Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Rendang Daging Sapi yang Menggugah Selera

Dipos pada January 12, 2020

Rendang Daging Sapi

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Rendang Daging Sapi yang gampang Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Umumnya Rendang Daging Sapi yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Rendang Daging Sapi, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Rendang Daging Sapi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Rendang Daging Sapi adalah 4 - 5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Rendang Daging Sapi diperkirakan sekitar 4 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Daging Sapi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Daging Sapi memakai 14 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Daging Sapi:

  1. 400 gram daging sapi bagian gandik
  2. 750 ml santan (gunakan santan asli jangan yang instan)
  3. 2 helai Daun kunyit
  4. 5 helai Daun salam
  5. 7 helai Daun jeruk
  6. 3 helai serai
  7. 2 buah bunga lawang
  8. 5 butir cengkeh
  9. 1 buah kayu manis (kira-kira panjangnya 4 cm)
  10. Bumbu Halus
  11. 3 sdm Bumbu Putih Rasana (Rahsa Nusantara)
  12. 8 buah cabai merah tanjung
  13. 25 gram lengkuas
  14. 4 cm jahe

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Daging Sapi

1
Potong daging ayam berbentuk kotak-kotak. Bentuk tidak perlu rapi dan ukurannya tidak usah terlalu kecil, karena ukurannya nanti akan menyusut.
2
Iris jahe dan lengkuas kemudian giling dengan bahan-bahan bumbu halus lainnya dengan menggunakan blender atau food processor.
3
Masukkan bumbu halus, potongan daging, santan, rempah-rempah, daun-daunan, dan serai ke dalam wajan. Masak dengan api kecil.
4
Masukkan air dan beri garam, kaldu, juga sedikit gula. Di tahap ini, rasanya mungkin masih belum terbentuk. Jadi, koreksi rasa bisa dilakukan lagi di saat bumbunya sudah mulai berminyak.
Rendang Daging Sapi - Step 4
5
Masak dengan menggunakan api kecil sambil diaduk sesekali hingga bumbu berminyak.
6
Setelah bumbu mulai berminyak, koreksi rasa lagi. Setelah itu lanjutkan proses memasak dengan api kecil sambil diaduk sesekali.
7
Masak hingga warna mulai kecoklatan dan bumbu mulai mengering. Proses ini bisa memakan waktu 2-3 jam.
8
Setelah kecoklatan seperti pada gambar, rendang sudah siap dihidangkan. Jika lebih suka rendang yang lebih kering, proses memasak masih bisa dilanjutkan.
Rendang Daging Sapi - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Daging Rendang Mudah

Daging Rendang Mudah

4 porsi
2 jam
Rendang Pedas

Rendang Pedas

Semoga resepnya bisa bermanfaat ya bunda, masak rendang gak pake lama, dijamin daging pun empuk. Jangan lupa tag ke IG aku juga ya bun @cicianjar07

10 orang
2 jam
Rendang Daging Sapi (Simple)

Rendang Daging Sapi (Simple)

Alhamdulillah bisa Posbar yang kedua, Tentang Olahan daging Kurban dan masih dalam tema Idul Adha 1442H. Kali ini media dagingnya Sapi. Blm bisa Olahan yang trlalu sulit krn keterbatasan waktu. Jika rendang ini masaknya menurut aq sih terbilang lama, namun bisa kita sambi2 sambil mengerjakan tugas yg lain. Termasuk nyambi Daring๐Ÿ˜. Oh ya sedikit bercerita, mau simple namun ada perbedaan hasil. Disini aq menggunakan santan Instan (krn daging yg kumasak hy 300gr), hasil rendang yg kudapat tidak terlalu pekat jga tidak begitu menghasilkan (Blondo/Santan yg jika sdh asat akan mengental/menggumpal). Jadi saat rendang sdh mengering, aq tambah dgn bumbu Instan Rendang, Agar warna Pekat dan lebih kental sedikit๐Ÿค— Resep by @heny_wid ( aq pakai 1/4 Takaran resep dgn penyesuaian) #KampungIdaman #PotBerbisik_Daging #OlahanDagingKurban #PosbarIDAMAN #CookpadCommunity_Bekasi #CookpadCommunity_Id #hannahani_cookies

4 Porsi
80 Menit
Rendang jengkol

Rendang jengkol

Di kasih jengkol banyak banget,udah di masak sebagian masih banyak jg ๐Ÿ˜‚ sisanya masih 25 biji lagi kalo dah di belah jadi 50 biji donk ๐Ÿ˜sampe bengek makan jengkol ๐Ÿ˜ต,anak2 pada ga doyan jengkol..suami makan sih tapi paling 4 biji doank,yg paling banyak makannya sy donk ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ kadang di cemil aja gitu ga pake nasi,meskipun besoknya badan pegel2 ya tetep aja doyan ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜. Stok jengkol terakhir di rendang ajalah biar musnah udah ni jengkol dr dapur sy ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚. Jengkolnya tua jadi sy rendam dulu semalaman supaya empuk trs mengurangi baunya jg.

Rendang sapi

Rendang sapi

Rendang sapi kaya bumbu ternikmat di jamin nagih resep sederhana

6 orang
3-4 jam
Rendang ayam

Rendang ayam

recooked resep cie xander kitchen. Saya tambahkan kacang merah ( seharusnya kacang tolo ). Kurangi pemakaian cabe jika tak bisa pedas .

