Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Es Loder Khas Bogor yang Sempurna

Dipos pada September 26, 2018

Es Loder Khas Bogor

Hari ini saya akan berbagi resep Es Loder Khas Bogor yang lezat Cara membuatnya sedikit repot. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Es Loder Khas Bogor yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Es Loder Khas Bogor, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Es Loder Khas Bogor bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Es Loder Khas Bogor adalah 3 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, perkiraan waktu untuk memasak Es Loder Khas Bogor diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Es Loder Khas Bogor sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Es Loder Khas Bogor memakai 24 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Masih edisi mengingat Bogor nih, klo dh weekend mesti ke bogor menjauh dikit dr jkt. Plg ny sering beli es loder. Pdhl jarak brp stasiun doang dr depok, tp udh girang bgt weekend luar kota πŸ˜‚ Source : @Tie Novia #KeBogorYuk #Semarak_KeBogorYuk #CookpadCommunity_Sumbar #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CloversCookingLovers #PejuangGoldenApron3

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Es Loder Khas Bogor:

  1. Puding Hunkwe :
  2. 100 gr tepung hunkwe
  3. 1 sachet santan 65 ml
  4. 500 ml air
  5. Secukupnya pasta pandan
  6. 1/4 sdt garam
  7. Saus Kinca :
  8. 150 gr gula merah
  9. 25 gr gula pasir
  10. 150 ml air
  11. 1 lembar daun pandan
  12. Kuah Santan :
  13. 1 sachet kara santan 65 ml
  14. 150 ml air
  15. 1/4 sdt garam
  16. 1 lembar daun pandan
  17. Biji Salak :
  18. 100 gr tepung ketan
  19. 1 sdm tepung tapioka
  20. 1/4 sdt garam
  21. 100 ml air
  22. Secukupnya pewarna oren
  23. Secukupnya Sagu Mutiara
  24. Secukupnya es batu

Langkah-langkah untuk membuat Es Loder Khas Bogor

1
Masak bahan puding hunkwe. Kemudian tuang dalam wadah atau loyang. Biarkan dingin dan mengeras.
Es Loder Khas Bogor - Step 1
Es Loder Khas Bogor - Step 1
Es Loder Khas Bogor - Step 1
2
Campurkan bahan biji salak. Aduk sampai tidak lengket dan bisa dibentuk. Lalu bentuk bulat dan rebus sampai matang. Kemudian tiriskan.
Es Loder Khas Bogor - Step 2
Es Loder Khas Bogor - Step 2
Es Loder Khas Bogor - Step 2
3
Masak bahan kuah kinca sampai mendidih. Lalu sisihkan. Bagi kuah kinca dalam 2 tempat. Masukkan biji salak dalam panci sisa kuah kinca. Masak sebentar sampai mengental.
Es Loder Khas Bogor - Step 3
Es Loder Khas Bogor - Step 3
4
Masak bahan kuah santan sampai mendidih. Lalu siapkan sagu mutiara.
Es Loder Khas Bogor - Step 4
Es Loder Khas Bogor - Step 4
5
Siapkan mangkok. Susun es batu, sagu mutiara, biji salak dan kerok puding hunkwe. Tuang kuah santan dan kuah kinca. Es loder siap disajikan.
Es Loder Khas Bogor - Step 5
Es Loder Khas Bogor - Step 5
Es Loder Khas Bogor - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Candil Ubi Oranye

Candil Ubi Oranye

Minggu pagi yang mendung di Serang... Dari kemarin emang begini terus cuacanya, agak mendung tapi hujan tak kunjung datang. Alhamdulilah...tetep bersyukur ya...selagi masih diberi kesempatan menghirup udara segar pagi ini😊 Sarapan pagi ini saya masak Candil Ubi Oranye. Biasanya nasi uduk atau nasi goreng, tapi pagi ini cukup ini aja, ringan dan mengenyangkan di perut. Yukk kepoinπŸ˜‰ #TetepKenyangTanpaNasi #CocomtangPost_KreasiUbi #CookpadCommunity_Tangerang #CookpadCommunity_Cilegon

Kolak Biji Salak Rainbow

Kolak Biji Salak Rainbow

Beli ubi jalar sdh 4 hari yg lalu tapi belum diolah daripada busuk, akhirnya aku bikin jadi kolak biji salak rainbow aja.

