Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Bubur Candil Tepung Ketan yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada September 29, 2018

Bubur Candil Tepung Ketan

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Bubur Candil Tepung Ketan yang lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Bubur Candil Tepung Ketan yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bubur Candil Tepung Ketan, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bubur Candil Tepung Ketan bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Candil Tepung Ketan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Candil Tepung Ketan memakai 17 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Masih ada sedikit tepung ketan (yang salah beli), langsung cuss pengen makan bubur candil, dibikinlah. Tapi porsi buat sendiri aja. Aslinya resepnya buat porsi banyak banget, kalo bikin kebanyakan ga ada yang makan nanti mubazir, buat anak juga terlalu manis. Buat aku ini udah enak rasanya manis digabung santan gurih, mantap.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Candil Tepung Ketan:

  1. Candil
  2. 50 gr tepung ketan
  3. Sejumput garam
  4. 40 ml air hangat
  5. Lapisan gula
  6. 50 gr gula merah
  7. 1 helai pandan
  8. 200 ml air
  9. Pengental:
  10. 1/4 sdm tepung beras
  11. 1/4 sdm tepung ketan
  12. 1 sdm air
  13. Kuah santan
  14. 15 ml santan instan
  15. 20 ml air
  16. Sejumput garam
  17. 1/2 helai pandan

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Candil Tepung Ketan

1
Buat candil, campur tepung ketan, sedikit garam, dan air. Aduk hingga bisa jadi adonan yang dibentuk. Bentuk bola sekitar ukuran kelereng. Sisihkan.
2
Masak air, gula merah, dan pandan sampai larut. Setelah itu, saring airnya untuk hilangin kotoran gula merah.
3
Panaskan lagi air gulanya sampai agak mendidih. Masukkan candil satu per satu. Masak sampai berubah warna.
4
Buat larutan pengental, campur tepung beras, tepung ketan, dengan air. Aduk rata, lalu masukkan ke air gula candil tadi.
5
Aduk terus hingga kental gulanya. Cek juga kematangan candil dengan cara belah atau kalau dirasa udah cukup matang, warnanya lebih pekat.
6
Di panci lain, panaskan air, santan, daun pandan, dan sedikit garam. Aduk rata hingga larut.
7
Tuangkan candil di mangkok, lalu siram kuah santan. Sajikan selagi hangat lebih enak. πŸ₯°

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

345. Candil tepung ketan

345. Candil tepung ketan

Source : @Nantik boba versi jowo cekkk... hhhee alias Candil tepung ketan tanpa ubi.. bkin sepanci ngabisin sndiri.. krna dirumah yg suka candil aku doang, uhuhuhu rasanya ngetan banget gtu.. tapi yaa kembali ke selera aja sih.. krn selera orang kan beda beda...

3-5orang
30-45menit
Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Ini mah Bela2in Bikin Kolek, Buat #kontescookpad πŸ˜‚ Kali Ajah Dapet Celemek Atau Dapet Mobil Mungkin..? Hahahaha ( Ngayal di Siang Bolong ) πŸ˜‚ Aku Bikin Kolek Ini Penuh Perjuangan looh...Jiaahahaha Lebeeyy 😝 Ya Iyaalaahh Betapa Tidak..Orang Seisi Rumah Ga Suka Sama Durian...Mabok Durian, Cium Aroma nya sajah Bikin Mereka Pusing Pala beerbiii...πŸ˜‚ Satu Hari Loooh Aku Bikin Ini Kolek...Bayangkaan Pemiirsaaahh...wkwkwkk πŸ˜‚πŸ˜ Mohon Maaff...Kang Dadan Lagi Kumat...wkwkwk πŸ˜‚ Udah Ah Lagian Ga penting jga di Ceritain..wkwkwk πŸ˜‚ Kembali Ke Laptop sajah...😊 Kolek Ini Aku Buat Dengan Kuah Plus Santan Rasa Durian...Ga Pake Durian Asli Siiih...Kebetulan Nyari2 Durian Di Pasar Tak ada yg Jualan...hihihi 😊 Suuueerr Lagi Ngiler Durian ini mah...πŸ˜„ Tau2 Malah Dapet Esens Durian...Ya Sudaahlah..Tak Pa2...Yg penting Ada Aroma Durian nya...hehe 😊

Biji Salak isi keju (146)

Biji Salak isi keju (146)

