Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Bubur ayam Cianjur (kuah kuning,Sambal kacang,kacang kedelai) yang Lezat

Dipos pada October 19, 2019

Bubur ayam Cianjur (kuah kuning,Sambal kacang,kacang kedelai)

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Bubur ayam Cianjur (kuah kuning,Sambal kacang,kacang kedelai) yang unik? Cara membuatnya tidak terlalu susah. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Bubur ayam Cianjur (kuah kuning,Sambal kacang,kacang kedelai) yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Bubur ayam Cianjur (kuah kuning,Sambal kacang,kacang kedelai), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bubur ayam Cianjur (kuah kuning,Sambal kacang,kacang kedelai) di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Kira-kira porsi penyajian Bubur ayam Cianjur (kuah kuning,Sambal kacang,kacang kedelai) adalah 6-7 mangkuk. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur ayam Cianjur (kuah kuning,Sambal kacang,kacang kedelai) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur ayam Cianjur (kuah kuning,Sambal kacang,kacang kedelai) memakai 41 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Pertama kali bikin bubur ayam ,seneng nya karena ini bubur ayam suka suka ( fix aku suka bgt makan bubur ayam yang kuah nya kuning seperti bubur ayam Cianjur ,terus pakai Sambal nya sambal kacang pedes , kacang kedelai , kerupuk emping , sayang nya ada kurang kesampean cakwe gak ada karena masak nya pagi takut kelamaan ,next bikin lagi pakai cakwe ah...😊 ) Ini masak nya bada subuh langsung di borong selesai jam set 8 ,hufft.. , Lain kali Kalau mau bikin di cicil dulu aja malam nya goreng emping nya , goreng kecang kedelai nya , buat sambal kacang nya jadi GK serba Gober ... #TiketMasukGoldenApron3 #PejuangGoldenApron

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur ayam Cianjur (kuah kuning,Sambal kacang,kacang kedelai):

  1. Bahan Bubur :
  2. 1 kaleng SKM Beras (cuci bersih)
  3. 400 gr tulang ayam,Cuci bersih (me :beli Tulangan ayam 5 ribu)
  4. 2.700 ml air (nanti di ambil 800 ml untuk kuah kuning)
  5. 2 Daun salam
  6. 1 sdm garam
  7. 1/2 sdt kaldu jamur (setelah jadi bubur)
  8. Bumbu kuah kuning :
  9. 1 telunjuk kunyit (haluskan)
  10. 4 bawang merah (haluskan)
  11. 2 bawang putih (haluskan)
  12. 4 kemiri (sangrai & haluskan)
  13. 1 sdt ketumbar (sangrai & haluskan)
  14. Sejempol lengkuas (geprek)
  15. 1 serai (geprek)
  16. 2 Daun salam
  17. 3 batang daun bawang (iris)
  18. 1 sdm garam
  19. 1 sdt Gula pasir
  20. 1 sdt Kaldu jamur
  21. Kacang kedelai :
  22. 1/4 kacang kedelai(rendam Air minum biasa-+2 jam,me: semaleman)
  23. 1 sdt garam
  24. 1 sdt kaldu jamur
  25. 2 Bawang putih haluskan
  26. 5 bawang putih (iris tipis)
  27. Air minum biasa (untuk direndam bersama bumbu)
  28. Sambal kacang :
  29. Segenggam kacang tanah (goreng)
  30. 15 cabe rawit ijo
  31. 5 Cabai merah keriting
  32. 1 sdt Gula Jawa
  33. 1 sdt air asam Jawa
  34. 1 sdt garam
  35. 1 bawang putih
  36. Secukupnya Air panas
  37. Pelengkap :
  38. Kerupuk emping
  39. Bawang goreng (skip)
  40. Cakwe (skip)
  41. Ayam goreng (skip,ayam goreng semalem)

Langkah-langkah untuk membuat Bubur ayam Cianjur (kuah kuning,Sambal kacang,kacang kedelai)

