Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat 7. BINGKA GULA HABANG KARAMEL yang Anti Gagal

Dipos pada January 2, 2020

7. BINGKA GULA HABANG KARAMEL

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat 7. BINGKA GULA HABANG KARAMEL yang unik? Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya 7. BINGKA GULA HABANG KARAMEL yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari 7. BINGKA GULA HABANG KARAMEL, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan 7. BINGKA GULA HABANG KARAMEL ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian 7. BINGKA GULA HABANG KARAMEL adalah 16 buah. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan 7. BINGKA GULA HABANG KARAMEL sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat 7. BINGKA GULA HABANG KARAMEL memakai 14 jenis bahan dan 13 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bismillah.. Resep bingka gula habang sebenarnya banyak macamnya. Tapi resep mba @cook_16286207 ada yang menarik hati saya yaitu penggunaan karamel. Penggunaan karamel di bingka jarang ada yang tau kecuali orang tertentu yang masih menggunakan resep asli / bahari. Ternyata beliau memang belajar langsung dengan tantenya di Samarinda, yang bilang bahwa karamel itu berfungsi untuk mengkilapkan bingka. Dan tentu saja dari segi rasa juga ada yang berbeda. Karena itu di judul saya tambahkan kata "karamel" untuk menekankan bahwa ada penggunaan karamel di dalamnya. Resep bingka ini tanpa telur. Tapi hasilnya tetap lembut luar dalam. Ada beberapa sengaja saya hanguskan, karena saya memang suka yang hangus / gosong luarnya. Awalnya kaget, kok bingkanya keras di luarnya dan saya fikir itu karena adanya karamel. Ternyataa..ketika sudah dingin, luarnya tetap jadi lembut. Jadi hasilnya tetap lembut luar dalam. Maklum dah..bingka ini wanginya benar-benar menggoda 🀀 Jadi pas masih panas..langsung comot aja πŸ˜… Oya, ada 1 lagi kelebihan bingka ini. Kebetulan sengaja saya sisakan 2 buah di suhu ruang selama 3 hari. Ternyata tidak basi lho. Malah besoknya semakin lembut. Mantap pokoknya ni resep πŸ‘πŸ»πŸ˜ Untuk mba @cook_16286207 makasih banyak resepnya dan sudah sabar menjawab pertanyaan-pertanyaan saya πŸ™πŸ»πŸ™πŸ» Maafkan saya sudah terlalu merepotkan mba πŸ™‡πŸ»β€β™€οΈπŸ™‡πŸ»β€β™€οΈπŸ˜ŠπŸ€—πŸ˜β™₯️β™₯️ Resep aslinya di sini : https://cookpad.com/id/resep/15058492-bingka-gula-merah #Ganangrassa #Ganangrassa7

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat 7. BINGKA GULA HABANG KARAMEL:

  1. BAHAN LALA'AN :
  2. 250 ml Santan
  3. 2 sendok makan Tepung terigu
  4. 1/2 sendok teh Garam
  5. BAHAN KARAMEL :
  6. 2 sendok sayur Gula pasir (saya 75 gram)
  7. 1/2 gelas Air (saya air panas 100 ml)
  8. BAHAN BINGKA :
  9. 300 gram Tepung terigu
  10. 3,5 gelas duralex Santan (saya 900 ml)
  11. 1/2 tangkup Gula merah (saya 250 gram)
  12. 2 sendok sayur Gula pasir (saya 75 gram)
  13. Sejumput Garam (saya Β½ sendok teh)
  14. Secukupnya Minyak goreng, untuk mengolesi cetakan

