Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat PECEL LELE LAMONGAN β–ͺ yang Bikin Ngiler

Dipos pada June 27, 2019

PECEL LELE LAMONGAN β–ͺ

Sore-sore begini enaknya membuat PECEL LELE LAMONGAN β–ͺ yang simple Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Padahal PECEL LELE LAMONGAN β–ͺ yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari PECEL LELE LAMONGAN β–ͺ, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian PECEL LELE LAMONGAN β–ͺ enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan PECEL LELE LAMONGAN β–ͺ sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat PECEL LELE LAMONGAN β–ͺ memakai 18 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Hangat2 enak nih pecel lele. Sambalnya ala lamongan pakai kemiri digoreng. 😍😍 Kalau ada jeruk limau jg boleh nih ditambahin, makin wangi & seger ya. Bumbunya saya pakai bawang putih, ketumbar & kunyit. Kalau mau lebih simpel & seperti di pecel lele ala tenda kaki 5, bisa pakai garam & penyedap saja. Favorit saya yang lelenya digoreng kering. Terus sambalnya dicampur kecap. Kalau sahabat cookpad bgm?

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat PECEL LELE LAMONGAN β–ͺ:

  1. 1 kg ikan lele
  2. 1 bh jeruk nipis utk melumuri ikan
  3. 4 bh bawang putih, parut
  4. 2 sdt ketumbar bubuk
  5. 2 sdt kunyit bubuk
  6. 1,5 sdt garam/secukupnya
  7. BAHAN SAMBAL PECEL LELE LAMONGAN :
  8. 2 bh tomat merah ukuran sedang
  9. 6 bh bawang merah
  10. 4 siung bawang putih
  11. 4 btr kemiri
  12. 10 bh cabe merah keriting
  13. 10 bh rawit merah
  14. 1 sdt terasi bakar atau 1 blok terasi instan goreng
  15. 1/2 sdt garam/secukupnya
  16. 1/2 sdt kaldu jamur/penyedap jika suka
  17. 2 sdt gula merah sisir
  18. 1-2 sdm kecap manis

Langkah-langkah untuk membuat PECEL LELE LAMONGAN β–ͺ

1
Cuci bersih lele. Kerat2 badannya. Beri air jeruk nipis.
2
Campur rata bawang putih parut, ketumbar bubuk, kunyit bubuk & garam. Lalu balurkan ke lele, diamkan sampai meresap. βœ”Tips : kalau tdk langsung digoreng semua, simpan sisanya dalam kotak makan bertutup, lalu masukkan kulkas, atau freezer kalau mau tahan lebih lama.
PECEL LELE LAMONGAN β–ͺ - Step 2
3
Goreng ikan sampai matang. Tandanya gelembung2 minyak mulai sepi.
4
🌢SAMBAL PECEL LELE : Goreng tomat dulu, masukkan bawang merah, bawang putih, dan kemiri. Bbrp saat kemudian masukkan cabe merah & rawit. Kalau pakai terasi instant, goreng jg terasi sebentar. Ulek kemiri sampai halus, tambahkan cabe, bawang, terasi, dan garam, ulek agak kasar. Tambahkan tomat & gula merah, ulek lagi. Masukkan kecap, aduk rata. Test rasa. Tambahkan garam atau gula merah lagi kalau masih kurang.
PECEL LELE LAMONGAN β–ͺ - Step 4
PECEL LELE LAMONGAN β–ͺ - Step 4
5
Sajikan pecel lele dgn sambal, lalapan & tahu tempe goreng.
PECEL LELE LAMONGAN β–ͺ - Step 5
6
βœ” Tips : potek cabe atau lukai sedikit dgn pisau agar tidak meletus saat digoreng. Goreng tomat terlebih dahulu, baru bawang & kemiri supaya matangnya pas. Masukkan cabe terakhir agar tdk hilang pedasnya.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Nasi pecel surabaya

Nasi pecel surabaya

Orang surabaya sarapan nya kebanyakan pecel.nasi pecel sby itu harus lengkap yg pasti sayur ,bumbu pecel, pelengkapnya sayur lodeh, mie,oseng tempe, tahu /telor/ayam bumbu bali, dan rempeyek..seru banget...pokoknya.

