Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur yang Anti Gagal

Dipos pada April 5, 2017

Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur yang pasti lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur yaitu 2-3 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, waktu yang diperlukan dalam memasak Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur memakai 26 jenis bahan dan 16 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kepalang kemaren udah mulai mengotak atik daging qurban. Pan kalo udah di cuci dan diolah tu daging kudu pantang mundur alias harus dimasak kaga bisa disimpen lagi 😌 Nah, berhubung kemaren pas bikin dendeng batokok ngambil daging has-nya aja, sementara namanya daging dapet qurban pasti campur2, jadi sisa2 daging urat, daging lemak, jantung dan atinya di bikin sate maranggi aja deh 🍒 Inspired by resepna Kak Mel's, dgn modifikasi wajib jadi dish Pedasss tentunya! 😜 Sebenernya bikin sate maranggi ini juga lebih endeusss pake daging has-nya yg bersih siy... Pasti lebih muantepsss! Tapi pan ni azas manfaat dunks! Antimubazirclub poko'na! 😏 Ini aku bikin Sate maranggi feat. Sate bakso sayur sebagai pendamping 😘 'coz Biby syuka banget sayur2an plus ada sebungkus bakso super yg nyempil di kulkas πŸ˜‹ Ditambah aku bikin juga acar sayuran sebagai hidangan pelengkap biar lebih nyesss! πŸ˜† *Bahan & cara marinasi daging ada di resep dendeng sebelumnya ya, sedangkan resep acar sayuran segar kan daku share, next! πŸ˜‰ Ok! Chop chop!! πŸ˜ƒ

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur:

  1. Pre-cook & Marinasi Daging Sate Maranggi :
  2. 400 gr Daging Sapi (campur)
  3. Bumbu Sate Maranggi :
  4. 5 biji cabe setan (opsional)
  5. 15 biji cabe rawit kecil (opsional)
  6. 4 siung bawang putih
  7. 5 siung bawang merah
  8. 1 buah jeruk kunci kecil
  9. 1 cm asam jawa
  10. 100 gr gula merah/aren
  11. 1 sdm ketumbar bubuk
  12. Sejumput gula pasir
  13. Secukupnya kaldu jamur
  14. Sedikit air matang
  15. Sate Bakso Sayur :
  16. 1 bks bakso super/pentol bakso super
  17. 1 bongkah brokoli hijau segar
  18. 2 buah tomat ukuran sedang
  19. 1 buah mentimun ukuran besar
  20. Add - Bumbu Sate Bakso Sayur :
  21. 1 sdm saos sambal pedas
  22. 1 sdm mayonaise original
  23. Topping & Condiment
  24. 1 buah cabe merah gendut (opsional)
  25. 1 mangkok acar sayuran segar dingin
  26. Secukupnya tusuk sate

Langkah-langkah untuk membuat Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur

