Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Pecel Ayam yang Enak Banget

Dipos pada June 2, 2019

Pecel Ayam

Hari ini saya akan berbagi resep Pecel Ayam yang simple Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Padahal Pecel Ayam yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Pecel Ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Pecel Ayam di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Pecel Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Pecel Ayam memakai 30 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Resep yang sudah lama tersimpan tapi baru diterbitkan 😁. Resep sambal pecelnya saya recook dari resepnya Mba Sitoresmi dengan beberapa penyesuaian. Resep asli bisa klik link di bawah ini ya... https://cookpad.com/id/resep/11330262-sambel-pecel-ayam?invite_token=4bMGjN4XE1ACdzi4LqzJasc5&shared_at=1616414794 Tapi di sini saya tulis juga resep ayam gorengnya. Alhamdulillah ayam goreng dijodohin sama sambal pecel rasanya mantul pisan πŸ˜‹πŸ˜. Untuk pedasnya silakan disesuaikan dengan selera ya... Ok, di bawah ini resepnya... Selamat mencoba... #CookpadCommunity_Bekasi

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Pecel Ayam:

  1. 1 ekor ayam (saya 2 ekor bagian paha), cuci bersih lalu potong2
  2. Secukupnya minyak goreng
  3. Bumbu ungkep:
  4. 5 siung bawang merah
  5. 3 siung bawang putih
  6. 1 ruas jari kunyit
  7. 1 ruas jari jahe
  8. 2 btr kemiri
  9. 1 sdt ketumbar
  10. 1/2 sdt lada butir
  11. Bumbu cemplung:
  12. 1 ruas jari lengkuas, memarkan
  13. 2 lbr daun salam
  14. 3 lbr daun jeruk
  15. 1 btg serai, memarkan
  16. 1 sdt garam
  17. 1/2 sdt gula pasir
  18. 1/2 sdt kaldu bubuk
  19. Secukupnya air
  20. Bahan sambal pecel:
  21. 10 buah cabai rawit
  22. 5 buah cabai merah keriting
  23. 5 siung bawang merah
  24. 3 siung bawang putih
  25. 2 btr kemiri
  26. 1 buah tomat
  27. 1 sachet terasi matang
  28. 1 sdt garam
  29. 1 buah gula merah
  30. 1/4 sdt penyedap rasa

Langkah-langkah untuk membuat Pecel Ayam

1
Haluskan bumbu ungkep. Panaskan minyak sayur, lalu tumis bumbu halus beserta daun salam, daun jeruk, serai dan lengkuas sampai harum dan matang lalu masukkan ayam dan tambahkan air. Beri garam, gula pasir dan kaldu bubuk. Ungkep ayam sampai matang dan kuah menyusut. Setelah matang angkat. Lalu goreng ayam hingga kuning kecoklatan. Setelah matang angkat dan tiriskan.
Pecel Ayam - Step 1
2
Siapkan bahan sambal. Potong-potong duo cabai, duo bawang dan tomat. Panaskan sedikit minyak goreng lalu goreng duo cabai, duo bawang, tomat dan kemiri hingga layu. Setelah itu angkat dan tiriskan.
Pecel Ayam - Step 2
Pecel Ayam - Step 2
3
Ulek bahan sambal dan terasi matang hingga halus. Tambahkan garam, gula merah dan penyedap rasa. Tes rasa
Pecel Ayam - Step 3
Pecel Ayam - Step 3
4
Setelah selesai, sajikan ayam goreng dengan sambal pecel dan lalapan untuk teman nasi hangat πŸ˜‹
Pecel Ayam - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sego Pecel

Sego Pecel

tiba2 pingin bngt bikin pecel khas madiun, dgn lauk peyek ae wes nikmat nya tiada tara...yukz kepoin resepnya

Bumbu Pecal

Bumbu Pecal

Biasanya buat pecel menggunakan lumpang. Kali ni mau coba pakai food prosessor. Ternyata bisa. Alhamdulillah. Bumbu pecal bisa disajikan dengan mie goreng atau pun sayur yang direbus-rebus.

98. Pecel Turi Ungu

98. Pecel Turi Ungu

Menu sarapan hari ini..dinikmati dengan nasi hangat atau hanya dinikmati dengan krupuk yang digoreng pasir aja udah enak banget....🀀🀀 πŸ₯°πŸ₯° #CookpadCommunity_Malang

Pecel Ayam Crispy

Pecel Ayam Crispy

Pecel ayam itu favorit banyak orang Indonesia. Nah versi saya ini saya sebut crispy karena sebelum digoreng saya melumuri dengan tepung. Ayam nya saya rendam dengan bumbu ayam kuning. Tetapi saya tidak rebus. Jadi caranya mirip bikin ayam goreng crispy tetapi bumbu nya pakai bumbu kuning. Goreng dan beneran hasilnya renyah deh selagi panas. Sebelum tidur, rendam dulu ayam tahu tempe nya. Keesokan hari tinggal dikeluarkan selama 30 menit dalam suhu ruangan, lumuri tepung dan goreng. Atau rendam di pagi hari dan bisa untuk makan malam 😁 Praktis kan…

Lontong Pecel Sayur

Lontong Pecel Sayur

Ceritanya kemarin bikin jajan arem-arem, nah beli daun pisangnya kebanyakan. Daripada mubadzir, jadinya dimanfaatkan buat dimasak lontong aja. Biar makin sehat dimakan bareng pecel sayur deh. Lontong saya buat malam hari, paginya bisa dinikmati untuk sarapan bersama pecel sayur.