Rendang ayam simple

Rendang ayam simple

Assalamualaikum, H-1 menjelang idul fitri.. saya beserta keluarga memohon maaf lahir dan batin semoga kita semua bisa kembali ke fitrah dan diampunkan segala dosa Aamiin.. Rendang ayam bumbu simple, antara bumbu jadi dicampur bumbu ulek rasa endolitaaa ๐Ÿ˜˜

3-4 org
1 jam 30 menit
Nasi Goreng Jambrong Bumbu Rendang

Nasi Goreng Jambrong Bumbu Rendang

Memanfaatkan sisa nasi semalam untuk sarapan, buka kulkas ada bumbu rendang dr Mama Yuni...lsg terlintas ide bikin nasgor bumbu rendang. Kebetulan jg mba2 tukang sayuran lewat lihat ada ikan asin, saat kutanya ini ikan apa mba namanya( dia jwb ikan jambrong), aku beli 1 bungkus buat nasi goreng...๐Ÿ˜ Lsg ke dapur, 15 menit jasilah nasgor #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bogor #CookpadIndonesia #MasakanRumahan

4 orang
15 menit
Rendang ayam kecap

Rendang ayam kecap

Menu munggahan keluarga identik dengan kuah rendang atw sop menjelang ramadhan tiba...

Rendang Ala Ibuk

Rendang Ala Ibuk

#GA_TheNextLevel Siapa bilang bikin rendang ribet? Cobain deh resep simple ini, insyaallah bisa bikin rendang enak tanpa ribet ๐Ÿฅฐ

Nasi goreng babat rendang

Nasi goreng babat rendang

Pengen nasi goreng, liat bumbu kog masih ada bumbu rendang instan yasudah masukin ajah..daaaann ternyata enak lhooo..๐Ÿ˜‹

2 orang
Nasi goreng rendang

Nasi goreng rendang

Semalam masih pada lapar dirumah...keinget kmrn cek resep sisa bahan makanan ada yang buat nasi goreng rendang. So eksekusi aja.

3 orang
setengah jam
Rendang

Rendang

4 orang
2,5 jam
#RENDANG ala Dapoerlia

#RENDANG ala Dapoerlia

Bismillah... Bikin rendang itu harus mempersiapkan diri dan waktu xixi... Saya buat rendang yg tdk terlalu berminyak, jd bumbu tdk saya tumis dan santan kental yg tdk terlalu bnyk. Opsional saja jika ingin rendang yg terlihat bermiyak silahkan tambhkn santan kentalnya dan kelpa sangrai nya lebih bnyk...

lamaaa
Rendang Daging

Rendang Daging

Masih mรจnyisihkan daging has jatah qurban lalu di freezer. Diniatkan bikin rendang karena ingin kirim lauk yang awet buat kesayangan di rantau sana. Resep adopsi dari @xanderskitchen. Tentunya dimodifikasi sesuai dengan stok bumbu segar di rumah. Pemakaian santan instan karena lebih praktis dan hygenis tanpa mengurangi lezatnya hasil akhir. Lemakk niaaan..alhamdulillah๐Ÿฅฐ #GA_TheNextLevel #BelanjaIdediPasarCookpad #SarungTanganCookpad

8-10 org
4-5 jam
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Buat rendang mumpung di kulkas masih ada daging sisa qurban, sebenernya masih males mau ngolah2, tp frezeer nya penuh, mau naruh apa2 nggak muat ๐Ÿ˜€.

2 jam
Rendang Hati Sapi

Rendang Hati Sapi

ุงู„ู„ู‡ู ุงูƒุจูŽุฑู’, ุงู„ู„ู‡ู ุงูƒุจูŽุฑู’ ุงู„ู„ู‡ู ุงูƒุจูŽุฑู’ ู„ุงุงู„ูฐู‡ูŽ ุงูู„ุงุงู„ู„ู‡ ูˆูŽุงู„ู„ู‡ู ุงูŽูƒุจุฑ, ุงู„ู„ู‡ู ุงูƒุจูŽุฑููˆูŽูู„ู„ู‡ู ุงู„ุญูŽู…ู’ุฏ udh tahun ke 2 lebaran dirumah sendiri.. Semoga Corona cepat musnah dan bumi kembali pulih. Amin Niat hati gak mau masak2. Pengen lebaran dirumah uti Akung Ivan didepok, kenyataan nya papahny harus absen onlen di hari raya idul Fitri. Akhirnya ke Depok nya malem setelah isya, krna absen pulang mulai dari jam setengah 6 sore ๐Ÿ˜Œ๐Ÿ˜Œ.. Dan gak mungkin kan kita mlongoo gak masak2 dan makan rendang, ketupat dll hahaha. Akhirnya papahny request minta rendang Hati Sapi mengenang masa lebaran dikampung katanya, Dalam fikiran apa rasanya masaknya bagaimana?? Untung aja ada cookpad segala macam resep ada disini ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ Pas masak ini hati sapi bener2 syok dikira bakalan ancur lebur kaya bubur krna di masak terlalu lama. Ternyata enggak sama sekali justru malah makin kaku.. Alhamdulillah masak 1 kg jadi banyak bgt. Dan aku bawa ke Depok abis ludes karena banyak tamu yang Dateng. #PejuangGoldenApron3 #NabungResep

Sekeluarga
ยฑ 2 jam
Rendang jengkol

Rendang jengkol

Rendang jengkol ini pavorite, makan nya juga ngk perlu pakek lauk yg Laen lagi. Pakek nasi aja udah enak....nambah nambah...hehe

Ayam rendang

Ayam rendang

Menu ini dibuat untuk kreasi penyajian yg males memotong-motong bagian ayam. Menu untuk santapan keluarga dirumah disaat berkumpul.

6 orang
60 menit