1
Saat mengolah daging qurban kemaren, setelah dicuci dan sambil dibersihkan, daging2nya langsung dipilih dan dipilah. Daging has untuk dendeng dan daging yg ribet beserta organ2 lainnya buat sate. Bedainnya nanti dari potongannya. Kalo dendeng tipis pipih lebar, kalo sate ini aku buat kotak2 dadu atau kecil2 seadanya. Daging di proses marinasi dgn cara yg sama dan berbarengan dgn daging dendeng kemaren. Untuk cara plus proses marinasi dan pengempukan boleh dgn cara favorite masing2 ya!
Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur - Step 1
2
Setelah marinasi dan pengempukan daging selesai, tiriskan air hingga kering.
Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur - Step 2
3
Siapkan bahan bumbu sate maranggi. Potong2 cabe2an dan bawang2an yg sudah di kupas dan dicuci agar lebih mudah di uleg. Cabe ini tambahanku, resep asli ga pake cabe2an sama sekali. Jadi sesuai selera aja, boleh di skip atau dikurangi ya. Beri sedikit air hangat di asam jawa plus tambah perasan jeruk nipis. Sisir gula merah agar mudah larut.
Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur - Step 3
4
Uleg semua bahan bumbu2 sate. Bumbui dgn ketumbar bubuk, sejumput gula pasir dan secukupnya kaldu jamur/kaldu ayam atau garam. Cicipi rasanya.
Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur - Step 4
5
Campurkan potongan2 daging dgn bumbu sate hingga merata dalam wadah tertutup. Tutup dan simpan dlm lemari es minimal 2 jam biar bumbu meresap. Aku simpan di kulkas semalaman.
Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur - Step 5
6
Esoknya pas mau di eksekusi di keluarin dulu dari kulkas. Diamkan sebentar. Bumbunya tampak sudah meresap rata.
Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur - Step 6
7
Tusuk 4-5 daging ke tusuk sate. Tergantung ukuran potongan dagingnya. Tata semua potongan daging yg sudah berbumbu ke tusuk sate sampe habis.
Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur - Step 7
8
Sesuai info diatas, aku juga bikin Sate Bakso Sayur sebagai pendamping. Kebetulan ada sebungkus bakso super yg belom kemakan di kulkas, di combine dengan sayur2an segar. Aku pake sayur brokoli, tomat dan mentimun segar.
Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur - Step 8
9
Potong2 brokoli, tomat, mentimun dan pentol bakso super sesuai selera.
Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur - Step 9
10
Kalo aku rebus brokoli setengah matang dgn air dan sejumput garam agar bersih dan steril juga kalo ada kotoran atau ulat yg tersimpan di sela2 brokoli.
Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur - Step 10
11
Ambil sisa bumbu sate maranggi tadi, tambahkan saos sambal dan mayonaise lalu aduk rata. Balurkan merata dgn potongan bakso dan sayur-sayuran tadi. Diamkan sebentar dalam kulkas.
Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur - Step 11
12
Tata potongan sayuran dan bakso dalam tusuk sate sesuai selera. Tuang dan balurkan lagi sisa-sisa bumbu yg masih ada ke sate bakso sayuran.
Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur - Step 12
13
Olesi secukupnya margarine di atas permukaan teflon. Bakar sate maranggi dan sate sayuran diatas teflon. Di jaga dan dibolak balik satenya hingga matang. Tambahkan lagi margarine kalo kurang. Tingkat kematangan sesuai keinginan. Boleh rare, medium atau welldone.
Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur - Step 13
Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur - Step 13
14
Tata dalam wadah besar. Sajikan dengan taburan cabe, bawang goreng dan pelengkap acar timun, potongan tomat atau apa aja sesuai selera ya. Kalo aku pake pelengkap acar sayuran parut dingin yg simpel banget dan segar. Akan di share di next recipe ya! (Link di bahan).
Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur - Step 14
15
Si mommy minta di anterin bento nasi sate ini ke kantornya karena lagi ga bawa bekel juga πŸ˜€ Ok! Siap meluncur! 😘
Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur - Step 15
16
Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur segar dan sehat siap dinikmati! πŸ˜„πŸ’ - 🌻Unda Qy
Sate Maranggi feat. Sate Bakso Sayur - Step 16

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Lapis Legit Prunes

Lapis Legit Prunes

Bikinnya lebaran tahun lalu tahun 2019..ini tapi baru post...

Sup iga kambing mantul

Sup iga kambing mantul

Hari raya qurban kemarin kepengen masak apa biar beda maka trs masak sayur sop saja... #PejuangGoldenApron3 #BanggaKirimRecook

2 orang
1 jam 30 menit
Rendang bumbu simpel

Rendang bumbu simpel

Pengen rendang banget tapi g pake ribet. Beli bumbu jadi deh.. Hehehe. Enak kok. Gak harus ribet blender bumbu ini itu, yg penting utamakan kebersihannya juga ya. Ini daging ceritanya daging qurban dapet 3kg. Sblumnya uda di pake. Sisanya saya rendang. Gak lama kok dri numis bumbu, masukin daging, santan... Saya masak 1 jam lebih. #GoldenApron3

1 jam 30 menit
Pie Susu sisa kue lebaran

Pie Susu sisa kue lebaran

Kue kering sisa lebaran masih banyak tersisa ditoples? Klo saya eman juga ga tersentuh mau cemil takut ndut πŸ˜… Yuuk olah lagi dgn bahan seadanya, mudah dibuat pulak

6 porsi
Gogos

Gogos

This food from my city south sulawesi my city if want ied fitr and ied adha this is important #Cabeku

Sambel ati super duper enak banget

Sambel ati super duper enak banget

Tiap lebaran mbah pasti bikin opor ayam dengan sandingan sambel ati. Sambel atinya tu enak bangeeet ga bisa nolak. Sampe akhirnya aku suka minta bikinin tanpa harus nunggu lebaran. Dan sekarang udah jauh dari mbah. Nyoba bikin sendiri. Ini dia resepnya..

Lontong Sayur Lonsay

Lontong Sayur Lonsay

Mencoba perlahan ngabisin stok daging qurban d kulkas..

2-4 orang
Soto daging sapi

Soto daging sapi

Mengolah sisa daging kurban

3 mangkuk
1 jam
Beef Slice Spicy Ala Yoshinoya

Beef Slice Spicy Ala Yoshinoya

Habis Idul Adha banyak stok daging di kulkas. Langsung deh kepikiran kepingin makan yang kaya di yoshinoya. Ini resep kreasi saya ya. Dibuat Lebih pedas..dan bisa makan sepuas nya kalo masak sendiri 🀭

4 orang
1 jam
Sop Senerek Khas Magelang (Sup Kacang Merah)

Sop Senerek Khas Magelang (Sup Kacang Merah)

