Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Sate Padang Ayam yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada March 16, 2022

Sate Padang Ayam

Sore-sore begini enaknya membuat Sate Padang Ayam yang pasti lezat Cara membuatnya sedikit repot. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Sate Padang Ayam yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Sate Padang Ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Sate Padang Ayam di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sate Padang Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sate Padang Ayam memakai 30 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sate padang selain menggunakan daging sapi juga bisa menggunakan daging ayam. Si kecil rikues karna tahun ini masih gak bisa mudik,dia punya sate ayam langganan di kampung jadi kalau tiap mudik jajanan nya selalu sate padang ayam,untuk mengobati kangen nya akan sate padang ayam yang jauh di sana saya bikinin aja sekalian 😊 Saya memanggang pakai grill pan karna gak bisa pakai arang,kalau di bakar pakai arang aroma dan rasa nya lebih enak karna ada rasa asap nya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sate Padang Ayam:

  1. 1/2 kg dada ayam
  2. 150 gr tetelan sapi
  3. 4 sdm munjung tepung beras encerkan
  4. 1,5 liter air
  5. Secukupnya tusuk sate rendam dahulu
  6. 3 batang daun bawang iris kasar
  7. Secukupnya garam dan kaldu bubuk
  8. Secukupnya minyak bekas menggoreng bawang merah
  9. Bumbu Halus:
  10. 15 butir bawang merah
  11. 8 siung bawang putih
  12. 10 buah cabe merah keriting *tambah rawit hijau bila suka pedas
  13. 1 ruas jari kunyit
  14. 1/2 sdt kunyit bubuk
  15. 1,5 ruas jari jahe
  16. 1/2 sdt merica bubuk
  17. 1 sdt ketumbar bubuk
  18. 1 sdt jinten sangrai
  19. 1 ruas jari kayu manis
  20. 5 buah kapulaga
  21. 3 buah pekak/bunga lawang
  22. 2 sdm kari bubuk
  23. Bumbu Daun:
  24. 1 lembar daun kunyit simpulkan
  25. 2 batang serai geprek
  26. 5 lembar daun jeruk
  27. 2 ruas jari lengkuas geprek
  28. Pelengkap:
  29. Ketupat di potong²
  30. Bawang goreng

Langkah-langkah untuk membuat Sate Padang Ayam

1
Cuci bersih dada ayam kemudian rebus hingga kotoran nya keluar. Bilas bersih dan potong dadu sisihkan.
Sate Padang Ayam - Step 1
2
Tumis bumbu halus beserta daun² hingga matang kemudian bagi 2 bumbu nya daun²an di salin ke bumbu yang untuk kuah.
Sate Padang Ayam - Step 2
Sate Padang Ayam - Step 2
Sate Padang Ayam - Step 2
3
Di sisa bumbu yang separuh masukan dada ayam yang telah di potong tambahkan sedikit air,garam dan kaldu bubuk masak hingga dada ayam empuk air mengering dan bumbu meresap ke daging salin ke piring.
Sate Padang Ayam - Step 3
4
Tusuk potongan dada ayam menggunakan tusuk sate,satu tusuk saya isi 3 potong lakukan hingga daging habis.
Sate Padang Ayam - Step 4
5
Panaskan grill pan oles tipis dengan minyak bawang goreng kemudian panggang sate hingga kecoklatan sambil sesekali di olesi minyak bawang.
Sate Padang Ayam - Step 5
6
Buat kuah nya: Dalam panci masukan tetelan,sisa bumbu dan air masak hingga tetelan empuk tambahkan garam dan kaldu bubuk tes rasa kemudian masukan tepung beras yang sudah di encerkan aduk cepat.
Sate Padang Ayam - Step 6
Sate Padang Ayam - Step 6
Sate Padang Ayam - Step 6
7
Bila sudah meletup² tambahkan daun bawang masak hingga kuah mengental *bila terlalu encer takaran tepung nya bisa di tambah.
Sate Padang Ayam - Step 7
8
Penyelesaian nya tata ketupat di piring beserta sate yang telah di panggang kemudian siram dengan kuah dan taburi bawang goreng.
Sate Padang Ayam - Step 8
Sate Padang Ayam - Step 8
9
Sate ayam padang siap di sajikan.
Sate Padang Ayam - Step 9

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Laksa Bogor (387)

Laksa Bogor (387)

Perdana bikin laksa...setelah acara ngopi ngorek CM mba @opibun tema laksa jadi penasaran bikin deh...murmer pula bahannya..rasanya unik dan seger...makin ngeres kuahnya makin enak...krn ada oncom dan kelapa sangrai yg buat aromanya khas... Kutipan dari mba @opibun : Laksa adalah salah satu warisan kuliner khas Bogor yang masih terjaga keberadaannya hingga kini. Khas dari Laksa adalah kuah kuningnya yang berampas atau “ngeres” dengan rasa gurih yang berasal dari kelapa parut. Ditambah semerbak aroma kemangi yang menambah kenikmatannya Resep asli : https://cookpad.com/id/resep/15178360-laksa-bogor?invite_token=j7bKTFo2Ci1bm1fTJL5ry3nS&shared_at=1625990607 #CocomtangPost_LaksaOpiBun #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Tangerang #CocomtangPost #pekanposbar #laksabogor

5 porsi
1 jam 30 mnt
Kolak Pelangi

Kolak Pelangi

Liat salah satu food channel. Hidangan peranakan saat tahun baru. Langsung tertarik coba bikin. Ternyata enakkk.