Langkah-langkah untuk membuat 7. BINGKA GULA HABANG KARAMEL

1
LALA'AN : Buat lala'an terlebih dahulu. Campurkan santan, tepung terigu, dan garam. Masak sampai mengental dan mengeluarkan minyak. Matikan kompor. Sisihkan dan dinginkan.
7. BINGKA GULA HABANG KARAMEL - Step 1
7. BINGKA GULA HABANG KARAMEL - Step 1
2
KARAMEL : Masukkan gula pasir ke dalam teflon. Ketika sebagian gula pasir sudah mencair, goyang-goyang teflon sampai gula pasir mencair semua. Tuang air panas sedikit demi sedikit, aduk sampai gula pasir mencair semua. Matikan kompor. Sisihkan dan dinginkan.
7. BINGKA GULA HABANG KARAMEL - Step 2
7. BINGKA GULA HABANG KARAMEL - Step 2
7. BINGKA GULA HABANG KARAMEL - Step 2
3
Ini hasil akhir karamel
7. BINGKA GULA HABANG KARAMEL - Step 3
4
BINGKA : Masak gula merah dan santan sampai mendidih dan gula merah mencair. Sambil diaduk agar santan tidak pecah. Dinginkan, lalu saring agar tidak ada kotoran dari gula merah. Sisihkan.
7. BINGKA GULA HABANG KARAMEL - Step 4
7. BINGKA GULA HABANG KARAMEL - Step 4
7. BINGKA GULA HABANG KARAMEL - Step 4
5
Siapkan wadah. Campur tepung terigu, gula pasir, garam, serta air rebusan gula merah dan santan tadi.
7. BINGKA GULA HABANG KARAMEL - Step 5
7. BINGKA GULA HABANG KARAMEL - Step 5
6
Lalu tambahkan karamel. Aduk rata. Kalau perlu disaring supaya adonan mulus dan tidak bergerindil.
7. BINGKA GULA HABANG KARAMEL - Step 6
7. BINGKA GULA HABANG KARAMEL - Step 6
7
Olesi cetakan dengan minyak goreng. Panaskan cetakan beserta tutupnya di kompor.
7. BINGKA GULA HABANG KARAMEL - Step 7
7. BINGKA GULA HABANG KARAMEL - Step 7
8
Setelah cetakan benar-benar panas. Tuang adonan bingkanya. Tutup dan biarkan hingga ΒΎ matang.
7. BINGKA GULA HABANG KARAMEL - Step 8
7. BINGKA GULA HABANG KARAMEL - Step 8
9
Setelah ΒΎ matang, tambahkan lala'an. Tutup lagi dan masak hingga matang.
7. BINGKA GULA HABANG KARAMEL - Step 9
7. BINGKA GULA HABANG KARAMEL - Step 9
10
Saat mengeluarkan bingka dari cetakan, sisiri dulu pinggirnya dengan pisau kecil atau sutil kecil. Lalu angkat menggunakan 2 buah sutil kecil dan pindahkan ke piring saji.
7. BINGKA GULA HABANG KARAMEL - Step 10
7. BINGKA GULA HABANG KARAMEL - Step 10
11
Sajikan bingka gula habang karamelnya.
7. BINGKA GULA HABANG KARAMEL - Step 11
12
Bingkanya benar-benar lembuuuuttt.. Dan lalanya meleleeeh 🀀🀀 Pokoknya enaaaaakkkk banget πŸ˜‹
7. BINGKA GULA HABANG KARAMEL - Step 12
13
CATATAN : - Hasilnya tergantung ukuran cetakan yang digunakan. Saya pakai cetakan diameter 7 cm dan tinggi 3 cm, hasilnya 16 buah bingka. - Saat membuat karamel, gunakan api yang sangat kecil supaya tidak hangus dan tidak pahit. - Saat memasak bingka, gunakan api kecil supaya bingka benar-benar masak. - Untuk penggunaan gula disesuaikan tingkat kemanisan selera masing-masing. - Banyak atau sedikit topping lala'an tergantung selera masing-masing. Saya memang suka yang agak banyak.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kue Lumpur Kentang Gula Palem

Kue Lumpur Kentang Gula Palem

Kali ini mau recook lumpur kentang ala Frielingga Sit #AkuManis #KampoengRamadan #CookpadCommunity_Jakarta

15 porsi
137. Kue lumpur#labu parang

137. Kue lumpur#labu parang

Dikasih labu parang alias labu kuning dari kebun adik, kepikiran hanya ada ide buat kue lumpur. Beruntung banyak resep ajaib di CP, jadilah saya recook dari resep mbah anny@kucibgrabbit_cocomtang....haturnuhun mbak, ini berkah silaturahim bisa dijadiin takjil buat se RT...πŸ₯₯πŸ₯šπŸ―πŸ₯›πŸ₯° #PekanPosbar #KampungRamadan #PosbarManisGurih #Cocomtang #CookpadCommunity_Tangerang #Ramadan 1442 H hari ke 19