6 porsi
Bubur biji salak

Bubur biji salak

Berbukalah dengan yg manis... Dan hr ini takjilnya bikin bubur biji salak...

Biji Salak / Kolak Candil

Biji Salak / Kolak Candil

Ayam rica, cumi ireng unt sahur bsk sudah. Unt buka hr ini kita buat takjil biji salak.. Tp kali ini maaf yah.. Bukan ak yg masak, tp calon mertuaku.. Aku cuma diajarin ajh.. Lumayan buat takjil.. heheehehe..

Bubur Candil Pelangi

Bubur Candil Pelangi

Ψ§Ω„Ψ³ΩŽΩ‘Ω„Ψ§ΩŽΩ…Ω ΨΉΩŽΩ„ΩŽΩŠΩ’ΩƒΩΩ…Ω’ ΩˆΩŽΨ±ΩŽΨ­Ω’Ω…ΩŽΨ©Ω اللهِ ΩˆΩŽΨ¨ΩŽΨ±ΩŽΩƒΩŽΨ§Ψͺُهُ ... Hai apa kabarnya kalian cookpaders .. Udah lama banget umiyayi ga mampir di dapur cookpad kesayangan Gegara kelamaan mager akhirnya di colek juga sama mamah cookpad buat ikutan setor #TiketGoldenBatikApron Setor bubur candil pelangi aja ya maah .. yang mudah dan enak banget kalo di tambahin es batu, pas untuk di tempat kami yang cuacanya lagi panas.

3 orang
Kolak Biji Salak Ubi Ungu Mudah

Kolak Biji Salak Ubi Ungu Mudah

Source: idntv.yummy

6 porsi
45 menit
Biji salak

Biji salak

Sering dengar tapi nggak pernah lihat soalnya ditempat saya nggak ada yang jual.lihat2 &cari resepnya di internet,akhirnya dapat juga dan bikin deh.anak2 sama mertua ternyata suka sekali ,kalo urusan kue2 sama makanan tradisional mereka sih memang paling suka. Resepnya saya dapat dari sase ya,mudah dan cepat buatnya. Ini iseng2 saja saya bikin warna warni biar menarik.

Biji Salak Ubi Ungu

Biji Salak Ubi Ungu

Punya ubi ungu bagus... cuss bikin dech...

3-4 porsi
Bubur Candil Ubi Jalar

Bubur Candil Ubi Jalar

Udah masuk musim hujan. Kayaknya enak kalo sore" bikin yg anget". Mumpung ada persediaan ubi, cuss bikin πŸ˜‹

3 orang
1 jam 30 menit
Kolak Pisang Milk Tea / Kolak Pisang Candil Kentang

Kolak Pisang Milk Tea / Kolak Pisang Candil Kentang

Saat keluar beli groceries liat pisang banyak banget , jadi tertarik bikin kolak . Tapi agak sedikit bosan dengan kuah nya ,olahan pisang ini cukup menarik cuma beberapa olang pasti ada yg cocok/ ga karena byk pecinta kolak yg suka dg rasa yg ori cm gula merah dan santan tadinya mau coba kolak dalgona coffe tapi ... ah sudahlah πŸ˜…jd agak ngawur pasti rasanya terkecuali yg suka sm kopi2/ permen gula2 yg rasa legit nya level up😁 . Resep disini Tinggal tambahin aja beberapa takaran gulmer kalau ingin dominan di rasa manis si gula merah nya , saya pribadi ini dah cukup manis . Kalau boleh pilih ak suka yg original 😚. Nb: Saya tambah teh kantong lagi biar rasa teh nya agak berasa balik lg ke selera masing2 ya . #PejuangGoldenApron2 #Kolak #KolakPisang #KolakMilktea #Takjil #Puasa #KolakPisangMilkTea #BijiSalak #Kentang #BijiSalakKentang #iftar #Candil #BukaPuasa #SliceCuteCake #MilkTea

