Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Kolak BIJI SALAK SAUS Kolang-kaling yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada September 26, 2018

Kolak BIJI SALAK SAUS Kolang-kaling

Sore-sore begini enaknya membuat Kolak BIJI SALAK SAUS Kolang-kaling yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Kolak BIJI SALAK SAUS Kolang-kaling yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Kolak BIJI SALAK SAUS Kolang-kaling, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Kolak BIJI SALAK SAUS Kolang-kaling ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Kolak BIJI SALAK SAUS Kolang-kaling adalah 5 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Kolak BIJI SALAK SAUS Kolang-kaling diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak BIJI SALAK SAUS Kolang-kaling sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak BIJI SALAK SAUS Kolang-kaling memakai 19 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Perpaduan biji salak dan kolang-kaling ini menjadikan kolak yang segar untuk disantap mengawali buka puasa.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak BIJI SALAK SAUS Kolang-kaling:

  1. Bahan biji salak :
  2. 300 gram Ubi jalar orange, kukus dan haluskan
  3. 50 gram Tepung tapioka
  4. 1/4 sdt Garam
  5. Bahan kuah gula merah :
  6. 1 liter Air
  7. 75 gram Gula merah
  8. 60 gram Gula pasir
  9. 1/4 sdt Garam
  10. 1 lembar Daun pandan
  11. 4 sdm Tepung maizena, larutkan dg sedikit air
  12. Bahan Saus santan :
  13. 50 ml Santan kental instan
  14. 200 ml Air
  15. 100 gram Kolang-kaling, iris-iris
  16. 1 sdm Gula pasir
  17. 1 lembar Daun pandan
  18. sedikit Vanili bubuk
  19. sedikit Garam

Langkah-langkah untuk membuat Kolak BIJI SALAK SAUS Kolang-kaling

1
Biji salak : Campur semua bahan biji salak, buat bulatan2 sebesar biji kelereng atau sesuai selera, sisihkan.
2
Kuah gula merah : Rebus air, gula merah dan daun pandan sampai gula larut, saring. Masak lagi dengan ditambah gula pasir dan garam sampai mendidih. Masukkan bulatan biji salak, setelah mengambang, angkat biji salak dan sisihkan. Tuang larutan maizena ke kuah gula merah, aduk rata, setelah mendidih matikan api. (Kuah dan biji salak saya pisahkan, jika ingin disatukan juga bisa).
3
Saus santan kolang-kaling : rebus semua bahan saus santan kecuali kara dan vanili, masak sampai kolang-kaling empuk. Lalu masukkan santan kara dan vanili, kecilkan api, aduk-aduk sampai mendidih.
4
Sajikan kolak biji salak dengan menuang kuah gula merah, lalu masukkan biji salak dan siram dengan saus santan kolang-kaling.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Wedang ronde ala bubur biji salak?

Wedang ronde ala bubur biji salak?

Tadinya mau bikin wedang ronde ala ala, tapi jahe, gula merah dan kacang isiannya nggak ada, jadi kuahnya pake susu jahe instan deh, itupun tinggal 1 bungkus, sedangkan ronde-rondenya ( bulatan-bulatannya ) masih lumayan banyak, hasilnya jadi ini deh.

5 gelas
Candil/ grendul/ biji salak ubi merah

Candil/ grendul/ biji salak ubi merah

Suka dengan ubi merah apa lagi yang paling kecil suka buat campuran MPASI , digoreng bosan dikukus gitu aja apa lagi. Oke dech buat kesukaan anak perempuan ,sudah lama juga nggak buat bulat -bulat ini #MingguKe4 #PejualGoldenApron3

8 porsi
1jam 30menit
Biji Salak Ubi Labu

Biji Salak Ubi Labu

Bismillah... Setelah lebaran pasar belum benar" buka. Jadi bahan makanan dirumah tinggal "stok penghabisan"😁 Kebetulan masih punya ubi dan tapioka jadilah kolak biji salak, alhamdulillah nikmat sekali jika disantap saat hujan" bgni🀩 Ini sy buat yg simple saja jadi kuah dan santannya sy campur. Jika ingin kuah santannya dipisah jg bolehπŸ˜‰ #PejuangGoldenApron2