25 buah
1 jam
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Masih ada stok daging, kita rendang aja dagingnya biar bisa nyetok makanan juga.. Masaknya memang lama (+- 2 jam), krn tujuannya supaya bumbu meresap dan daging benar2 empuk. Jd kudu sabar kalau masak beginian hehe. Tp percayalah yg hobby masak, mau selama apa pun masaknya tetap buat happy. Eeeiittss makan secukupnya ya hehe πŸ‘©β€βš•οΈ Selamat mencoba kengkawan πŸ‘πŸ»

+-2 jam
Apem Panggag mix Terigu

Apem Panggag mix Terigu

Namanya nyoba" ya, kalo dulu bikin mix maizena, kali ini mix terigu Perbedaanya, kalo tekstur mix maizena hasilnya empuk tapi lebih kenyal, sedangkan kalo mix terigu hasilnya empuk lebih lembut Q pake pan 8 lubang, hasilnya sekitar 36-37 bj itu ngisi pannya penuh, Untuk ukuran pan 8 lubang ini, pembungkusnya q pake size 9x9 hasilnya press, kalo pake 10x10 lebih longgar kembali ke selera ya mom #PejuangGoldenApron3

Rendang ekonomis dan praktis

Rendang ekonomis dan praktis

Dulu paling anti masak daging sapi,karena selalu alot dan kurang empuk. Berhubung kepengen rendang buatan mama yang dimakan tiap lebaran tapi lagi pandemi dan tidak bisa pulanh,mari kita eksperimen sendiri. Apakah sama atau beda?lebih enak atau lebih amburadul? Ternyata sama bun, amazing banget, dan empuk. Cocok buat perantau yang rindu masakan emak di kampung. #ontymasakyuk #TiketGoldenBatikApron #PejuangGoldenBatikApron #masakbarengsikecil @dapur_onty @lemari_angkel

8 orang
90 menit
Dadar gulung isi unti wortel

Dadar gulung isi unti wortel

Ramadhan tidak jauh2 lah dr kue2 tradisional Buat berbuka, berhububg punya banyak wortel bikin aja unti buat nggantiin si kelapa, ttp enak kok yuk simak resepnya Dadar gulung adalah kue khas bandung setau saya, tp di tempat kami kue ini kadang di modifikasi jadi khas tempat kami banyak wortel trs di ganti isinya menggunakan wortel #pejuanggoldenapron3 #cookpadcommunity_semarang #akumanis #pekanposbarmanisgurih #genkpejuangdapur #GASpesialRamadanpeda

Kue Lumpur Gurih

Kue Lumpur Gurih

Di rumah, kalau ada kue-kue manis entah itu kue kering atau kue basah, bakalan uawet, ngga ada yang nyolek. Mending puding atau roti deh 🀭. Anak wedok dulunya masih lumayan mau, eh sekarang mulai ketularan Ayah Bundanya, ngga suka kue manis, satu-satunya kue manis yang masih lumayan dilirik brownies. Berhubung ngga suka kue-kue manis, jadi saya menjawab surat cinta Mamah Cookpad untuk #PekanPosbarManisGurih dengan kue lumpur gurih. Toppingnya saya memanfaatkan sisa lauk ayam lada hitam yang masih ada di kulkas dan udang tumis bawang putih. Tapi saya cantumkan saja cara membuatnya ya. Resep adonan kue pakai punya Mba Tri Yunianti. Berhubung hari ini saya ada acara keluar rumah, jadi bikin kue lumpurnya harus cepet-cepet. Akhirnya saya memasaknya dengan 2 cara, yakni pakai oven dan sebagian lagi dipanggang di kompor, yang penting cepat selesai dan bisa menyemarakkan #PekanPosbar 😁 Source: https://cookpad.com/id/resep/14234139-lumpur-asin?invite_token=Pb7SRbpfGrW6DzCuk6kBbaZs&shared_at=1619943208 #AkuAsin #KampoengRamadan #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bogor

