Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Kolak biji salak campur pisang yang Lezat

Dipos pada May 8, 2021

Kolak biji salak campur pisang

Sore-sore begini enaknya membuat Kolak biji salak campur pisang yang pasti lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Kolak biji salak campur pisang yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Kolak biji salak campur pisang, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Kolak biji salak campur pisang bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak biji salak campur pisang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak biji salak campur pisang memakai 11 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Pengen yg manis² enak😋😋. Buat kolak biji salak aja dech tp Saya campur sama pisang kepok yg udah matang biar ada segar aroma pisangnya. Sengaja Kolaknya g pake santan, lg ngurangin yg santan² dulu🤭 tp ttp eunaak😋😋. Recipe : Diana Nurjanah

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak biji salak campur pisang:

  1. 250 gram ubi kuning/orange, berat sudah dikukus
  2. 3 bh pisang kepok (potong2 sesuai selera)
  3. 100 gram tepung tapioka
  4. 1/4 sdt garam
  5. Bahan kuah gula merah :
  6. 150 gram gula merah
  7. 600 ml air
  8. 2 sdm gula pasir (sesuai selera)
  9. 3 sdm tepung tapioka
  10. 1 lembar daun pandan
  11. 1/4 sdt garam

Langkah-langkah untuk membuat Kolak biji salak campur pisang

1
Kupas ubi dan kukus sampai matang, lalu haluskan dengan sendok atau ulekan
Kolak biji salak campur pisang - Step 1
Kolak biji salak campur pisang - Step 1
2
Campur ubi, tapioka dan garam, uleni sampai menjadi adonan yang mudah dibentuk, bila agak keras bisa ditambah sedikit air.
Kolak biji salak campur pisang - Step 2
3
Bentuk adonan seperti bola-bola sebesar kelereng, lakukan sampai adonan habis.
Kolak biji salak campur pisang - Step 3
4
Rebus semua bahan kuah gula merah (kecuali tapioka), setelah mendidih dan gula mencair lalu masukkan bola-bola ubi dan masak sampai mengapung.Masukkan pisang yg sudah dipotong- potong.(Ngga sempat Foto)
5
Cairkan tepung tapioka dengan sedikit air, lalu masukkan kedalam panci dan aduk rata, masak sampai kuah mendidih dan mengental, matikan api. (Ngga sempat foto)
6
Sajikan selagi hangat 😋😋.
Kolak biji salak campur pisang - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolek ubi pisang nangka

Kolek ubi pisang nangka

Dpt krman ubi Sm pisang nangka dr ibu d kmpung,,di bkin kolek z

4 porsi
30 menit
Kolak Pisang..by:Erni Hartanti.Amd😍😄😘

Kolak Pisang..by:Erni Hartanti.Amd😍😄😘

Slamat pagi moms...weekend bikin yang seger..manis..aja yuk..?:@)

20 menit
KPK "kolek pisang keju"

KPK "kolek pisang keju"

Nungguin hujan reda, sambil iseng kepikiran bikin KPK

3 porsi
25 menit
Kolak pisang singkong ala anak kos ❤

Kolak pisang singkong ala anak kos ❤

Fotonya keburu yaa jadinya platingnya gini aja 😹😹 tapi rasanya wenak bangett kok (menurutku hihi)

7/8mangkuk
Kolak biji salak

Kolak biji salak

Ada ubi dirumah bosen kalau dikukus doang kalau dbikin kolak gitu doang kurang suka jadilah dbikin kolak biji salak..

Kolak Biji Salak Tape Singkong

Kolak Biji Salak Tape Singkong

Senin, 6 Mei 2019 #JemputRejeki #SiapRamadan #minggu2siapramadan #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #mingguke_18 #cookpadcommunity_yogyakarta Source : mbk Kartini Munthe Tape itu enak manisnya, bisa dibuat camilan apa aja. Kali ini jadi menu takjil yang nikmat. Bisa juga pake es batu.

