Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Ruz Bukhari / Ruz Bukhori yang Lezat Sekali

Dipos pada June 25, 2021

Ruz Bukhari / Ruz Bukhori

Bagaimana membuat Ruz Bukhari / Ruz Bukhori yang simple Cara membuatnya tidak terlalu susah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Ruz Bukhari / Ruz Bukhori yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Ruz Bukhari / Ruz Bukhori, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Ruz Bukhari / Ruz Bukhori bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ruz Bukhari / Ruz Bukhori sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ruz Bukhari / Ruz Bukhori memakai 31 jenis bahan dan 20 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ruz bukhari merupakan salah satu nasi tradisional selain nasi kabsah dan nasi kabli yg berasal dari Kingdom of Saudi Arabia. Bukhari ini bahan dan bumbunya sebenarnya sama persis dengan nasi kabsah ya,hanya saja ditambahin dengan wortel. NOTE: **Diresep ini saya bikin dengan takaran 2 porsi saja,karena untuk menu buka puasa suami dan saya. jadi kalo mau bikin banyak tinggal dikalikan takaran bahan dibawah ya. **Ayam bisa diganti dengan daging sesuai selera. **Untuk ayam diresep ini,setelah empuk saya panggang dengan cara dibolak-balik sebentar diteflon,kalo mau pakai oven atau digoreng biasa silahkan saja,sesuai selera. **Untuk beras saya pakai basmati, bisa pakai beras biasa atau jenis lainnya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ruz Bukhari / Ruz Bukhori:

  1. A). Bahan Utama=
  2. 150 gram beras basmati
  3. 250 gram ayam
  4. 200 gram wortel iris panjang tebal
  5. 1 genggam kismis/raisin
  6. 3 sdm minyak samin/minyak biasa (takaran sesuaikan kebutuhan)
  7. 50 gram bawang merah potong tebal
  8. 1 buah tomat ukuran besar cincang halus atau blender
  9. 1 sdm tomato paste/pasta tomat
  10. Secukupnya air
  11. 1 sdm baharat/Arabic mixed spices.resep udah ada ya
  12. B).Bumbu halusnya=
  13. 7 siung bawang putih
  14. 1/2 jempol jahe
  15. C).Rempah utuhnya:
  16. 2 lembar daun salam
  17. 3 butir cengkeh
  18. 5 butir kapulaga (bisa hijau/putih/jawa)
  19. 1 butir pekak
  20. 1 sdm jintan (cumin)
  21. 1 sdm adas manis (fennel seeds)
  22. 1 batang kayu manis
  23. 1 buah loomi belah buang isinya (resep loomi udah ada)
  24. Secukupnya garam
  25. Secukupnya penyedap
  26. D). Bahan untuk memanggang ayam:
  27. 1 sdm pasta tomat/tomato paste (bisa pakai saos sambal)
  28. 1 sdm perasaan jeruk nipis/lemon
  29. 1/4 sdt garam halus
  30. 1/4 sdt kunyit bubuk
  31. 2 sdm minyak

