Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Bubur kacang ijo nangka yang Lezat Sekali

Dipos pada November 25, 2018

Bubur kacang ijo nangka

Sore-sore begini enaknya membuat Bubur kacang ijo nangka yang gampang Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Biasanya Bubur kacang ijo nangka yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bubur kacang ijo nangka, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Bubur kacang ijo nangka sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Bubur kacang ijo nangka biasanya untuk 8 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Bubur kacang ijo nangka diperkirakan sekitar 90 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur kacang ijo nangka sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur kacang ijo nangka memakai 10 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ada nangka matang, adik laki2 saya minta dibuatkan bubur kacang ijo kmarin sore, karena uda difoto, saya share aja dech, Ini rasanya legit dan wangi krna ada pandan, gulmer dan potongan nangka, asooyy dech pokoknya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur kacang ijo nangka:

  1. 250 gr kacang ijo rendam 2-3 jam, ga direndam jg bisa
  2. 200 gr gulmer
  3. 2 genggam beras ketan putih
  4. 2 lbr daun pandan simpulkan
  5. 175 gr daging nangka matang yg sdh dipisahkan bijinya
  6. 1 sdt munjung garam
  7. 5 sdm gulpas (blh krg atau lebih)
  8. 2 liter air
  9. 1,5 liter santan
  10. 1 sdm maizena

Langkah-langkah untuk membuat Bubur kacang ijo nangka

1
Cuci bersih kacang hijau yg sdh direndam/tanpa direndam. Cuci beras ketan, sisihkan. Didihkan 2 liter air dalam panci, masukkan beras ketan tg 3 menit masukkan kacang hijau, tutup panci, masak sampai mendidih slma 15 menit. Matikan kompor biarkan panci dalam keadaan tertutup. Proses ini memangkas wkt perebusan dan bijin gas irit, krn kacang ijo akan mengembang dlm terendam dalam air panas.
2
Setelah 30 menit, suhu panci agak mendingin nyalakan kembali kompor, masak sampai mendidih kembali, jika air sdh menyusut banyak blh tambahkan. Masak sampai 10-15 menit, jika kacang blm lunak matikan kompor sekali lagi biarkan panci dlm keadaan tertutup slma 15-20 menit.
3
Nyalakan kembali kompor, masukkan daun pandan, tunggu sampai mendidih, aduk rata kacang hijau sanpai terlihat lunak dan mengembang. Masukkan santan, aduk sampai mendidih yah supaya santan tdk pecah.
4
Masukkan gulmer yg sdh disisir, aduk rata selama 3-menit, masukkan garam dan potongan nangka. Tes rasa jika kurang manis masukkan gulpas. Terakhir masukkan maizena yg sdh dilarutkan dg 4 sdm air dingin, aduk rata biarkan mendidih slma 2-3 menit. Matikan kompor, sajikan hangat ato dinginya sama lezaatnya.
Bubur kacang ijo nangka - Step 4
5
Nangka jgn dimasak trlalu lama krna akan benyek, mnrt saya kalo benyek jd krg asiik teksturnya.
Bubur kacang ijo nangka - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur kacang ijo santan joss mudah #homemadebylita

Bubur kacang ijo santan joss mudah #homemadebylita

Lagi ngidem yang hangat2 nih, yuk bikin bubur kacang ijoo

5 porsi
Bubur Asyura

Bubur Asyura

Di bulan september ini adalah bulan muharram.Biasanya bubur ini hadir di bulan muharram .karena asyura tu adalah 10 hari muharram.bubur ini terdiri dari beberapa kacang2an dan jagung, rasanya manis. #PejuangGoldenApron2 #Cookpadcommunity_Asahan

Bubur kacang ijo ETIS (ekonomis & praktis)

Bubur kacang ijo ETIS (ekonomis & praktis)

awalnya pengen dibikin puding tapi gak punya agar2 ,so dibuatlah bubur ala ala sendiri