Nasi Sambel Pecel Madiun Maknyusss

Nasi Sambel Pecel Madiun Maknyusss

Karna saya orang kalimantan yang besar di jawa jadi menu pecel sudah melekat banget di lidah. Selama ini selalu beli nasi pecel. Kalopun pengen buat di rumah sambel pecelnya selalu beli jadi di rumah tinggal ditambah air saja. Tapi semenjak nemu resep sambel pecel madiun ini sudah stop beli. Mending buat sendiri dan stok di rumah.aku sengaja buat yang gak pedas karna ada dua anak di rumah yang ga doyan pedas. Kalo untuk suami tinggal aku ulekkan cabe rawit aja waktu mau dikonsumsi. Cuss ini resep sambel pecelnya yaaaa β™‘β™‘β™‘

Pecel Lele Kremes (Ala Semarang)

Pecel Lele Kremes (Ala Semarang)

Olahan ikan lele memang banyak salah satunya pecel lele kremes atau yang biasa disebut juga pecel lele goreng krispi. Menu ini menjadi sajian yang banyak disukai para pecinta olahan ikan lele. Kita bisa menemukan olahan pecel lele kremes di warung tenda pinggir jalan hingga restoran mewah. Jika tidak mau antri atau malas beli diluar, kita juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut resep pecel lele kremes ala Sambal Semarang yang bisa dipraktekan dirumah. (minggu ke 3) Sumber: sambalsemarang.com #SiapRamadan #Pekan_Semarang #PekanInspirasi #cookpadcommunity_lamongan #cookpadcomunity_id #3weekschallenge (15 mei 2019)

Pecel lele 🐟

Pecel lele 🐟

26.8.2019 #AntiRibet #Basidoncek #Community_Sumbar #CookpadCommunity_Padang #Berburucelemekemas #Resolusi2019 #GoldenApronChallenge #BagikanInspirasimu #MasakituSaya #PecelLele #OlahanIkanLeleHeni Pecel Lele cocok banget di buat oleh bunda yang sibuk & ngak punya banyak waktu buat masak.Bila membeli ikan lele mintalah pada yang penjual ikan untuk membersihkan isi perut & insangnya jadi di rumah tinggal di cuci bersih & ngak repot lagi.Sehingga proses memasak jadi cepat & ringkas πŸ˜€Silahkan di coba sobat cookpad jangan lupa kirim foto recooknya ya... Aku tunggu πŸ™

3 porsi
Pecel Lele Krispy

Pecel Lele Krispy

πŸ’• Pekan ke-20 untuk tantangan #PejuangGoldenApron2 kali ini agak berbeda dengan pekan2 sebelumnya, karena kali ini resep yang saya posting merupakan racikan #KapsulAjaib untuk menyemangati anak2 hebat pejuang kanker. πŸ’• Kemarin dapet bocoran dari mamah CP kalau ikan lele adalah salah satu makanan favorit anak2 pejuang kanker yang tinggal di Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI), sama dengan mereka, ikan lele juga merupakan ikan kesukaan anak2 saya di rumah, mungkin karena dagingnya yang lembut dan tebal serta tulangnya yang tidak terlalu menggangu ketika dikonsumsi. Faktanya, ikan lele yang rendah lemak ini memiliki banyak kandungan nutrisi, tinggi protein, asam lemak omega 3, dan vitamin B12, sehingga bisa dikategorikan sebagai lauk pauk sehat . πŸ’• kali ini, saya buat pecel lele krispy. Ikan lelenya saya balur tepung dan sambelnya saya buat tidak terlalu pedas, selama ini sih anak2 saya suka dengan olahan ikan lele ini, semoga anak2 pejuang kanker disana juga suka ya .. πŸ’• Untuk anak2ku pejuang kanker, kalian adalah anak2 terpilih, anak2 hebat yang disayang Allah .. Allah memberikan sakit ini karena Dia yakin kalian pasti mampu melewatinya .. Tetap semangat, pantang menyerah ya sayang, doa dan dukungan kami menyertai .. 😘😘 #cookpadcommunity_Bekasi #cookpadindonesia

Pecel lele

Pecel lele

Masak unt makmal,lele goreng,sambel tomat,sayur bening bayam dg jagung dan temu kunci,sedap pokokke...

Pecel Lele Crispy

Pecel Lele Crispy

Bismillah, Seneng deh ketemu resepnya Mrs. Tans ini...jadi sewaktu-waktu pengen pecel lele bisa buat sendiri. Tapi maaf lele di fotonya cuma 1..hihiii...tanpa saya sadari saat mempersiapkan untuk difoto...tibaΒ² suami dan anakΒ² main comot aja untuk maksi...lele goreng crispy saya padukan dengan sambel pecel lele Lamongan, biar tambah mantaapπŸ‘πŸ‘ #cookpadcommunity_bekasi

Pecel Lele

Pecel Lele

#DiRumahAja bareng keluarga, dan Alhamdulillah jadi lebih banyak ngobrol, diskusi dan pastinya jadi tambah deket. Yang tadinya sibuk terus, kerja terus, sekolah terus, jadi lebih banyak waktu buat ngumpul. Plusnya harus bebikinan di dapur buat temen ngobrol dan #WeekendChallenge dari Mamah.