Langkah-langkah untuk membuat Ruz Bukhari / Ruz Bukhori

1
Catatan: untuk yang memakai beras basmati, brown rice, wild rice, red rice atau jenis beras pera, cuci bersih dan rendam lebih dulu 1 jam, dan kalo pakai beras biasa cukup direndam 15 menit saja.
2
Cuci bersih ayam, tusuk tusuk dgn ujung pisau agar bumbu bisa meresap kedalam, bumbui dengan sejimpit garam,1/4.sdt kunyit bubuk dan 1.sdm perasan jeruk nipis, biarkan 30 menitan.
3
Panaskan minyak samin, masukkan potongan wortel, tumis beberapa saat hingga layu tpi masih bertekstur crunchy ya, bukan lembek, angkat sisihkan di piring.
Ruz Bukhari / Ruz Bukhori - Step 3
Ruz Bukhari / Ruz Bukhori - Step 3
4
Bekas minyak menumis wortel, gunakan untuk menumis kismis/raisin, goreng beberapa saat sampai golden brown dan terlihat mengembang, angkat sisihkan juga dipiring.
Ruz Bukhari / Ruz Bukhori - Step 4
5
Bekas minyaknya tadi kalo kurang bisa ditambahkan ya, lalu gunakan untuk menumis bawang merah yg di potong tebal,tumis hingga layu, masukkan bumbu halus tumis hingga harum, gunakan api kecil selalu saat menumis bumbu dan rempah.
Ruz Bukhari / Ruz Bukhori - Step 5
6
Masukkan rempah utuhnya, tumis beberapa saat hingga harum,
Ruz Bukhari / Ruz Bukhori - Step 6
7
Masukkan baharat, tumis beberapa detik, lalu masukkan ayam aduk rata, lalu tutup pancinya, pakai api kecil biarkan hingga mengeluarkan kaldu/air dengan sendirinya.
Ruz Bukhari / Ruz Bukhori - Step 7
8
Jika ayam sudah berubah warna dan mengeluarkan kaldu/air dengan sendirinya, masukkan pasta tomat dan tomat cincang, aduk rata, masukkan garam dan penyedap, tutup lagi panci nya, biarkan masak beberapa menit hingga tomat hancur dan berubah warna.
Ruz Bukhari / Ruz Bukhori - Step 8
Ruz Bukhari / Ruz Bukhori - Step 8
9
Masukkan air, aduk rata, masak hingga ayam empuk.
Ruz Bukhari / Ruz Bukhori - Step 9
10
Jika ayam sudah empuk, angkat ayamnya.
Ruz Bukhari / Ruz Bukhori - Step 10
11
Untuk kuah kaldunya, test rasanya pastikan sudah pas, jika sudah pas, masukkan beras yg sudah direndam, pastikan kenali jenis beras masing masing ya, untuk beras yg saya pakai, takaran antara air dari permukaan beras sekitar 3.cm, jadi sekiranya kuah kaldu kurang bisa ditambah air, dan jika kuah terlalu banyak bisa diambil.
Ruz Bukhari / Ruz Bukhori - Step 11
12
Aduk rata, masukkan wortel yg udah ditumis tadi, lanjut masak dengan API BESAR dan PANCI TERBUKA
Ruz Bukhari / Ruz Bukhori - Step 12
13
Masak hingga semua air kaldu terserap ke dalam beras, baru tutup rapat pancinya, dan kecilkan api terkecil hingga nasi tanak, sekitar 25 menit... NOTE=jika tidak terbiasa dengan cara ini,gunakan cara kukusan seperti biasa,jadi setelah kuah terserap semua keberas, pindahkan kekukusan, dan kukus nasi seperti pada umumnya sampai tanak.
Ruz Bukhari / Ruz Bukhori - Step 13
14
Tanak, perfect :)
Ruz Bukhari / Ruz Bukhori - Step 14
15
Untuk ayamnya, bumbui dengan bahan yg ada (di.Bahan D), lumuri rata, lalu bolak_balikkan diatas teflon hingga kecoklatan, atau bisa pakai oven, NOTE=dan kalo mau digoreng tidak perlu dilumuri dengan bumbu ini ya, langsung aja digoreng.
Ruz Bukhari / Ruz Bukhori - Step 15
Ruz Bukhari / Ruz Bukhori - Step 15
16
Penyajian, ambil Sania/nampan aluminium,bisa pakai piring lebar, lalu balikkan langsung nasi dari panci keatas nampan, cara seperti ini sebenarnya lebih praktis dan akan membuat tekstur nasi tetap utuhnya bagus cantik daripada ngambilnya pakai centong/sendok nasi. itu sebabnya di Timur Tengah lebih sering menggunakan teknik seperti ini,saat menyajikannya.
Ruz Bukhari / Ruz Bukhori - Step 16
17
Taruh ayam yg sudah dipanggang diatasnya, taburi dengan kismis yg udah digoreng,juga jika suka taburi dgn bawang goreng.
Ruz Bukhari / Ruz Bukhori - Step 17
18
Sajikan dengan lalapan, dan sambal nasi mandhi, Untuk resep sambal nasi mandhi silahkan klik lampiran
Ruz Bukhari / Ruz Bukhori - Step 18
19
Atau dengan 'Ushar Adeni/Acar pedas jeruk nipis. Untuk resepnya silahkan klik lampiran berikut
Ruz Bukhari / Ruz Bukhori - Step 19
20
Alhamdulillah,mari berbuka puasa :) dan silahkan mencoba semoga bermanfaat.
Ruz Bukhari / Ruz Bukhori - Step 20