Ketoprak

Ketoprak

Bismillahirrahmanirrahim... Favorite banget🤤 Apalagi kalau puasa buka nya makan ketoprak dan minum teh tawar anget MasyaAllah👍👍👍 #CookpadCommunity_Tangerang

2 orang
Ketupat

Ketupat

Lebaran udh berlalu tp masih pingin makam ketupat bikin lagi aj..#PekanInspirasi #Pekan_Riau #cookpadCommunity_Tuban

Soto Banjar

Soto Banjar

Halo Lur ! Kemarin saya sudah upload resep Perkedel Kentang nih, untuk pelengkap Soto Banjar Nah sekarang saya publish deh resep Soto Banjar ala saya ☺️ Soto Banjar ini dimakannya pakai ketupat yaa, tapi ketupatnya sudah saya buat semalam sebelumnya #PekanRayaSoto #PekanPosbarSoto

± 6 porsi
± 60 menit
Ketupat lebaran

Ketupat lebaran

Bingung saat lebaran kemaren keluarga besar minta disediakan ketupat. Sebetulnya saya udah putus asa beberapa kali bikin lontong tapi kadang gagal. Akhirnya nyoba ketupat resep sana sini termasuk dari tetangga. Hasilnya ternyata cantik banget.

10 porsi
3 jam
Tauge Goreng Khas Bogor (Versi Menjes)

Tauge Goreng Khas Bogor (Versi Menjes)

Source : Evida Kartini Link : https://cookpad.com/id/resep/14234143-tauge-goreng-khas-bogor?invite_token=evg11AvzrgYU2jKTha3qXWEi&shared_at=1610683995 Masih dengan tema Semarak nya Clover yaitu kreasi aneka makanan khas Bogor. Saya coba membuat Tauge Goreng Khas Bogor. Namanya kreasi yaa jadi boleh dong saya pakai Menjes untuk mengganti si Oncom yang ga ada di Malang. Suka banget sama si toge goreng.. biasa di jual sama abang-abang pikulan dan togenya ituu kayak di asap gitu yaa krna di masak di atas wajan datar dan dikasih air sedikit. Waktu masih kuliah di Bogor gampang nyari nyaa banyak yang jualan. Yang paling enak tuu menurut aku warung Toge Goreng Hj Omah... coba deh kalau main ke Bogor.. Yang unik dari makanan ini adalah bumbu tauconya yang perpaduan asam dan manis, serta ada oncom nyaa. Nah entah kenapa di Malang ga ada yang jual oncom, adanya Menjes. Jadi bumbunya dengan menjes. #PejuangGoldenApron3 #KeBogorYuk #Semarak_KeBogorYuk #CookpadCommunity_Malang #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CloverCookingLovers #MingguKe_33

4 orang
30 menit
🍢Sate Padang(khas Sumatera Barat)

🍢Sate Padang(khas Sumatera Barat)

Bismillah.... Nurutin kemauan si bontot(adik) pengen makan sate padang yang dulu biasa di masak Almarhumah ibu mertua kakak katanya,(resep ibu mertua) Al-fatihah untuk beliau.saya padukan sedikit dengan resep dr bunda @cook_9885790 . jadilah pagi-pagi kepasar nyari lidah sapi dan ketupat(karena ciri khasnya pakai lidah sapi,makan ditemani ketupat),tapi sayangnya lidah dan ketupatnya g kebagian, akhirnya beli dagingnya saja,dan ketupatnya ganti pakai lontong daun pisang.yuukk capcuss kita eksekusi!!

Lengko Daging Sapi Khas Tasikmalaya

Lengko Daging Sapi Khas Tasikmalaya

Resep ini terinspirasi dari rindu mudik ke kampung Mimih (Bibi/ Bude) di Tasikmalaya. Tiap singgah disana pasti dibikinin Lengko Ayam, tapi karena stok daging sapi lagi melimpah 🤭 jadi saya pakai bahan daging sapi. Lengko merupakan masakan berkuah santan hampir mirip seperti opor/ kari dan disajikan dengan lontong atau kupat. Biasanya kami makan sebagai one dish meal atau menu sarapan praktis. Selamat mencoba 🤗 Resep saya boleh recook dari bu Giacinta Permana dengan bahan 1/2 dari resep asli. Ikutan ah #BelanjaIdeDiPasarCookpad karena mauuuu bangetttt dong pastinya bonus dari Cookpad #SarungTanganCookpad 🤩💞 Merdeka!!! 🇮🇩 Belanja bahan yang saya pakai di resep ini masuk kedalam kategori bahan Daging yakni Daging Sapi Khas Dalam. #JelajahResep #JelajahResepNusantara #JelajahResepKhasNusantara #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_id #MasakItuSaya #KeDapurAja #DiRumahAja