8 porsi
Nasi pecel

Nasi pecel

#recookdepok_dian #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity_depok

Sambel pecel ndeso

Sambel pecel ndeso

suka banget sama pecel. beli di warung kurang nyoi. alhasil bikin sendiri banyakan, simpan di kulkas biar awet. sewaktu2 pengen,tinggal kasih air anget.

Pecel Aneka Sayur Mentah dengan Bumbu Kacang

Pecel Aneka Sayur Mentah dengan Bumbu Kacang

(#masih) edisi lauk pendamping nasi liwet katrol

6 orang
10 menit
Bumbu pecal

Bumbu pecal

Dri foto mmng kelihatan halus bnget yah karna aku suka bumbu yg mmng halus

Pecel sayur

Pecel sayur

Menu siang ini sy bikin pecel sayur sesuai dengan tema #SeptemberCeria #WeekendChellenge, hari hari harus ceria sama seperti pecel saya yang warna warni 😁 ayoo bunda bunda kita semangat masak dengan stok sayur yang ada di rumah πŸ€—

4 orang
60 menit
Sambel Pecel Ayam Kampung Goreng

Sambel Pecel Ayam Kampung Goreng

Selama ini kalau membuat ayam kampung goreng, ayamnya mesti dipresto sebentar baru ayamnya empuk. Kemarin sore mencari resep ngungkep ayam kampung yang ga perlu pakai presto, dan mudah. Saya mendapat resep dari Pak Rudy Choirudin di chanel Youtube: Simple Rudy TV. Resepnya mudah sekali, dan ayamny benar-benar empuk. Terima kasih Pak Rudy resepnyaπŸ™. Untuk merebus ayam saya pakai air kelapa, supaya ayam kampung lebih gurih. Minggu ini Kombes program pot berbisik tema : Nyambel Bareng Pecel Ayam, jadi pas banget bisa ikutan. Untuk resep sambelnya saya recook resep sambel pecel ayam punya mbak Ayu Resstiia, sambelnya pakai kemiri goreng. Dulu saya pernah makan sambel pecel pakai wijen goreng, jadi kali ini ingin mencoba yang beda. Dan ternyata sambel pecel pakai kemiri goreng sama nikmatnyaπŸ˜‹. Resep sambelnya saya modifikasi sesuai stock bahan yang ada. Sambel pecel ayam kampung goreng bener-bener enak, pak suami sampai nambah nasi 😍. Anak-anak juga doyan ayam kampung gorengnya karena empuk banget. #PejuangGoldenApron3 #PotBerbisik_Bekasi #CookpadCommunity_Bekasi #NyambelBarengPecelAyam

4 potong
1 jam
Pecel Sayur

Pecel Sayur

masih ada sisa stok sambal pecel. yawes bikin pecel ajahπŸ˜€πŸ˜€ #wongsolomasak #cookpadcommunity_solo

20 menit
Sambel pecel

Sambel pecel

Ketagihan makan pecel madiun sehat dan bikin melek jd penisirin mengira ngira resepnya

Pecel Santan Terong

Pecel Santan Terong

Haii...annyeong chingu.. Udh rabu akhir bulan yakk? seperti biasa kalo tanggal tuwak kan ngeteam.. Kali ini temanya mantan2 eh santan...hehe.. karena bertabur mantan ini mah.. Mimi ngeteam sama mba Erlinda (Dapur Oznon) yang nyoba2 masak simple.. pas bentuk team kepikiran nama eh nemu nama *MANTAN LEE MIN HO ( Masakan Santan ala Leenda dan Mimi yaNg HOenak tenan).* Resepnya mah nyontek mamak admin AyuNabila yang simpel dan endull.. Pedasnya sesuai selera, mimi bikin ga pedes krn biar anak2 bisa makan telor nya, mimi tempe terongnya ajah.. ga suka telor rebus.. Cuss moms.. #GODATC_SantanaUnana #GODATC_MANTANLEEMINHO #GODATC_Mimi #KomunitasPaders #Cookpad_Pader #GA_TheNextLevel #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa

4 org
60menit
Pecel sayur

Pecel sayur

2 orang
Sambal Pecel Praktis

Sambal Pecel Praktis

Salah satu sambal kesukaan pak suami jadi harus selalu nyetock di kulkas

Cilok bumbu sambel pecel non msg

Cilok bumbu sambel pecel non msg

Recook dari dapur VY tapi ngga pake MSG /kaldu bubuk dan resep agak diubah.. sambelnya pake sambel pecel yang udah jadi tinggal seduh air panas πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† Dan ngga pake daun bawang males ke pasar 😧😧 Cuzz..