Gabung di sebuah komunitas sangat menyenangkan... bisa nambah teman, informasi, inspirasi resep, dan dukungan. Kali ini #CookpadCommunity_Malang bikin acara #recookcolam_mrstans yang isinyaa kitaa harus recook masakan #kulinernusantara punyanya #kulinerkhasnusantaramrstans waaah setelah dilihat-lihat resepnya banyak banget yang menarik. Saat dibukaa mata langsung tertuju dengan resepnya @mrstans yang Sop Senerek Khas Magelang... ini tidak asing bagi saya karena mama yang orang Magelang dulu sering banget buat sop ini. Kata Mama sayur ini bergizi banget dari si kacang merah dan tambah sedap kalau dikasih tetelan. Sampai-sampai mama pesan β€œkalau punya anak nanti sering dimasakin sop senerek ini yaa... supaya anak makin pintar” aduuuh terngiang-ngiang terus sama pesan mama ini. Terimakasih resepnya mbak Erni (mrstans) resep enaknya mengingatkan saya akan Mama, yang karena covid belum bisa sungkeman ke Mama saat lebaran. Tapi lewat sayur Sop ini setidaknya saya bisa virtual jalan-jalan ke Magelang dan sungkeman sama Mama #PejuangGoldenApron3 #Kendedes #MingguKe_15 #BanggaKirimRecook

4 orang
1 jam
Sambel Goreng Kentang Jantung Ayam

Sambel Goreng Kentang Jantung Ayam

Sambel goreng kentang adalah salah satu menu wajib yang harus selalu ada dalam list hidangan lebaran. Biasanya saya mencampur kentang dengan hati sapi atau hati ayam, namun karna stok jantung ayam masih banyak, kali ini saya mencampurnya dengan jantung ayam. Rasanya tetep maknyus ko, asalkan kuncinya pada saat mencuci jantung ayam harus benar benar bersih dari darah beku yang ada di dalam jantungnya, & di cucinya harus berulang kali agar tidak berbau amis. #GA_TheNextLevel #CABEKU

10 Orang
1 Jam 30 menit
Rambak Kulit Sapi/Kikil

Rambak Kulit Sapi/Kikil

Pengen bisa buat rambak dr kulit sapi. Cari2 cara di internet. Ini dr kulit daging qurban kemarin. Hasilya Renyah, gurih Meski belum sempurna dah lumayan untuk pertama kali buat. Kapan2 in syaa alloh buat lagi. Sayang kemarin dah tak foto tahap2nya lha ternyata kehapus.

Sapi Brokoli Tauge Teriyaki

Sapi Brokoli Tauge Teriyaki

Menu dadakan ngabisi sisa tauge di kulkas, daging rezeki qurban kemaren dan brokoli yang dibeli di si mba sagur 2000 rupiah aja per kantong, ditambah sama saus teriyaki yang kayanya sih cukup buat bikin satu tumisan mah πŸ˜€ jadilah ini, hehe. Semoga bermanfaat ya dan selamat mencoba semuanya! #CookpadCommunity_Bandung

Tongseng Kambing

Tongseng Kambing

Assallammuallaikum, saya ibu dari 3 org putri, sya suka mencoba memasak resep makanan baru. Kebetulan idul adha suami dapet daging kambing dari temennya. Tp bingung mau d apain. Kepikiran buat bikin tongseng. alhamdulillah, perdana bikin rasanya maknyuussss. Suami & anak² pd syukaaa🀩😍

Β± 1 jam
Menu Lebaran H+3

Menu Lebaran H+3

Bosan dengan menu yang bersantan, mau keluar rumah juga malas Buka kulkas isinya sudah kosong πŸ˜… #AntiRibet

3 porsi
15 menit
Sup Sayur Favorit

Sup Sayur Favorit

Memanfaatkan kaldu dari rebusan daging kurban, bikin sup ini jadi makin enak. Daging bisa dibuat masakan yang lain, kaldunya untuk bikin sup. Ngirit kan yaa Mak😁 Isian sup bebas, bisa pake sayur apa aja. Yuk dicobaπŸ€— #sup #supsayur

5 orang
40 menit
#34 Asem Asem Daging Simple

#34 Asem Asem Daging Simple

Dapet daging pas Lebaran Id.Adha buat distock dan Bingung Mau dimasak apa,sekali2 pengen yg berkuah tapi sweger dan tanpa santen kepikiran dah buat Asem2 ini 😁, #PejuangGoldenApron3 Menu #10 #JagoRecookAkuRapopo_solo #CookpadCommunity_solo

2-3 orang
30menit
Bistik Daging Sapi

Bistik Daging Sapi

Makanan tradisional yang terinspirasi dari daging qurban dan kecap bango.

6 orang
45 menit
Rendang Daging Sapi Lebaran Resep Nenek

Rendang Daging Sapi Lebaran Resep Nenek

Praktik Masak untuk Tahun Depan

Dendeng Balado

Dendeng Balado

Alhamdulillah dpt daging kurban, dan krn msh suasana Idul Adha, jadilah coba bikin dendeng. Alhamdulillah suami sy suka dan doyan krn dia orang Minang.

3-4 orang
30-1 jam