1
Didihkan air, masukkan Tulangan ayam masak sampai mendidih. Ambil 800 ml air kaldu tulang ayam, angkat Tulangan ayam kemudian masukkan beras yang sudah di cuci bersih masak sampai menjadi bubur sambil sesekali di aduk. (Jika air kurang bisa ditambahkan dengan Air panas) kalau air sudah menyusut dan beras sudah menjadi bubur masukkan Kaldu jamur aduk rata.
Bubur ayam Cianjur (kuah kuning,Sambal kacang,kacang kedelai) - Step 1
Bubur ayam Cianjur (kuah kuning,Sambal kacang,kacang kedelai) - Step 1
Bubur ayam Cianjur (kuah kuning,Sambal kacang,kacang kedelai) - Step 1
2
(Sambil tunggu bubur nya bisa di sambi masak kuah kuning nya), tumis bumbu halus sampai harum, masukkan lengkuas, sereh,daun salam,800 ml Air kaldu tulang ayam aduk rata masukkan garam,gula, Kaldu jamur,daun bawang masak sampai mendidih, matikan api.
Bubur ayam Cianjur (kuah kuning,Sambal kacang,kacang kedelai) - Step 2
Bubur ayam Cianjur (kuah kuning,Sambal kacang,kacang kedelai) - Step 2
Bubur ayam Cianjur (kuah kuning,Sambal kacang,kacang kedelai) - Step 2
3
Kacang kedelai* setelah di rendam buang airnya lalu rendam kembali Dengan bumbu halus bawang putih, garam, Kaldu bubuk, bawang putih iris dan Air rendam kembali selama setangah jam kemudian buang airnya dan goreng hingga kacang kedelai kuning kecoklatan (sesuaikan api nya harus panas ya jika minyak terlalu panas bisa kecilkan lalu jika dirasa kurang panas bisa di besarkan kembali).
Bubur ayam Cianjur (kuah kuning,Sambal kacang,kacang kedelai) - Step 3
Bubur ayam Cianjur (kuah kuning,Sambal kacang,kacang kedelai) - Step 3
Bubur ayam Cianjur (kuah kuning,Sambal kacang,kacang kedelai) - Step 3
4
Sambal kacang* goreng kacang tanah sampai matang, goreng Cabai dan bawang kemudian haluskan beserta gula Jawa dan asam Jawa tuang ke mangkuk cairkan dengan Air sedikit beri garam aduk sampai kental.
Bubur ayam Cianjur (kuah kuning,Sambal kacang,kacang kedelai) - Step 4
Bubur ayam Cianjur (kuah kuning,Sambal kacang,kacang kedelai) - Step 4
Bubur ayam Cianjur (kuah kuning,Sambal kacang,kacang kedelai) - Step 4
5
Susun ke dalam mangkuk :2-3 sendok sayur bubur, secukupnya kuah kuning, kacang kedelai,remukan emping, sambal kacang dan suwiran ayam goreng. Selamat menikmati.
Bubur ayam Cianjur (kuah kuning,Sambal kacang,kacang kedelai) - Step 5
Bubur ayam Cianjur (kuah kuning,Sambal kacang,kacang kedelai) - Step 5
Bubur ayam Cianjur (kuah kuning,Sambal kacang,kacang kedelai) - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Pastel Renyah Isi Bihun

Pastel Renyah Isi Bihun

Mendung-mendung pasti perut keroncongan dan mulut pengen ngunyah 😂. Kebetulan Semarak Clover Minggu ini bertemakan "bihun beras" ide dari mba @Mira_Jabir Cari-cari resep camilan yg renyah2 gurih nikmat. Buka daftar cookmark yg ribuan 😂 nemu resep pastel punya mba @viavie . Kebetulan bahan² komplit. Nunggu apalagi? Cus lah ke dapur. Dan hasil kulit pastelnya sungguh renyah dan gurih. Saya simpan dalam wadah tertutup semalaman, lalu pagi saya makan lagi masih renyah. Alhamdulillah dapat resep yg gk kaleng-kaleng. Source: @viavie #GA_KreasiBihunBeras #Semarak_GAKreasiBihunBeras #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Bekasi #PejuangGoldenBatikApron