748. Candil pelangi

748. Candil pelangi

#cookpadcommunity_jakarta #GowesBecak_KeKalsel #Rekreasi_Kalsel Inspirasi dari akun @mama_rofifnajmi (thankx ya.. πŸ€—πŸ€—) sungguh terlalu, memang skarang tuh udah ngerasa bosan banget di rmh, tapi ya gak ampe gowes becak ke Kalsel jg donk.. πŸ˜…πŸ˜… nyampe di rmh mba Diana, dengkul mau copot rasanya.. πŸ˜₯πŸ˜₯ tapi disuguhin cemilan unyu2 ini, lumayan ngurangin pegal2.. 😍😍 sambil ngunyah, sambil mikir nih emak, msh kuat apa kagak gowes lg keliling Kalsel.. πŸ€”πŸ€”

10 porsi
30 menit
Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Coba2 bikin biji salak mumpung ada ubi jalar, first made lho πŸ˜†

4 porsi
Kolak Pisang Ubi Ungu

Kolak Pisang Ubi Ungu

bbrp hari lalu pulang kerja, ada tetangga masak kolak wanginya sampe ke garasi rumah. tunggu punya tunggu, eh ga dibagi hahaha. Akhirnya inisiatif bikin sendiri deh, pas banget lagi ada pisang yg udh mulai hitam dan ubi ungu yg udh lama gak dimakan πŸ˜€

Bubur Candil Taro

Bubur Candil Taro

Ubi ungu emang kurang keren namanya, tapi begitu diolah jadi minuman Taro langsung naek kelas. Kali ini tukang sayur langganan bawa ubi ungu yg sekilo cuman 5000 aja dan cukup ambil 1 buah buat bubur candil Taro ini. Enak dan kesukaan semua..

4-5 orang
45 mnt
Kolak biji salak

Kolak biji salak

masak nya baru habisnya juga baru aja mau beli takut soalnya lagi marak pewarna dan pemanis buatan jadi buat sendiri aja dan my balita unyu2 suka pake banget and she say mami besok bikin lagi ya dan dengan manis kujawab balita unyu2 aku ia sayang.....

5 porsi
30 menit
Kolak biji salak ubi ungu

Kolak biji salak ubi ungu

Cemilan yang mengenyangkan di musim hujan begini.

Biji Salak

Biji Salak

Awali hari dengan yang manis. Semanis kalimat adek yang bilang masakan bunda enak sehabis makan bubur tadi.. eaaaa. Makasih ya nak..

Bubur Madura / Jaipong 🍑πŸ₯₯πŸŽƒπŸ 

Bubur Madura / Jaipong 🍑πŸ₯₯πŸŽƒπŸ 

bila di sajikan hangat namanya Bubur Madura, jika pakai es di sebut Es sumsum / Es Jaipong, sebutan tiap daerah berbeda beda.

10 porsi
1 jam 30 menit
Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

"Another Boba" dengan kearifan lokal...πŸ˜πŸ˜„ #PejuangGoldenApron2

5-6 porsi
Candil Ubi Kuning

Candil Ubi Kuning

Aneka olahan dari ubi memang ngga Ada habisnya. Kreasi unik satu ini Makin nimmat disantap pada saat berbuka puasa. Rasa ubi Yang manis mengurangi takaran gula, disantap dalam keadaan hangat ataupun dingin oke aja. Sesuaikan selera yaaa..

Biji salak labu kuning

Biji salak labu kuning

Assalamu'alaikum rek, semoga resep ini bermanfaat buat kalian ya. Untuk video resepnya bisa kalian cek di Youtube aku. Terimakasih

Kolak Biji Salak kuah Durian

Kolak Biji Salak kuah Durian

Ceritanya habisan sisa durian niih...pas kekantor lewat pasar ada ubi cilembu, beli deh...heheh selamat mencoba ya bun...ini ala2 saya aja hehhe....