Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Klepon ubi ungu 🍠 yang Enak

Dipos pada January 3, 2020

Klepon ubi ungu 🍠

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Klepon ubi ungu 🍠 yang lezat Cara membuatnya sedikit repot. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya Klepon ubi ungu 🍠 yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Klepon ubi ungu 🍠, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Klepon ubi ungu 🍠 sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Klepon ubi ungu 🍠 yaitu 50 pcs. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Klepon ubi ungu 🍠 sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Klepon ubi ungu 🍠 memakai 8 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Klepon ubi ungu 🍠:

  1. 1 batang ubi ungu besar
  2. 200 gr tepung ketan putih (kira" 20 sdm)
  3. 2 sachet gula pasir
  4. Garam
  5. Gula aren (dipotong dadu)
  6. Kelapa parut untuk taburan kue
  7. secukupnya Air hangat
  8. Daun pandan

Langkah-langkah untuk membuat Klepon ubi ungu 🍠

1
Kukus terlebih dahulu kelapa parut yang diletakkan daun pandan sekitar 15 menit. Sisihkan. Sebelumnya taburi sedikit garam pada kelapa parut sebelum dikukus.
2
Kukus juga ubi ungu hingga lunak, haluskan dengan garpu ketika masih panas dan lunak. Beri sedikit garam dan gula pasir ke dalam ubi ungu yang sudah dihaluskan.
3
Setelah ubi ungu hancur, masukkan tepung ketan perlahan-lahan. Beri sedikit air hangat sambil menguleni. Jangan beri air terlalu banyak ya, dikira2 saja hingga adonan ubi ungu dan tepung ketan bisa dipulen.
4
Bulat2kan adonan ubi ungu dan tepung ketan seukuran kue klepon seperti biasa, pipihkan. Masukkan gula aren yang sudah dipitong2 halus. Saya tidak potong sisir gula aren karena saya lebih suka dimakan jika ada potongan gula aren di dalam. Bulat2kan kembali adonan yang sudah diisi gula aren.
5
Didihkan air. Setelah air mendidih, masukkan adonan bulat2 kue klepon. Tunggu hingga adonan kue mengapung. Tiriskan. Setelah ditiris, gulirkan kue klepon ke kelapa parut yang sudah dikukus di awal.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Padang

Rendang Padang

Assalamu’alaikum... Rendangggg,,,,πŸŽ‰ Pokoknya ini makanan yg fav. bgt buat suami. harus masak nasi yg banyak, klo menunya rendang πŸ˜… satu lagi yg ngga boleh lupa,,nyiapin obat kolesterol buat suami πŸ™ˆ Resep andalan dari mami mertua πŸ˜† #MeatLoversIstimewa #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa #CookpadIndonesia

5 orang
2 jam
Rendang Daging (Randang Dagiang)

Rendang Daging (Randang Dagiang)

Rendang Ala Gadis Minang:)

3-4 porsi
Dadar Gulung

Dadar Gulung

#PejuangGoldenApron3

Rendang Ayam Tanpa Santan, Gula, Minyak

Rendang Ayam Tanpa Santan, Gula, Minyak

Menu diet Tapi Masih bisa makan enak salah satu nya Rendang ini Saya sedang berusaha tidak makan minyak, gula dan santan serta Tepung Alhamdulillaah berat Badan saya menyusut 15 Kg diimbangi dgn Minum air Putih 3 liter setiap hari Dan olahraga jalan kaki juga ya moms

Rendang Frozen (530)

Rendang Frozen (530)

Jawaban #ramadancamp_misi4 : FROZEN FOOD Ga cuma yg crispi2 aja yg bisa difrozen...rendang juga bisa lho...biasanya setelah dimasak smp empuk...aku masukan ke wadah tertutup, masukkan dalam frezer...nanti pas mo dimakan bisa dihangatkan...(bisa taruh diatas magic com...praktis kan buat stock dibulan puasa. #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Tangerang #CookpadIndonesia #CocomtangPost #IdeMasak #RamadanCamp_Misi4 #ceritadapurhariini #JabodetabekBikinYuk_FrozenFood

2 -3 jam
Risol Kampung Saus Kacang

Risol Kampung Saus Kacang

Jadi saya bingung nih cari menu takjil untuk buka puasa hari ini. Iseng tanya sama pasangan, dan dia lagi ngidam risol kampung tapi pakai bumbu kacang super endul. Jadilah dalam sekejap si risol menul menul ini ..

