Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Laksa Tangerang yang Anti Gagal

Dipos pada October 4, 2019

Laksa Tangerang

Anda sedang mencari inspirasi resep Laksa Tangerang yang simple Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal Laksa Tangerang yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Laksa Tangerang, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Laksa Tangerang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Laksa Tangerang yaitu 2 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Perlu diingat, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Laksa Tangerang diperkirakan sekitar 1,5 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Laksa Tangerang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Laksa Tangerang memakai 24 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sebenernya dulu jauh sebelum pandemi, suka juga berkunjung ke Tangerang. Bibi sy tinggal di komplek Pengairan dekat sekali dengan bendungan dan pintu 10. Nah, dekat sekitar itu ada tenda penjual laksa Tangerang dan asinan yang pernah direview sama almarhum pak Bondan Winarno yang akhirnya membuat penjual disitu jadi terkenal. Permasalahannya adalah, kenapa di keluarga cuma sy yang belum pernah makan laksa Tangerang padahal dekat sekali saat sy disana..🤭 Itu ada sebabnya sih, tapi ngga penting buat dibahas😅 Senangnya hari ini sy makan laksa Tangerang juga.. Menggunakan resep Laksa Tangerang punya Bubu Subandi https://cookpad.com/id/resep/12221702-laksa-tangerang-kota?invite_token=bH58ybLdFmrcFwvsaZfwr7Xk&shared_at=1625186238 dengan sedikit penyesuaian. Alhamdulillah ternyata memang enak, terutama saat kentang dan kacang hijaunya sudah mulai hancur. Laksa Tangerang biasanya menggunakan mie beras buatan mereka sendiri. Sy menggunakan bihun karena stoknya ada, namun memang terasa kurang tepat untuk kuah yang kental. Misoa atau kwetiaw sepertinya lebih cocok sebagai pengganti karena lembab dan licin. Dan satu lagi, ayam yang biasa digunakan adalah ayam kampung dan pertengahan proses dibakar di atas bara. Terbayang gurih dan wanginya ya..🤤 Laksa Tangerang ini hanya dibuat untuk 2 porsi, ini sih khusus buat sy sendiri, yang lain ngga dibagi😅 Ngga gitu juga sih ya..ini masih percobaan. Nanti sih bisa bikin untuk semua kalau udah paham rasanya🤭 #cookpadcommunity_bogor

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Laksa Tangerang:

  1. 4 potong daging ayam
  2. 50 gr kacang hijau (sumber resep 150 gr)
  3. 2 buah kentang kecil
  4. 1/4 buah kelapa parut
  5. Sedikit minyak untuk menumis
  6. 1 liter air
  7. Bumbu Halus:
  8. 8 siung bawang merah
  9. 6 siung bawang putih
  10. 2 cabai merah (sumber resep: 3)
  11. 2 ruas jari kunyit
  12. 2 ruas jari jahe
  13. 1 ruas jari lengkoas
  14. 1 sdt ketumbar bubuk
  15. Bumbu cemplung & Perasa:
  16. 2 lembar daun salam kecil
  17. 1/3 sdt merica (sesuaikan selera)
  18. 1/3 sdt kaldu jamur
  19. 1 sdt garam (sesuaikan lagi)
  20. 1 sdt gula pasir (sesuaikan lagi)
  21. Pelengkap:
  22. 2 genggam mie tepung beras/bihun sudah rebus
  23. 1 batang kucai (sy daun bawang
  24. Sambal

Langkah-langkah untuk membuat Laksa Tangerang

1
Sangrai kelapa sampai kering dan warnanya kecoklatan. Tumbuk tidak terlalu halus.
Laksa Tangerang - Step 1
2
Rebus kacang hijau dengan 250 ml air sampai empuk dan mekar, tambahkan lagi air jika selama proses perebusan airnya menyusut. Kupas bersihkan kentang lalupotong kotak-kotak lecil.
Laksa Tangerang - Step 2
Laksa Tangerang - Step 2
3
Haluskan bumbu lalu tumis sampai bumbu matang dan wangi. Masukkan kelapa sangrai tumbuk lalu aduk rata. Masukan Ayam lalu aduk sampai berubah warna.
Laksa Tangerang - Step 3
Laksa Tangerang - Step 3
4
Tambahkan 750ml air, setelah setelah air mendidih, tambahkan kentang dan daun salam. Setelah ayam matang, keluarkan ayam dari kuah, lalu panggang dengan bara atau teflon. Sementara memanggang ayam, tetap lanjutkan proses memasak kuah.
Laksa Tangerang - Step 4
Laksa Tangerang - Step 4
5
Masukkan kembali ayam yang sudah dipanggang ke kuah. Tambahkan kacang hijau rebus. Masukkan juga garam, gula, kaldu bubuk, dan merica. Aduk rata dan cicipi rasanya. Ketika sudah agak mengental (kentang sudah pecah dan kacang hijau sudah agak hancur) dan rasanya sudah pas, matikan api.
Laksa Tangerang - Step 5
6
Tata mie tepung beras/bihun di wadah saji. Tuangkan kuah laksa Tangerang dan potongan ayam diatasnya. Taburi irisan daun kucai/daun bawang. Sajikan panas-panas dengan tambahan sambal.
Laksa Tangerang - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kacang kremes