15 pcs
Kulit Pastel praktis tanpa telur

Kulit Pastel praktis tanpa telur

Pastel adalah Snack favorite takjil buka puasa keluarga. Yuuuk bikin kulitnya yang renyah enak, bikinnya hemat waktu dan tenaga. #CookpadCommunity_Jakarta #PejuangGoldenBatikApron #RamadanCamp_Misi4

40 lembar
Tempe Keripik Homemade

Tempe Keripik Homemade

Salah satu oleh oleh yang sering dibawain sama kakek saat dulu berkunjung ke kampungku adalah keripik tempe. Keripik ini bukan jenis keripik yang dibuat dari tempe jadi yang digoreng pakai tepung, melainkan benar benar membuat bakal calon keripik dari kedelai dan tapioka. Cara membuatnya mirip dengan membuat tempe,hanya ada penambahan step mencampur tapioka. Prosesnya cukup panjang tapi hasilnya worth it.. keripiknya awet ga cepet melempem . Q belajar bikin keripik tempe ini dari bu @siswatyelfinbachtiar sekalian bikin tempe pada umumnya, olah jadi keripik juga , terimakasih bu sis.. ilmunya sangat bermanfaat. #CookpadCommunity_Tangerang

Tumis tempe kacang panjang

Tumis tempe kacang panjang

3 porsi
10 menit
Jukut Kacang Panjang

Jukut Kacang Panjang

Hai cookpaders, sudah menghitung hari untuk umat muslim menuju Hari Raya Beragam menu Lebaran dan pelengkapnya sudah seliweran dari semingguan ini Berbeda dari menu menu sebelumnya untuk pilihan menu Lebaran kali ini saya buat yang sederhana tapi tetap menu bersantan, karena orang Indonesia identik dengan bahan ini apalagi sebagai bagian dari menu hari raya yang spesial, pilihan jatuh kepada sayur Jukut Kacang Panjang yang termasuk menu khas dari Bali Sayur ini pas sebagai pendamping irisan ketupat, bersama sambel goreng kentang ati ayam, sate lilit ayam dan juga sambal Yuk intip resepnya yang simpel ❤ #CookingCommunityClass_MenuHariKemenangan #GA_MenuHariKemenangan #CookpadCommunity_bali #SalamKompakSelalu #PejuangGoldenApron3 #KampoengRamadan

Misro

Misro

punya singkong dikulkas uda seminggu, kelapa parut di freeezer,, kasian kelamaan, akhirnya jadilah misro...pakai resep bunda wawa wiati

15 porsi
Gado-gado Surabaya

Gado-gado Surabaya

#1 Hari ini gak bisa ke pasar karena si dedek bangun kesiangan dan gak ada yang jagain dirumah. Akhirnya cuma beli sayuran di tukang sayur yang lewat. Jadilah masak gado-gado Surabaya. Sederhana tapi enak dan sehat. 🥰

2 orang
2 jam
Pukis Tepung Beras

Pukis Tepung Beras

Bismillah.. Pekan #5 #PejuangGoldenBatikApron Resep ini sebenarnya untuk apem selong ya. Tapi karena lagi males ngeluarkan cetakan dari lemari, jadi pakai cetakan pukis. Kuenya enak, tetap empuk meski sudah dingin.

