Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) yang Bikin Ngiler

Dipos pada November 7, 2019

CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL)

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) yang simple Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL), antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Kira-kira porsi penyajian CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) biasanya untuk 15 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Perlu diingat, kira-kira waktu penyiapan CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) diperkirakan sekitar 3 jam 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) memakai 8 jenis bahan dan 24 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bernama sarang semut, tetapi kue ini bukan berarti terbuat dari sarang semut betulan, melainkan punya bentuk yang mirip dengan sarang semut, berwarna coklat dengan rongga-rongga di dalamnya. Kue jadul yang kerap disebut kue karamel ini tak jarang menjadi sajian hantaran untuk acara syukuran. Caramel cake atau kue sarang semut merupakan salah satu kue khas Indonesia dan Malaysia. Di Malaysia kue ini dikenal dengan nama 'KEK GULA HANGUS'. Masyarakat di berbagai daerah di Pulau Sumatera menyebut kue sarang semut ini dengan nama bika karamel. Selain itu, kue sarang semut ini juga dikenal dengan nama bolu karamel. Hai, moms. Bikin bolu sarang semut tipe sponge cake yuk. Kenapa aku bilang tipe sponge cake karena margarinnya kita cairkan. Oh iya, untuk resep ini aku merujuk metode pembuatan caramel cake yang ada di negara Malaysia dengan metode perap atau adonan di diamkan selama 2,5 jam untuk mendapatkan lubang yang banyak serta hasil yang lentur walau tanpa tambahan tepung maizena ataupun tepung tapioka.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL):

  1. 570 gram gula pasir
  2. 620 mili air panas
  3. 10 butir telur
  4. 250 mili susu kental manis putih
  5. 280 gram margarin
  6. 300 gram tepung terigu curah warungan aja
  7. 2 1/2 sendok teh soda kue
  8. 2 1/2 sendok teh vanili cair/bubuk

Langkah-langkah untuk membuat CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL)

1
Taruh gula pasir diatas wajan, masak diatas api kecil hingga gula mencair dan berwarna kecoklatan. Noted: sambil terus diaduk-aduk yah, moms. Agar gula yang mencair tidak gosong. Karna kalau gosong nanti hasil karamelnya menjadi pahit.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 1
2
Setelah gula mencair semua lalu tuang air panas agar gula cepat larut.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 2
3
Hasilnya seperti ini, moms. Hasil akhir mendapatkan 620 mili gula karamel.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 3
4
Lelehkan margarin dengan api kecil. Margarinnya meleleh tapi tidak sampai terpisah antara lemak dan minyak yah, moms.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 4
5
Aduk 10 butir telur dengan ballon whisk atau pakai sendok kayu boleh juga.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 5
6
Tambahkan susu kental manis putih dan aduk kembali.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 6
7
Beri vanili cair dan aduk kembali.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 7
8
Lalu beri margarin cair dan aduk lagi.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 8
9
Beri tepung terigu.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 9
10
Beri juga soda kue. Dan aduk kembali.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 10
11
Oles loyang persegi ukuran 20 cm dengan bahan olesan : 1 sendok teh margarin 1 sendok teh minyak sayur 1 sendok terigu Aduk rata sampai menjadi pasta dan oles ke sekeliling loyang. Lalu saring adonan caramel cake diatas loyang sambil ditekan² tepung yang masih menggumpal agar didapat adonan yang halus.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 11
12
Biarkan adonan selama 2,5 jam.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 12
13
Nyalakan api bawah suhu 160°C (aku pakai oven gas) dan oven selama 40 menit (nyalakan timer hpnya, moms). Kenapa api bawah saja dulu? Agar didapat permukaan cake yang mulus.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 13
14
Setelah 40 menit lalu nyalakan api atas posisi api kecil saja dan kecilkan api bawah (sangat kecil) dan tetap disuhu 160°C. Lalu oven kembali selama 20 menit.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 14
15
Setelah kue matang biarkan kue tetap diloyang hingga dingin baru keluarkan dari loyang.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 15
16
Ini bagian bawah cake yang telah dikeluarkan dari loyang.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 16
17
Ini bagian atas cake yang telah dikeluarkan dari loyang.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 17
18
Cara memotong cake: Potong cake secara vertikal. Ini aku bagi 3 yah, moms.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 18
19
Ambil satu bagian cake lalu kita lihat arah serat cake lalu potong cake berlawanan dengan arah serat cake. Seperti yang divideo dan photo. Ini bisa diiris menjadi 4 bagian. Jadi didapat 12 lembar cake.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 19
20
Seperti ini hasilnya, moms. Lalu satu lembar cake kita potong lagi menjadi 3. Hasil yang didapat 36 cake.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 20
21
Ini hasilnya yah, moms.
22
Cakenya lembut, lembab dan kenyal.
23
Kalau takut melihat lubang-lubang yang banyak moms boleh memotongnya seperti ini, yah. Noted: Pada saat baru keluar dari loyang kue akan terasa kaku tetapi kue akan semakin lembut, semakin lembab dan semakin lentur pas keesokan harinya dan yang pasti semakin enak yah, moms. Untuk: 36 Caramel Cake.
CARAMEL CAKE TIPE SPONGE CAKE (BOLU SARANG SEMUT/BIKA KARAMEL) - Step 23
24
Caramel cake tipe butter cake.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Curry puff /karipap/pastel singapore

