Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Apem Nasi yang Bikin Ngiler

Dipos pada December 24, 2019

Apem Nasi

Sore-sore begini enaknya membuat Apem Nasi yang mudah Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Biasanya Apem Nasi yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Apem Nasi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Apem Nasi di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Kira-kira porsi penyajian Apem Nasi kira-kira 9 mangkok. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Apem Nasi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Apem Nasi memakai 8 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sejauh ini, kue apem terenak yang pernah saya coba.. hehe bukan saya yang jago lho, tapi resepnya. Resep saya contek dari IG mbak @Ren_Cy89 (tapi sama mbaknya gak di-post di Cookpad deh jadi gak bisa saya post recook) :) Rasa dan teksturnya manis lembuut.. bikinnya gampang banget, modalnya murah (no mixer, no kringetan, no telur). Bakal jadi salah satu resep kue favorit saya :) Resep untuk 9 pcs (mangkok talam)

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Apem Nasi:

  1. 50 gr nasi matang
  2. 50 gr tepung beras
  3. 50 gr tepung terigu (saya pakai pro-sedang Segitiga Biru)
  4. 4 sdm gula pasir
  5. 150 ml santan (saya: 1 sachet Kara instant 65 ml + air)
  6. 1/2 sdt ragi instant
  7. 1/2 sdt garam
  8. Secukupnya pewarna bila suka

Langkah-langkah untuk membuat Apem Nasi

1
Siapkan semua bahan.
Apem Nasi - Step 1
2
Masukkan semua bahan ke dalam blender. Blend sampai halus. - Pindahkan ke dalam wadah, aduk rata dengan spatula, tutup dengan serbet bersih. - Diamkan selama satu jam.
Apem Nasi - Step 2
Apem Nasi - Step 2
Apem Nasi - Step 2
3
Kira2 10 menit sebelum 1 jam, panaskan kukusan, lapisi tutup dengan serbet terikat erat. Siapkan juga mangkok cetakan yang dioles sedikit minyak. - Setelah 1 jam, ambil adonan, aduk rata kembali, lalu bagi menjadi dua bagian. Satu biarkan putih, satu lagi diberi pewarna merah muda, atau sesuai selera.
Apem Nasi - Step 3
Apem Nasi - Step 3
4
Tuang adonan putih ke dalam mangkok cetakan yang sudah dioles minyak, sebanyak setengah ukuran. - Kukus dengan api sedang selama 5 menit. - Setelah 5 menit, buka tutup kukusan, tuang adonan pink (warna ke-2) sampai hampir penuh. Kukus selama 15 menit.
Apem Nasi - Step 4
Apem Nasi - Step 4
Apem Nasi - Step 4
5
Setelah 15 menit, matikan kompor, keluarkan mangkok dari kukusan. Biarkan mendingin di luar sebentar sebelum dikeluarkan dari cetakan untuk disajikan :) Note: kalau hanya pakai satu warna, kukus saja selama 15 menit full dengan api sedang.
Apem Nasi - Step 5
Apem Nasi - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Putu ayu

Putu ayu

Jadi dulu waktu SMP sama ibuk sering bikin putu ayu untuk di jual, nhah mumpung ada bahan yuk bikin putu ayu anti gagal .. resep turunan dari ibuk saya

20-30 kue
1jam
Klepon ubi ungu

Klepon ubi ungu

Bikin klepon ubi ungu untuk takjil berbuka puasa, pas di gigit gula nya muncrat....maniiis....πŸ˜„ Untuk komposisi sagu nya lebih sedikit jadi berasa banget rasa ubi nya.... Resep ini juga di tujukkan untuk event posbar #KampoengRamadan di #CookpadCommunityIndonesia dengan tema kue asin kue manis...😍 #PejuangGoldenApron3 #Minggu48 #AkuManis #CookpadCommunity_Jakarta #KampoengRamadan

12 bj
30 menit
Kue Ali Agrem Cicalengka / Kue Cincin (Burayot versi donat)

Kue Ali Agrem Cicalengka / Kue Cincin (Burayot versi donat)

Kue ini khas sekali kalau lagi liburan ke rumah nenek di daerah cicalengka tepatnya di gunung garogol desa cicalengka, tiap makan ini bawaannya keinget nenek 🀭 alhasil lebaran tahun ini berhasil mengorek resep langsung dari nenek. Bagi yang tau burayot khas Kota Garut, kue ali agrem ini rasanya mirip burayot hanya saja teksturnya lebih padat dan bentuknya jelas yg berbeda juga.

