Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Bubur Candil Ketan yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada September 28, 2018

Bubur Candil Ketan

Bagaimana membuat Bubur Candil Ketan yang mudah Cara membuatnya tidak terlalu susah. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Umumnya Bubur Candil Ketan yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bubur Candil Ketan, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bubur Candil Ketan sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Candil Ketan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Candil Ketan memakai 15 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Candil Ketan:

  1. Bahan A :
  2. 200 gr tepung ketan putih
  3. 40 gr tepung kanji
  4. 200 ml air biasa (gak dingin / gak panas)
  5. 1 sdt Garam sedikit, kurang
  6. Air untuk merebus
  7. Bahan B :
  8. 200 gr gula merah
  9. 600 ml air
  10. 2 sdm tepung beras, larutkan dg 6 sdm air
  11. 1 lembar daun pandan
  12. Bahan C :
  13. 500 ml santan kental
  14. 1 lembar daun pandan
  15. secukupnya Garam

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Candil Ketan

1
CARA MEMBUAT BAHAN A : Campurkan tepung ketan, tepung kanji dan garam. Aduk rata. Lalu masukkan air 200 ml. Aduk rata. Ambil sedikit adonan lalu bulatkan sebesar kelereng. Lakukan hingga habis.
2
Panaskan air secukupnya dalam panci. Lalu cemplungkan adonan yang sudah di bulatkan tadi. Biarkan sampai mengapung lalu angkat dan tiriskan.
3
CARA MEMBUAT BAHAN B : Masak gula merah bersama air hingga gula cair lalu saring. Lalu masak ulang gula merah bersama daun pandan lalu masukkan adonan A yang sudah matang tadi.
4
Biarkan mendidih. Kecilkan api lalu tuangkan larutan tepung beras sedikit demi sedikit. Aduk cepat jangan sampai menggumpal. Kira2 mau seberapa kental nya.
5
Masak hingga meletup2 lalu matikan api.
6
CARA MEMBUAT BAHAN C : Campurkan semua bahan. Masak dengan api kecil. Aduk terus hingga mendidih (jangan sampai pecah santan)

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Candil (Kolak Biji Salak) Labu Kuning Fibercreme 💛🥰🥣

Bubur Candil (Kolak Biji Salak) Labu Kuning Fibercreme 💛🥰🥣

Makanan tradisional yg ngangenin, kali ini dalam versi lebih "aman" untuk yg berdiet, krn menggunakan fibercreme sbg pengganti santan. Tetep enak kok 😍💕 Serius!

Biji Salak Ubi Ungu

Biji Salak Ubi Ungu

Ubi ungu lagiiii.. Ga bosen - bosen ma ubi yang satu ini. Dijadiin apa aja tetep endesss..

Kolak biji salak kenyel kenyel

Kolak biji salak kenyel kenyel

Ada sisa ubi madu,sayang kalo nggak diolah.Kepingin dibuat kolak saja,tapi bukan kolak biasa,ya uda buat kolak biji salak aja.

Es loder (es bubur sumsum)

Es loder (es bubur sumsum)

Jajanan masa kecil yang sekarang susah banget di cari , jadinya mending bikin sendiri 😁

Kolak biji salak ubi ungu

Kolak biji salak ubi ungu

Kolak Biji salak ubi ungu

Bubur biji salak(biji salak kacang hijau)

Bubur biji salak(biji salak kacang hijau)

Kata suami saya kurang kerjaan...xixixi iya juga sih. Sudah lama pingin eksekusi resep ini tapi semangatnya nggak kumpul2.naaah pas semangat semangatnya ternyata stok kacang hijau kupasnya kosong,mau ke pasar malesnya minta ampun...panas sekali.di rumah ada kacang hijau kulit,pikir saya nggak apa2 deh nanti dikupas sendiri...hehehe sok2an.padahal saya nggak tahu caranya biar cepat ngupasnya tapi tetep nekat aja. Caranya...kacang hijaunya saya rendam air mendidih...diamkan 1 jam lalu saya kupas satu persatu.benar juga...pas ngupas2 ternyata pegelnya minta ampun dan jari2 rasanya sakit semua 😂. pengennya sih biji salaknya yang banyak biar puas makannya tapi apa daya jari2nya nggak kuat cuma dapat 100 gr.