20 pcs
60 menit
Talam Ubi Orange

Talam Ubi Orange

Buat cemilan buka puasa yang simpel aja, tapi enak donk Tak perlu beli lagi, buat sendiri jadi atur manis dan tekstur yang pas buat keluarga #PejuangGoldenAproun3

1 loyang
45 menit
Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Endulita bun πŸ”₯πŸ˜‚

Talam Singkong

Talam Singkong

Masih bertahan di tim #AkuManis versi kearifan lokal alias kue tradisional πŸ˜„ Kali ini buat kue Talam Singkong 😊, sambil mengingat-ingat kembali cara mama saya buat kue talam singkong ini, saya mencoba membuat kembali kue talam ini. Disini gula merahnya saya tidak rebus dengan air, gula merahnya saya iris halus saja, kemudian saya saring sambil dipenyet-penyet di dalam saringan agar gula merahnya ikut larut, lalu ampas yang ada dalam saringan saya tidak buang, saya campurkan kembali kedalam adonannya. Untuk lapisan atasnya saya buat rasanya gurih, karena lapisan bahwanya sudah manis. #GA_TheNextLevel #BarapiManjuhu #MarukatJawau #AkuManis #KampoengRamadan #PekanPosbarManisGurih #CookpadCommunity_id #CookpadCommunityBorneo #CookpadCommunity_Kalteng #CookpadCommunity_Palangkaraya #Minggu_48

Rendang ayam

Rendang ayam

Hai Moms mau Share dikit menu rendang rumahan yg pastinya gampang dan simpel. Biasanya rendang terbuat dari daging sapi berhubung tidak bisa makan yg berbau daging sapi jadi buatlah rendang dari daging ayam. Yuk kita mulai buatnya

4 orang
2 jam
Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Salah satu menu favorit saya penambah nafsu makan πŸ˜€ #AkuMemasakSesuatuUntukmu #RendangJengkol

4 porsi
1 jam 15 menit
Nasi Goreng Daging Rendang

Nasi Goreng Daging Rendang

Masih ada sisa daging rendang 4 potong di kulkas. Hhmm kalau dimakan sama nasi putih aja kyknya anak2 bosan nih ... dibikin nasi goreng aja deh buat makan malam.

+/- 30 menit
Rendang Tahu & Daging Bites

Rendang Tahu & Daging Bites

Assalamualaikum moms....ini kenapa namanya daging bites??? Krn pak suami motongin dagingnya kekecilan alian sekali gigit nanti rendang nya πŸ˜” alesanya ini nanti yg maem dah pd kakekΒ² jd ndak alot katanya....yo wes lah whatever πŸ˜‚. Dan kenapa dikasih tahu, karena saya tdk suka segala macam daging merah jd emak makan rendang tahu aja πŸ˜…...oh iya di sini rendangnya gak pedes bgt krn orang jogja sukanya cenderung gurih manis, ya udah lombok kasih dikit aja

Rendang Minang ala bunda

Rendang Minang ala bunda

Saat lebaran menu ini selalu ada,karena proses masak nya yang lama jadi jarang masak rendang kecual hari hari spesial, rendang asli minang biasa nya di masak minimal 6 jam bahkan bisa lebih, rasa nya memang jauh lebih nikmat, masak nya pun pakai kayu bakar, berhubung sekarang masak nya pakai kompor gas dan biar cepat jadi proses masak nya hanya 4 jam saja.. males berlama lama depan kompor, panas hehehehehe😁 Untuk bumbu pemasak daging dan kelapa gongseng giling bisa beli di tukang bumbu pasar ya, kalo bikin dlu suka repot.

Rendang Terenak Terendul Terthebest

Rendang Terenak Terendul Terthebest

Persembahan daging kurban kali ini dibikin ~ Rendang ~ Terharu bisa bikin rendang seenak ini... Wow syekali sampai kayanya mau dimasukin ke IG, COOKPAD, FB... 🀣 Selama ini bikin rendang selalu bumbu jadi dari Uda/Uni di pasar Cicangkal,, ya berhubung di Lombok ya mana ada yg jualan kaya di pasar Cicangkal... 🀣 Terpaksa merangkum semua resep di Google, disatuin jadilah Rendang Endulita ini... Rasanya tuh nasi ga berenti nambah... Makan diirit2... 🀭🀭 *Ini tipikal rendang pedas, kalau mau gak pedas tinggal dikurangin aja cabenya....

Sekeluarga
4 Jam