Kacang kremes

10 bungkus
2 jam
Tumis sayur ala chinese food

Tumis sayur ala chinese food

Masih dalam rangka bersih2 isi kulkas akhir pekan. Ada sisaan macem2 sayur. Biar banyak campu2 aja semua. Rasanya mirip klo makan di resto chinese food. Bahan2 bisa disesuaikan ya mak dgn yg ada di dapur masing2. Semoga bermanfaat, silahkan dicoba😊

Tumis tempe dan kacang panjang

Tumis tempe dan kacang panjang

Kepikiran pengen numis tempe tapi campur apa yaa ...dan akhirnya ada kacang panjang ya sudah deh eksekusi...simpel buatt sarapan..

4 orang
30 menit
Urap sayuran

Urap sayuran

Bismilah menu ke-2 resep terpilih milik mama Al @rahayuputri438 untuk makan siang kemarin, cukup dengan nasi hangat,ikan asin & tahu berontak resep mama Al Maa syaa Allah nikmat sekali walaupun menu sederhana namun rasanya mewah dan nambah selera makan. kebetulan tukang sayur bawa kelapa parut pas ingat malam sebelumnya intip2 resep beliau ada urap sayuran,maa syaa Allah rejeki banget rasanya.resepnya enak dan pas sekali seperti aku biasanya buat karena bumbu ditumis dulu bukan dilangsung dikukus bersama kelapa. Aku biasanya buat bumbu urap bisa tahan sampai seminggu simpan didalam wadah kedap udara lalu masukkan kedalam kulkas. Barakallah fiik mama Al semoga slalu diberi kesehatan dan keberkahan utk semua keluarga 🙏🙏🙏 *Bahan menyesuaikan yg ada, karena ditukang sayur sudah kurang komplit Source : @rahayuputri438 #terimakasih_TimKombes #cookpadCommunity_Bekasi

Tumis kacang panjang, udang, tempe+ campur tauco

Tumis kacang panjang, udang, tempe+ campur tauco

Ceritanya bingung mau masak apa hari ini. Terus beli udang niatnya buat dicampur sambal balado. Tapi pikir lagi buat campuran tumis'an aja deh udangnya.. Eh pas banget ada tauco . Karna suamiku apa" Kalau masak tuh harus campur tauco 😁 katanya biar makannya makin lahap... Lanjut yuk kita keresep ya..... 😊 Pasti dijamin enak dan mau nya makan nambah terus 😀

2 orang
20menit
154. Fu Yung Hai ala Restoran

154. Fu Yung Hai ala Restoran

Assalamualaikum.. Satu lagi resep masakan ala Chinese Food yakni Fu Yung Hai yang konon nama aslinya adalah Pu Yong Hai, makanan khas Shanghai, Tiongkok. Tambahan bahan KECAP/SAUS INGGRIS-nya menurut saya- yg membuat Saus asam manisnya "beda" dari yg biasa saya buat. Rasanya miriip dg yang dijual di restoran Chinese Food. Leganyaa mendapat resep ini... Rasanya....? Luar biasa..🥰👍👍👍👍 Mari simak resepnya.. Inspirasi resep saya peroleh dari channel Lingtjen Kitchen, resep aslinya bisa dilihat di :

8 orang
Cilok Bi Juju

Cilok Bi Juju

Resep ini didapet dari bi juju.. cilok favorite kalo dtg krmh bi juju di curug...

10 porsi
Sayur Ketupat

Sayur Ketupat

7 May 2021 Sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri nih...gak terasa sudah 1 bulan berpuasa,semoga teman2 di cookpad puasanya lancar ya🙏 Berhubung saya lagi pengen makan makanan lebaran gitu,sy coba masak sayur ketupat yang simple aj, ya...lumayan buat ngobatin rasa kangennya aja nih. Biasanya mah,cuma bisa makan aj hehe... Source by Dapur Ade🙏😇 #PekanPosbarSayurLebaran# #DirumahAja#

Gado-Gado Siram Surabaya

Gado-Gado Siram Surabaya

Edisi kangen gado2 siram ala Suroboyo. Recook resep bumbu kacang siramnya mbak @Ravitarav yg udah cucok bgt menurut saya sama rasa gado2 Surabaya yg cenderung manis2 gurih..enak banget👍😋. Untuk penggunaan santan pada bumbu siramnya saya ganti dg Fibercreme