Curry puff /karipap/pastel singapore

baru pertama bikin ini, rasanya lebih renyah dari pastel biasa sih dan sayangnya liyer nya kurang dapet 😁 mungkin krn lelah hihihi bisa aja ... aku cooksnap kulit dari teh @opibun rasanya renyah gurih dan isiannya krn ga ada daging cincang jd aku pake kornet rasanya perpaduan kulit yg renyah dan isian yg gurih ,pedas plus kari yg eemmm endul ..... #porberbisik_karipap #cookpadcommunity_bekasi

Onde onde Ubi ungu (unti)

Onde onde Ubi ungu (unti)

Bismillah..aku bikin onde onde biasakan isinya kacang hijau,ini beda isinya pakai unti ini hasil percobaan aku di dapur #ResepPertamaKu #HasilPercobaanKu #PekanaPosbar #CookpadCommunity_Balikpapan

Putu Mayang bunga Telang

Putu Mayang bunga Telang

Ramadan sebentar lagi, salah satu kue tradisional yang banyak dijual untuk takjil buka puasa adalah Putu Mayang. Didapur nemu cetakan putu mayang jadul yg belum pernah dipakai. Kebetulan ada acara Bancakan Cookpad, saya bawa buat cemilan sambil ngobrol bersama Cookpader dan Admin Cookpad via Zoom Meeting, Kamis 31 Maret 2022. #CookpadCommunity_Jakarta #PejuangGoldenBatikApron

14 pcs
35 menit
Pastel renyah

Pastel renyah

Sdh 1 bln Di negeri orang ngak ada kerjaan hny tunggu suami pulang kerja Aja! Bosen tingkat tinggi yg Biasa kerja hari2 nya. Tiba2 ada kwn suami tanya istri nya bisa bikin pastel sm lontong isi daging daging ngak? mau pesan Katanya ! Jd teringat masa2 aku putih abu2 😁 keluarga ku jualan pastel Di pasar SENEN yg Pagi2 itu…😉 cari2 resep Di cookpad, mix and match dr resep Yg ada Di cookpad and Instagram. Tadaaaaa ini hasil nya dan semua pada suka, dan Baru sekali Coba pd order Lagi. Alhamdulillah

Kurang lebih 25 porsi
2 jam
Kue lumpur labu kuning

Kue lumpur labu kuning

Alhamdulillah .... bisa ikut meramaikan Goyang Dapur Paders Rabu 10 November 2021 dengan Tema Baking : " Kreasi Labu Kuning " . Macam macam kudapan yang menggunakan labu kuning atau kabocha ide dari Mba @niar_arifuddin . Akhirnya mencoba KUE LUMPUR LABU KUNING yang belum pernah . Ternyata pas komposisi resepnya , lembut , manis pas rupanya labu kuning dicoba dibuat apapun memang enak 🤭. Source : @MomsFirza_310571 #GoDa_BuLabu #GoDa_Paders #komunitaspaders #Cookpadindonesia #CookpadCommunity_Bandung #kemauandankemampuan

28 buah
120 menit
Serabi Notosuman

Serabi Notosuman

Kegiatan 𝘾𝙤𝙗𝙤𝙮 (Cookpad Community Surabaya) minggu ini dengan Tema 𝙅𝙖𝙟𝙖𝙣𝙖𝙣 𝙏𝙧𝙖𝙙𝙞𝙩𝙞𝙤𝙣𝙖𝙡 𝙏𝙚𝙢𝙖𝙣 𝙇𝙞𝙗𝙪𝙧𝙖𝙣 Bersamaan dengan tugas dari 𝙈𝙖𝙢𝙖𝙝 𝘾𝙤𝙤𝙠𝙥𝙖𝙙 yaitu 𝙋𝙚𝙨𝙤𝙣𝙖 𝙆𝙪𝙡𝙞𝙣𝙚𝙧 𝙄𝙣𝙙𝙤𝙣𝙚𝙨𝙞𝙖, dimana kita ditantang untuk memperkenalkan keanekaragaman kue khas dari berbagai daerah yang pernah kita singgahi sebagai oleh-oleh yang senantiasa dinanti oleh keluarga dan handai taulan yang kita sayangi. Dan pilihan saya jatuh ke kota 𝙎𝙤𝙡𝙤 atau 𝙎𝙪𝙧𝙖𝙠𝙖𝙧𝙩𝙖, bagi saya Solo adalah kota yang indah dengan keramahtamahan masyarakat nya dipadu dengan berbagai jajanan kuliner yang istimewa, dan yang paling berkesan dan selalu saya rindukan tiap kali ke Solo adalah 𝙆𝙪𝙚 𝙎𝙚𝙧𝙖𝙗𝙞 𝙠𝙝𝙖𝙨 𝙉𝙤𝙩𝙤𝙨𝙪𝙢𝙖𝙣 nya, Kue Serabi ini berbeda dengan kue serabi dari daerah lain, Citarasa manis yang pas dipadu dengan siraman santan kental diatasnya dengan aneka topping semakin menambah kelezatan kue ini. Beberapa kali saya mencoba membuat namun belum menemukan rasa yg pas dan mirip dari aslinya, baru saat ini lah saya mencoba dan 90% mendekati rasa dari khas nya Serabi Notosuman, karena rasa kangen dan pengen sekali dengan serabi favorit saya, saat mencoba dan ternyata berhasil rasanya itu sangat luar biasa senang nya, tdk perlu harus jauh² saya ke Solo hanya utk membeli Serabi kesukaan saya dan keluarga. #Mbois_JajananTradisionalTemanLiburan #CoboyMbois_JajananTradisionalTemanLiburan #CoboyMbois #CoboyWani #Coboy_CookSnap #CookSnap #CookpadCommunity_Surabaya #PesonaKulinerIndonesia #PekanRekreasi #masakbarengkakmin #Mbk_serabi