7 porsi
Pecel Lele Lamongan

Pecel Lele Lamongan

4 Org
30 Menit
145.Pecel Lele

145.Pecel Lele

Kesukaan suamikuu..dia cuma bilang sambalnya persis pecel lele kaki lima langganan dia 🀩😍

4 porsi
30 menit
10. Pecel lele abang abang #BikinRamadanBerkesan

10. Pecel lele abang abang #BikinRamadanBerkesan

Hi mau share pecel lele ala abang abang lamongan pinggir jalan, lele yg sudah dibumbui bisa tahan loh di freezer dan praktis tinggal goreng untuk sahur dan buka puasa, sambalnya jg bisa tahan disimpen dikulkas ... #BikinRamadanBerkesan ga harus jajan untuk makan pecel lele loh bisa bikin sendiri dirumah.

6 porsi
Sambal Pecel Lele (berbahaya bagi yg lg diet)

Sambal Pecel Lele (berbahaya bagi yg lg diet)

Ini rival sejati org diet hehee.. bisa ngabisin nasi sebakulπŸ˜‚

Nasi pecel ekonomis

Nasi pecel ekonomis

Tanggal tua, hanya ada kacang tanah, tahu dan beberapa ikat sawi dan kacang panjang serta telur dan akhirnya jadilah nasi pecel

Sambal Pecel Lele (lamongan)

Sambal Pecel Lele (lamongan)

Alhamdulillah, bisa juga bikin sambal ini.. kalau beli di abang-abang jualan enak banget rasanya, coba bikin sendiri juga mantul 😊😊 biar bisa ikutan #BancakanOnlineBarengCookpad supaya bisa dapet #eBook . Semoga dapet. Aamin 🀲 Sumber: Dahniear N. Indriani & Erlina #mamakZulfa #cookpad_community #cookpadcommunity_magelang #cookpad_indonesia

2-3 porsi
20 menit
Sambal pecel lele/nasi uduk

Sambal pecel lele/nasi uduk

Paling sering bikin pecel lele ala-ala di rmh. Pedes sambelnya bsa disesuaikan sma selera sendiri. Bikin makan auto nambah πŸ˜„. #PejuangGoldenApron3

Sambel Pecel Khas Magetan ala bundadewi rasanya superr

Sambel Pecel Khas Magetan ala bundadewi rasanya superr

Ada sawi dan kecambah nganggur di kulkas, timbullah ide bikin bumbu pecel sendiri buat sarapan. This is my 1st trying and my husband like it! :-)

3 porsi
20 menit
Pecel lele

Pecel lele

Assalamu'alaikum.. Lebaran udah usai... Badan Juga sudah Lebar' an πŸ˜­πŸ˜‚ timbangan geser ke kanan.. Gak apaa yaaa. Dnikmati. Dsyukuri. semoga kitaa sehat walafiat . Amiin... Alhamdulillah Masya Allah nikmat sekali makan malam kemarin...tapi baru sempat nulis resepnya Masakan enak tidak harus mahal.. Yang #MurahMeriah pun bisa kita sulap jadi Mevvah .. Lele 1 kg : Rp15.000 Kol : Rp 3000 kemangi 2 ikat :Rp 2.000 Tomat dan cabe Rawit Rp 3.000 Total Rp 23.000 Bahan yang lain sudah ada diumah.. Ini sambalnya enduess banget. Wajib coba yaa.. Ini persis sama sambal2 di warung Lamongan gitu.. menu low budget .. dengan dinikmati seluruh keluarga, jumlah keluarga ada 5 orang dewasa menurut aku sudah irit banget.kalau masakan di warung mungkin satu porsinya bisa 15 rb an sampe 17rb satu piring nasi dg satu atau 2 ekor ikan lele goreng di tambah sedikit sayuran dan sambel.. Yukk masak dirumah.. #SolusiCermatIbuCerdas Makan enak.. dompet Aman πŸ˜€β€οΈ Yukss dcoba resepnya . Source : CP mbak Endah Palupi #PekanPosbar_MasakSesuaiBudget #MurahMeriah #BamasakBaimbai #CookpadCommunity_Kalsel

Sambel pecel lele

Sambel pecel lele

Disini aku pake cabe rawit merah, dan ini pedes banget, jadi untuk yang ga begitu suka pedes bisa diganti cabe merah keriting yaa ^^

Pecel lele

Pecel lele

Hari ini mau bantu tetangga masak2..mau ada syukuran anaknya biar cepet drumah masak ikan lele aja yng ad stok dikulkas..cuss #PejuangGoldenApron3