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Ramadhan hari kedua bikin takjil kolak. Saya tambahin pake pacar cina yg udh siap pakai, dipasar biasanya udh dibungkus2in gitu.. Pacar cina 2 rb Ubi oren 4 rb Santan 3rb Bahan lainnya saya masih ada stok didapur. Ya sekitar modal 15rbuan bisa dpt sepanci 😂 #berburucelemekemas #resolusi2019 #JemputRejeki #SerbaKolak #SiapRamadan #Cookpadcommunity_Jakarta

4-5 porsi
Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

✏ 07/05/2019 Source : CP mba Iien Suegie Resep asli ⤵ Ayo cek resep ini: Biji salak https://cookpad.com/id/resep/6131034-biji-sa . Hari ke 2 berpuasa, saatnya #jemputrejeki dengan menjual takjil kolak biji salak. Alhamdulillah habis...simak resepnya yuk bun😊.simpel & hasilnya lembut.no alot😆 . 💰Kalkulasi bahan kolak biji salak(harga per mei 2019): 1kg ubi kuning 8rb 250-280gr tep. tapioka 3500 400gr gula merah + 3 sdm gula pasir 5rb 1L santan 8rb Air+ garam 2rb 🐝Total bahan : 26.500 🐝Gas+ cuci2 : 26.500x30%= 7.950 🐝 Total : 26.500+7.950= 34.450 🐝 Keuntungan : 34.450x50% = 17.225 🐝 Menentukan HJ : 34.450+17.225 = 51.675 : 11 cup = 4700 + 200(kemasan) = 4900/cup Bebas ya moms mau jual berapa. Kalo aku jual 6rb/cup sesuai harga pasaran di sini ya moms ( cikarang) 💥Tips seputar kolak biji salak : 1. Pilihlah ubi yg muda jangan yg tua karna biasanya menimbulkan rasa pahit. 2. Untuk mengentalkan kuah gula gunakan tepung tapioka.JANGAN gunakan tepung maizena karna kalo sudah dingin nanti kuah tdk terlihat cantik lg. 3. Untuk santan,,tunggu uap panas hilang baru dibungkus plastik ya supaya tdk cepat basi. Semoga bermanfaat untuk memulai bakulan dari rumah. Silahkan cek resep menu jualan lainnya ala nHnCook dengan klik #menujualannHn 😊 #KolakBijiSalak #JemputRejeki #SiapRamadan #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #GoldenApronChallenge #CookpadIndonesia #CookpadCommunity #CookpadCommunity_bekasi #Cookpad_paders #Cookpad #MasakItuSaya #BagikanInspirasimu #nHnCookResolusi19

11 cup OZ
60 menit
Kolak Ubi

Kolak Ubi

Lagi hamil pengen kolak malem-malem 😄

2 porsi
45 menit
20. Kolak Biji Salak 💚

20. Kolak Biji Salak 💚

Perdana bikin kolak biji salak sederhana. Terinspirasi dari resep @bundnina_kitchen 😊

3 porsi
45 menit
KoLak LaBu

KoLak LaBu

4 porsi
30 menit
Kolak Setup Pisang

Kolak Setup Pisang

ada sisa pisang di kulkas, bingung mau dibikin apa. Cuaca lagi ga konsisten juga kemarin. Mendung mau hujan entah mau panas. Pokoknya di badan rasanya ngga enak mendungnya hehe. Mau keluar beli bahan yg aneh2 juga males, cari2 resep yg tanpa harus keluar rumah. Nemu resepnya mba Tintin Rayner kolak setup pisang ini, tapi aku skip cengkeh krn ga ada di rumah hehe

Kluwo pohong (kolak singkong)

Kluwo pohong (kolak singkong)

Kluwo pohong ini seriiiiiing banget dibikin ibu kalo pas simbah panen di kebun. Kalo di tempat lain nyebutnya kolak singkong. Cma ini versi agak kentel.. Yukk simak resep nya moms...

6 porsi
30 menit
Kolak Biji Salak Endolita

Kolak Biji Salak Endolita

Bermula dari punya sisa ubi cilembu, iseng-iseng diolah jadi kolak biji salak. Resep anti gagal dan ga perlu takaran pasti, cukup dikira-kira saja sesuai selera. Selamat mencoba ❤

Kolak Bubur Ubi

Kolak Bubur Ubi

Membuat camilan untuk anak,sekaligus bs untuk sarapan.krn kuahnya kental seperti bubur. Recook bunda Dapurvy, terima kasih ya bunda.

2 porsi
30 menit
Kolak labu kuning simple

Kolak labu kuning simple

Pagi ini bingung mau buat sarapan apa. Cek kulkas ada labu kuning. Lumayan buat sarapan. Enak dan praktis

3 porsi
15 menit
Kolak Singkong & Labu Kuning

Kolak Singkong & Labu Kuning

Mendung - mendung gini enaknya makan yang anget-anget, bikin kolak aja yang gampang ndak pakai ribet.

5 porsi
Kolak duren ketan

Kolak duren ketan

Suami jarang pulang karna kerja diluar kota pas pulang minta buatin kolak duren,tpi hasilnya memuaskan,lumayan menyenangkan hati suami dia sangat suka kolak duren,mkn nya sampe berulang2 saking sukanya,,hemm senang nya..