Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Rawon daging khas Jawa timur yang Anti Gagal

Dipos pada July 29, 2016

Rawon daging khas Jawa timur

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Rawon daging khas Jawa timur yang mudah Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Rawon daging khas Jawa timur yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rawon daging khas Jawa timur, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Rawon daging khas Jawa timur ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Kira-kira porsi penyajian Rawon daging khas Jawa timur adalah 3-5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Perlu diingat, waktu yang diperlukan dalam memasak Rawon daging khas Jawa timur diperkirakan sekitar 1 jam 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rawon daging khas Jawa timur sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rawon daging khas Jawa timur memakai 24 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Terinspirasi dari gurihnya rawon surabaya yang nikmat dan lebih kaya bumbu

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rawon daging khas Jawa timur:

  1. 1/2 kg daging sapi
  2. 3-5 buah cabai merah (untuk sambal)
  3. 1/2 ruas lengkuas
  4. 1 batang sereh
  5. 3 lbr daun salam
  6. 2 lbr daun jeruk
  7. 1 bks terasi kecil/ (1 sdt terasi)
  8. 1/2 sdt lada
  9. 1/2-1 sdm garam
  10. 1-2 bks penyedap rasa sapi
  11. 1-2 balok gula merah uk kecil
  12. 1 bks Bawang goreng
  13. 1 bks Capar (toge kecil untuk rawon)
  14. 1 butir Telur asin
  15. Bumbu halus :
  16. 3 siung bawang putih
  17. 4 siung bawang merah
  18. 1 ruas kunyit
  19. 1/2 ruas jahe
  20. 1 ruas kencur
  21. 1-2 cabai merah
  22. 2 butir kemiri
  23. 1/2 sdt ketumbar
  24. 2-3 buah kluwak

Langkah-langkah untuk membuat Rawon daging khas Jawa timur

1
Rebus daging sapi yang sudah dibersihkan dan dipotong dadu. Rebus kedalam air panas dan beri daun salam 2-3 lembar daun salam. Buang ampas yang mengambang di atas/di permukaan panci.
2
Bumbu halus : Haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, kencur, kemiri,ketumbar,cabai merah kedalam blender/choper (bisa di uleg manual). Jika sudah tercampur masukan kluwak yang sudah diambil dari cangkang buah dan beri larutan air panas sedikit untuk melarutkan. Kemudian haluskan kembali kedalam blender/choper/di uleg.
3
Tumis bumbu halus bersama daun jeruk, sereh, dan lengkuas. Tumis sebentar lalu masukan terasi beri lada secukupnya. Tumis kembali bumbu hingga matang dan wangi.
4
Masukan bumbu halus ke dalam rebusan daging tadi. Aduk sebentar, beri sebungkus penyedap rasa sapi,beri garam secukupnya dan masukan 1-2 balok gula merah (saya pakai 2 balok) aduk sebentar lalu biarkan sampai mendidih. Jika sudah mendidih aduk sebentar dan jangan lupa koreksi rasa. Tambahkan bumbu dan penyedap apabila rasa ada yang kurang.
5
Sajikan bersama nasi hangat yang diberi taburan bawang goreng,capar(toge kecil untuk rawon),daun bawang *jika selera*, dan perasan jeruk nipis.
6
Sajikan denga telur asin, sambal (cabai merah uleg) dan kerupuk udang

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Tongseng Daging Sapi

Tongseng Daging Sapi

Suka banget sama yg namanya tongseng, tapi kalo bikin sama mamak tu pasti rasanya jadi kaya terik, kzl 🤣 Adakah yg salah dg resep? Ini searching di cookpad tapi lupa punya siapa hehe. . #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa #PejuangGoldenApron3

Kwetiaw goreng daging dan sosis

Kwetiaw goreng daging dan sosis

Di kantor ada ngomongin diskonan makanan di aplikasi, terus pulang kerja mampir beli kwetiaw bikin sendiri hihi..

Sate Daging Bumbu Kuning

Sate Daging Bumbu Kuning

Sate daging ini kesukaan banget deh. Pas dibakar, beuh baunya sedaap. Enaaak. Dimakan sama nasi pecel masuk, sama sayur asem, bening bayam duh segeer. Sebenarnya ini rasanya cenderung manis ya. Tapi saya seringnya bikin yg cenderung asin gurih. Hehe Oh ya saya pakai daging khas dalam, jadi dagingnya empuuuk banget. Bisa juga pakai daging ayam. Enak juga loh. Sejujurnya saya suka yang pedesss tapi karena dimakan sama anak2 saya bikin versi yang ga pedes sama sekali. Resep dari ibuk saya. Cuman ya taulah ya ibuk saya kalau ditanya, nyebutin bumbunya apa, tapi untuk takaran saya kira2 sendiri.