4 porsi
Gulai Kapau

Gulai Kapau

Gulai Kapau banyak dijual di Los Lambuang yang ada tengah Pasar Lereng, Bukittinggi. Gulai Kapau ini saya bikin yang versi ekonomis aja ya karena untuk versi lengkapnya ada pakai lobak singgalang, tulangan daging ataupun ayam. Tapi, walaupun bikin ala-ala rumah makan Kapau, rasa gulainya lamak banaaa, enak bangeet 😋. Terasa aroma rempahnya, gurih, dan agak pedas karena saya hanya pakai sedikit cabenya untuk anak-anak juga. Source: @dapurade50 dan @ratnapuspitta18 #ResepSayur #PPKM #PosbarIDAMAN #KopiJos_PosbarIDAMAN #KampungIdaman #KopiJos #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa

Sayur asem tenan

Sayur asem tenan

Lagi pengen aja makan yg seger plus aseeeeem

4 orang
1 jam
Sayur asem jagung kacang panjang

Sayur asem jagung kacang panjang

Beginilah kalau mau sayur asem tapi personel yang stand by cuma jagung dan kacang panjang haha Tetep segerrr

Cilok sambal kacang (takaran sendok)

Cilok sambal kacang (takaran sendok)

Tgl tua pengen jajan, akhirnya nguras bahan2 yg ada di dapur💖😀🙏

3orang
Lontong Sayur

Lontong Sayur

2 orang
35 menit
Jukut Bejek | Sayur Kacang Panjang Khas Bali

Jukut Bejek | Sayur Kacang Panjang Khas Bali

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Source: Nungky Wijaya Masya Allah... Dpt late info dr #CookpadCommunity_Tangerang minggu ini untuk #Cookies_NungkyWijaya. Pas stalking daftar resepnya, qadarullah ada resep kacang panjang, emang lagi ada stock seminggu lalu gegara food prep yg kelupaan. Jadi Jukut Bejek ini adalah makanan khas Bali. Jukut artinya sayuran. Jadi sayuran yg dibejek2.

5 orang
30 menit
305. Nasi Bekepor Kalimantan Timur

305. Nasi Bekepor Kalimantan Timur

Senin, 27 September 2021 Nasi Bekepor Kalimantan Timur spesial angka 1 untuk memeriahkan acara 1st Anniversary Cookpad Community Kaltim. (Pesan CoCoK) Wah, gak terasa cookpad Community Kaltim udah terbentuk selama 1 tahun. Semoga para author nya makin banyak dan makin solid. Serta makin rajin nulis resepnya di Cookpad. 🤗 #PesanCoCoK #CoCoK_1stAnniversary #RecookBubuhanKaltim #BubuhanKaltim_Yuliana #Posbar #NasiBekepor_Yuliana #KulaEtamCoCoK #DiRumahAja #305resepmarin #nasibekepormarin #masakitusaya #homemadeisbetter #semuabisamasak #cookpadIndonesia #cookpadcommunity #cookpadcommunity_Indonesia #cookpadcommunity_Borneo #cookpadcommunity_Kaltim #cookpadcommunity_Paser #cookpadcommunity_TanahGrogot #cookpadcommunity_Longikis #alaDapurMarinBorneo #by_DapurMarinBorneo #DapurMarinBorneo #resepMarin #cookinggalery #galerycooking #cookingwithhearteatingwithlove

Tahu Tek (Tahu Telur) Surabaya

Tahu Tek (Tahu Telur) Surabaya

Selasa, 29.06.21 .. Assalamu'alaikum .. Met malam sobat Cookpad. Kemarin sore saya membuat "Tahu Tek atau Tahu Telur Surabaya". Harusnya tahu Tek ini untuk posbar Semarak bersama Clover dengan tema "Kreasi Olahan Khas Surabaya" ide dari Mba Any Sasanti. Maaf ya Mba saya telat posbarnya 🙏 Oea kenapa tahu telur ini dinamakan tahu tek, karena si penjualnya saat meracik dan menggunting bahan yg digunakan bersuara tek tek, jadilah kemudian dikenal dgn sebutan tahu tek. Biasanya jg tahu tek ini dijual berkeliling menggunakan gerobak. Resep ini berdasarkan pengamatan saya dgn mengamati YouTubers2 yg sedang mereview tahu tek di daerah Surabaya, bahkan di Jogja yg terkenal dgn jualan tahu tek nya. Dan jg resep Mba Tati SoLina. Saya rangkum dan jadilah menu seperti resep yg saya tulis. Link resep Mba Tati SoLina: https://cookpad.com/id/resep/15178189-tahu-tek-khas-surabaya #SuroboyoRek #Semarak_SuroboyoRek #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Aceh #ResepDapurNauzalla #DapurNauzalla_KhasSurabaya #DapurNauzalla_TahuTempe

2 orang
Rujak tahu

Rujak tahu

Siang² ngerujak, tapi bukan rujak buah, yg ada rujak tahu, gpp lah biar kenyang 😂🤭 Dulu mba bos sering banget bikin beginian, gak tau deh nama sebenarnya apa, mba bos bilang sih rujak tahu, ya udah judul nya rujak tahu aja. 😄

1 porsi
tergantung 😅