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Juice Buanas (Buah Naga & Nanas)

Juice Buanas (Buah Naga & Nanas)

Juice sehat tanpa gula, cocok juga untuk pilihan juice ketika berbuka puasa atau saat sahur ๐Ÿค— #KampoengRamadan #CookpadCommunity_Depok #Cookpad_id Untuk takaran sesuaikan dengan selera, boleh ditambahkan pemanis seperti madu

Kue Cucur Pandan

Kue Cucur Pandan

Untuk buka puasa asyura hari ini coba bikin kue cucur..๐Ÿ˜ Resep diambil dari akun cookpad salah serang teman di kelas online bakpia teflon Mba Heny. Makasih banyak Mba Heny untuk resepnya..๐Ÿ™๐Ÿ˜˜ Untuk membuatnya berserat dan berjambul perlu takaran minyak goreng dan panas yang pas. Bila minyak terlalu banyak dan kurang panas kue cucurnya ga mau muncul serat. Setelah beberapa kali coba baru dapat teksturnya..bisa keluar serat dan alhamdulillah bisa dapat jambulnya..Yyeeaay..๐Ÿ˜๐Ÿ˜„๐Ÿ˜ Source : Heny_bizka #PejuangGoldenApron3 #BanggaKirimRecook #Cookpadcommunity_Bekasi

1 jam
Zuppa Soup

Zuppa Soup

Alternatif menu berbuka puasa..

Sarikayo Talua

Sarikayo Talua

Dessert nya orang Indonesia nih! Olahan telur ala Indonesia enak-enak yaa.. banyak loh olahan telur yang perlu kita kenalkan pada dunia. Salah satunya Sarikayo Talua ini. Rasanya sangat enak dan gak kalah sama dessert-dessert luar negeri. Sarikayo Talua ini khas Minangkabau. Seperti puding telur atau agar-agar gula merah. Biasanya makanan ini banyak dijajakan saat bulan puasa sebagai menu buka puasa dan disajikan bersama ketan. Rasanya manis dan teksturnya lembut. Harum pandan dan kayumanis. Bisa disajikan hangat maupun dingin. #PejuangGoldenApron3 #ResepTelurkuMendunia

Puding Susu Coklat

Puding Susu Coklat

persiapan puasa buat ini aja nanti untuk buka puasa,,,bikinnya gampang bahannya mudah di dapat pula, makasih bun resepnya, resep dari bunda dewi Resep By Bunda Dewi #week45 #april #2021 #PejuangGoldenApron3 #GenkPeda #GenkPejuangDapur #RememberGenkPeda_BundaDewi #masakseru #menubukapuasa #manis #puding

1 loyang
Mojito Markisa

Mojito Markisa

Mojito ala suami, resep ini dari suami aku yang juga suka masak dan bikin minuman yang enak seger, pokoknya kalau masalah jus, minuman apa aja di rumah aku pasti suami aku yang lebih jago ๐Ÿ˜‚ mojito ini seger banget dibuat pake bahan seadanya tapi pas banget kalau buat buka puasa ๐Ÿ˜‰