20 pcs
#47 Kue Lumpur Kentang

#47 Kue Lumpur Kentang

Sekalian niii bikin buat pesenan jadi banyak bikin na 😁 Inspired by Lily W Lestari #pekanPosbarManisGurih #AkuManis #KampoengRamadan #CookpadCommunity_Bandung #PejuangGoldenApron3

22.Rendang Ayam istimewa

22.Rendang Ayam istimewa

Hai sahabat #pejuangkanker#pahlawandapur#pahlawandapurpedulikankerpayudara diseluruh dunia,kali ini saya ingin berbgi resep manakala ada yg ingin mencoba dan terinspirasi untuk kembali semangat berkreasi, semngat bngkit untuk mencapai kesembuhan,membngun keinginan mengolah makanan untuk keluarga tercinta..bunda bisa mencoba resep saya untuk mengingt kembli kenangan anda dimn anda bisa menikmati dan mengolah makanan setiap saat.mungkin resep ini bnyk mengandung lemak πŸ™πŸ™,tp tdk ada slh nya buat anda mencoba resp untk kluarga tercinta dirumah..biar mereka jg bisa merasakan semngat anda untuk sembuh itu luar biasa....semngat...(semoga menginspirasi)

7/8 orang
1 jam
Rendang Daging

Rendang Daging

5 orang
30 menit
Maksuba Keju

Maksuba Keju

Kue favorit keluarga saya terutama hidangan wajib di hari Raya atau hari hari istimewa,,,,manis dipadu dengan keju yg gurih....

3 Jam
Bingka Kentang Mini Khas Banjar

Bingka Kentang Mini Khas Banjar

Untuk makanan takjil memang enak kalau buat yang manis-manis. Tapi minggu ini acara di kantor padat sekali jadi mau buat yang mudah-mudah. Setelah menjelajah Cookpad, menemukan resep Bingka yang sepertinya mudah sekali. Gak perlu mixer dan hanya diaduk2 saja. Alhamdulillah. Aku recook resepnya Mbak Silva Malexhi, tapi santan aku ganti dengan FiberCreme. Mirip kue lumpur tapi lebih mudah membuatnya.. sayangnya gak punya cetakan khusus bingka jadi pakai cetakan kue lumpur. Jadi gak bisa tebal seperti kalau pakai cetakan bingka. #PekanPosbarManisGurih #AkuManis #KampoengRamadhan #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Jakarta

23 porsi
45 menit
Rendang sapi simple by yaya

Rendang sapi simple by yaya

1-4 orang
1 jam 30 menit
Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

lihat jengkol d pasar auto beli dan taaraaa akhirnya d buat rendang jengkol 😍🀀🀀

Lumpur Surga

Lumpur Surga

Bikin yg lumer lumer yuksπŸ˜„, dengan teksturnya yang lembut ,dan gurih pas banget untuk buat teman nyantai soreπŸ˜‹πŸ˜‹ Source: Nana Hanif #CookpadIndonesia #DirumahAja #MasakAsyik #TakjilRamadhan #Anekakuetradisional #LumpurSurga

Rendang daging nyemek nyemek pake rempah bubuk rendang instan

Rendang daging nyemek nyemek pake rempah bubuk rendang instan

Bingung kalo pake bumbu bubuk rendang pelengkapnya apa aja.. Telpon ibuk, dan dikasih taulah pelengkapnya πŸ˜… apa daya resep ibuk memang enaak.. Cuma rempahnya aq langsung pake bumbu instan bubuk beli di pasar, kalo ibuk pake racikan rempah aseli... Hasilnya Alhamdulillah suami sukkaa

Daging Sapi Rendang

Daging Sapi Rendang

Paling semangat deh klo masak rendang,yah walaupun masaknya itu memakan waktu yg lama dan bumbunya yg lumayan banyak,tp klo si kaka uda minta dibuatin..aku langsung siap masakinnya 😊 selain itu jg bsa dimakan sampai bbrp hr kedepan deh. πŸ₯°yuk moms intip cara masaknya

10 orang
3jam
Klepon simpel

Klepon simpel

Lagi pengen makan makan manis tapi harus kntrol gula oke mari kita buat klepon yang mantul tanpa air kapur

2/3 orang
30 menit