Selasa, 2 Juni 2020 Bikin biji salak lumayan panjang prosesnya, tapi usaha selalu tak menghianati hasil...biji salak isi keju, ada gurih ada manis...mantul pokoknya...tks mba @zahra aliyah resepnya... #PejuangGoldenApron2 #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Tangerang #DiRumahAja #CocomtangPost #NgeksisDiCookpad #kamuinspirasi

Bubur candil ubi kuning / kolak biji salak

Bubur candil ubi kuning / kolak biji salak

Kebetulan Ada sisa ubi kuning YG sudah direbus.. jadi dibikinlah bubur ini πŸ€— @henny_rosita #PejuangGoldenBatikApron #week8

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Kenyal gurih manis...

Kolak Biji Salak Rainbow

Kolak Biji Salak Rainbow

Maunya hanya bikin kolak biasa saja, tapi bahan2nya hanya ada ubi. Gak ada pisang apalagi kolang kaling, akhirnya biar menarik saya bikin spt ini saja... Empuk, lembut dan enak.

40 menit
Candil/biji salak ubi ungu

Candil/biji salak ubi ungu

Kemaren pas k pasar liat ada tumpukan ubi ungu ampe banyak banget,mikir2 dah lama gk ngolah si ungu ini.akhirnya kalap beli ampe 2 kgπŸ˜…πŸ˜…salah satu varian ini ku bikin candil

4 porsi
30 menit
Kolak Candil/Biji Salak

Kolak Candil/Biji Salak

Menu yg satu ini juga jdi favorit keluarga candil yg manis ditambah gurih santan kelapa😍

Kolak pisang biji salak

Kolak pisang biji salak

2-3porsi
25 menit
Biji Salak Ubi Ungu

Biji Salak Ubi Ungu

Ramadhan sudah usai, tp masih kekel kepingin bikin biji salak. Gak pernah suka biji salak karena gapernah ngerasain yg enak, jd pengen coba buat sendiri..

Kolak Biji Salak Labu Kuning

Kolak Biji Salak Labu Kuning

12-01-2020 Masih ada sisa labu kuning mari dimanfaatkan sebelum membusuk di kulkas. Selama ini kalau bikin kolak biji salak selalu pakai ubi. Naah kali ini nyobain pakai labu. Labu yg ibun pakai tekstur nya agak berair yaa jd ibun tambahkan sedikit tapioka nya (lupa gaa ditimbang pas nambahin 😁). Jadi disesuaikan aja yaa maakk. Source: Dapur Dien #cookpadcommunity_jakarta

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Dari puasa pengen bgt kolak biji salak Tp ga mau beli,.Bikin pun ga sempet jadi baru kesampean...

7 porsi
40 menit
Kolak biji salak ubi ungu

Kolak biji salak ubi ungu

Ada yg suka gak bund sama kolak biji salak ubi ungu.... ada yg mau nyoba ini resepnya Resep : Dapur Dien

Biji Salak

Biji Salak

Camilan sehat dan murah meriah. Saya tidak pake santan. Krn memang tidak ada stock di rumah. Begini saja juga udah mantul kok. Kalo mo lebih kenyal boleh ditambahkan tepung sagu/tapioka. Di resep ini perbandingannya 300 sagu/tapioka : 1000 ubi. Boleh dicoba 400 sagu/tapioka : 1000 ubi.

Bubur biji salak ubi ungu

Bubur biji salak ubi ungu

Semalam dirumahada pertemuan bapak2 pkk. Kebetulan ubi kukus yg ku hidangkan masih tersisa. Gak ada salahnya untuk buat. Sebenerya udh sering buat bubur biji salak. Tp ga ada salah nya saya rebake source sukmawati_rs punya Lets go to kitchen

Serbat Biji Salak

Serbat Biji Salak

Masih #DiRumahAja camilan dibuat utk Sarapan, kita orang tiumur sih sah sah aja, pagi ini mengolah ubi manis biasanya biji salak selalu jadi isian kolak atau dibuat candil biji salak. Kali ini dibuat lebih ke kolaborasi resep minuman tapi isiannya biji salak. Loh emang bisa...? Ya bisa aja kalau kita mau, judulnya nyari yg nggak biasa itu ya emang harus berani nabrak sana - sini, tapi dengan begini keluarga tetep kok suka. Apalagi yg berbau susu utk anak- anak kan bagus ya.

6 porsi