Wadai Ipau Khas Banjar

Wadai Ipau Khas Banjar

Ini salah satu wadai Khas Banjar yang wajib ada dirumah kala bulan Ramadhan tiba. Dulu, alm nini saya selalu buat wadai ini untuk anak2, menantu2 dan cucunya buka puasa. Beliau bisa buat wadai ini sendirian sampe 3 ceper dengan diameter kira2 28cm dalam waktu sehari. Beliau biasa buat pake ceper enamel jaman dulu, bukan pake loyang. Sejak alm nini meninggal, ga ada yang bikin, jadi mama pernah beli di pasar pal 7, tapi rasanya gak enak. Lalu mama coba bikin sendiri, alhamdulillah berhasil dan saya cuma liatin aja, palingan bantuin ngambil garam dan potong2 sayur ๐Ÿ˜โœŒ๏ธ Sebenarnya di pasar wadai ditengah kota dan kampung melayu (salah satu kelurahan di kota Banjarmasin) ada wadai ipau yang enak, cuman mama dan saya penasaran pingin bikin sendiri. Alhamdulillah rasanya enak, walaupun tidak seenak buatan alm nini ๐Ÿ˜ Terimakasih atas inspirasinya mba Silva Malexhi. Saya modif sedikit ya, saya ikutin cara buatnya alm nini dan mama saya yang tanpa saos dan perekat, utk bahan saya ikutin mba Silva walaupun ada beberapa yang saya ganti juga ๐Ÿ˜โœŒ๏ธ Source : Silva Malexhi Modifikasi terinspirasi dari alm nini dan mama #BehujahBebayaKaltim #JajaKhasBanjar_Silva #KulaEtamCocok #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Balikpapan #PejuangGoldenApron3 #GoldenApron3 #GoldenApronChallenge

1 loyang
Selat solo

Selat solo

Hidangan Khas Kota SOLO ๐Ÿ˜ Masya Allah sedap. Mantap ๐Ÿ‘Œ pas buat buka puasa. Oia, biasanya kalau makan hidangan ini pas ada acara digedung gitu ๐Ÿ˜„๐Ÿคญ xi.xi.xi... Alhamdulillah sekarang uda bisa bikin sendiri jadi ga usah nunggu undangan resepsi digedung. Gampil ternyata bikinya, yuk bund bikin sendiri dirumah. Resep : Fitri Sasmaya #resepfitsas Terimakasih banyak mbak Fit ๐Ÿ™ #1 dibulan puasa 2021

3 porsi
Lumpur Surga

Lumpur Surga

Recook resepnya My Homemade Food Ini enak bangett. Gak terlalu manis, segar. Cocoklah untuk menu buka puasa ๐Ÿ˜

5 cup
Pempek Lenjer

Pempek Lenjer

Ceritanya buat stock buka puasa, kalo dirmh biasanya dibikin lenggang, pempeknya di potong2 dicampur dengan telur kocok kemudian didadar... yummy ๐Ÿคค Source: Xander's kitchen #kampoengramadan

Ekkado (ayam, udang, bayam)

Ekkado (ayam, udang, bayam)

Bismillah, assalamu'alaikum... Selamat malam semuanya... Meramaikan posbar combo yg mggu ini jalan-jalan ke Solo. Aku recook resepnya mba indah zailani tp aku tambahin bayam krna Bikin ini buat cemilan bocil. Pertama kali bikin eKado nih bentuknya blm cantik ya. Maafkeun๐Ÿ™ Eh ekkado bisa di frozen loh. Untuk waktu simpannya aku krg tau bisa brthn brp lama. Di freezer krna blm pernah coba jg hihi. Cocok deh nih buat nanti hidangan buka puasa. Btw ini aku ada yg aku isi pake keju Cheddar ya dear, nyobain aja sih hihi biar ada variasinya. #comboanjangsana_solo #cookpadcommunity_bogor

Salad Buah

Salad Buah

Ini resep yg sudah saya coba berkali kali dan suami bilang selalu enak setiap bulan puasa saat berbuka harus ada ini di dalam kulkas karena disajikan dingin sangat nikmat

