Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Gulai ayam (ketupat sayur) yang Lezat

Dipos pada March 8, 2022

Gulai ayam (ketupat sayur)

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Gulai ayam (ketupat sayur) yang praktis Cara membuatnya tidak terlalu susah. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Gulai ayam (ketupat sayur) yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Gulai ayam (ketupat sayur), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Gulai ayam (ketupat sayur) bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Gulai ayam (ketupat sayur) adalah 20 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Gulai ayam (ketupat sayur) diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Gulai ayam (ketupat sayur) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Gulai ayam (ketupat sayur) memakai 21 jenis bahan dan 2 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Buat lebaran kemarin... setelah 1 bulan full puasa.. untuk satu hari ini memperbolehkan badan ini untuk mengkonsumsi makanan yg berlemak dan berat. Cukup sehari saja. Besok nya balik seperti semulašŸ˜– Sudah 2 tahun ini rajin masak ketupat sayur setiap lebaran tiba. Tahun lalu opor ayam sudah aq posting jg disini. Tahun ini gulai ayam.. Selera ku kalo makan ketupat. Kuah sayur yg banyak dan kuah santan yg kental.... Hmmmmmmm ulala kebayang dong ya rasanya. Tadinya mw pake nangka muda.. Tp babang yg jual nangka muda dipasar cuma 1 itu pun penampakan nya tak sedap mgkn sudah pada mudik kali ya, karena belinya pas malam takbir. Masak yg ada saja lah.. ini saja sudah enak. SUMPAH!!!!!!

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai ayam (ketupat sayur):

  1. 1,5 kg Ayam potong-potong
  2. 1/2 kg Cecek (bila suka) rebus potong-potong
  3. 1 ikat kacang panjang potong-potong
  4. 2 liter air
  5. 400 ml Santan siap pakai
  6. Bumbu halus:
  7. 15 siung Bawang merah
  8. 9 siung Bawang putih
  9. 6 butir kemiri sangrai
  10. 1 ruas jari Kunyit
  11. 2 sdt Ketumbar
  12. 15 siung Cabe merah besar
  13. 16 siung Cabe rawit (bila suka)
  14. Bumbu lain:
  15. 1 sdt bubuk jintan
  16. 4 cm lengkuas geprek
  17. 2 Batang Serai geprek
  18. 5 lembar daun jeruk
  19. 3 lembar daun salam
  20. 1 sachet lada bubuk (2,5gr)
  21. Secukupnya garam dan kaldu bubuk

Langkah-langkah untuk membuat Gulai ayam (ketupat sayur)

1
Tumis bumbu halus hingga matang. Tambahkan daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas dan ayam. Aduk dan ungkep hingga air yg keluar dari ayam set.
Gulai ayam (ketupat sayur) - Step 1
2
Saya pindah panci nya karena tidak cukup. Masukkan bubuk jintan, air dan santan.. aduk-aduk masak hingga ayam matang dan kuah mendidih. masukkan kacang panjang dan cecek. Terakhir kaldu bubuk dan garam sesuai selera. Aduk koreksi rasa. Angkat sajikan.
Gulai ayam (ketupat sayur) - Step 2

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ketupat (Metode 20.30.20.30)

Ketupat (Metode 20.30.20.30)

Ketupat adalah makanan yang dibuat dari beras yang dimasukkan ke dalam anyaman pucuk daun kelapa, berbentuk kantong segi empat dan sebagainya, kemudian direbus, dimakan sebagai pengganti nasi. Saat hari raya Idul Fitri ketupat kerap menjadi primadona sebagai pelengkap menu utama. Pada Idul Fitri kali ini saya kembali tidak bisa pulang ke kampung halaman. Agak kurang greget untuk memasak sebetulnya iya. Entah karena baru saja melahirkan atau karena suasana yang akan kembali kurang semarak. Yang pasti selow banget rasanya. Dan yang tahun kemarin beberapa hari sebelum hari raya sudah pesan lontong, tahun ini merasa malas. Hingga akhirnya tertarik membeli selongsong ketupat dari janur di tukang sayur. Singkat cerita, membuat ketupatnya baru dieksekusi di hari ke dua Lebaran, itu pun dengan bantuan suami. Searching di internet ada metode yang kayaknya patut dicoba karena meyakinkan. Yaitu, teknik 20.30.20.30. Teknik masakĀ ketupatĀ 20-30-20-30, maksudnya adalah masakĀ ketupatĀ dalam air mendidih selama 20 menit dengan api sedang, lalu matikan api dan istirahatkan 30 menit di kompor, lalu masak lagiĀ ketupatĀ selama 20 menit dengan api sedang, lalu matikan api dan istirahatkan lagiĀ ketupatĀ selama 30 menit. Meski suami awalnya ragu, Alhamdulillah dia bilang 'berhasil' setelah ketupat masak. Dan hasilnya bagus, empuk. Namun, karena bisa dibilang instan, ketupat ini hanya bertahan maksimal 1 hari saja. Jadi jika hendak memakai cara ini masak secukupnya saja ya. #GA_TheNextLevell

Ketupat Betumis a.k.a Ketupat Sayur

Ketupat Betumis a.k.a Ketupat Sayur

Bismillah Minggu terakhir di bulan ramadhan 28 hari sudah menjalani ibadah puasa Menu ini tersaji setelah 1 Minggu berpuasa, Abah rindu masakan bersantan karena kebiasaan sarapan lontong setiap pagi šŸ˜ Alhamdulillah saya membuat dengan porsi banyak karena memang niat untuk berbagi šŸ¤— dan bisa untuk berbagi tetangga dan saudara . . . #PejuangGoldenApron3 #PekanPosbarSayurLebaran #BamasakBaimbai #BahariRaya #KualiEmak #KampoengRamadan #CookpadCommunity_Kalsel #CookpadCommunity_Borneo