175pcs
Β±120menit
Nagasari

Nagasari

Resep ini berasal dari ibu saya

10 bks
1 jam
Sus Crunchy Klepon (Choux Au Craquelin)

Sus Crunchy Klepon (Choux Au Craquelin)

Halo Sobat Cookpad 😘 Sus crunchy bisa dikreasikan apa aja. Biasanya isiannya antara whipped cream atau diplomat cream. Namun disini, aku memakai pastry cream saja. Jadinya memang lebih legit ya, apalagi aku mengisi dengan unti kelapa dan dicorat-coret dgn sirup gula merah. Ini cocok untuk yang sweet tooth. Namun jika tidak suka manis, skip saja unti dan sirup gula merahnya haha. Jadinya ya seperti kue sus biasa ya. Ini hanyalah sekedar ide kreasi aja dariku tuk Sus Crunchy dan juga menggunakan produk dari Krim Kafe. Krim Kafe adalah krimer pengganti susu dan santan. Rasanya gurih πŸ˜‹. Kalau mau lihat resep asli kue sus, boleh di klik link dibawah yaπŸ˜‰πŸ‘Œ. Resep kulit dan pastry cream aku menggunakan resep dr Chef Yongky Gunawan. Tuk resep biscuit dr All Cooking Stuff (YT). Selamat mencoba dan happy baking! :) Sus ala Yongki Gunawan https://cookpad.com/id/resep/11710346-sus-ala-yongki-gunawan #cookpadindonesia #cookpad #GA_TheNextLevel #cookpadcommunity #cookpadcommunity_id #wongkitogalo #kampoengramadan #sumbar #cookpadcommunity_palembang *NOTE: - Aku double isian fla karena sus ini lebih kopong dan aku isi tinggi melebihi susnya. Sobat silahkan pakai resep yg aku cantum dibawah. Boleh campur dgn whipcream jika mau isiannya lebih light dan banyak.

20-21 sus
Kue Pancong 2 Bentuk

Kue Pancong 2 Bentuk

Assalamualaikum! Ini sebenernya percobaan gagal tp bikin ketawa hahaha. Berhubung #CookpadCommunity_Malang lagi jalan2 ke Jekardah, jadi tema kali ini masakan khas betawi! Setelah googling bbrp resep akhirnya mutusin buat bikin pancong. Sebenernya cukup simple, cuma krn kesalahan teknis jadinya sempet gagal tp untungnya bisa diakali πŸ˜‚ mau tau keseruannya? Cusss disimak ya πŸ˜‚πŸ‘πŸ» #SemeruColam #SeleraMasakNusantaraBetawi #Colam_NyokRameRameKeJakarte #CookpadCommunity_Malang #EmakNusantaraKreatif #PejuangGoldenApron3 Sumber = pancong mozanya Bunda Lilis https://cookpad.com/id/resep/14460960-kue-pancong-mozarella?invite_token=KrvVvr7FDRcMvZ5J8eBxBX6b&shared_at=1622193600

BOLU KARAMEL 3 telur, ANTI GAGAL

BOLU KARAMEL 3 telur, ANTI GAGAL

✏25 mei 2021 Tanpa oven,tanpa mixer, tanpa teflon serta takaran sendok pula.cocok banget buat pemula😍 Hasilnya memuaskan. Silahkan dicoba teman2😊 . . . Instagram: @dapurhikmah.2024 Facebook: Dapur Hikmah Youtube : Dapur Hikmah Real/ Zona Cemilan #CookpadIndonesia #GA_TheNextLevel #nHnCookGA_TheNextLevel #MasakItuSaya

4 orang
90 menit
Putu ayu

Putu ayu

MRT_ArifahAmrullah #CookpadCommunity_Jakarta Pernah coba bikin tapi hasilnya selalu bantet. Tapi kali ini sukses. Thanks mbak arifah. Resepnya Ok. Adonanannya lupa fotoin.