2 porsi
Bubur manado

Bubur manado

Sejak kecil sudah akrab sama makanan ini, krn mama Sering buat Skg Jadi salah satu makanan favorite suami😍

me
Bubur kacang ijo

Bubur kacang ijo

Bissmillahirrahmanirrahiim. Ini salah satu resep andalan suamiku. Rasanya enaak deh. Biasanya dimakan pagi atau sore hari pake roti tawar. Yummy 😋

Bubur labu kuning/kuboca menu 4* MPasi

Bubur labu kuning/kuboca menu 4* MPasi

Karena bayam ga bs lama,jd sy masak bayam sekali makan aja y😊

8.#MPASI bubur beras merah tempe 6+(Booster BB)

8.#MPASI bubur beras merah tempe 6+(Booster BB)

Buat momy yg anaknya alergi telur/ ikan2 tertentu,bisa bgt nih lauknya diganti tempe

3 porsi
Bubur jagung spicy ala Bugis "Barobbo"

Bubur jagung spicy ala Bugis "Barobbo"

Jaman saya sma dulu di kab. Barru propinsi Sulsel, kalo musim hujan, dingin dingin.. biasanya saya menghangatkan diri salah satunya dengan minum wedang sarrabba sambil makan sanggara peppe'(pisang muda goreng kriuk) dikasi sambal tomat... Atau makan barobbo hangat(bubur jagung lada).. Nah sekarang saya mau kasih resep Barobbo' nah... Cucok meonk buat suasana di musim hujan yang dinging dinging gitu kodong... Hehehehe.. Kemarin saya bikin 1 panci, saya abisin sendiri... Hehehehe antara maruk dan doyan.

30-45menit
Bubur kacang ijo

Bubur kacang ijo

Daripada beli.. selain bisa dijadikan sarapan pagi juga bisa dijadikan isian berbagai macam makanan ringan😄😍

10 porsi
Bubur tofu mix sayuran

Bubur tofu mix sayuran

Seperti biasa setiap pagi selalu bingung bikin sarapan buat s kecil, karena semuanya uda pernah di coba. Buka² kulkas ada tofu dan sayuran tentunya. Hari ini menunya bubur tofu dan sayuran. Bikinya dengan penuh cinta yaa biar anak lahap makannya dan jgn lupa bismillah❤

Bubur Campur

Bubur Campur

Ngabisin stok dirumah jadilah bubur campur2..... Selamat mencoba 😘 #PejuangGoldenApron2

Bubur Kacang Ijo man'HAP

Bubur Kacang Ijo man'HAP

Biasanya 1-2 minggu sekali bikin BURJO. Kbtulan sang nyonya cantik suka minta bagian air rebusan pertama, katanya baik untuk bayi yg lagi nyantai di rahim.

15 porsi
120 menit
Bubur Kacang Ijo Susu

Bubur Kacang Ijo Susu

Sebenernya ga perlu di aplot juga udh pasti pada tau lah yaa resepnyaa.. Cuma aku aplot buat sewaktu" biar ga lupa.. Maklum udh tuir, jd apa" mesti dcatet.. 😅😅

Mpasi bubur bayi

Mpasi bubur bayi

Mpasi ke-14 baby key. Berhub bunda udh Kerja. Jd blm Sempat Beli Prohe,prona n sayur adek. Jd Makannya apa adanya dlu ya nak 😅.masyaAllah sekali Bayi ini sangat pengertian. Apa yg dbuat Bundanya slalu di Habiskan😍

2 porsi
Bubur kacang hijau pisang kurma-MPASI

Bubur kacang hijau pisang kurma-MPASI

Supaya baby dirumah ga bosen makan bubur kacang hijau maka kali ini buburnya kita campur dengan bahan-bahan yang masih ada seperti pisang dan kurma agar rasanya lebih gurih kita bisa tambahkan keju. Selamat mencoba

1 porsi
30 menit
Bubur kacang hijau Mrs. MANAN

Bubur kacang hijau Mrs. MANAN

Suami minta sarapan yg manis2....bikin kacang hijau ajh mudah praktis, enak

20mnt