4 mangkok
Kolak instan murmer cukup 10 rb

Kolak instan murmer cukup 10 rb

Pingin kilak mendadak

5 porsi
10 menit
Biji salak, bubur cendil

Biji salak, bubur cendil

Resep Kolak candil, enak dan manis pas banget buat buka puasa, aku belum nemu sih candil ini yang enak di penjual takjil, selalu aja ada kurang nya, kurang manis, kurang enak teksturnya yaaa macam lah hehe . mending kita buat sendiri yuk yuk cobain yuk

4 porsi
45 menit
Bubur Candil Ubi Kuning

Bubur Candil Ubi Kuning

Punya stok ubi kuning kalo dibuat ubi kukus aja pasti ga laku mau digoreng rasanya udah banyak menu goreng goreng wiken ini dan liat resep bubur candil mbak @desi_k2 oto kepengen bikin menu yang biasanya hanya ada ketika ramadhan 😁 Link resep asli https://cookpad.com/id/resep/15403894-bubur-candil-ubi-kuning?invite_token=BuCBGYfhQd37Lt5JUPd3PNqT&shared_at=1634455830 #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #CookmemberGenkPeDa_Desi #Cookpadcommunity_bali #CPBali_OlahanPalawija

Jenang Grendul

Jenang Grendul

Ini makanan atau camilan, sih? Apa pun itu, yang pasti ini enak banget, resep ini jadi favorit keluarga, selama ini udah beberapa kali buat, tapi baru kali ini posting resepnya. 😁🤭 Jenang ini selalu jadi rebutan, bahkan saat masih proses membulatkan adonan, sudah banyak yang tanya, "kapan mateng?" Dan ... mungkin kalau saya disuruh abisin satu resep ini sendirian, saya mau-mau aja...🤣🙈 Cooksnap resep milik : @ge_aja_simple #CookpadCommunity_Surabaya

±4-5 orang
Kolak Biji Salak Rainbow

Kolak Biji Salak Rainbow

Beli ubi jalar sdh 4 hari yg lalu tapi belum diolah daripada busuk, akhirnya aku bikin jadi kolak biji salak rainbow aja.

6 porsi
Kolak Biji salak ubi dan pisang

Kolak Biji salak ubi dan pisang

Punya ubi ungu yg sdh lama dianggurin akhirnya dibikin biji salak aja yg simpel plus ditambah pisang biar mantap #PejuangGoldenApron2

Biji Salak Ubi

Biji Salak Ubi

4 porsi
60 menit
Biji salak, bubur kacang hijau dan mutiara ala ma2sero

Biji salak, bubur kacang hijau dan mutiara ala ma2sero

Critanya pengen mbancak'i dek syila kalau kata orang jawa bilang, syukuran kecil2an berbagi ke tetangga kanan kiri jum'at mubarak semoga dek syila sehat selalu cepet bisa jalan aamiin. Bikin biji salak/jenang grendul sama bubur kacang hijau dan mutiara pakek kuah santan. Bubur kacang hijaunya pakek takaran kira2 ya dan mutiaranya ikutin caranya di kemasan. Kalau rasanya menurut yang udah makan sie enak kayak biasa di jual2 alhamdulilah.

21 porsi
Bubur sumsum dan biji salak

Bubur sumsum dan biji salak

Gegara covid-19 nih jadi banyak larangan Gak boleh kluar rumah, gak boleh jajan, macem2 udah Karna itu juga kita juga butuh asupan yg bisa menguatkan stamina kita biar gak mudah sakit Bubur ini kliatannya biasa aja tapi saya ada tambah sedikit jahe dan sereh biar bisa bikin temggorokan berasa hangat dan juga bisa menguatkan stamina badan kita biar gak mudah sakit

Roti Jala Pandan VS Biji Salak

Roti Jala Pandan VS Biji Salak

Ini menu cucok buat takjil... roti jalanya saya pake resep di ig mbak nadiahobimasak. Anak-anak pada suka lho...rasa roti jalanya gurih dan aroma pandannya terasa banget...yuk mareee

Ubi ungu biji salak sedapppp

Ubi ungu biji salak sedapppp

nikmat disajikan sehabis makan ataupun disaat bulan puasa.