20 pcs
1 jam
Kue Mangkok Merekah

Kue Mangkok Merekah

Tidak sesulit yang di bayangkan untuk bikin kue ini, bahannya simple, cara bikin juga simple. Ini versi pakai tape singkong #PejuangGoldenApron3 #week47

Bika Ambon pakai Panci Presto

Bika Ambon pakai Panci Presto

Udah lamaaaaa bgt cookmark resepnya ini. Cuma baru skrg kesampaiannya, krna mmg bahanΒ²nya baru komplit skrg. Kl mau bebikin yg banyak printilannya gini, biasa ak cicil belinya dan ngikutin stok dapur jg. Jd ga bgtu terasa pengeluarannya, hehe Fyi, krna tatakan komporku miring, jadilah seratnya miring juga. Kl bikin bolu jg sama, tinggi sebelah jdnya, hufff Next time kl bikinnya pke cetakan kue lumpur yg dalam gitu lbh bagus kali ya? Kyk kue pasar bgt jdnya hehe Source: dapoer_ibuksultan @cook_14162154 https://cookpad.com/id/resep/9647594-bika-ambon?invite_token=kLL2JgPB1zLM52m1VWHVpNyL&shared_at=1624795068 #cookpadcommunity_tangerang #cookpadcommunity_medan

loyang D18cm
Risoles Mayo roti tawar

Risoles Mayo roti tawar

Karena anak pingin risol mayo,trus blm bikin kulitnya,lihat ada roti tawar muncul lah ide menggunakan roti tawar kulitnya,tepung roti .jadi deh cemilan gak pake lama😍

4 porsi
30 menit
443.Kue Lumpur Tape

443.Kue Lumpur Tape

Ada sebungkus tape di kulkas. Kalo didiemin pasti ga dimakan coba diolah buat Kue Lumpur Tape pakai resep Mbak @heny_wid. Enak lho...πŸ˜‹πŸ˜‹. Di resep asli pake susu bubuk karena saya adanya hanya kental manis ya wes itu saja dan toppingnya bukan kismis tapi keju. Sesuai yang ada saja tapi tidak mengurangi rasanya 😍😍 https://cookpad.com/id/resep/14091767-kue-lumpur-tape-pandan?invite_token=tczRW4izzytUw9rfWf1ix2Qt&shared_at=1633229081

14 buah
Pancong Lumer ala Tampo Mas

Pancong Lumer ala Tampo Mas

Lagi pulang kampung, terus kangen pancong Tampo. Jadilah resep ala ala pancong Tampo. Tetep sih, pancong Tampo gaada lawan!

KUE CUCUR (traditional cake)

KUE CUCUR (traditional cake)

Setiap dari pasar,aku tuh sering beli oleh2 kue cucur untuk anak2 dan suami di rumah. Karena anak2 ku tuh seneng banget kue ini,auto habis seketika kalo aku beli ini. Penasaran dengan kue kesukaan anak2 ini,aku coba eksekusi (mumpung off kerja)

kurleb 30 pcs
1 jam 30 menit
Dadar Gulung

Dadar Gulung

Saat di Indonesia seneng banget sama jajanan satu ini. Disini jarang yang jual. Akhirnya nyoba bikin sendiri aja. Mumpung baru mood. Lumayan juga beli satu kelapa dibikin intinya sedikit-demi sedikit. Maklum kami di rumah hanya ber 3. Pertama buat saya buat 2 kali resep kulit dan unti saya pakai setengah kelapa sekaligus. Biar bisa dibagi ke sebagian teman.

Kue Lumpur kentang

Kue Lumpur kentang

Kemarin waktu mudik di Surabaya, ibu pengen bgt makan kue lumpur. Pengen beli di pasar tapi kebanyakan manisnya dari pemanis buatan. Mumpung saya di Surabaya, ibu nyuruh saya bikinin kue lumpur kentang. Krn dirumah ada kentang, daging kelapa dan juga kismis nganggur ga kepakai. Langsung cus kedapur dan bikin dibantuin ponakan. Setelah matang semua orang rumah pada suka bgtπŸ₯° #PekanPosbar #BarapiManjuhu #TanjuTanjung #Cookpadcommunity_Kalteng #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Sampit #Cookpadcommunity_id #Cookpad_id