Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Bubur kacang hijau yang Enak

Dipos pada October 24, 2018

Bubur kacang hijau

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Bubur kacang hijau yang gampang Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Bubur kacang hijau yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Bubur kacang hijau, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bubur kacang hijau enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Bubur kacang hijau kira-kira 16-17 gelas. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Perlu diingat, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Bubur kacang hijau diperkirakan sekitar 55 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur kacang hijau sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur kacang hijau memakai 11 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Assalamu'alaikum.. Siang teman-teman.. Baru sempat kirim resep bubur kacang hijau . Resep dari ipar. Cocok nih buat acara atau di jual. Cara penyajiannya siapkan piring mangkok atau gelas tuang 1 sendok besar bubur ke dalam gelas 1 sampai ke 17. Ulangi lagi dari gelas yang ter akhir ke gelas awal lakukan secara bergantian agar tiap bubur sama banyaknya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur kacang hijau:

  1. 250 gram kacang hijau
  2. 100 gram beras ketan hitam
  3. 100 gram beras putih
  4. 2 lembar daun pandan (me 1 lembar)
  5. 1/2 kg gula merah/aren
  6. 1 butir kelapa (me 2 buah santan instan)
  7. 200 gram tepung terigu
  8. 300 mil air
  9. 6 gayung air
  10. 800 gram gula pasir (sesuai selerah)
  11. Sec garam

Langkah-langkah untuk membuat Bubur kacang hijau

1
Siapkan bahan-bahannya. Cuci bersih kacang hijau dan beras ketan+beras biasa rendam 12 jam. Siapkan panci rebus gula merah dan air sampai gula larut
Bubur kacang hijau - Step 1
Bubur kacang hijau - Step 1
Bubur kacang hijau - Step 1
2
Siapkan panci masukan kacang hijau dan daun pandan dan 4 gayung air. Rebus kacang hijau hingga mekar dan empuk baru masukan beras ketan+beras biasa aduk rata. Di wadah lain masukan terigu, santan dan 300 mil air aduk rata.
Bubur kacang hijau - Step 2
Bubur kacang hijau - Step 2
Bubur kacang hijau - Step 2
3
Setelah beras ketan sudah empuk. Tuang larutan gula merah,campuran santan, air 2 gayung aduk rata. setelah mendidih beberapa saat matikan kompor masukan gula pasir dan garam aduk rata. Tes rasa angkat dan sajikan
Bubur kacang hijau - Step 3
Bubur kacang hijau - Step 3
Bubur kacang hijau - Step 3

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

02. Bubur Ayam Jakarta Kuah Kuning

02. Bubur Ayam Jakarta Kuah Kuning

Udah lama banget pengen bikin ini karena di Bandung jarang banget ada yg jual bubur ayam pake kuah kuning kaya di Jakarta.. Plus pak suami juga lagi susah makan karena gigi geraham yg geser.. jadi pas bgt kalo bikin bubur ayam.. Di gambar gak pake perbawangan (daun bawang & bawang goreng krn pak suami gak demen) plus saya gak sempet bikin sate usus plus sate ati ampela.. jd gpp lah yah.. karena di rumah adanya kerupuk bantat RDN.. jd saya pake itu aja.. harusnya pake kerupuk bawang yg warna oranye itu...

6 porsi
60 menit
Pudding bubur kacang ijo

Pudding bubur kacang ijo

Hasil recook dari bak nia halwa,mantap praktis .....dan anak"suka.....cuman ada sedikit saya modifikasi takaranya...😊

Bubur JoGur(Kacang Ijo Anggur,mpasi 6+bln)

Bubur JoGur(Kacang Ijo Anggur,mpasi 6+bln)

Si Kakak dapet oleh2 anggur Black Autumn,pas bikin bubur buat si adik bayik,dicobalah dicampur sama bubur kacang ijo nya,eh sukak bgt dia,lahap,ga pake acara GTM2 an,alhamdulillah.. Biar ngga bosen utk buahnya bs diganti pisang atau mangga ya Moms..

1 porsi
Es Bubur Kacang Merah

Es Bubur Kacang Merah

Minggu ini challenge posbar cookpad Indonesia dan posbar community Kalimantan Selatan adalah olahan kacang, ehh ternyata cilmin juga menantang kita2 untuk cooksnap resep cilmin bubur kacang merah. Seperti halnya kolak, biji salak, bubur kacang hijau, bubur kacang merah, saya lebih suka makannya dingin2, jadi bubur kacang merah nya saya kreasi kan menjadi es bubur kacang merah, pas banget cuaca lagi panas. Secara keseluruhan sama, saya hanya menambahkan potongan alpukat dan nangka, santannya di dinginkan di freezer atau ditambahkan es batu Source: alanengpuput #PekanPosbar #OlahanKacangSpesial #IcipResepCilmin #BamasakBaimbai #SarabaKacang #cookpadcommunity_Kalsel