Ketupat

Ketupat

berhubung hari ini aedekah ketupat jadi semuanya bikin ketupat.. :) sayur ketupatnya di resep berikutnya yaa... :D

20 porsi
180 menit
Ketupat Lemak

Ketupat Lemak

Biasanya ketupat lemak saya hidangkan bersama sambel goreng ati kacang tolo dengan bumbu kare dan rendang daging/ayam Note: banyaknya beras yang diisi tergantung jenis beras ya, kalau saya pakai beras Banjar, beras Banjar ini pera, jadi ngisinya 1/4 dr bungkus. Kalau beras pulen mungkin 1/2 ya biar gak kelembekan

Ketupat Metode 20-30 (hemat gas matang cepat)

Ketupat Metode 20-30 (hemat gas matang cepat)

Alhamdulillah akhirnya lebaran tiba, umat muslim menyambutnya dengan suka cita ditengah wabah yang masih menyerang negara ini tercinta, walau kali ini lebaran masih tetap #stayathome tapi harus semangat... Ketupat, sayur, opor dan rendang harus adašŸ˜„ melalui resep yang saya tulis ini... Saya ingin berbagi tips dan cara rebus ketupat yang cepat dan hemat... walau hanya memiliki panci biasa...tapi cepat mateng nya kaya rebus dipanci prestošŸ‘Œ. #GA_TheNextLevel #cookpadcommunity_jakarta

10 buah
Opor Ayam

Opor Ayam

Si kecil suka sekali makan lauk kulit ayam, kali ini dibikin opor, semoga lahap.. :-)

5 porsi
60 menit
Ketupat Ricecooker

Ketupat Ricecooker

memang gg ribet tp rasa tetap lebih enak yg dimasak pke dandang.. hanya direkomendasikan buat yg ngidam tupat buatan sendiri hi (bikin dlm jumlah dikit) dan yg gg mau ribet terus2an nambahin air apalgi buat yg punya baby2 ky sy haha, tinggal colokin terus kelonin baby deh mp lupa kalo lg masak tupat. . .

5 porsi
180 menit
Ketupat Rice Cooker

Ketupat Rice Cooker

4 porsi
100 menit
Ketupat Belamak

Ketupat Belamak

Niat banget buka puasa pingin ketupat belamak/ketupat santan H-1Ramadhan kemarin kepasar sebenarnya ga niat beli urung buat ketupat,tapi karena acillnya yg jualan nawarin jadi iba melihatnya lgpula harganya ga mahal pas td liat urung nya msh bagus lgsg rendam beras pagi pagi beli kelapa parut dan bikin sebentar jg sdh jadi makanan ini skrg sdh langka dan sangat jarang di temui org menjualnya Semoga bisa menginspirasi buat teman teman dan menjadi manfaat #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Kalsel #CookpadCommunity_Borneo

10 buah
1,5 jam
Ketupat Merah Putih Anti Gagal

Ketupat Merah Putih Anti Gagal

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh. Semoga semuanya selalu sehat dan diberikan keberkahan. Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba.

1 Jam
Opor Sayur Nangka/Gori/Tewel

Opor Sayur Nangka/Gori/Tewel

Pernah masak sayur nangka dibumbu opor,moms? Enak lho.. Coba yuk dan share juga yaa ^.^

Ketupat rice cooker

Ketupat rice cooker

11-12 dengan ketupat asli Note : resep di edit ditambah garam dan agar2, hasilnya ketupat lebih ada rasanya dan lebih padat semakin mirip dengan ketupat yang dibungkus daun.

2 porsi
120 menit
Laksa Betawi

Laksa Betawi

#KombesTour_Bogor #CookpadCommunity_Bekasi #CookpadCommunity_ID #Cookpad_ID . . Bismillah Laksa Betawi Duluuu gak tau kenapa gak suka sama yg namanya Laksa. Pas kerja di salah satu food court ternama dan salah satu counternya ada laksa mau gak mau harus cobain spy bisa ksh rekomen ke customer. And since that time,Laksa was become my favorite dan yesss akhirmya saya bisa buat Laksa sendiriii. Resepnya saya cooksnap dari Teh @opibun hanupis resepnya Teh OpišŸ™ Source Resep https://cookpad.com/id/r/15341194?i=s17vFf

Ketupat pulenšŸŒ¾

Ketupat pulenšŸŒ¾

Assalamu'allaikum..minal aidin walfaidinšŸ™šŸ™šŸ™ buat semua..Alhamdulillah malam takbiran disibukan dgn berbagai pesanan lauk & ketupat..karena takut keteteran akhirnya bikin ketupat metode 5.30.7 hasil akhirnya ketupatnya putih,pulen,g boros gas tentunya menghemat waktu..disisi lain janurnya tetep cantik krn proses perbusan yg singkat..kali ini sy tulis untuk 10 bji ketupat.

Ketupat Keto

Ketupat Keto

Mengobati rasa kangen ketupat...Apalagi dah mo lebaran gini. Bikinnya juga gampangšŸ˜Š

Bakso kupat

Bakso kupat

Kata temen2 "lebaran blm afdol tanpa ngebakso".haha quote ini yg memotivasi bwt bkn bakso sendiri.kebetulan emak jualan daging lebaran ini.ya udah sisain dikit langsung d bawa ke penggiling daging.pas masukin k tukang penggiling jgn lp blg "nda usah pke MSG ya".hehe. Jadi d resep ini ga jelasin bkn pentol bakso nya ya.tp kuah nya sm pelengkapnya.hehe Untuk resep sambel dan tahu bakso akan d post menyusul.