Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Kolak Biji Salak Rainbow yang Enak

Dipos pada September 26, 2018

Kolak Biji Salak Rainbow

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Kolak Biji Salak Rainbow yang unik? Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Kolak Biji Salak Rainbow yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Kolak Biji Salak Rainbow, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Kolak Biji Salak Rainbow di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Jangan lupa ya, kira-kira waktu penyiapan Kolak Biji Salak Rainbow diperkirakan sekitar 40 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak Biji Salak Rainbow sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak Biji Salak Rainbow memakai 7 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Maunya hanya bikin kolak biasa saja, tapi bahan2nya hanya ada ubi. Gak ada pisang apalagi kolang kaling, akhirnya biar menarik saya bikin spt ini saja... Empuk, lembut dan enak.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak Biji Salak Rainbow:

  1. 500 gr ubi madu
  2. 100 gr tepung tapioka/kanji
  3. 200 gr gula pasir (optional)
  4. 700 ml santan
  5. 1 sdt garam
  6. 2 lbr pandan
  7. pewarna makanan

Langkah-langkah untuk membuat Kolak Biji Salak Rainbow

1
Bersihkan ubi dan kukus sampai matang.
Kolak Biji Salak Rainbow - Step 1
2
Kupas kulit ubi kemudian haluskan. Tambahkan tepung kanji dan 1 sdt garam aduk rata (uleni) sampai kalis.
3
Bagi menjadi beberapa bagian lalu masing2 beri warna dan aduk sampai warna tercampur rata.
4
Masak air sampai mendidih kemudian bentuk adonan ubi bulat2 dan rebus sampai semua adonan matang (mengapung). Tiriskan.
5
Masak santan, gula, 1 sdt garam dan daun pandan. Aduk2 agar santan tdk pecah. Kemudian masukkan biji salaknya, masak sebentar dan matikan.
6
Sajikan hangat.
Kolak Biji Salak Rainbow - Step 6
7
Note: Kalo mau di kentalkan airnya bisa di tambahkan dg 1 sdm tepung maizena yg sdh di larutkan dg sedikit air. Dan kalo gak mau di tambah pewarna juga bagus dg warna asli dr ubinya yaitu kuning. Gula bisa di ganti dg gula merah, shg menjadi jenang Grendul Jawa. Krn saya jarang stock gula merah jd saya pake gulpas saja spt kolak yg biasa saya bikin.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Biji Salak

Biji Salak

saya memakai resep kolak biji salak dari mba hesti kitchen yg emang bener2 yummy http://hesti-myworkofart.blogspot.in/2012/06/kolak-biji-salak.html

Kolak biji salak

Kolak biji salak

masak nya baru habisnya juga baru aja mau beli takut soalnya lagi marak pewarna dan pemanis buatan jadi buat sendiri aja dan my balita unyu2 suka pake banget and she say mami besok bikin lagi ya dan dengan manis kujawab balita unyu2 aku ia sayang.....

5 porsi
30 menit
Kolak biji salak (ubi ungu)

Kolak biji salak (ubi ungu)

Ini biji salaknya kita buat dari ubi ungu ya.

10 porsi
Biji salak(Candil)

Biji salak(Candil)

Karna lagi sakit n ujan pula iseng pengen makan yang manis2..tapi si ibu yang biasa jualan ga jual karna mungkin hujan.. alhasil jadi lah bikin sambil iseng..

Kolak Biji Salak+Pisang

Kolak Biji Salak+Pisang

Biji salak/candil adalah takjil khas di bulan ramadhan. Teksturnya yang chewy dan dipadu dengan pisang yabg manus jadi menambah semarak waktu buka puasa. Update 140519 : untuk 1 gelas belimbing sekitar 110gram, kalo 1 1/2 gelas berarti 165gram.

6 porsi
30 menit
Kolak candil simpel

Kolak candil simpel

Walaupun bukan bulan puasa boleh dong bikin candil

8 orang
30 menit
Kolak pisang biji salak

Kolak pisang biji salak

Kegabutan yang hqq

Biji Salak Ubi Ungu

Biji Salak Ubi Ungu

Ramadhan sudah usai, tp masih kekel kepingin bikin biji salak. Gak pernah suka biji salak karena gapernah ngerasain yg enak, jd pengen coba buat sendiri..

Jenang Grendul Labu Kuning

Jenang Grendul Labu Kuning

Awalnya lihat di tiktok ada resep membuat jenang grendul kok simple banget. Akhirnya berburu labu kuning dan bahan pelengkap lainnya.

10 orang
30 menit
Kolak biji salak

Kolak biji salak

Berhubung piring antaran dari tetangga sudah menumpuk dan gak mungkin balikin piring kosong ke tetangga, pamalih euy, jadi coba-coba bikin kolak biji salak dengan resep campuran dari berbagai sumber. Alhamdulillah dapat rasa yang pas dan proses pembuatan yang gampang.

2 porsi
Biji salak labu kuning

Biji salak labu kuning

Bikin biji salak ngintip resep terdahulu cm ubi nya dganti dg labu kuning,perjuangan bgt karna trnyata kandungan airnya lbih byk bila dbanding dg ubi.Penggunaan santannya saya lgsg campur dg rebusan air gulanya biar praktis,karna masaknya kesorean.Syudah jadi lgsg anter2 bagi2,karna saya sbnrnya g tllu suka dg mknn yg manis2 karna saya sndri udah manis ???? Haa apaan seh,iya kl org rumah pasti udah faham saya suka masak tpi kl mknnya gitu2 za ( kecuali yg bertema pedas pasti saya plig depan)βœŒπŸ˜ΉπŸ™Š

*Biji Salak*

*Biji Salak*

Masakan ini sangat cocok buat makanan santai dirumah. Komposisi & cara membuatnya mudah, hanya manfaatkan bahan-bahan yg ada di rumah😊

2 porsi
Β±20 menit
Bubur Candil ubi kuning

Bubur Candil ubi kuning

Dapet ubi dikasih ma temen kalau di kukus aja sih alamat g ada yg mau cusss dibikin bubur aja pasti hbis😁 #cookpadcommunity_lamongan

3 porsi
1 jam
Kolak (biji salak)

Kolak (biji salak)

Kolak menjelang ramadhan

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Makanan ini buatan Chef Safira, salah seorang room mate saya di camp. Kontribusi saya ikut bulet-buletin adonan dan cari santan baru, dan pastinya jepret hasil jadinya. Jadi ceritanya, santan yang pertama kami beli sudah gak oke. Padahal udah dipanasin sampai mendidih. Eeeh pas dicoba, rasanya sudah masam. Alhasil, demi kesuksesan makan kolak di wiken ini, kami mesti berburu santan lagi dari warung ke warung. Setelah warung ke dua (warung terdekat tutup), ketemu tuh santan. Niat awalnya cari Kara aja biar anti gagal, eh habis 😫. Sisa yang tersedia yaitu santan curah beku dan santan instan bentuk bubuk. Karena Trauma tak berkesudahan, saya beli keduanya πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Happy cooking 😘

15 porsi
2.5 jam