10 pcs
120 menit
Pastel mudah enak

Pastel mudah enak

Coba coba bikin pastel karna emang aku suka pastel siapa tahu bisa dijual lagi

50 pastel
1 1/2 jam
215 Kue Lumpur Ketela

215 Kue Lumpur Ketela

Minggu 10 Oktober 2021 Bismillah.... Sudah lama nyimpan resepnya mbak @nanisari_84 baru kali ini niat dan tenaganya terkumpul untuk mengeksekusi Kue Lumpur Ketela ini. Karena yang ada dikulkas ketela parut, jadi saya pakai bahan yang ada dengan sedikit modif. Resep aslinya menggunakan ketela yang dikukus terus dihaluskan. Tapi rasanya tetap enak kok. Terima kasih mbak untuk resep dan inspirasinya Sumber resep : @nanisari_84 Link resep : https://cookpad.com/id/resep/14324670-kue-lumpur-ketela?invite_token=H9JqtD3p5WAuBLqSSE6peZoj&shared_at=1633874934 #CookpadCommunity_Kalteng #CookpadCommunity_PalangkaRaya #YulitaRiambarwatiResep

20 kue
1 jam 15 menit
Risoles Mayo

Risoles Mayo

Bismillah, 15 Februari 22 Minggu 3 Golden Batik Apron Chalenge Risoles Mayo ini kudapan favorit aku, biasanya selalu beli belum pernah bikin. Akhirnya beraniin diri untuk coba bikin. Resep kulitnya dari @devinahermawan, untuk saus dan isian menyesuaikan aja dengan bahan yang ada di rumah. Alhamdulillah pada suka dan aku juga seneng bgd karena dapat risoles dengan jumlah banyak tapi harganya lebih ekonomis dan yang pasti lebih higienis. 😘 #PejuangGoldenBatikApron

Cucur Pandan

Cucur Pandan

Ga sempet foto prosesnya krn anak keburu bangun..xixi.. Ini simple bgt, bahannya gampang didapat, cara bikinnya jg mudah ya bunda..

Putu Ayu

Putu Ayu

Kebetulan kemaren ada orderan buat pengajian. Jadi aku bikinin ini buat yg order. Buru-buru banget sih,,,karena aku bangun kesiangan 😂😂😂 Untuk harga, sesuaikan aja sama bahan yang dipake ya...🥰🥰🥰 #PejuangGoldenBatikApron #PutuAyu #BuatJual

Putu Ayu Warna Warni

Putu Ayu Warna Warni

Selain suka dengan hidangan Pare, Mba Risa juga suka dengan kue Putu Ayu lhoo. Banyak resep Kue Putu Ayu nya Mba Risa dan saya memilih yang warna warni walaupun dengan warna berbeda dan kelapa yang tidak dipadatkan, hehe. Source : @mamafathan #GenkPejuangDapur #GenkPeda_Eksis #GenkPeda_MasakBerdua #GenkPeda_Bersamamu2021 #GenkPeda_RisaNara

12 pcs
Risol isi wortel kentang Daging Giling Anti Pecah

Risol isi wortel kentang Daging Giling Anti Pecah

Sudah musim hujan pingin yang hangat " teman minum kopi

Kue talam ubi ungu

Kue talam ubi ungu

Suka banget rasa nya legitt manis gurihh 👍🏻

Kue putu sederhana

Kue putu sederhana

Jajanan favorite masa kecil yang mulai langka di daerah rumah saya. Sekarang bikin sendiri aja.

2/3 orang
60menit
Onde Onde (klepon)

Onde Onde (klepon)

Recook dari yt atha naufal

3 orang
1 jam
Kue lumpang pandan

Kue lumpang pandan

Minggu sore cuaca mendung buat kue lumpang khas Palembang intip intip YouTube Atha Naufal Nemu resepnya kue lumpangnya..aroma pandannya semerbak rasanya enak legit buat pun gampang banget 😍😍 #Horas_ArsikKePalembang #CookpadCommunity_Sumut #PejuangGoldenBatikApron #Rekreasi_Palembang