2 Mangkok
Kolak Biji Salak Labu Parang (labu kuning/waluh)

Kolak Biji Salak Labu Parang (labu kuning/waluh)

2017, Dinamakan biji salak krn bentuk isinya gede2 mirip biji salak, bahan dasar yg umum dr tepung ketan. Berkembangnya waktu banyak yg berkreasi dr sejenis umbi2an bisa dg ubi/ketela, kentang dan yg ini pake Labu parang/labu kuning yg ketika di iris bentuknya spt parang yg teksturnya agak mirip dg ubi...dannn ini juga enak lho...kenyul2, manis dr Gula merah berpadu dg gurihnya saus santan..πŸ‘Œcucok buat berbuka puasa...spt iklan bacanya ya...berbukalah dg yg manis....🎡🎢🎼🎢😊

3 porsi
30 menit
Kolak Pisang Biji Salak

Kolak Pisang Biji Salak

Resep mbak sukma

Biji salak rasa pisang

Biji salak rasa pisang

Sedap rasax....

Biji salak labu kuning 😊

Biji salak labu kuning 😊

Punya labu gede2 2 biji dari pada g diapa2in dibikin biji salak mayan lahh musim ujan bikinnyg anget2😊😊

Bubur Candil tepung Gebingan/Gaplek

Bubur Candil tepung Gebingan/Gaplek

Kalo dikampung saya biasa bikin bubur candil itu pakai tepung gaplek(singkong yg dikeringkan) ..ini cemilan jaman pas aq msih kecil..pasti tiap sore pas lagi turun ujan dibikini simbah Cemilan yg mengenyangkan...bubur salah satunya.. bubur candil ini punya ciri khas sendiri dr bau dan rasa gaplek.. kalo menurut saya malah sedep banget dan sekarang sdh jarang sekali ditemui.. Kalo dulu kalo kepingin bubur gaplek itu hrs proses panjang mulai dr singkong yg dijemur beberapa hari sampai kering trus diselep agar bisa jd tepung baru bisa bikin bubur candil... tapi kalo sekarang mah sdh bisa langsung beli tepungnya langsung di pasar.. Cooksnap dr Artya sejaty cek resep πŸ‘‡: https://cookpad.com/id/resep/13952539-bubur-candiljenang-grendul-gaplek?invite_token=ir3XHi2Cd7HwZqS3vvfu6sy9&shared_at=1629557796 #TetepKenyangTanpaNasi #Mbois_SerbaUmbi #MboisCoboy_SerbaUmbi #CoboyMbois #CoboyWani #Coboy_Cooksnap #Cooksnap #Ar_Merdeka #CookpadCommunity_Surabaya

Kolak biji salak (ubi ungu)

Kolak biji salak (ubi ungu)

Ini biji salaknya kita buat dari ubi ungu ya.

10 porsi
Bubur Candil Ubi Ungu

Bubur Candil Ubi Ungu

Si embak panen ubi unguπŸ₯³...yeaaay kecipratan panennya..sebagian dikukus dan langsung disuguhin, sebagian lagi diolah jadi bubur candil. Ini pertama kali sy buat candil dari ubi ungu...dan ternyata enak juga🀀. Saya buat 2x resepnya mba Fit yaaa..jadinya banyaaaak...🀩🀭 (note: resep aslinya pakai ubi oranye) Source: Fitri Sasmaya

10 orang
45 menit
Kolak Biji Salak Ubi Ungu / Candil Ubi Ungu

Kolak Biji Salak Ubi Ungu / Candil Ubi Ungu

Bareng ibu bikinnya 😊

90 menit