubi Kuning memakai 6 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Tiap pagi Nay selalu minta beli kolak biji salak ini biasanya ada bubur sumsumnya.karena lumayan antri makanya coba sendiri cuma ga pake bubur sumsum. dan ternyataa nay suka sekali

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Biji Salak Ubi Kuning:

  1. 150 gr ubi kuning kukus haluskan
  2. 75 gr tepung tapioka
  3. 1 sdt garam
  4. 200 gr gula merah
  5. 2 lembar daun pandan
  6. 500 ml santan kental

Langkah-langkah untuk membuat Biji Salak Ubi Kuning

1
kukus ubi sampai matang kemudian haluskan campur dengan tepung tapioka bulat-bulat. dudihkan air kemudian masukan bulatan adonan ubi dan tepung sampai matang atau mengambang
2
sisir gula merah didihkan air 450 ml masukan gula aduk-aduk hingga mendidih dan gula luntur masukan 2 sdm tepung tapioka setelah meletup2 masukan bulatan ubi yang telah matang
3
didihkan santan beri garam, sambil diaduk-aduk dinginkan. hidangkan dengan biji salak yang telah matang tadi

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Sumsum & Biji Salak Ungu

Bubur Sumsum & Biji Salak Ungu

Buburnya lembuuut banget, Cocok untuk es palu butung juga, aroma pandan & gurihnya santan ngeblend abis sama manisnya si biji salak & kuah kentalnya. jangan skip penggunaan tepung ketan, ini kunci agar permukaan bubur yg lembut itu tdk kekeringan dan retak2 pas diambil. sempet kaget pas bikin biji salak, pas di rebus seperti yang kelembekaaaan banget, mikir apa krn sagu sy ganti tepung ketan ya? jadi g terlalu 'ngikat', sempet curiga juga apa kurang banyak ngasih tepung. Pas diangkat dan dimasukan ke kuah gula merah yg kental itu.. wow Bentuknya yg tadinya g karuan jadi bulat mulus sempurna.. haha, alhamdulillah. Dan kalau dimakan hangat, tekstur masih seperti kelembekan kurang tepung, sedang saya masukkan kulkas, biar 'agak mengeras' & kenyal seperti yg saya harapkan.

Bubur Candil (biji salak)

Bubur Candil (biji salak)

Bicara tentang makanan, pasti banyak banget yang bisa dikreasikan. Apalagi bahan karbo, tentunya banyak banget yang bisa dieksplor. Biasanya kalau membahas karbo kita langsung ingat sama nasi, tapi ada lagi loh menu karbo yang bisa kita olah, misalnya ketan, kalo kita olah jadi tepung terus dibuat jadi bahan makanan pasti enak banget ya moms πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹ kali ini kita coba bikin menu makanan manis dari bahan ketan yukπŸ₯° #TetepKenyangTanpaNasi #cookpadindonesia #menusimpel #masakanindonesia #gulamerahjodohnyasantan #nyalkenyalkenyal

5 porsi
30 menit
Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Entah kenapa namanya biji salak, padahal bahannya nggak pake salak πŸ˜…

15-20 porsi
Kolak Biji Salak Labu Kuning Tapioka

Kolak Biji Salak Labu Kuning Tapioka

. 15 Agustus 2017, . Souce: Ci yNy . Setor untuk kontes #Indonesiamemasak olahan dari singkong...yang udah jadi tepung tapioka... diduetkan sama Labu Kuning, Santan, Gula Merah....jadinya Kolak Biji Salak Labu Kuning Tapioka...menu khas nusantara....biasa hadir di bulan Ramadhan sebagai makanan buka puasa....tapi gak perlu nunggu bulan Ramadhan kalau mau menikmati Kolak Biji Salak....yuk bikin aja...niii resepnya dijamin berhasil 😍 . Happy cooking and happy tummy everyone😍😍😍 .

Bubur Candil Ubi Jalar

Bubur Candil Ubi Jalar

Manis gurih .. teksturnya lembut ... manis nya bisa disesuaikan dengan selera masing masing ya. kuah santan juga bisa ditambahkan sedikit cairan tepung beras. lebih legit kuah santan pakai kelapa tua.