2 orang
15 menit
Puding Cup Lumut Gula Merah

Puding Cup Lumut Gula Merah

Bikin puding untuk menu buka puasa anak perempuanku yg lagi dipondok pesantren.Bikinnya simple,dan bahan murmer. Sc; Mamah Galang,dengan sedikit modifikasi, Diresep asli menggunakan santan kental, tp diresep aku menggunakan santan bubuk instan . #PejuangGoldenApron3

19. Bingka Barandam Khas KalSel

19. Bingka Barandam Khas KalSel

Bingka barandam adalah salah satu kue tradisional KalSel, biasanya kue ini lebih sering ditemui saat bulan Ramadhan sebagai salah satu sajian berbuka puasa. Kue ini teksturnya ringan, rasanya tawar, karna akan dapat rasa manis dari kuah bingkanya. Disebut bingka barandam (bingka direndam) karna bingka ini dimakan dg kuah yg berasa manis & tentunya kuah akan diserap oleh si kue bingka, dari kuah inilah kita bisa menikmati rasa manis bingka. Resep ini kebetulan saya belajar dr teman saya Zahra yg asli KalSel, bingka barandam kali ini pun hasil kolaborasi saya sama dia, saat saya libur kerja lumayan panjang minggu lalu & memutuskan nginap 1 malam berlibur ke rumahnya. Walaupun kolabnya, saya bantuinnya dikit banget๐Ÿ˜…. Backgroundnya pun sawah, padi siap panen yg kebetulan di depan rumahnya. Salah satu request saya ke dia, hehe maklum lagi jadi tamu yg maunya ngerepotin temen waktu itu, maunya dibuatin kue. Menu favorit yg bisa saya tagih ke dia saat berkunjung ke rumahnya๐Ÿค— . . #bingka #bingkabarandam #week12 #PejuangGoldenApron3 #aksidutarecook #dutarecookborneo #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Banjarbaru #CookpadIndonesia

14 buah
1 jam
108. Tempe Orek

108. Tempe Orek

Ceritanya jam 8 pagi suami tiba2 ngomong, yang nanti buka puasa buatin sambel goreng tempe dong....wadalahhhhhh jam 8 pagi belom mandi blm apa2 lgsg cabut ke pasar...keburu ntar pasarnya tutup soalnya ๐Ÿ˜… alhamdulillah dapat tempe dong....sorenya langsung eksekusi deh utk prsiapan buka puasa ๐Ÿ˜‡ #PejuangGoldenApron3

10 orang
30 menit
Bingka Telur Rasa Pandan

Bingka Telur Rasa Pandan

Mumpung hari jum'at itu jadwal pulang kerjanya cepat dan si bocil lg gk rewel, jd cuss deh bikin takjil buka puasa, hhe

Garlic Cheese Bread

Garlic Cheese Bread

Spesial semarak clover GA dari Mrs.Kori untuk membuat makanan berbentuk โค๏ธ ๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ๐Ÿฅณini setoran yang kedua๐Ÿคญpas banget buat buka puasa hari ini๐Ÿ˜‰lagi males buat yang manis๐Ÿคญjadi setoran resepnya yang gurih aja๐Ÿ˜ Source : Aditya Damayanti (dengan modifikasi) #GALoveIsYou #Semarak_GALoveIsYou #CookpadCommunity_Jakarta #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CloverCookingLover #MasakItuSaya #BagikanInspirasimu

1 loyang
25 menit
Kolak pisang ubi

Kolak pisang ubi

Kebetulan di rumah ada pisang nangka dan ubi di olah aja deh jadi dessert manis sekalian buat buka puasa paksu yang lg puasa...krucil juga suka sama yang namanya kolak ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜Š

5 orang
1 jam
Sambel Atah

Sambel Atah

Punya Ikan bandeng presto di rumah kayaknya ga lengkap kalo ga ada sambelnya, berhubung waktu mepet untuk buka puasa akhirnya bikin sambel yang super kilat #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bogor #BertumbuhBersamaCookpad #week7 #UmisCooking #dapoernya_umi

Kolak candil ubi

Kolak candil ubi

Liat temen bikin kolak jadi pengen ikutan. Kayaknya enak buat buka puasa

8 orang
1 jam