Kaldu Tulang sapi Mpasi

Kaldu Tulang sapi Mpasi

Anakku mau mpasi jadi mulai stock kaldu u mpasinya

30 porsi
3 jam
Gulai kambing kuah merah

Gulai kambing kuah merah

Alm Mama ku paling suka makan ini, teman makan nya pakai roti cane / Maryam tapi bisa juga pakai nasi , kebetulan di hari ibu ini adalah hari ultah nya mama juga , jadi kangen mama deh , seandainya waktu bisa di putar dan aku di berikan kesempatan lebih banyak lagi untuk berbakti kepada mama , maka bahagia lah aku , tapi sekarang aku hanya bisa kirim doa dan memasak ini sebagai pengobat rasa rindu ku pada mama serta untuk mengingat semua tentang beliau mama Allah yarhama #GenkPejuangDapur #GenkPejuangDapur_HariIbu #cookpadcommunity_jakarta

2 porsi
1 jam 30 menit
Pizza Daging Cornet (Tanpa susu)

Pizza Daging Cornet (Tanpa susu)

Request jagoan²ku buat MALMING yg gak bisa kemana². Gegara kapan hari dibelikan ohmnya kurang😁 karena lok rumah jauh dari kota alias ndeso ya weslah mau gak mau mak harus kreatip demi anak biar heppy...🥳. Oia bunda disini aq pakai takaran sendok, soalnya gak punya timbangan. Maklum masih tahap belajar...😆😆 Kediri (26 desember 2020)

5 orang
2 jam
Steak Daging Sapi Medium Rare

Steak Daging Sapi Medium Rare

Untuk suami yang senang sekali masakan masakan baru dari istrinya, makanya selalu nyoba bikin masakan berbeda tiap minggu (hari libur) biar tetap produktif juga dirumah

2 porsi
25 menit
Becek Daging Kambing Khas Tuban

Becek Daging Kambing Khas Tuban

Favorit kalo pulang kampung, tapi kan jarang banget. Jadi minta resepnya deh ke ibu 😊 Daging kambing bs diganti sapi atau entog

Terik daging (Sapi) kuah medhok

Terik daging (Sapi) kuah medhok

Siapa yg suka masakan dengan bumbu kental nan medhok bun ?? Saya salah satunya bunda 😊

4 orang
60-90 menit
Tahu tumis Daging Cincang

Tahu tumis Daging Cincang

2 org
30 menit
Daging Kambing Ungkep~ Guampang

Daging Kambing Ungkep~ Guampang

Kalau ada masakan yg katanya masaknya tinggal cemplung maka kambing ungkep ini jawabannya. Seriusan tinggal plang plung trus tunggu jadi deh. Awalnya saya agak ragu ya, bumbunya cuman gitu doang bisa enak ya. Tapi saya coba aja, soalnya sumbernya juga bukan sembarang orang. Eh beneran enak banget. Cocok banget pas lagi banyak kambing di hari idul adha ini mah. Nah makannya bisa langsung aja habis diungkep, bisa digoreng atau dibakar. Kalau saya langsung dimakan ungkepan sama sambel udah uenak banget. Source: Yt. SalimOz

Rendang Daging~ simpel

Rendang Daging~ simpel

Biasanya kalau bikin rendang saya pake bumbu dasar. Nah ini pas habis. Yaudah harus ngracik bumbu sendiri. Nah, kalau rendang Padang yg asli kan biasanya dimasak lamaaaa. Dan santennya juga banyak. Saya pake resep dari Devina H. Super simpel ngga pake lama. Rasanya juga enak. Ngga kalah sama yang biasanya beli.. Source : Devina Hermawan

Krengsengan Daging Sapi

Krengsengan Daging Sapi

#cookpadcommunity_surabaya #cookpadcommunity_sidoarjo #happycooking #cookwithlove

5 porsi
Sop Daging Telur Puyuh

Sop Daging Telur Puyuh

Bismillah 19 Maret 2021 Kemaren lagi main kerumah temen yang punya usaha jualan daging.Alhamdulillah rejeki,,niat hati bertamu pulang nya malah di bawain oleh oleh daging sapi nya.Langsung kepikiran mau di buat sop daging,sekalian punya telur puyuh engga banyak jadi disatuin aja.Resep ini memang bening tapi aslii syeger banget.Anak saya lahap juga makan nya.Ini sesuai modifikasi selera yaaa.Oiyaa disini saya skip kemiri supaya kuah sop ttp bening. Resep : Fauziah Nur #Cookpadcommunity_Bogor

3 porsi
1 jam 30 menit
Tongseng Daging Kuah Gulai

Tongseng Daging Kuah Gulai

Rasa tongseng sempurna adalah dengan kuah dari bumbu gulai. Masakan nusantara adalah didominansi rasa rempah-rempahnya dan kecapnya, demikian halnya dengan tongseng dengan kuah gulai ini.

2 - 3 orang
55 menit
Balado Daging No Uleg

Balado Daging No Uleg

Masak simple ajaaaaa. Ini bumbu biasanya buat udang tp udah ngerebus daging. Enak seger gaes.

3 orang
Daging Masak Sambalado

Daging Masak Sambalado

4 orang
45 menit