Biji Salak Ubi Ungu

Biji Salak Ubi Ungu

ubi ungu bagus untuk kesehatan loh..mencegah kanker, diabetes & banyak mengandung vitamin C, A dan B complex.

Kolak Biji Salak Ubi Ungu

Kolak Biji Salak Ubi Ungu

Kolak biji salak ubi ungu merupakan variasi dari kolak biji salak konvensional yang biasanya menggunakan ubi berwarna kuning atau kemerahan. Kreasi dengan menggunakan ubi ungu menonjolkan kesan hidangan yang cantik dan menggugah selera. Proses pembuatan kolak biji salak ubi ungu sebetulnya tidaklah berbeda dengan pembuatan kolak biji salak pada umumnya. Yang agak berbeda hanyalah pada saat kita membuat kuah yang didominasi dengan santan. Jika pada kolak biji salak biasa kita menggunakan gula jawa dan santan yang dimasak terpisah, kali ini proses pemasakan kita jadikan satu dengan mengganti gula jawa menggunakan gula pasir.

2 porsi
20 menit
Candil Ubi Ungu

Candil Ubi Ungu

menu takjil di bulan ramadan,yang simple. semoga suka. maaf kalo resepnya kurang akurat mohon dimaklum,masih belajar. Terimakasih?

2 porsi
30menit
Biji salak

Biji salak

Sering dengar tapi nggak pernah lihat soalnya ditempat saya nggak ada yang jual.lihat2 &cari resepnya di internet,akhirnya dapat juga dan bikin deh.anak2 sama mertua ternyata suka sekali ,kalo urusan kue2 sama makanan tradisional mereka sih memang paling suka. Resepnya saya dapat dari sase ya,mudah dan cepat buatnya. Ini iseng2 saja saya bikin warna warni biar menarik.

Biji Salak Ubi (Candil)

Biji Salak Ubi (Candil)

Biji salak ubi (Candil) saya ini resep turun menurun keluarga.. karena si Candil ini makanan wajib saat berbuka puasa, semua suka. Yang saya tulis sekarang adalah resep Candilnya saja, untuk membuat kolaknya sama seperti membuat kolak pada umumnya, dicampur kolak pisang juga enaak. Tambah daun pandan dan jahe semakin nikmat.

Banyak
30 menit
Sayur karuh banjar

Sayur karuh banjar

Orang kalimantan tdk asing lg dgn mskn in khususnya dibanjar pasti tau sayur in rasanya enk bnget ap lg buat mkn siang makyus deh tambh sambal terasi lgπŸ˜‹πŸ€€πŸ˜„ #siapbersinar #cookpadcomunitasbanjarmasintapin

45 menit
Biji salak

Biji salak

Inget waktu kecil almarhumah ibu jualan biji salak sampai ngebantuin cara buatnya akhirnya di coba sendiri...

4 porsi
Bubur Candil atau Kolak Biji Salak

Bubur Candil atau Kolak Biji Salak

Bubur candil makanan tradisional yg agak sulit ditemukan sekarang, mari kita memasaknya

6 orang
45 menit
Biji salak ubi ungu

Biji salak ubi ungu

punya sisaan ubi ungu...dibikinlah biji salak...

10 porsi
30 menit
Bubur sumsum biji salak merah putih

Bubur sumsum biji salak merah putih

Kemaren beli bubur sumsum di abang lewat depan rumah, karena saya pikir anak anak ga suka jadi cuma beli 1 ternyata.... anak anak suka, tapi karena beli suma satu akhirnya mereka berebut, setelah habis mereka nangis. Keesokan harinya Saya pikir dari pada beli mending bikin sendiri

Untuk 4 porsi
60 menit
Kolak Biji Salak Ubi Ungu dan Pisang

Kolak Biji Salak Ubi Ungu dan Pisang

Simpel aja lagi pengen buat kolak biji salak tapi kali ini dari ubi ungu. Kebetulan juga dibawain pisang tanduk hasil kebon di rumah ortu. Santan sedikit aja ingat kolesterol. Pas jadi eh warnanya cantik juga ya. Resep biji salak dari Ibu Fatmah Bahlawan.

6 porsi
60 menit