5 orang
90 menit
Ketupat Sayur Kuah Susu

Ketupat Sayur Kuah Susu

Masih untuk meramaikan event cookpad seputar Hari Gizi Nasional. Hari ini memang sudah direncanakan untuk buat ketupat dan sayurnya untuk sarapan ehehe. Oia ketupatnya praktis pakai resep dapurVY sudah aku posting ulang resepnya. Dan sayur labunya juga sudah aku posting. Yuk yang penasaran bisa ikutan buat juga. Tidak ada salahnya kan kita mengurangi konsumsi santan ya dan ternyata rasanya juga enak loh. #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #clovercookinglover #HariGiziNasional2019 #HariGiziNasional #tidaksekedarmemasak #cookingwithhearteatingwithlove #ketupatsayurkuahsusu #cookpadcommunity_jakarta #cookpadersjawabali #masakitusaya

Toge goreng bogor

Toge goreng bogor

Edisi kangen kuliner bogor,ditempat saya tidak ada yang jual ya cus lah diniatkan buat sendiri

5 orang
45 menit
Ketupat Presto

Ketupat Presto

Ga butuh waktu lama buat bikin ketupat, cuma sejam dan hasilnya memuaskan.. cobain deh.. 😘

70 menit
Ketupat lebaran hanya 25 menit

Ketupat lebaran hanya 25 menit

Masak ketupat hanya 25 menit irit gas banget. Cara memasak ketupat cepat dan matang sempurna Dengan metode 10.30.15.30. Maksutnya 10 menit kita masak matikan api dan diamkan selama 30 menit. Lalu masak kembali selama 15 menit matikan api diamkan selama 30 menit. Jd Tidak perlu memakan waktu lama. Ketupat lebaran sudah jadi deh. Selamat mencoba FOLLOW IG. @Official_Resependolita FB. Resep endolita real Pinterest. Resep endolita Tiktok. Resep endolita Tutorial lengkap cek youtube channel RESEP ENDOLITA. Banyak resep masakan dan cake yg kalian bisa coba. Tq

5 Porsi
25 menit
Soto / Sroto Sokaraja Daging Sapi & Babat

Soto / Sroto Sokaraja Daging Sapi & Babat

Bismillah Rabu, 12 Agustus 2020 Yuk nyroto 👍

10-15 mangkuk k
2 menit
Laksa Bogor

Laksa Bogor

Pengen yang seger berkuah.. Terinspirasi dari laksa H. Inin, Cihideung yang terkenal, tapi jauuh. Dulu pernah cooksnap resep ini dari mba @rima2020 tapi gak difoto lengkap karena lupa n sibuk melototin bahan n step masaknya.. 😁 Kali ini recook sekalian reshare resepnya mba @opibun dengan penyesuaian sesuai bahan yang tersedia. Gak punya kunyit segar dan jinten, diganti kunyit bubuk n bubuk kari dikit. Di bumbu halusnya ditambahin kelapa sangrai juga.

4 porsi
45 menit
Ketupat lontong megicom

Ketupat lontong megicom

Menu lebaran paling enak di makan menggunakan opor nasiny padet bgt 😍😍😍 walau cuma pakai megicom rekomen buat yg mau bikin lontong gak mau ribet dan lama masaknya #PejuangGoldenApron3

Ketupat

Ketupat

Sajian saat hari ketujuh lebaran yaitu ketupat dan dimakan bareng opor ayam, kalo dijawa namanya riyoyo kupat (Lebaran Ketupat) buat pengobat rindu kampung halaman, Alternatif bikin lah untuk dimakan sendiri sambil dibagi ketetangga kanan kiri doank hehehe. . . . #PejuangGoldenApron3 #ResepLailaDawud #TimGulaJawa #Cookpadcommunity_Bali #ResepMommyZoe #Cookingwithhearteatingwithlove

13 buah ketupat
7 jam
Bumbu kacang untuk ketupat

Bumbu kacang untuk ketupat

Sebenernya bumbu kacang ini kesukaan suami saya, karna dia setiap makan ketupat maunya pakai bumbu kacang. Buatnya mudah, bisa buat dimakan berkali-kali #siapramadan #sayanganak #berburucelemekemas

Sayur ketupat

Sayur ketupat

masih dalam suasana ramadhan penuh berkah, saya mau berbagi resep sayur ketupat ala saya nih bunda 😊 berhubung kemarin ramadhan hari ke 15 dan dalam tradisi daerah saya ada istilah ketupatan di hari ke 15 ramadhan jadi saya kepikiran buat coba-coba bikin sayur ketupat.. 😁 #siapRamadan