Batagor Tahu

Batagor Tahu

Menu buka puasa nih😁 mantap, hematt dan puass😁😁 kalo bikin mh porsinya sepuasnya😍 Source: Nani Sari #GA_TheNextLevel

4 porsi
Cenil singkong

Cenil singkong

Kebetulan nanem banyak di kebun, dan temen temenya suami demen banget makan cenil, jadinya bikin deh

Apem versi panggang

Apem versi panggang

Assalamu'alaikum.. Percobaan pertama apem versi panggang. Kue kesukaan ibu saya

8 biji
Bakpia khas Jogja

Bakpia khas Jogja

Bismillah setor resep ke 732 source resep akun CP #TemanCode Teh Rini @Rindu_Dapur Alhamdulillah akhirnya bisa bikin cemilan kesukaan khas kampung halaman pak suami, anak-anak pun suka dengan isiannya Terima kasih Teh Rini untuk inspirasinya #IdeMasak #PekanPosbar #CoDeFamily_Rini #CookpadCommunity_Depok #PejuangGoldenBatikApron #MealPlan #KelasInspirasi_Foodpreparation

Tumis kacang sederhana

Tumis kacang sederhana

4 orang
30 menit
Cenil

Cenil

4 orang
30 menit
10. Klepon Magicom (cangjo kupas) 🍡

10. Klepon Magicom (cangjo kupas) 🍡

Isian versi kacang ijo kupas. Lembut & lumer. Saya buat isianya dgn cara lebih praktis. #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Surabaya #mgg10

3-4org
30menit
Sayur Asem

Sayur Asem

Mama suka bgt makan sayur asem. Ini kali ke 2 bikin sayur asem. Yg pertama agak gagal krn nambahin terasi, ehhhhh malah jd keasinan. Ditambah air biar ga asin, ehhhhh malah jd kurang rasa.. Serba salah jdnya.😂 Tapi x ini berhasil. Asem, asin, pedes dan wangi terasinya dpt smua. Oh ya, sayur asemku warnanya ga merah, krn pake cabe setan. Pake sedikit pedesnya uda dpt. Kalo mau warna nya lebih merah, pake cabe keriting merah ya. Yuk dicoba.. #PejuangGoldenApron3

Kue Nagasari

Kue Nagasari

Dulu pernah coba buat, tapi gagal total. Ini trial ke dua moms, alhamdulillah lumayan berhasil. Saya pake santan instan, jadi agak lengket. Harusnya sih pake santan asli lebih bagus.

8 biji
1 jam 30 menit
010. Risol Mayonaise Frozen

010. Risol Mayonaise Frozen

Ini pertama kalinya buat risol dan awalnya agak ga pede buat makanan yang pake kulit digulung2 gegara dulu pernah buat tortilla kurang memuaskan juga egg roll yang sobek dan ga jadi.. 😂 Untungnya risol kali ini bisa jadi dan enak rasanya walau bentuk dan ukurannya ga seragam.. wkwkwk.. Untuk kulitnya saya pakai resep dari YT Devina Hermawan dengan sedikit perubahan. Cuma anehnya ga tau kenapa hasilnya saya jadi 12 kulit risol padahal di YT Devina jadinya 7 kulit risol.. beda ukuran kali ya.. 🤔 Untuk isiannya sih sesuai selera saja. Anyway, saya cukup puas dengan hasilnya karena sekeluarga suka dengan rasanya.. 🙂 #PejuangGoldenBatikApron #RamadanCamp_Misi4

Tempe kacang panjang pedas manis

Tempe kacang panjang pedas manis

Porsi ya cocok untuk berdua bun😍keliatannya pedas tapi waktu dicobain ada manis²nya gitu💋

2 orang
20mnt
Jukut Bejek🌶️

Jukut Bejek🌶️

Punya kacang panjang udah lama g diolah,sebagian ada yg menguning,alhasil iseng² bikin jukut bejek yg notabene kami blm pernah makan😄..begitu matang g kebayang,ambil nasi,ikan goreng kok muantul yah🤣..Puasa kemarin Alhamdulillah bb turun 5 kg,semoga setelah lebaran jgn lebar lg😁..makan nasi secentong kok ky blm puas..diakalin aja,maem nasi secentong sayurnya dibanyakin😅(sumber youtube dgn penyesuaian)