Bubur hokkian

Bubur hokkian

Bubur hokkian atau bubur kacang tanah merupakan salah satu jajanan di kota Bandung. Biasanya saya suka beli di Gor Pajajaran. Namun ada tempat terkenal di Bandung yg jual bubur hokkian dan cakue ini yaitu di Kedai Osin yg terletak di jl. Babatan sebelumnya ada di belakang pasar baru. Bubur hokkian adalah makanan khas tiongkok. Yang pembuataNnya sangat simple. Namun kalo kita beli diluaran bubur hokkian ini harganya cukup mahal, terakhir aku beli 15 ribu belum cakuenya. Mungkin karena sudah langka yg jual bubur ini. Dijakarta aku belum pernah nemuin makanan satu ini. Bubur hokkian rasanya manis tapi gak gitu manis disantap dengan gurihnya cakwe cocok banget. Agar kacang tanah cepet empuk, kacang tanah bisa direndam dulu semalaman. Kalo mo simple lagi masak dengan menggunakan presto.

6 porsi
90 menit
Bubur kacang ijo with fiber creme

Bubur kacang ijo with fiber creme

Musim hujan santap bubur kacang hijau hangat... Nikmat nya tiada tara😁

Bubur Kacang Hijau (Metode 7 30 5)

Bubur Kacang Hijau (Metode 7 30 5)

Udah mulai memasuki musim ujan ni moms.. Enaknya di rumah nyetok makanan yg anget* dan yg pedes* hehehe.. kemaren ga sengaja liat ada kacang ijo di lemari es. Langsung eksekusi aja..

4-5 Orang
-+50 menit
Bubur ayam cirebon

Bubur ayam cirebon

Kangen banget makan bubur cirebon Kebetulan cuaca hujan cyuss ke dapur eksekusi

Bubur Kacang Ijo 5 - 30 - 7

Bubur Kacang Ijo 5 - 30 - 7

Udah pada kenal sama metode 5 - 30 - 7 dong. Ini beneran ngebantu mamak² banget. Masak jadi lebih cepet empuk dan irit gas tentunya. Nah, kali ini mau bikin teman hujan selain mie, pake metode ini. sekalian meramaikan #PejuangGoldenBatikApron

Bubur Ayam

Bubur Ayam

Ceritanya mau jualan bubur ayam cirebon, tp jadinya bukan asli cirebon 😂 tapi tetep enak kok, cocok buat krucil dirumah hihi

Bubur Ayam Kuah Kuning

Bubur Ayam Kuah Kuning

Hutan tersapu desiran angin Hati penuh dengan harapan Hujan turun udara dingin Hangatkan badan dengan... Bubur Ayaaam... 🤗😁. Kemarin bikin bubur ayam ala abang-abang untuk sarapan sekeluarga. Sekaligus ikut meramaikan Pot Berbisik (Posting Bareng Lebih Asik) Komunitas Bekasi. Resep ini saya contek dari resep Bubur ayam kuah kuning punya Mba Angelic. Cuma ada bumbu yang lupa saya masukkan, tapi tetap enak dan gurih. Karena bubur ayam adalah salah satu menu sarapan #AngetAngetKuku favorit keluarga saya, jadi cepat habisnya 😁. Untuk membuat buburnya saya pakai nasi yang direbus dengan air kaldu supaya tidak terlalu lama memasaknya. Baiklah, di bawah ini resep yang sudah saya sesuaikan dengan bahan dan bumbunya. #CookpadCommunity_Bekasi

4 orang
Bubur ayam kuah kuning

Bubur ayam kuah kuning

Suami beberapa hari lagi sakit, mintanya yang anget anget terus.. dan akhirnya bikin ini, dan suami sukaaaaaaaa banget!

Bubur TIM Bayam (MPASI 7+ Bulan)

Bubur TIM Bayam (MPASI 7+ Bulan)

Riffat sudah 7bulan & pasti saya naikin tekstur makannya sedikit supaya lebih challenging & gak malas ngunyah. Berhubung saya libur, saya masak Bayam untuk Riffat. Karena Bayam gak boleh di konsumsi lebih dari 4jam, jadi saya hanya bikin 1porsi aja dengan campuran bahan makanan yang setiap harinya keluarga kami makan.

1 porsi
Bubur Ayam

Bubur Ayam

Maksud hati cuma bikin bubur polos.. Eh bablas juga..

MPASI Bubur sumsum saus kacang merah bayam

MPASI Bubur sumsum saus kacang merah bayam

Resep ini terinspirasi dari buku KIA Posyandu. Dengan sedikit modifikasi karena menyesuaikan bahan-bahan yang ada di sekitar rumah. Maklum anak bayi sudah nggak tahan sepertinya pengen makan, padahal baru 6 bulan kurang 3 hari. Jadilah emak dadakan bikin MPASI dengan bahan yang ada di dapur. Alhamdulillah sukses ternyata bayik suka.:-)

3 kali makan
30 menit